Saturday 4 August 2012

Char LO

Tu sude member ni group on..........
jawab hamu majo sungkun2 kon sian nabinoto muna...
DIDIA DO BONA PASOGIT NI..... RAJA SILAHISABUNGAN...
jala...
DIDIADO BONA PASOGIT NI... OP RAJA SILAHISABUNGAN...
.
tu angka anggota group on... holan majawab do karejona...
dang dohot manungkun balik...
Lihat Terjemahan
23 Mei pukul 20:18

  • Berty Manurung menyukai ini.
    • Char LO nga idia nadebanai.....
      ai molo adong postingan na pontesial tu parbadaan... intor di coment angka donganon do...
      alai molo postingan na lao manambai parbinotoan... sib sude...
      ...
      anggo apala di namura2on hita sepaham nian...
    • Berty Manurung ‎@CHARLO,Pahoppu panggoaran do tahe RSS??
    • Char LO Berty Manurung... sian parbinotoanku.... daong.
      dang huboto ... molo nabinotoni dongan...
      hehehehe (napasti daong)
    • Berty Manurung sungkun2 mi do,baca stat...tetanggaku namany RAJA SOTARONGGAL,opungna OP RAJA SOTARONGGAL( cucu panggoaran dia)
    • Char LO Berty Manurung ... pas pernyataan munai....
      ido kan...(brarti dang adong nakontroversi disi)
      nga sepaham ra hita ate... dialussu ## dang huboto ... molo nabinotoni dongan...##
      alana dang sarupa parbinotoan ni sude memberon.
    • Berty Manurung baca dulu statusmu@charlo..hahahaha,
    • Ari Silalahi Sipangkar Bonapasogit ni RAJA SILAHISABUNGAN di SILALAHI NABOLAK.jala hamateannape di Silalahi Nabolak do. Jala molo bonapasogit Ni Op Lahi sabungan pe di Silalahi Nabolak do,alai molo hamateanna nunga di Samosir.
    • Char LO Berty Manurung ... jolo hujaha doi asa huposting....
      jala huantusi doi sude.... (dang nalao berdebat hita alani)
      olakni jawabanmu do baenonmu
    • Haris Silalahi Di Balige raja do Bonapasogit ni opputta Raja Silahi Sabungan na huboto...!!
      molo huta napinukka ni oppu i,,ima huta Silalahi Nabolak Dairi..!
    • M Hansari Silalahi na jelas sada do Silahisabungan,,,,,,,
    • Haris Silalahi bah...molo pandok ni kedanmu si Marihot Silalahi dohot akka na asing beda do Silahi Sabungan na di Silalahi Nabolak dohot na di Paromasan...!!
    • M Hansari Silalahi ai na jot-jot do hamu mandok lae tu marga Silalahi asa didok songoni,,,,,,sian dia ma dalanna haroa manjou lae par silalahi nabolak tu marga Silalahi,,,,,,
    • Haris Silalahi molo tu si do nadidokmu unang salahon hami boh..! sattabih, Opputta Silahi Sabungan ma salahon hamu,,,!!
      di poda napinasahatna tu akka hami popparanna on.. holan walu do anakhonna pa sia boruna..!
    • Char LO M Hansari Silalahi ... baenjo antong amang jawaban na...
      ai nga 3 jawaban on... marsiasingan...
      ...
      sependapat do au dohot amang... na sada SILAHISABUNGAN.
    • M Hansari Silalahi sadihari haroa silahisabungan pasahatton poda tu pinomparna?
    • Haris Silalahi bah...molo anakhonna dang tarmasuk i pinopparna...??
      na boha do ho Sari..?
    • M Hansari Silalahi manang aha pe sukkun2 mon char lo,,,,dang adong 2 Silahisabungan,,,,,,sada do nahuboto dung huantusi mandok marga ku Silalahi,,,,,,,'
    • M Hansari Silalahi ise pinompar nai,,,,tu ise poda ni silahisabungan dipasahat?
    • Haris Silalahi tu anakhonna...! datung tu bonggali an..!
    • M Hansari Silalahi pagodang hu do hubereng hata-hatam bah,,,,molo songoni boasa ia Pingganmatio boi akka ianakkonna dang mananda boru aha Pingganmatio?
    • Haris Silalahi hamu do mandok i dang ditanda...!!
    • Char LO M Hansari Silalahi ... ai onmani... gabe berdebatdo...
      ai sungkun2 dang di alusi....
      (gabe biar roha ... naso diboto do nuaeng)
      hape sai di ulasi angka tarombo dohot turi2an
    • M Hansari Silalahi jadi aha do maksud ni film handayani an? namarhua do haroa akka 7t di RM handayani?
    • Haris Silalahi memang nga rittik ho Sari...!! bereng jo na disurat akka amongmu dohot oppungmu na di paromasan an..! boru aha do disurathon oppung boru nami disi..??
      manang na otobe do akka amongmu dohot oppungmi..??
    • Char LO ngadia..... dang dialusi dopena....
    • M Hansari Silalahi Sekilias Pembentukan Panitia perayaan TUGU.

