Saturday 4 August 2012

Tony Tongon Silalahi

kenapa yah, silalahi raja mengadakan bona taon secara diam-diam bahkan sembunyi-sembunyi, sedangkan dari Tumaras selalu mengundang untuk mempertanggung jawabkannya.. dilehon do parhundulan muna, pillitma lomoni roham sian na ualu i, hape soadong naro... asini rohakki, marpesta alai martabuni, ia didokkon pomparanna sai digorai hape soadong naro ,asini rohakki mamereng silalahi raja nalilu on, oh Tuhan sai padengganma rohani halak nallilu on
19 Mei pukul 20:28

    • Sabas Sihaloho Alai didok si HAZIOLAN SILALAHI pesta bona taon nasida nadi tgl 22 April yg lalu merupakan pesta ter Komplit dalam abad ini yang dihibur dengan LAWAK AMA LOPPAS ! gIMANA DONK... !!!!
    • Marihot Silalahi Pillit sian na 8 I??? Bah,, tarombo itu silsilah, kok main pilih2,, piye toh,, hehehehehhe,, Jala nga jelas, Silahisabungan ta beda, Tumaras adalah Silahisabungan dlm wujud burung, Silahisabunganku dlm wujud jolma,,, hehehheheheh,, Tulang kami ada dan jelas, Tulang Tumaras marambalangan,, yg satu ditentukan Semen, satu lagi Nailing boruni nairasaon, padahal na benar Meelengeleng boruni raja mangarerak,, jd beda ya,,,
    • Sabas Sihaloho itu hanya cara pandangmu yang lain bung (Marihot) hata lesseng mu saja, barusan ada FT di mulutmu sekarang sdh menghina orang, pikir dulu baik-baik.
    • Marihot Silalahi Sya tdk menghina,, apa yg saya hina? Itu kan bagian dr sejarah partumaras saat membangun Tumaras,, bangke burung, semen, sayuta, itu bagian dr tarombo dan cerita Silahisabungan tumaras,, apa yg saya lesengkan Amang sabas,, Katakan YA bila YA, katakn Tidak bila TDK, selebih nya dr sijahat,, Saya menghina Silahisabungan Tumaras, krn Silahisabungan tumaras yg sdh sangat2 terhina dr bangke burung,,,
    • Sabas Sihaloho sah-sah saja anda bicara demikian sebab anda tidak termasuk pemiliknya, dan anda hanya berani bicara dalam DM saja, tapi coba utarakan itu di tonga-tonga ni loloan sampaikan baik-baik.
    • Marihot Silalahi Engkau ingat Mang sabas,, Saat Yesus Mengatakan diorang2 Farisi dan ahli2 taurat," bahwa DIA adalah ANAK ALLAH", Dia mau Dilempari batu, Dan Dia pun Menghindar, dr kerumunan,, pastilah anda akan bs mengambil kesimpulan, klw saya lakukan seperti yg anda katakan, Maka jelas, bs jadi TAPE saya,,, hahahhhah,, Krn kecintaan dan sdh dibutakan oleh KEtidak jelasan Tumaras,,Tapi klw anda mau membuka hati, pasti anda akan bs mencerna dgn positif, mengapa saya katakan bangke burung, semen, dan sayuta hubungannya dgn tumaras,,
    • Sabas Sihaloho Kau jangan samakan dirimu denga Yesus, kau harus ngaca, apa yang sdh kau lakukan terhadap sesamamu. Dan yang kau pertahankan itu kau tidak dapat buktikan kebenarannya.
    • Marihot Silalahi Saya kan memberi perumpaan,, krn saya dengar, konsumsi amang kan alkitab dlm keseharian,, Tapi saya tetap rindu untuk menjadi serupa dgn YESUS, disempunakan selalu,, kebenaran apa amang? Siapa yg menjamin kebenaran itu benar2 suatu kebenaran?? Sedang ahli2 tarombo tumaras saja mengalami keraguan saat pengesahan tarombo tumaras,, dgn menyamakan Silahisabungan dgn burung, Lupa dgn Tulang, sampai semen pun jd pengundi, dan memakai jasa Halak sileban yg dikasih hadiah berupa marga sidebang, yaitu sayuta,,,
    • Manogu Situngkir ‎@Marihot : akhir2 ini makin kotor aja mulutmu..kalau anda tdk suka dgn org2 yg debat dgn kamu tolong batasi disitu saja dan jgn sampai melebar ke kata2 penghinaan leluhur. Kalau kau sadar pasti lah yg kau hina itu juga leluhurmu. Tdk kah kamu yakin bhw semua yg disampaikan itu adalah bahasa emosi?? Dan hrs kah kau ber kali2 menyampaikan penghinaan yg terlalu seperti itu??
    • Marihot Silalahi Amang Manogu yg baik hati,, Selamat hari minggu,, prinsip di perdebatan Tarombo di dunia maya ini,, " SETAN pun klw pro, Rangkul,, PANDITA klw kontra,, singkirkan",, bkn begitu amang?? Kotor memang kotor, bahasa ku klw sekedar dibaca,, Tapi klw diperdalam, kemana arah kalimat yg saya sampaikan,, Saya bkn menghina Leluhur,, Tapi menghina pemikiran2 dr manusia zaman modern Yg buta, Apakah saya omong kosong sejarah tentang Semen sbg penentu tulang?? Sayuta? Dan kejadian burung Elang? Saya tdk mencela Silahisabungan, Tapi saya mencela Silahisabungan fiksi hsl buah karya manusia2 modern,,
      Berkali-kali, dan memang itu yg terjadi,, kedua belah pihak, bkn mencari jalan keluar, tapi saling menyerang dimana kelemahan dr masing2 yg bertikai,, mauliate
    • Marihot Silalahi Satu Hal yg perlu amang manogu tau,, Saya berusaha untuk mengurangi lawan2 berdebat dari saudara2 7 turpuk,, yakni, dgn kumenghindari satu koment, atau satu status marsialusan,, biasanya itu saya lakukan dgn komitment yg didahului dgn berkomunikasi via telepon,, dr pd main blokir kayak bos kalian si apul, alasan untuk mengurangi lawan, tdk kami baca memang kata2nya, tapi setiap dia memberi koment, pasti selalu memberikan KoMPOR untuk yg lain tdk menjaga kontrol,,, heheheheh
