Monday 23 July 2012

Jenvater Silalahimengirim keTarombo Silalahi Dua 12 Juli

Jenvater Silalahimengirim keTarombo Silalahi Dua
Horas ma dihita sasude.
Dison dibaen hami ringkasan acara pesta bolon tulang simbolon (psbi) di stadion Gelora Bung Karno-Jakarta dan disiarkan di TV-one dan RCTI.

Artia bona ni ari
Sipaha sada bona ni bulan
Hataon dang pinajadi-jadi
Manang na pinasuman-suman

Sada dakka dua dupang
Sapanuhukan di pararasan
Sada ama dua tulang
Silalahi Raja dohot SiRaja Tambun
Sapanarusan sian sipintahaomasan

Tao ni silalahi nadibaen paridian
Horas jala gabe do hita na marhaha-anggi
Silalahi Raja dohot SiRaja Tambun
Molo tong-tong marsiamin-aminan

Lai-lai tu gaumang tu pussuk ni simarsinggolan
Haha doli silalahi raja
anggidoli na ma SiRaja Tambun

Molo binsar mataniari
Poltak ma mata ni bulan
Haha doli silalahi raja, angi doli hasian na ma SiRaja tambun

Pesan nasional yang dibawakan keseluruh daerah diacara tersebut:
1. Seluruh pomparan psbi bahkan seluruh pomparan ni raja nabolon (parna) menyatakan dengan tegas, jelas dan terbuka diseluruh mata publik bahwa Raja silahisabungan menikahi namborunya sipintahaomasan boru ni raja nabolon dan melahirkan anak yang bernama silalahi raja. Bere hasian ni parna jala boru sihabolonan ni pomparan simbolon tua (psbi).

2. Seluruh pomparan psbi bahkan seluruh pomparan ni raja nabolon (parna) menyatakan dengan tegas, jelas dan terbuka diseluruh mata publik bahwa SiRaja Tambun dilahirkan oleh siboru miling-iling boru ni raja mangarerak tapi yang membesarkan dgn kasih sayang dan air susu (napinatarus-tarus) ni sipintahaomasan. Semua tulang kami (parna) hadir saat akan membuat nama SiRaja Tambun yg artinya sudah tambah anak (dakdanak) ni sipintahaomasan. Tambun dipilih sbg namanya bukan Tamba krn nama itu sdh dipakai sbg nama oleh ito sipintahaomasan yaitu tamba tua. SiRaja Tambun adalah anak na pinajinjing-jinjing (pinamanja-manja) oleh sipintahaomasan. Permintaan dari tulang parna kepada seluruh pomparan ni SiRaja Tambun "jangan lupakan bahwa SiRaja Tambun dapat hidup, tumbuh sehat sampai dewasa adalah krn air susu, kasih sayang dan dibesarkan dari sipintahaomasan. Jangan pernah melupakan ini. Sakit hati tulang parna jika pomparan SiRaja Tambun sampai melupakan ini.

3. Seluruh pomparan psbi bahkan seluruh pomparan ni raja nabolon (parna) menyatakan dengan tegas, jelas dan terbuka diseluruh mata publik bahwa untuk seluruh ulaon adat didaerah-daerah, hal ini harus dilaksanakan bahwa silalahi raja dan siraja tambun adalah bere ni parna dan khusus nya silalahi raja adalah boru sihabolonan ni simbolon tua (psbi).

Pesan moral yang dibawa keseluruh daerah:
1. Air tidak akan berhenti merembes walaupun dia dibentengi. Bahkan benteng tersebut akan rubuh oleh air tersebut. Demikian juga kasih antara tulang parna kepada silalahi raja dan raja tambun dan demikian juga antara silalahi raja dan siraja tambun. Kasih ini tdk dpt terputus oleh segala propaganda pihak yg lain.
2. Dan hal ini akan ter-aplikasi di kehidupan nyata, melalui acara-acara adat yg diadakan tulang parna, tampubolon, silalahi raja dan SiRaja Tambun. Mari menggalang kasih dari ulaon-ulaon adat yg akan kita laksanakan dikehidupan kita sehari-hari.

Akhir kata dohonon nami ma uppasa:
Tur-tur ma inna anduhur, tioma inna lote
Hata lasniroha, nauli, na denggan, jala pasu-pasu naung dijalo hami diacara pesta bolon tulang nami simbolon tgl 7/7/2012 naung lewat
Sai unang ma muba, sai unang ma mose

Sahat-sahat ni solu ma sai sahat ma tu bottean, jala sahat ma tu tigaras
Sai horas ma tutu hita saluhutna mangolu, dapotan parsaulian, passamotan dohot hagabeon jala sai horas-horas di dongan Tuhan ta Debata.

Horas...Horas..Horas

Salam kasih dari kami Keluarga besar Silalahi Raja seluruh Indonesia
Jenvater Silalahi
Jakarta, 12 juli 2012

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.