      Minta tanggabannya untuk masukan kepada kita semua (BUTAR RAJA-7T) dalam rangka mensukseskan DOA BERSAMA POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN dibona pasogit

      By Ama Sara (Ketua Umum)

      Pengantar.

      Kepada saudara-saudaraku dimanapun berada (desa naualu) melalui forum ini kami undang memberikan ide-ide dan masukannya atau adek-adek Butar Raja atau Sinabutar atau Dabutar dan Sidabutar yang bukan Parna, cetaklah artikel ini dan berikan kepada orangtua dan minta tanggabannya untuk masukan kepada kita semua dalam rangka mensukseskan DOA BERSAMA POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN dibona pasogit Silalahi nabolak pada November 2011.

      Tulisan ini hanya interpretasi saya terhadap apa yang saya lihat, apa yang saya dengar dan apa yang saya ketahui yang mungkin saja salah, oleh sebab itu bagi mereka pribadi, kelompok dll, yang saya sebut kurang berkenan saya mengucapkan Mohon Maaf yang sedalam-dalamnya.

      Panggung Itu akan Kita Isi.

      Amak atau tikar dan anak kunci rumah parsattian sudah diterima turpuk Butarraja dari hahadoli Sondiraja diakhir Pesta Luhutan Bolon Tugu Silahisabungan pada Minggu 21 November 2010 yang lalu, artinya Butarraja akan menjadi tuan rumah (manghobasi) pesta yang sama ditahun yang akan datang yakni 2011, lalu apa yang akan kita lakukan?

