Thursday 28 July 2011

Tarombo Silalahi Dua, Maruatas Silalahi

Berbicara masalah kehidupan tentu saja kita harus membayangkan juga masalah kematian.
Jika saat kehidupan,kita mengatakan bahwa kita marga Silalahi,lalu apakah Silalahi ini akan tetap terukir di Salib diatas pusara kita nantinya?
Yang merasa dirinya marga Silalahi bolehlah lebih jauh memikirkan pertanyaan yg sederhana ini.


4 jam yang lalu melalui Facebook Seluler · ·


    • Eddy Silalahi ‎@TSD, sebelum membuat status seperti di atas, lakukan dulu survey bahwa salib dipusara ada juga yg menuliskan marga parsadaan itu sendiri dan ada juga yg menuliskan horongnya langsung. Kalau TSD, horongnya apa? Coba sebutkan!
      3 jam yang lalu

    • Tarombo Silalahi Dua Nah dari pernyataanmu ini menunjukkan bahwa kalian tdk konsisten dlm pemakaian marga,selalu meraba-raba.
      3 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi Sudah fakta kok dibilang meraba-raba? Udh lihat Marga Pohan, Naipospos dan lain-lain? Masih banyak yg bisa dicontohkan. Apa mereka juga meraba-raba? Tidaklah, Amang! Marga2 Batak memang banyak uniknya, jadi jgn kaku dan memakai kacamata kuda, Amang! Cek dari berbagai sisi sehingga objektif dan diterima umum.
      3 jam yang lalu

    • Tarombo Silalahi Dua Nah saat belum acara penguburan,tentu saja ada dilaksanakan acara adat,khusus org yg meninggal bagi yg sdh marpahompu(kita ambil sample yg sdh marpahompu).
      Jika saat pembagian parjambaran,apa2 saja yg terucap dlm pembagian parjambaron,khusus buat dongantubu dari yg meninggal ini?
      Semakin menarik ya diskusi kita ini Edy Sihaloho?
      3 jam yang lalu

    • Waskito Widodo Tambunan eddy silalahi.coba abang sebutkan nama2 anak naipospos.
      3 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Eddy Silalahi ‎@TSD, diskusi dgn santun perlu dipelihara dan dilakukan agar semakin menarik dan Amang TSD semoga tertarik ke Silalahi Nabolak. He he he ....! Gabung maksudnya, Amang alana disi do bona pasogitta. Salam persaudaraan majo ate!
      3 jam yang lalu

    • Waskito Widodo Tambunan sampai saat ini,belum pernah saya lihat marga dipomparan silahisabungan,baik di kehidupan sehari-hari,maupun di salip ya sdh meninggal,yg marganya. contoh: dison maradian op freddy silahisabungan.alai nasering hubege dht nahea huida.sehari hari.jhon silalahi,tiba molo manjalo ulu nidekke ga jhon sidabariba,songonima muse,mula silalahi,berubah wujud gabe mula sidebang.
      2 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Chandra Silalahi Dari aku lahir sampai nanti menutup mata, margaku tetap Silalahi, dan tidak akan berubah sampai kapanpun. Bona pasogit nami di Tolping do. Ido tona ni ompung dohot natua-tua i tu ahu.
      2 jam yang lalu

    • Waskito Widodo Tambunan boasa boi berubah wujud margai? lucu sgt lucu.
      2 jam yang lalu · 2 orangMemuat...

    • Waskito Widodo Tambunan eddy silalahi,klau abang ingin mau pakai eddy silahisabungan,seperti pomparan naipospos,silakan tdk ad yg keberatan,tapi jgn pakai marga silalahi,klau tdk sepaham dengan marga silalahi.thans
      2 jam yang lalu · 2 orangMemuat...

    • Ryanto Pcs Silalahi Hahahahahaha geog nai hu coment ni si Edy on.
      2 jam yang lalu

    • Ryanto Pcs Silalahi Edy@ unang baen marga mu silalahi kedan baen ma margam silahisabungan.hahahahaha
      gabe mekkel jolma manjaha coment mon kedan
      2 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi Silahisabungan itu bukan marga pada zamannya. Silahisabungan adalah parsadaan, yaitu nama oppu RSS dan bukan marga parsadaan.
      2 jam yang lalu