    • Manogu Situngkir ‎@MS: Kalau kita mampu serta mau dijalan yg baik dan benar knp hrs memilih jln yg sesat dan tdk ber moral menghina leluhur? lihat lah rekayasa kamu dgn gambar burung berkepala anjing sbg wujud opp RSS .Msh dpt kah dikatakan wajar atau dlm batas kepatutan?? Kalau org lain salah dpt kah itu dijadikan sbg alat pembenaran bhw kita pun sah2 saja berbuat salah? Apalagi mencoba dgn bumbu mimpi dan rindu serupa dgn Yesus!! Kalau prinsip menghalalkan macam cara seperti ini bkn debat namanya tapi bertengkar, lalu knp gak memilih dunia nyata saja utk ketemu lsg??
    • Char LO ALL@ saya sependapat dengan AMPARA Manogu Situngkir....
      diselesaikan saja semua ini... didunia nyata...
      kepada kedua belah pihak ...'' yg merasa benar'' ... pasti akan berani diskusi secara nyata...
    • Marihot Silalahi Hehehe,, Saya suka dgn kritikan, saya suka bertukar pikiran dgn orang2 yg lebih tua, dlm hal apapun,, klw saya dikritik, berarti saya diarahkan untuk menuju jalan yg baik,,
      Klw amang ikuti perkembangan debat2 Tarombo yg ada di FB ini,, 4 tahun saya berkecimpung didalamnya,, Tampa emosi, bahkan dr saudar2 7 turpuk tdk segan2 saya memanggilnya ABANG, klw dia lbh tua,, krn saya mengikuti cara di pangururan, krn saya orang pangururan,, Dulu bahasa yg amang manogu pakai diatas, itu yg saya pakai,, " Menghina Leluhur Saya berarti menghina leluhur Anda", itu kalimat yg paling sering aku katakan,, mencoba menggali Moral masing2 untuk mengingat persatuan bahwa kita mardongan Tubu,, Namun Nampaknya saya memang msh jauh untuk mengalami proses sempurna sbg manusia,, kesabaran yg tiada batasnya, nampak blm bisa aku aplikasikan,, LAE, itu pemanggilan yg saya Dpt, SILAHISABUNGAN KITA BEDA, dan banyak lagi argument2 yg membuat saya miris, Dgn berbekal tanya sana Tanya sini,, saya mulai mempelajari turi2an dan sejarah tentang Silahisabungan,, baik yg logika maupun yg bersifat MISTIS, saya coba pelajari dan menjadi pendengar,, Dan Akhirnya Saya Memakai Cara Saudara2 7 turpuk yg di FB ini untuk membalikkan segala Pelecehan, dan penghinaannya pd Saya dan leluhur saya,, LAE ya oke MARLAE, dan saya pun Mulai menyetujui Silahisabungan yg berbeda, antara Silahisabungan saya dgn Silahibungan saudar2 yg PRO tumaras( saya bilang pro tumaras, krn msh banyak saya dapati saudara 7 turpuk yg tdk sepaham dgn tarombo yg di Tumaras),, Dan saya selalu katakan SEBAGIAN, tdk pukul rata,,, Dan benar,, memang ending dr setiap status dan koment pasti bertengkar,, hehehhehehe,, Kl amang Bilang bertemu Didunia nyata dlm Aplikasi Apa?? Klw bs menyelesaikan persoalan, saya Yg akan pertama mengaplikasikannya, tapi Klw hanya jd Menunjukkan kekuatan,, maaf, itu hanya makin Memperdalam situasi yg sdh runcing menjadi tajam,,
      Gambar burung,, saya akui itu pelcehan dari saya,, semen, jg bagian dr sindiran saya,, Tapi Dr hati Yg paling DLM, saya bkn melecehkan Silahisabungan,, Tapi melecehkan pola pikir dan buah2 tangan manusia2 masa kini,, mauliate
    • Berty Manurung NA DI JOU ALOGO DO TUTU UDAN,SEMAKIN KUAT ALOGO ,PETIR PE MENYAMBARNYAMBAR...HANSIT PARBINEGEAN dna...ue hamunaaa..Sadia leleng na i ma haroa ngoluon,,,binsan adong dope tingki...ni luluan ma dame.
    • Char LO ITO/pariban Berty Manurung ..... 5 coment terakhir di postinganon...
      nga mengarah tu perbincangan yg lebih baik...
      basa ro muse ito mamprovokasi....???
      ok lah niat anda ''BAIK''... tp biarkanlah dulu kami yg diskusi sama
      AMPARA Marihot Silalahi BESERTA YG LAIN... yg ada niatnya.. untuk mengarah ke lebih dan lebih baik....
      (tanpa mengurangi rasa hormat untukmu PARIBAN)
    • Anderson Silalahi Manogu,tdk ɑϑɑ penyesatan mengatakan burung berkepala anjing sebagai penghinaan thdp silahisabungan.kek ήўà (•͡˘˛˘ •͡)Ԍӓ ɑϑɑ wujud nyata Silahisabungan di tugu sn tsb.dgn Ďα努ªªªªŔřřř apa klean mengatakan bahwa tulang belulang silahisabungan ɑϑɑ di tugu sn.cok dijelaskan dolo.
    • Manogu Situngkir ‎@AS: Kita bkn ahli sejarah, bila anda tdk terima bkn pemojokan penistaan seperti itu solusinya. Seharusnya Yg anda lakukan memberi bukti dan memaparkan versi anda, itu jauh lbh simpatik. Soal bukti nyata jgn hanya menuntut,silahkan sampaikan yg anda punya. Namun bila menilik dari masa hidup opp RSS sekitar 600 thn lalu, rasanya hal tsb sulit di wujudkan.Terlepas dari kebenaran itu, bila anda sbg org ber iman dan menghargai sejarah dan leluhur, bukan tulang belulang itu secara phisik yg penting, tapi makna dan simbolis sbg wujud penghargaan dan kemuliaan pd Roh/ Jiwa serta nama baik/besar opp RSS. Rasanya geli anda bertengkar trs dgn urusan tulang belulang. 100 -200 thn saja barangkali sudah sulit membedakan dan sama dgn tanah. Kecuali anda ahli sejarah dan melakukan pembuktian secara ilmiah. Akan menjadi percuma anda berkoar2 sbg yg benar, bila hal itu jg tdk anda lakukan.
      @MS: Pengalaman adalah guru yg benar. Knp justru tdk anda manfaatkan ke hal2 yg lbh baik tapi justru terjerumus dan memilih hal2 yg menimbulkan dendam??itu yg saya maksud bila kita Mampu dan Mau. Ok . Horas...
    • Maruatas Silalahi Ziarah Pomparan Tambun Holing ke Tambak Silahisabungan Dolok Parmasan Pangururan