      Apabila ditelisik sepuluh tahun terakhir, pesta ulang tahun Tugu Silahisabungan di Silalahi nabolak selalu diwarnai dengan perdebatan siapa ompung boru kita atau istri dari Silahisabungan, satu kelompok mengatakan boru Padang Batangari seperti yang tertulis ditugu Silahisabungan kelompok lain berpendapat boru Matanari? Persoalannya tidak sesederhana ini melainkan berkait langsung dengan bagaimana pesta itu dilaksanakan, sebab dalam pesta yang meriah tersebut ada prosesi menerima (mangalo-alo) tulang, menerima tulang adalah wajib dilaksanakan supaya syah acara tersebut. Seingat saya (penulis) pendapat yang menyatakan istri Silahisabungan boru Matanari kali pertama dilontarkan alm. Saing Sihaloho pada Pesta Bonataon Loho Raja sejabodetabek di gedung Sejahtra Jakarta tahun 2000 yang lalu. Beliau berdalih ingin menebus kesalahan masa lalu sekaligus meluruskan sejarah Silahisabungan yang nyata-nyata beliau sendiri termasuk pelakunya ketika meresmikian tugu Silahisabungan pada tahun 1981. ”dang mambahen lutu, napatingkoshon do” demikian salahsatu penggalan kalimat beliau mengenai hal ini. Penulis sengaja tidak membahas apa alasannya mengapa boru Matanari atau boru Padang batanghari, karena pihak-pihak mempunyai argumentasi untuk menguatkan pendapat masing-masing atau debatebel. Tahun 2002 ketika Sondi Raja menyelenggarakan pesta Ulangtahun Tugu sekaligus peresmian rumah parsattian dan pelantikan pengurus Badan Pengembang Makam dan Tugu Ompu Raja Silahisabungan ada prosesi penyambutan Padangbatanghari sebagai tulang. Waktu terus berjalan diawal tahun 2003 kelompok yang menyatakan ompung Boru Silahisabungan br. Matanari semakin gencar mensosialisasikan pendapatnya baik dibonapasogit maupun diperantauan, bahkan sebelumnya mereka sudah mendatangi huta Balna yang dipercaya asal-muasal ”opung baru kita Pinta Haomasan boru Matanari”.
    • M Hansari Silalahi Ketika Butar Raja menjadi bolahan amak pada pesta ulang tahun tugu tahun 2003, disepakati tidak ada prosesi menyambut tulang dari marganya ompung boru, sebagi penggantinya diundang marga Sagala yaitu marga istri Butar Raja, yaitu anak keempat dari Raja Silahisabungan. Hal ini disepakati didalam rapat yang sangat alot, sebab Raja Turpuk di Silalahi nabolak sangat berkeinginan ada prosesi menyambut marga Padang Batangari sebagai tulang, namun keinginan ini ditentang keras oleh ketua panitia pada saat itu Op. Tumpal dari Jakarta menyebutkan dalam rapat, santabi dihamu (maksudnya Raja Turpuk), alani namasa perbedaan pandapot taringot tulangta, dang sanggup dope hami manggokkon tulang Padangbatanghari apala tingki on alani i, hula-hula marga parsondukbolon ButarRaja ma hujou hami, ima marga Sagala. Maka jadilah pada acara puncak yang yang disambut sebagai tulang adalah marga Sagala. Mungkin alasannya sederhana menjaga hubungan baik atau kesetiakawanan kepada haha doli punguan Loho Raja dan Tungkir Raja sejabosetabek sebab dalam setiap agenda bonataon dalam 20 tahun terakhir dan acara adat lainnya kedua haha doli ini sangat dekat dengan Butar Raja, atau mungkin beliau mempunyai informasi yang menguatkan argumentasi alm. Saing. Akan tetapi HS dalam sambutannya yang mewakili turpuk haha/anggi doli kala itu terselip ucapan yang kurang pantas kedengarannya dengan sebutan”Langkahi dulu mayat saya kalau mau mengganti nama opung boru yang tertulis ditugu itu” sambil menunjuk kearah tugu Silahisabungan yang terletak disisi lapangan upacara. Dan kalimat itu menjadi preseden dikalangan Silahisabungan khususnya di Jakarta beberapa waktu lamanya.

      Puncaknya ketika tahun 2008 kala itu turpuk Loho Raja bertindak sebagai tuan rumah Pesta Ulangtahun Tugu Raja Silahisabungan. Secara demografi semakin jelas pihak-pihak yang berseberangan dan pengikutnyapun semakin agresif, khususnya di Silalahi nabolak, sehingga pesta ulangtahun tugu terpaksa diselengarakan dua kali pada bulan dan tahun yang sama. Pertama tanggal 22-23 November 2008 bagi kelompok Padangbatangari, pendukungnya pada umumnya dikota-kota dan daerah di Sumatra Utara seperti Silalahi, Simalungun, P. Siantar dan Medan tokohnya atl Mayjen TNI (Purn.) Haposan Silalahi, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Edison Haloho dkk, tempat acaranya ditugu Silahisabungan, dalam acara ini lahir pula Punguan Silahisabungan Sedunia yang dipimpin oleh Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Edison Haloho. Kedua seminggu sesudahnya yaitu tanggal 28-29 November 2008 dihuta Sihaloho disekitar Silalahinabolak, bagi pendukung Matanari yang diusung Loho Raja dari Jakarta dan sekitarnya serta sebagian dibonapasogit, tokohnya adalah Drs. M. Haloho, M.M. (Op. Miduk), Drs. Maruba Haloho, M.M, Let. Jen Pur. Japurba Situngkir, Kombes (Purn.) Maringan Haloho dkk.

      Pembentukan Panitia

      Dengan alasan-alasan yang dapat diterima, adanya keinginan baik dari Silalahinabolak, P. Siantar dan Medan agar kepanitiaan Pesta Luhutan Bolon Tugu Silahisabungan tahun 2011 secara khusus ketua, jatuh keButar Raja yang ada di Jakarta, walaupun pada tujuh tahun yang silam secara aklamasih disepakati kepanitiaan berikutnya dipimpin dari Sumatra. Untuk memenuhi keinginan tersebut, ada beberapa prasyarat yang perlu diperhatikan dari pihak-pihak yang ambilbagian dalam perhelatan tersebut.