    • Haziolan Silalahi molo makkatai masalah silalahi on...attor sai naeng dohot do iba nimbrung bah...ala merasa iba silalahi...DANG NAMIRIP SILALAHI...MANANG PURA2 SILALAHI...ALAI MEMANG BOTULDO IBA SILALAHI...LAHIR SAMPAI MODAR...ONDO PEMBUKTIAN...THE REAL SILALAHI...LAIN SIANI....JOLMAIMA MENILAI BAH...DOHOT KELUARGATTA BE...HORAS...TARIK...
      sekitar sejam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Tarombo Silalahi Dua ‎@ES,Diajak bicara adat koq dibilang tdk santun?
      sekitar sejam yang lalu

    • Waskito Widodo Tambunan es,tapi abang contohkan ke naipospos.apakah nai pospos itu tdk parsadaan?
      53 menit yang lalu · 2 orangMemuat...

    • Waskito Widodo Tambunan es.inilah tarombo toga naiposspos. NAIPOSPOS/MARTUASAME.karen​ a istrinya yg kedua adalah adek istrinya kandung(saama)tikki marsame raja naipospos marbunibuni mambuat paribanna,gabe digoarima ibana MARTUA SAME.anakna:@DONDA HOPOL/BAGARIANG.@ DONDA UJUNG/HUTAURUK. @UJUNG TINUMPAK/SIMANUNGKALIT. @JAMITA MANGARAJA/SITUMEANG. @MARBUN. LBNBATU,BANJAR NAHOR,LBN GAOL,darima abang
      40 menit yang lalu


Nama siapakah yg dipakai keturunannya sebagai marga Silalahi ????

1.nama Silahisabungan ?
2.nama anaknya ?
3.nama cucunya ?
4.nama cicitnya ?
8 jam yang lalu · ·


    • Maruatas Silalahi kalau jawabannya no 1....nama Silahisabungan dipakai sebagai marga Silalahi >>>> kenapa keturunan Raja Tambun tidak memakai marga Silalahi?>>>>> jelas jawaban ini salah.....jadi Silahsabungan tidak sama dgn Silalahi

      kalau jawabannya no 2....maka anaknya yg mana?

      versi 7T....anak Silahisabungan ada 8...tidak ada anak Silahisabungan yg bernama Silalahi....jd dapat dari mana marga Silalahi yg dipakai 7T sementara Raja Tambun menyatakan menyatakan Silalahi adalah hahadolinya>>>>>jelas versi ini salah.....kalau ada yg kembali menyatakan Silalahinya dari Silahisabungan>>>>maka kembali ke evaluasi jawaban no 1.....>>>> jadi tetap salah.....

      versi Silalahi (Raja).....bahwa anak Silahisabungan ada 9....salah satunya Silalahi Raja.....dan dari namanya keturunannya memakai marga Silalahi......dan bila dihubungkan dgn kalimat "hahadoli Silalahi anggidoli Raja Tambun" >>>> pas karena mereka 1 level generasi.....sama2 anak Silahisabungan....>>>>sehi​ngga sangat aneh kalo 7T mengaku marganya Silalahi karena 7T bukanlah turunan dari Silalahi Raja....

      kalau jawabannya no 3...cucunya yg mana ? ada yg menyatakan Raja Parmahan Silalahi (versi tumaras).....dari mana Raja Parmahan versi tumaras sementara tidak ada leluhurnya yg bernama Silalahi.....juga sangat aneh "bptuanya & bpudanya (7T)" memakai marga Silalahi dari "anaknya" si Raja Parmahan sementara bpudanya Raja Tambun tdk memakai Silalahi.....pdhal dari garis silsilah jaraknya sama dgn bptua & bpudanya yg dari 7T........juga tidak pas dgn kalimat hahadoli Silalahi anggidoli si Raja Tambun......koq Raja Tambun memanggil hahadoli kepada anaknya.....>>>>> jadi jawaban ini salah.....

      kalau jawaban no 4.....cicitnya yg mana ? ada yg menyatakan Raja Parmahan Silalahi (versi tugu Raja parmahan Balige).....dari mana Raja Parmahan versi tumaras sementara tidak ada leluhurnya yg bernama Silalahi.....juga sangat aneh "oppung2nya (7T)" memakai marga Silalahi dari "pahoppunya" si Raja Parmahan sementara oppungnya Raja Tambun tdk memakai Silalahi.....pdhal dari garis silsilah jaraknya sama dgn oppung2nya yg dari 7T........juga tidak pas dgn kalimat hahadoli Silalahi anggidoli si Raja Tambun......koq Raja Tambun memanggil hahadoli kepada pahoppunya.....>>>>> jadi jawaban ini salah.....