      Di taon 1898, borhat do pinompar ni Tambun Holing godangna 3 (tolu) solu bolon tu Dolok Parmasan, mamereng tambak ni Raja Silahisabungan, ima na niarahaon Raja Frederik Tambunan Lumbanpea sian Parbagasan, ala naung tolu taon Raja I karejo di Kantor Kontroleur Pangururan, jala nunga takkas diboto tambak ni Ompunta I, sian angka Raja-Raja ni Samosir, songon I nang sian Raja Nesnes sian Paropo.



      Ditaon 1936, dung jolo dibahen rapot bolon di Onan Raja Lumbanpea, i ma rapot ni sude panungganei ni pinompar Tambun Holing ni ketuaan ni Raja Alexander (Giffier), mamutushon sada tahi naeng laho “mangaririti” Tambak ni Ompunta di Dolok Parmasan, rap borhat ma dohot Muziek Tiup rap dohot Gemengdekoor ni Tambunan (sada koor do jolo dibahen Gr Adian Silalahi sude Tambunan). Ditohoi ma borhat manogot ni ari Minggu asa jolo marminggu di Pangururan ala ni Musik I, jala rap udur do sude dohot parminggu dohot akka dakdanak nangkok tu Dolok Parmasan haruar Minggu. Sian pat ni Dolok Parmasan diboan ganup ma sada batu na tarboansa, jala na so mamboan batu, rihit ma dibungkus boanonna sian sunge na metmet na di toru ni Dolok I, jala dung di tambak i, sude ma mangarihiti tambak i, i pe asa dimulai acara i. Jumolo mandok hata sian Tambunan, paboahon maksud dohot tujuan ni haroro ni Tambuna tu tambak I, mardongan sihol ni roha mangarihiti tambak ni ompu I, jala naung dipaboa hian tu pinompar ni Silahisabungan na adong di Samosir, I ma Tuan hermanus Tambunan Lumbanpea. Dung I mandok hata ma marompuompu sian gomparan ni Silahisabungan sian Samosir i. Mandok pangampuuon ma muse huhut paampuhon sian hula-hula/Tulang sian gomparan ni Naiambaton. Jala mangampu ma Raja Alexander sian Tambunan. I pe muse asa sidung udur tu Lumban Silalahi na di Pangururan, lahi marsipanganon, naung di parade nasida hian manjalo haroro ni anggidoli nasida.
    • Maruatas Silalahi Rencana pemugaran Tambak Silahisabungan di Dolok Paromasan thn 1947 yg gagal krn invasi Belanda