      1. Untuk jalan tengah baiknya tidak mengundang tulang marga dari ompung boru yaitu istri dari Silahisabungan, sebagai penggantinya dapat mengundang hula-hula marga istri Butar Raja yaitu marga Sagala seperti Bolahan Amak 2003 yang lalu. Tujuannya adalah untuk menjaga hubungan baik agar tetap terpelihara kepada pihak-pihak yang bersebelahan. Dalam hal ini dituntut kearifan para Raja-raja Turpuk di Silalahi. Sebab ada umpasa yang mengatakan ”dohor dongan partubu, dohoran do dongan parhundul”. Artinya Loho Raja dan Tungkir Raja dan haha/anggi lainnya adalah dongan partubu sekaligus dongan parhundul Butar Raja di Jabodetabek. Namun pilihan ini mungkin tidak sefaham dengan apa yang disebut ”luhutan bolon” yaitu pesta semua pomparan Silahisabungan walaupun Butar Raja sebagai panitia pelaksana yang disebut bolahan amak.

      2. Panitia dari Sumatra dan ketuanya kita ambil yang ada dibona pasogit, mungkin belum pernah terjadi tetapi mari kita mulai. Dengan segala kekurangannya kita harus bersepakat untuk mengangkat dan mendukungnya, dengan demikian tidak ada hambatan pshikologis dalam melaksanakan penyambutan tulang. Mungkinkah tercapai? Jawabnya ada pada rapat yang akan diselenggarakan pada pertengahan Januari 2011 yang akan datang dibona pasogit.

      3. Sambutan dari haha/anggi doli pada hari H hendaknya tidak dalam rangka ”kampanye atau sosialisasi terhadap apa yang sedang diinginkannya, bahkan kebulatan tekad atau mungkin intimidasi kepada kelompok yang lemah” akan tetapi hendaknya tidak lari dari apa motifasi perhelatan yang tidak murah itu yaitu bersatupadu bersekutu, merendahkan hati memohon kepada sang Pencipta agar diberkati semua pomparan Silahisabungan dimanapun berada.

      4. Sudah waktunya karya bakti kita mulai dengan tema-tema yang bersifat umum dan universal serta cinta Indonesia, misal tema lingkungan hidup seperti seminar limnologi yang berkait dengan pelestarian air danau toba, gempa bumi dan mitigasi, pemanasan global dan penghijauan, olah raga dll. Utuk itu dituntut kesamaan visi dan missi kita Butar Raja.

      Bila digambarkan peristiwa demi peristiwa laksana panggung sandiwara yang dimainkan diatas mimbar dimana episode demi episode mengalir seiring waktu berjalan dan para pemainnyapun silih berganti pula tergantung tahun tayang dan giliran siapa. Ya seperti judulnya Panggung itu akan kita isi tahun depan kita Butarraja akan mengisi panggung itu apa ceritra kita dan siapa bertindak menjadi sutradara?

      Penulis

      Ir. Johansen Sinabutar M.M.

      Ketua Umum Punguan Butar Raja Boru & Bere Se Jabodetabek

      Noot : - Raja Turpuk adalah lembaga perwakilan dari masing-masing turpuk di Silalahi yang jumlahnya sejumlah anak (turpuk) dari Raja Silahisabungan, yang bertugas memberikan keputusan/pertimbangan-pertimbangan adat.

      - Raja Daoton adalah pimpinan rapat.

      - Raja ijolo adalah juru kunci.

      - Bolahan amak adalah Panitia Pelaksana Pesta (manghobasi).
    • Char LO M Hansari Silalahi... olo ... ongss...
      nga hujahabena...
      sonnari sungkun2ku majo alusi....
    • M Hansari Silalahi jaha-jaha hamu ate asa diboto hamu aha namasa di humaliang ni par SN,,,,,,makana unang sai ringgas mandok tona ni Oppo nami Silahisabungan,,,,,,,,,,,,,
    • M Hansari Silalahi ai pga hali alusan haroa charlo,,,,,,,anggi ni Sibagotnipohan do molo Silahisabungan na hutanda,,,,,adong lain sian on?
    • Haris Silalahi sadihari do muse beroba barang on Sari...?? memang anggo bagian merekayasa dohot merepaksa hamu ma jagona ate...!!