      JADI YANG BENAR ......nama yang dipakai keturunannya sebagai marga Silalahi adalah nama anak Silahisabungan yang bernama Silalahi Raja........jadi yg memakai marga Silalahi tapi bukan keturunan Silalahi Raja......sadarilah bahwa marga anda itu salah.....pakailah marga yg sebenarnya......

      dengan ini maka ....versi 7T yg menyatakan anak Silahisabungan ada 8.....salah.....yang benar adalah 9.....karena Raja Tambun menyatakan ada hahadolinya yg bermarga Silalahi dan kalau dilihat dari bahasan di atas yg menurunkan marga Silalahi adalah anak Silahisabungan yg bernama Silalahi Raja....
      8 jam yang lalu · 3 orangMemuat...

    • Afrinal Silalahi Siburju sudah pasti amang.
      marga silalahi di turunkan dr anak buha baju nya yakni silalahi raja.itulah silalahi yg SESUNGGUHNYA
      8 jam yang lalu · 2 orangMemuat...

    • Eddy Silalahi ‎@Appara Maruatas, marga tdk hrs nama anak, krn bisa juga tercipta di luar itu dan itulah uniknya marga2 pada orang Batak. Contohnya Marga Pohan padahal anaknya Sibagotnipohan tdk ada bernama Pohan, tetapi banyak juga pinomparnya yg memakai Marga Pohan.
      7 jam yang lalu

    • M Hansari Silalahi Dang hea nibege diportibion Silalahi gelar Silahisabungan,las di tarombo ni Sibagot ni pohan pe I dang adong berengon Silalahi gelar Silahisabungan,dang hea marpadan Tampubolon tu Silahisabungan alai molo didok Silalahi marpadan tu Tampubolon baru pe toho,las nisungkun pe Tampubolon dang hea dibotonasida na Silahisabungan dongan sapadan ni nasida,jadi unang pola di torushon mandok Silalahi I do Silahisabungan.lului dalan na asing asa songon na sossok mamake marga na Silalahi.molo alani pernyataan Silalahi I do Silahisabungan gabe boi mamake margana Silalahi dang masuk akal dope I ala dang masuk cerita bual munai tu dunia nyata.
      6 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Ijuk AL Bonn Silalahi Nahuboto sian anak ne oputta silahisabungan mangalap br smbolon do ima silalahi raja keturunannya marmargahon Silalahi..
      6 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Eddy Silalahi Sibagariang adalah Marga dan bukan nama anak, ini artinya tdk selamanya nama anak jadi marga. Naipospos adalah juga marga, adalah juga Parsadaan, dan pinomparnya banyak juga yg memakai Naipospos sebagai marga.
      6 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • M Hansari Silalahi Eddy,,tu topik diskusi i ma alusi molo naeng berdiskusi do,dang adong hubungan ni diskusi on tu marga Sibagariang,tarhona mambahas tarombo ni jolma lakkam,tarombo diri sandiri pe songon andor na maralitan dope.
      6 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Eddy Silalahi Banyak hal yg kongkrit pada marga2 orang Batak dan relevan bisa dicontohkan utk menambah dan membuka wawasan, agar diperoleh pemahaman yg berdasar dan diterima umum.
      6 jam yang lalu

    • Maruatas Silalahi Eddy Sihaloho.....ditanda ho do namboru boru Sihaloho na nialap amangboru Gultom (anak ni namboru bpku) na di Ambarisan?.....

      molo ndang setuju ho tu status dohot komenki.....bahen jo sian dia do ro marga Silalahim....
      5 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • M Hansari Silalahi Tarombo ta Silahisabungan on ma jolo tabahas bah dang taboto aha permasalahan ni tarombo ni halak,status na diginjang I ma jolo baen kontribusim molo bersedia do lakkam.
      5 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@Maruatas, ndang hutanda Amangboru ta i appara? Mengenai margaku Silalahi, nungga hupatorang songon contoh Marga Pohan.
      5 jam yang lalu

    • Maruatas Silalahi Eddy Sihaloho.....4 amangborui (anak op Mangara Gultom na di Ambarisan)....2 amangborui mangalap namboru br Sihaloho....