      Dung mulak Abdul Malik Tambunan, Domitian Tambunan (alias "Toke Busuk") dohot Manarak Tambunan (A ni Marhansing), laos di taon 1947 I dipalolo Abdul Malik Tambunan rapot di Onan Raja Lumbanpea di sude pangituai ni pomparan Tambun Holing i ma sian Lumbanpea, Lumbangaol, Baruara, Pagaraji dohot sian Sunge, songon i nang sian angka boru diampuan, marsada roha laho mambangun tambak ni Ompunta I di Dolok Paromasan. Asa hatip so haribo-riboan tambak i.



      Disusun ma panitia jala dipilit soara torop jala goar ni panitia i, i ma : Panitia Tambak ni Silahisabungan di Dolok Paromasan, ia susunan ni Panitia i songon ma :

      Ketua : Abdul Malik Tambunan Ompu Si Anjur Lumbanpea

      Setia Usaha : Raja Epraim sian Baruara

      Bendahara : Guru Frederik sian Buntu Raja Lumban Gaol

      Commisarissen : Sada halak sian ganup horja pinompar ni Silahisabungan, songon

      i sada be sian inganan pangarantoan



      Jadi dung mardalan panitia i, mambahen angka rapot di sude inganan ni Pinompar ni Raja Silahisabungan, dapot ma keputusan taringot tu guguan tu tambak i, i ma:



      Nasa batu dohot pasir na ringkot tu pemugaran Tambak i di Dolok Paromasan, sian pomparan ni Raja Silahisabungan na di Pulo Samosir dohot na humaliang
      Nasa boras sipakkeon di pesta na, sian Pomparan ni Raja Silahisabungan na di Toba Holbung
      Nasa simin na porlu tu Tambak i, sian Pomparan ni Raja Silahisabungan na tinggal di Tapanuli Selatan dohot na di Sumatera Barat
      Nasa hepeng upah tukang, horbo dohot sude biaya tu pestana, asing ni naung rade di ginjang i, sian Pomparan ni Raja Silahisabungan na di Sumatera Timur dohot na di Jawa, Kalimantan, Sulawesi.



      Alai marisuang do ulaon ni Panitia i, alana dung taon 1948, masuk ma tentara Bolanda dohot sekutu tu Tapanuli, tu Samosir dohot tu Toba mambahen putus hubungan jala margurilla ma hita sahat tu taon 1950. Mardomu muse tu tingki na mangihut, na terjadi di peristiwa – peristiwa di Lumbanpea sandiri, i ma parbadaan ni Lumbanpea dohot tentara sian Balige ( mula na ala partandangon ni tentara i tu Tambunan), jadi gabe urusan na balga on. Alai gabe reda do muse dung laho Abdul Malik paboahon na masa i tu Propinsi di Medan.



      Marudut ma muse tu perang saudara di pemberontakan mulai sian taon 1956 sahat tu taon 1960. Ingot Kol M Simbolon.