      >>>>bahkan sebelumnya mereka sudah mendatangi huta Balna yang dipercaya asal-muasal ”opung baru kita Pinta Haomasan boru Matanari”.>>>>
    • M Hansari Silalahi Ha ha ha unang dirippu hamu naung selamat permasalahanmuna on,,,,,,,,,,
    • Haris Silalahi jaha jo saulak nai Sari postinganmi...!! unang asal copas..!
      wkkwkkwkkwkk
    • M Hansari Silalahi sukkun langsung tu namambahen i adong do moru manang hurang tulisannai,,,jelas do goar ni namambaen i disi,,,,,,
    • Char LO M Hansari Silalahi ... dang adong dope dialusi ho au....
      so abangna husungkun....
      JAHA SAHALINAI... POSTINGANON...
      didia do bona pasogit..........??????
    • M Hansari Silalahi ai pga hali alusan haroa charlo,,,,,,,anggi ni Sibagotnipohan do molo Silahisabungan na hutanda,,,,,adong lain sian on?;;;;;;;;;;;;;;;
    • Char LO M Hansari Silalahi .... dang abang na husungkun...?
      piga hali patorangon... tu amang
    • M Hansari Silalahi ha ha ha jadi dang boi dilapati ho hataki????
    • Haris Silalahi Sari@ wkkwkkkwkkkk...disi ma tarida hahotoanmu molo berdiskusi,,,!!
      dok akka nasalahpe sai tong dibahen lakkam sebagai refrensimu...!!
    • Char LO M Hansari Silalahi ... ise do nasoboi mangalapati sungkun2...
      hahahaha
    • M Hansari Silalahi salah songondia maksudmu?
    • Haris Silalahi jaha jo saulak nai copasanmu na pertama bagian terakhir...!!

      >>>>bahkan sebelumnya mereka sudah mendatangi huta Balna yang dipercaya asal-muasal ”opung baru kita Pinta Haomasan boru Matanari”.>>>>