      spesifik jo bahen sian dia ro marga Silalahim.....marga aha dibahen di silang ni op ta na di Sidamanik.....
      5 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Afrinal Silalahi Siburju kita mmang perlu mngaitkan marga asing dgn tarombo kta dgn cttan mereka punya hubungan dgn kita.contoh PARNA.TAMPUBOLON
      5 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@Maruatas, maksud ni appara songon statusmi do patorangonku? Pemahaman kitakan beda jadi gak akan ada titik temunya.
      Perihal di silang ni oppui, ndang adong tulisan alana silang bosi sajo do.
      5 jam yang lalu

    • M Hansari Silalahi Hahahaha onma dah molo dung sahat taringot tu silang nabadia I dang boi be gabusan,muntol do sude akka sigumoang molo dung taringot hita tu Silang I.
      4 jam yang lalu

    • Tarombo Silalahi Dua Salib itu tdk ada dusta.
      Salib itu pasti ada kasih.
      Salib merupakan perjuangan terakhir dlm persoalan hidup kita.
      Apa yg tertulis di salib saudara kita yg telah duluan dipanggil ke sisi Tuhan?
      4 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@MHS, gak ada yg lucu tapi kok ketawa dan opinimu dangkal.
      4 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@TSD, na gabe penginjil do langkam manang partarombo?
      4 jam yang lalu

    • Maruatas Silalahi Eddy Sihaloho....marga aha ditanda parhutai op i....marga Sihaloho do manang Silalahi?
      4 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@Maruatas, oppui ditanda Silalahi sian horong Sihaloho.
      4 jam yang lalu

    • Tarombo Silalahi Dua ohh parabbarisanya si Edy Haloho ini?
      Dimana kamu di Ambarisan?
      3 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@TSD, bukan par Ambarisan aku Amang, tapi par Silalahi Nabolak do. He he he ....!
      3 jam yang lalu

    • Tarombo Silalahi Dua Mana ada marga Silalahi di Silalahi Nabolak.
      Coba lihat nama kampung disana,yg ada lumban sihaloho,lumban situngkir sampai lumban pintubatu.
      Tak ada nama kampung disana lumban silalahi.
      3 jam yang lalu

    • Eddy Silalahi ‎@TSD, itulah yg perlu dimaknai Amang bhw Silalahi itu bukan nama anak di Silalahi Nabolak tapi marga parsadaan.
      3 jam yang lalu

    • Chandra Silalahi ‎@ES : Kok aneh. Setauku parsadaan itu Silahisabungan, makanya ada Punguan Raja Silahisabungan. Seperti kami di Surabaya, nama punguannya Punguan Silahisabungan Surabaya wilayah Selatan, Timur, Barat, Utara dst.
      2 jam yang lalu · 2 orangMemuat...

    • Eddy Silalahi Marga parsadaan beda tipis dengan Parsadaan.
      2 jam yang lalu

    • Ijuk AL Bonn Silalahi Eddy@ silalahi itu marga dr kturunan silalahi raja..
      ima anakni silahisabungan..
      silahisabungan adlh parsadaan..
      2 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Chandra Silalahi ‎@ES ; kalo bagi kalian marga Silalahi adalah marga parsadaan, kenapa Tambun/Tambunan tidak pernah mengaku sebagai Silalahi?
      2 jam yang lalu · 1 orangMemuat...

    • Chandra Silalahi ‎@ ES; Kalo Silalahi merupakan marga parsadaan bagi kalian, kenapa Tambun/Tambunan tidak pernah mengaku ngaku sebagai Silalahi?
      2 jam yang lalu

    • Maruatas Silalahi Eddy Sihaloho.....unang sai margabusi hita....maila....
      2 jam yang lalu

    • Ijuk AL Bonn Silalahi Maruatas@ Ai sihaloho do hape apara i...
      boasa dibahen silalahi Mrgana. alai dang adong ninna silalahi didokkon halakki
      2 jam yang lalu · 2 orangMemuat...

    • Eddy Silalahi ‎@Maruatas, jangan menghakimi. Berikan aja pendapat dan argumentasimu dgn baik.
      sekitar sejam yang lalu

    • Tarombo Silalahi Dua ‎@ES,Jika ada nama desa Silalahi Nabolak,kenapa ada Kec Silahisabungan pdhl Silalahi=Silahisabungan,ke​napa ini bisa terjadi? Kenapa bukan Kec Silalahi saja?
      sekitar sejam yang lalu

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.