      Di taon 1969 saut ma peletakan “batu pertama” di Tambak ni Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan. Diadopi pinompar ni Raja Silahisabungan, i ma Silalahi Raja dohot pinompar ni si Raja Tambun, songon i nang sude hula-hula pinompar ni Simbolon Tua, Tamba Tua, Saragi Tua, Munte Tua dohot Nahampun Tua, i ma iboto ni Si Pinta Haomasan.
    • Anderson Silalahi Manogu yg ca`em,cok buktikan dulu knp tugu sn jadi beobah makam,bisalah dibuktikan Ќά└ö ♏ªϋ menuntut pembuktian,♏ªϋ bertahan akan rekapaksa yg diperbuat ahli tarombo silalahi nabolak?
    • Char LO Maruatas Silalahi .... oklah.... saya tidak akan menyangkal pernyataan anda...
      cuma aku punya dikit pertanyaan.....
      ''waktu peletakan batu pertama....ditaon 1969...
      kenapa 7 lagi keturunannya tidak ada....?
      apakah sah sebuah peletakan batu pertama dari tambak....
      tampa di hadiri semua keturunannya?(apalagi ini lebih bayak yang tidak hadir).
      - marga apakah paiduani suhut di acara itu....???
      ##ingat kita hanya sebatas diskusi... bukan untuk saling serang??##
      Anderson Silalahi... tolonglah diskusi yg baik... jangan main vonis disebuah diskusi...
      andaikan yg kalian percayai bisa kita tela'ah dengan pembuktian yang akurat.... otomatis pertanyaan anda g' perlu di jawab...
      karna kita semua akan tau mana yang benar dan salah.
    • Berty Manurung ‎@cgar lo,,pertany baik,,
    • Maruatas Silalahi Char LO Pintu batu.......Mubes Silahisabungan Agustus 1968 "gagal" .....maka thn 1969 rencana yg tertunda thn 1947 diteruskan......jadi bisa dipahami kenapa "7T" tidak ada (mungkin)......jangan lihat dari banyaknya, tapi lihat yg tidak hadir adalah dari 1 ibu yg kebetulan jumlah anaknya banyak...... dan pertanyaanmu saya rasa juga berlaku utk "pembangunan tugu yg di paropo" apa sah peresmian tugu itu tanpa disetujui pomp salah satu anak na yg jelas2 secara resmi dan terbuka menyatakan tidak menyetujui sebelum tarombo RSS tota dan siapa paiduani suhut di acara peletakan batu pertama dan peresmiannya?......jangan samakan ulaon adat dgn acara pomp/punguan......
    • Char LO Maruatas Silalahi... wah...hahahahahaha.... sep doho poang katua...
      dang marsitanda'an dope hita... nga tor diboto komandani manang ise au... kwkwkwkw ...saluttt... asalma unang na belajar datu ate...
      pisssssssss ...#intermezo aja#
      saya rasa kita jangan berasumsi... dan jangan kita ''mengkambing hitamkan '' istri2 dari RSS. KITA ORANG2 sekarang dan yang ditahun 1969 itu orang tua kita...(apakah anda sepaham dengan ini...? asa talanjut).#lebih baik kita satukan dulu kesepahaman kita... biar jangan saling serang akhirnya#
      soal PAIDUANI SUHUT...... adong do hata mandok ''lain huta .. laindo adatna... sidapot solup do naro''...
      alai tangkas jo hita... peletakan BATU PERTAMA DARI ORANG YANG KETURUNANNYA SAMPAI GENERASI 19..(au sandiri generasi 19)..
      apakah itu bukan ulaon adat...?
      molo di BALIGE.... 3 generasi dope nanaeng diaben batu peletakan pertama... nga ulaon adat.. nga lengkap ro disi sude.. mulai sian paidua suhut ... boru dohot hulala... asa pas dalihan ntolui..
    • Manogu Situngkir ‎@AS :Jgn bertanya saja dan menyuruh org utk membuktikan. Yg tdk setuju lah yg membuktikan terserah yg di Silalahi Nabolak atau yg di Paromasan yg dibuktikan validitasnya. Kita siap menerima bila memang ok.
      @MS : yg mau buat tugu atau makam adalah turunannya dan bukan ibunya. Jadi kalau di bilang kenapa lbh banyak yg tdk hadir ( 7 ) adalah sangat tepat. Katakan benar anak opp RSS ada 9 maka suara adalah atas yg 9 tsb dan jangan dibalik jadi 3 krn atas dasar jlh inang.ini namanya mau meniadakan yg lain dan perlu dipertanggung jawabkan.
    • Beres Silalahi ha ha ha ha

      tardapot ate, wkakaka...