      sadiari do pinta haomasan gb br Matanari...??
    • Marihot Silalahi harris,, status sebelah I ma hita padua-dua,, hehehhehe,, beta amang,, bahen ma status naimbaru, asa disi hita,,,
    • Char LO AMPARA ... Haris Silalahi ....
      NA so dibotodo huroa manang na idia ...
      DIDIA DO BONA PASOGIT NI..... RAJA SILAHISABUNGAN...
      jala...
      DIDIADO BONA PASOGIT NI... OP RAJA SILAHISABUNGAN...
      ...
      ...
      hapena sai tarombo dohot turi2an ... dihatai tiap ari.
    • Haris Silalahi Marihot Silalahi@ dokma tu bapa tuam si M Hansari Silalahi bahwasanna Silahi Sabungan kita beda dgn Silahi Sabungan yg dr Silalahi Nabolak..!!
    • Marihot Silalahi Tole tu status sebelah ma hita,, anggo na didokmi na salah surat doi, pinggan matio do maksudni,, hehehhehe,, beta mang,,
    • M Hansari Silalahi makana hudok sukkkun namambahen i haris adong do goar na,,,,,,,,,selain na salah na nidok mon boi do muse klarifikasion mu tu namambahen bahan renungan i,,,,,
    • Manogu Situngkir Boha ma so susah hita on angka na seharusna pemimpin dang terpimpin. Ai so iboto me milah2 pokok masalah, jadina gabe gaor. Sahali2 beha huroa molo tertib jala unang gabe rarat di hatai asa focus. Angka emosina do parjolo di pa tanggir2. Hira naso berpendidikan do hita on hu ida.
    • Victor Silalahi unang dok sungkun2 mangalusi sungkun2 ate,,,,,,alai molo di boto lakkam didia bona pasogit ni SiBagotni Pohan dang loja lakkam pola manungkun bona pasogit on.......:)
    • M Hansari Silalahi Manogu,,,,,,sai holan pendidikan do dihatai lakkam dison,,,,,bereng jolo akka DPR i,,,,,adong do Proff tong do marbadai,,,,,,,,,nabohado baeon,,,,sai hera lakkam do hubereng parsikkola,,,,,,,,
    • Haris Silalahi bah,,,ai dia do boddatta Sari...!! tokkin nai adong ma muse bonggali mamabhen asing marga ni oppung boru nami.,,..! gabe bahenonmu ma i gabe refrensimu muse..!!
      benna hudok unang asal copasi boddani halak..!!
    • M Hansari Silalahi sian ginjang nungnga hudok,,,,,sukkun langsung namambahen bahan renungan i,,,,ai pola loja ho manukkun tu au,,,,holan sukkun pe di jakarta nungnga selesai,,,,,,,
    • Char LO Victor Silalahi... jawab ma poang molo di botoho.... unang pola dohot ampara pabali2hon pangkataion...
    • Haris Silalahi Sari@ ehe....jei aha lapatanmu bahenonmu copasan i,,,??
      molo tong do au manukhun na mambahen i..?
      kan naung di percayai ho do copasan i benna dibahen lakkam sebagai refrensimu...!!
    • M Hansari Silalahi ai na so percaya do lakkam na baoi mambahen renunganmunai,makan hudok sukkun langsung tu jolmanai,,,,,,,
    • Marihot Silalahi Sattabi ate katua char LO, molo Bona pasogit do Sukkunonmu Ima Raja Silahisabungan di BALIGE ma,, Allai Jala Molo OP Raja Silahisabungan, Na gabe asing do dipemahaman mu antara Raja Silahisabungan tu Op Raja Silahisabungan? Mauliate,, Jala hudok Balige, Ala disi do tubu, Jala disi do magodang Raja Silahisabungan,,,
    • M Hansari Silalahi jaha ma jolo on,,,,,,toho do manang na salah:..........................................Apabila ditelisik sepuluh tahun terakhir, pesta ulang tahun Tugu Silahisabungan di Silalahi nabolak selalu diwarnai dengan perdebatan siapa ompung boru kita atau istri dari Silahisabungan, satu kelompok mengatakan boru Padang Batangari seperti yang tertulis ditugu Silahisabungan kelompok lain berpendapat boru Matanari? Persoalannya tidak sesederhana ini melainkan berkait langsung dengan bagaimana pesta itu dilaksanakan, sebab dalam pesta yang meriah tersebut ada prosesi menerima (mangalo-alo) tulang, menerima tulang adalah wajib dilaksanakan supaya syah acara tersebut. Seingat saya (penulis) pendapat yang menyatakan istri Silahisabungan boru Matanari kali pertama dilontarkan alm. Saing Sihaloho pada Pesta Bonataon Loho Raja sejabodetabek di gedung Sejahtra Jakarta tahun 2000 yang lalu. Beliau berdalih ingin menebus kesalahan masa lalu sekaligus meluruskan sejarah Silahisabungan yang nyata-nyata beliau sendiri termasuk pelakunya ketika meresmikian tugu Silahisabungan pada tahun 1981. ”dang mambahen lutu, napatingkoshon do” demikian salahsatu penggalan kalimat beliau mengenai hal ini. Penulis sengaja tidak membahas apa alasannya mengapa boru Matanari atau boru Padang batanghari, karena pihak-pihak mempunyai argumentasi untuk menguatkan pendapat masing-masing atau debatebel.