      Ms: mengaku benar tdk mengaku habaoran, da-i-do bas??
    • Maruatas Silalahi Char LO Pintubatu ....bahen jo margam asa mantap diskusi on.....jangan katakan "mengkambinghitamkan" istri2 dari RSS.....karena justru salah satu permasalahan di tarombo RSS adalah "berapa orang istri RSS dan siapa saja"......saya setuju kita orang sekarang, tapi saya tidak setuju kalau yg dikatakan "orang tua kita" dimulai thn 1969.......karena tambak itu mulai direncanakan utk dipugar mulai thn 1947.....(sebelum kita lanjut apakah kita sepaham berdasarkan catatan sejarah itu...thn 1898, thn 1947....bahwa yg di Dolok Paromasan itu tambak Silahisabungan???)........masalah PAIDUANI SUHUT ......molo ulaon ni Silahisabungan berarti ikkon sian hahaanggi ni Silahisabungan ma....sementara pada level gen Silahisabungan dang adong marga do pe....jala pomp nasida nga marhula marboru kecuali Silalahi dohot Tampubolon (alani Padan sian Raja Bunga2)........jai molo tong niluluan mu PAIDUANI SUHUT di acara peletakan batu i.....sarupa mai alus na tu ise Paidua ni suhut peletekan batu pertama dohot peresmian tugu na di paropo......
    • Maruatas Silalahi Manogu Situngkir ....jelaslah yg mau memugar makam Silahisabungan adalah turunannya......tapi yg jadi maslah berapa orang istri Silahisabungan?.....jelas saja 7T ga ada di situ krn peristiwa itu selang waktunya belum ada 1 thn sejak mubes yg gagal Agustus 1968 ........dan 7T berasal dari 1 ibu......jadi saya juga tidak heran 7T mengabaikan suara pomp Raja Tambun yg meminta peresmian tugu ditunda sampai semua permasalahan di tarombo silahisabungan "tota" karena 7T menganggap Raja Tambun hanya 1 dibanding 7...... padahal hampir sebagian besar biaya pembangunan tugu berasal dari pomp Raja Tambun yang hanya 1 anak Silahisabungan dibanding 7 lagi anaknya .....(habis manis sepah dibuang karena 7 lebih banyak dari 1).......dan janji2 Mubes akan dibangun tugu duplikat di tambunan Balige sampai sekarang peletakan batu pertamanya ga ada kabar berita padahal sudah 31 thn tugu di paropo dipestai setiap tahun...(janji palsu karena 7 lebih banyak dari 1)....
    • Char LO Maruatas Silalahi .... mmm... jolo di jou komandani do margakku , asa disungkun komandani... aha be baenonku ngadisuratton komandani... datung gabe roba'onku...(idokan?).
      #ok lah... kita udah sling tau ... informasi anda tepat soal margaku#
      kita tidak mempermasalahkan berapa istri RSS... dan saya telah mengikuti alur anda... MAKAM RSS di pangururan...(brarti soal istri tidak ada masalah)...
      KITA FOKUS AJA KE KEAKURATAN MAKAM YANG PELETAKAN BATU PERTAMA 1969...
      (karna ini masalah diskusi awal kita... kalau soal yang lain bisa diposting di postingan baru... dan saya siap menjawab... asal dalam koridor dan tidak saling menyerang)..
      --------- saya tidak mengatakan orang tua kita dimulai tahun 1969
      ---------tp saya katakan ...orang yg di tahun 1969 itu orangtua kita..
      ---------dengan maksut disini kita tidak pelaku sejarah...(coba baca kembali...)#klarifikasi aja#
      nah.... soal catatan sejarah 1898 dan 1947... saya katakan sekali lagi saya tidak menyangkal ...(karna sudah saya ucapkan diatas)
      KALAU DI DOLOK PAROMASAN ... TAMBAK SILAHISABUNGAN .. SAYA BELUM SEPAHAM... makanya kita diskusi... (KALAU KITA SEPAHAM .. BUAT APALAGI KITA DISKUSIKAN KEAKURATANNYA)
      ................................................
      SOAL PAIDUANISUHUT...
      toho matutu... molo paiduani suhut di ulaonni RSS ... haha anggini ni.. RSS... alai molo paiduani suhut tu POMPARAN NI RSS.. na mambaen adat tu RSS... brarti POMPARAN NI HAHA ANGGI NI RSS...
      Sian pernyataankon... brarti ngatarjawab be sungkun2 ni komandani...
    • Maruatas Silalahi Char LO Pintubatu....dang dohononhu robaonmu margam da bah ikon jujungon mu do margam ai goar ni oppungta doi.....na hudok ia suraton margam di identitas/goar ni akun mi.....

      Mengenai istri Silahisabungan dang boi ta dok soal istri Silahisabungan dang adong masalah , ai ido salah satu masalah utama di tarombo Silahisabungan....2 do manang 3 do (utk saat ini), alana adong na mandok 3 dope na habotoan.......jai menurut mu piga ma istri Silahisabungan? ........

      Mengenai tambak i dang boi ta hatai holan mulai taon 1969.....alana kejadian thn 1969 rangkaian thn 1898 dohot 1947 (sian catatan sejarah i) .........memang kita bukan pelaku sejarah, tapi catatan sejarah yang ada menunjukkan bahwa jauh hari (berdasarkan catatan yang ada thn 1989) pomp Raja Tambun telah berziarah ke tambak Dolok Paromasan sebagai tambak Silahisabungan (saya pakai kata “sebagai” utk mengikuti alur mu yang mengatakan kita bukan pelaku sejarah) dan catatan sejarah yg ada menyatakan juga thn 1947 telah direncanakan utk pemugaran tambak yang di Dolok Paromasan “sebagai” tambak Silahisabungan yang diprakarsai oleh pomp Raja Tambun……..tapi tertunda (silahkan baca ulang catatan sejarah itu)……baru terelealisasi thn 1969……

      Soal PAIDUA NI SUHUT…….asa dapot roham…..ta ambil contoh …..naeng mangokkal holi ompung muna…….ise do hasuhuton…..ompung mu na do, manang hamu pomparan na……pasti do hamu pomparan na….ai saring2 ni ompung mu na na naeng diokkal……jai pasti Paidua ni suhut ulaon mu ia pomp hahaanggi ni oppung mu nai……dada sesama hamu pomparan na gabe Paidua ni suhut di ulaon mi…….nga dapot roham i……
    • Haziolan Silalahi ttn@ boasa dohononmu di statusmi songoni, ai upload do waktui dison undangan nai, naso diparrohahon ho dora, age bukkaima...
    • Char LO Maruatas Silalahi... SOAL MARGA dalam acount ...itu privasi....
      yang penting tidak mengganggu orang bayak... (oklah .. kita anggap selesai masalah ini.)

      AMANG nalagu... unang jo sahat hita tu tarombo apalagi istri RSS...
      sada sada majo tadiskusihon... asa unang mangararati...
      (boido annon sungkunon mu au masalah on... di potingan baru..
      saya siap menjawab pertanyaan anda.... ok)
      ..........
      masalah makam on majo hita selesaihon...( memang akhirnya ketarombo juga ... tp kita selesaikan dulu satu masalah.. asa songon na adong aturan dihita.)
      ...
      saya sudah baca semua..... bahkan telah berulang2... makana barani au mandok... '' dang husangkal''
      ******** kayaknya pernyataan anda ada tidak sinkron... pemugaran dan peletakan batu pertama 1969... apakah satu bangunan bisa 2 kali peletakan batu pertama....???****(tolong di klarifikasi)
      .............
      wah... wah... wa... contohmu itu tidak bisa jadi gambaran ...
      liat ini....
      PESTA TUGU&MAKAM ... RAJA SIBAGOT NI POHAN DI BALIGE...
      paiduani suhutna pomparan ni haha angina.... TERMASUKMAI POMPARAN NI RSS... jala diadopi doi..
      (dalam keturunan SORBANIBANUA... ada aturan tentang paduanisuhut... ini bisa kita tanya kepada yg lebih tau atau pelaku sejrahnya..).
      ---
      catatan aja....
      paidua ni suhut sangat penting di acara adat MAKAM/TUGU...
      karna dari sini bisa kita bertanya ... tentang adat yang di hadirinya.
      APAKAH MEMANG BENAR MAKAM ITU...?
      ALANA PERAN NI HALAKI satonga sian ulaoni...
      (dan ini salah satu jadi bukti tentang keakuratan sebuah makam).
    • Manogu Situngkir Utk menguji validitas sejarah tdk cukup dgn kalimat dan deklarasi sepihak. Kalau masa pemugaran tdk lengkap, bgm pada pembentukan saat pertama sekali apakah juga lengkap ?
    • Maruatas Silalahi Char LO Pintubatu..... molo masalah marga i porlu do sinuraton di akun niba, tar lumobi ala na manghatai tarombo hita jai boi botoon ta ise do donganta manghatai…….toho do pomp ni Silahisabungan manang adong hubungan na tu Silahisabungan….. ok lah molo nang pe dang disuratonon mu marga munai dang paksaonhu alana hak pribadim doi…..alai saranhu dumenggan do suraton mu asa dang adong sungkun2 ni dongan mu manghatai taringot tu margam……

      Taringot tu tambak i….(santabi) ulahi jaha sahali nai…..dang adong di si didok 2 hali peletakan batu pertama……mulai thn 1947 direncanahon pemugaran, dibentuk panitia dan ketetapan tentang rencana itu……tapi belum terealisasi sudah masuk Belanda dan sejumlah kejadian ……..baru thn 1969 terealisasi peletakan batu pertamanya………jadi di mana tidak sinkronnya…….

      Jai nga marziarah pomp Raja Tambun di tambak na di Dolok Paromasan I (saya ikuti alur mu….tambak Silahisabungan??)……mulai thn 1989, 1936…..jala rencana pemugaran thn 1947 yg diprakarsai pomp Raja Tambun……..jai tambak nise mai…..base gabe pomp Raja Tambun marziarah tu si sampe diprakarsai nasida asa dipugar tambak i…….

      Molo taringot tu tugu Sibagot Ni Pohan dang huboto…..alai molo Tugu Tuan Sihubil…..pasti do adong disi pomp Silahisabungan …..i ma Silalahi pomp Raja Bunga-bunga…..ala na nga diain Raja Bunga-bunga gabe anak ni Tuan Sihubil…….jai dang alana Paidua ni suhut di ulaon i……..

      Jai nga dapot roham taringot Padua ni suhut molo gabe paidua ni suhut argumen mu taringot tu keakuratan sebuah makam……
    • Maruatas Silalahi apa peresmian tugu 7T bukan deklarasi sepihak (hanya turunan dari 1 istri)......dimana jelas2 pomp Raja Tambun menyatakan tidak menyetujui peresmian tugu sebelum semua masalah di tarombo Silahisabungan tota......mengenai tambak itu pasti semua pomp Silahisabungan terlibat tanpa kecuali krn thn 1947 pomp Silahisabungan belum terpecah krn masalah tarombo......
    • Haris Silalahi Torushon hamu ma marjugul di haliluan muna i..asa lam maup/sursar..!!
    • Marihot Silalahi Hahaha,, tu ise hatami cs?? Hahahha,,
    • Wesly Silalahi Haloho Maruatas, klu tambunan yag tdk setuju 10 orang apa bisa itu dikatakan mewakili semuanya........wkwkwkwkwkwkwk
    • Char LO Maruatas Silalahi.... ok lah ... kita kerucutkan dulu diskusi kita ini...
      (asa unang songon diskusini angka dongan gabe debat kusir)