    • Haris Silalahi qwkkwkwkkwkkwkkkkk...... homa manukhun Sari...! sukhun jo, sadiari oppung boru nami sipinta hahomasan gabe boru Matanari,,,??
    • M Hansari Silalahi hahahahaha nga maila lakkam ala ni tona ni silahisabungan i ate?
    • Char LO Marihot Silalahi ... mauliate ma di alus munai ampara...
      molo songonon kan.... tor sae pangkataion... jelas jawabani...
      (molo soal pemahamani ampara... nga di ulas di ginjangi... jaha ampara ma.... annon gabe tu debat muse)
    • Haris Silalahi Sari@ boasa maila nimmu di Poda ni Oppu nami i..??
      ai akka na denggan do podahon disi..!!
      dang huboto molo di PDN muna i..! attar janggal do begeon di habatakhon Natua tua na mambahen padan akka tu anakhonna...
      hehehehe....
    • M Hansari Silalahi jadi molo dipodahon do tuhamu,,,,boasa ia inong ni loho raja sahat tu batu raja boi sesama hamu pasoal??? ai poda aha do oppung ia inong na dang ditanda,,,,,,,,
    • Char LO ALL@.. andigan do boi hita denggan martungkar pingkiran....
      nang pe berdebat keras nian... alai searah ma...
      molo adong masalah baru... boido di postingan na baru...
      (unang sai nidok dang dewasa halakan ... hape iba sandiri dang dewasa.... )
      ##taingotmaon.... HALAK DO MENILAI HITA... DANG HITA MENILAI HITA##
    • Haris Silalahi hamu do mandok i Sari..! ala dang lomo roha muna denggan2 hami akka namar-hahaanggi...!!
    • M Hansari Silalahi ai di ingot ho dope tahun 2008 di tikki Sihaloho bolahan amak pesta tugu? piga hali diboto lakkam marpesta alani Pingganmatio?
    • Manogu Situngkir ‎@MHS: Sai unang ma nian pintor rajin2 hita mambaen referensi tu angka na hurang denggan. Ia tung pe DPR n Prof tudia baenon gabe contoh i molo so suman? Beha asa denggan bah tertib ma jo antong alusi hamuna sungkun2 ni anggitta CharLo i , ido daba asa tertib jala terpimpin. Jala ta pa ihut2 boha ujungna anggiat gabe tambah parbinotoanta
    • M Hansari Silalahi alani uang pola hita idealis di diskusi on,,,,,marsibotoan be ma,,,,,,,,
    • Haris Silalahi Sari@ akka na hurang denggan ni padenggan,,,na denggan i ni padalan..! ima motto di hita habatakhon..!!
      dang huboto masa do di hamu motto i..??
    • M Hansari Silalahi sadihari diboto ho mandok songonon ate,,,,,jadi nungnga sian ias ni roham mandok on,,jala hira tudia ma arah ni hatamon poang,,,,,
    • Haris Silalahi rimangi ma i fuang...!
    • M Hansari Silalahi na songon na heran do au mamereng hatam di borngin on sa hudok songoni............
    • Haris Silalahi hahahahaha....pola heran lakkam...ai do adong lapatanna hita namarsiajar on...!
    • M Hansari Silalahi mauliate ma,,,,asal ma unang berubah,,,,mauliate ma tadok tu Jahowa........
    • Haris Silalahi ok...slmt malam ma...istirahatma hita..anggo na berdebat di dunia maya on do..songon2ni nama on..!
    • Char LO ai buti di amang M Hansari Silalahi......
      idelis i... prinsip doi... boi do dang idealis amang... ise mangorai.
      apalagi hita.... molo sama2 hita ngajelas be...
      masiboan na binotona.... (idokan)
      alai molo holan diskusi dan debat2 sehat.... g' masalah lah..
      manambai parbinotoan doi....
      ## tapingkiri maon....
      godang pamoruonta ... berenta... ibeberenta... manjahaon sude...
      gabe hita sandiri do namailakan?...
      apalagi molo sanga inna..."" naboado hamuna da hula hulai?""
      AI SADA DO HITA SUDE... MOLO DI HALAKI##
      T...A...R...I....M...A...N...G...I M...A...O...N
    • M Hansari Silalahi molo naung marsibotoan do hita sama hita boasa pola dokkonon songoni? sian nahinan pe nungnga margogo suara be hita alani tarombo,,,,,
    • Berty Manurung MARSIPADENGGANAN MA TUTU HAMU LUHUT,ASA GABE SITIRUON...UNANG BE GUNTUR,AI TAMBA DO SARINGAR NI SOARA NI NA RUNDUT/GAOR......
    • Char LO M Hansari Silalahi ... NAH... dison ma hita porlu diskusi.... jala sampe debat keras pe dng masalah... asal searah dan dalam koridor....
      tabuan ma SI DUMAY on... tu napositip.... asa unang sai margogo suara be hita alani tarombo....
      (SAYA RASA KITA BISA SEBAGAI PENGGAGASNYA.... )
      ....
      GABE ADONG ISTILAH DABA...
      sepakat dalam ketidak sepakatan demi kesepakatan...

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.