      saya kutip dulu satu pertanya an anda....
      '''jai tambak nise mai….???.base gabe pomp Raja Tambun marziarah tu si sampe diprakarsai nasida asa dipugar tambak i…….''
      ini belum bisa saya jawab.... karna..
      belum ada pembuktian yg akurat anda berikan pada saya...
      #menurut saya belum bisa 1 keterangan membuktikan dan ini bisa berlaku pada penilaian anda pada TUGU/MAKAM yg di silalahi nabolak#
      ....
      cobalah berikan kepada saya ... 1 argument/paparan yang lain tentang itu... biar bisa saya jawab. dan argument anda itu bisa dipertanggung jawabkan....(saya orangnya idealis dan tidak malu2 memperjuangkan yg benar).
      #selain tarombo#..
      ........
      soal paiduani suhut.... masih abu2 . anda tidak bisa menjawab dengan pasti...(mungkin ini bisa kita diskusikan lain hari).
      supaya kita jangan berasumsi disini...

      catatan....
      dari sejarah2 orang batak pada jaman dulu... na eha huboto dipiga2 marga... sude do ompuni halaki martona di lao meninggal...
      (sianon ma diboto halaki didia udeanni naumporparhon halaki)
      - ingkon di hau sada do baenonmu au.....
      - ingkon di batu sada do baenon mu au...
      -ingkon di tano na didolok do au baenonmu.. asa boi huida su pinomparhi..
      - ingkon di nahornop do baenonmu au...
      .......
      nah... menurut turi2an yg anda yakini... adong do tonani RSS sisongonon... (menurut au mustahil dang adong)..
      #ini akan jadi salah satu pembuktian juga#
    • Char LO Haris Silalahi Marihot Silalahi Wesly Haloho......
      santabi di hamuna amparakku.... saya rasa FOKUS aja dulu kita .. ke KEAKURATAN... dari makam di PARROMASAN....
      (Sahallai santabi di sangapmuna usul aja).
      karna sejarah tidak bisa BOHONG... kecuali penulisnya yg bohong...
      HARRIS SILALAHI & MARIHOT SILALAHI... @ dalam diskusi ini .. sepakat dululah kita tidak ada yg lilu...
    • Beres Silalahi all@ sattabi godang unang jo adong na emosi, ate molo mardiskusi. asa boi ht denggan-denggan mauliate.
    • Manogu Situngkir Maruatas: ok pd peletakan batu pertama sepakat blm ada perpecahan diantara pop RSS. Berarti semua dokumen dan bukti2 sejarah itu maupun atribut2 pendukung lainnya mestinya lengkap dan dmn itu bisa kita dapatkan ? Menurut logika semua itu bkn lah barang yg sulit dan mestinya ada di pangururan. Kalau ada serta benar dan diyakini bukan rekayasa Cobalah dicermati bhw isinya apakah benar semua mengarah menyatakan bhw itu kuburan opp RSS.
    • M Hansari Silalahi Manogu Situngkir,,,,,,boha do menurut lakkam cerita on,,,,,,toho do manang na dipasuman-suman asa adong hubungan na tu TUMARAS?

      Bab. V.12. Berita Wafatnya Raja Silahisabungan.
      Posted on September 21, 2010 by dunkom
      Pada masa hidup Raja Silahisabungan Didekat Huta Liha ada sebuah Liang Batu (gua) tempat penyimpanan barang pusaka. Kemudian digua inilah Raja Silahisabungan terkubur dengan legenda yang menakjubkan. Raja Silahisabungan diperkirakan meninggal tahun 1450 dalam usia 150 tahun dan istrinya Pinggan Matio br.Padang Batanghari diperkirakan meninggal tahun 1420. sewaktu Pinggan Matio br.Padangbatanghari meninggal, jasadnya (bangkena) dimasukkan ke Liang Batu itu.
    • M Hansari Silalahi ai so si maruatas Silalahi au......
    • Maruatas Silalahi Char Lo Pintubatu..... saya kutip dulu satu pernyataan anda….mungkin bisa diperjelas biar diskusi kita ini jangan jadi debat kusir seperti yg anda maksudkan…..
      “(saya orangnya idealis dan tidak malu2 memperjuangkan yg benar).
      #selain tarombo#.. “ <= = bisa diperjelas maksudnya……..mungkin saya salah….apakah anda tidak akan memperjuangkan yang benar kalau masalah tarombo……..saya rasa kita harus sepakat dulu untuk ini……..kita memperjuangkan kebenaran atau memperjuangkan versi tarombo masing2 ?....

      Saya rasa masalah tentang Paidua ni suhut sudah jelas…….karena mengenai Paidua ni suhut (kalau itu yang anda permasalahkan maka akan sama halnya dgn siapa Paidua ni suhut saat peletakan dan peresmian tugu yang di paropo)…….dan mengenai tugu Sibagot ni Pohan saya tidak pernah dengar, yang saya pernah dengar tugu Tuan Sihubil dan tambak Sapala Tua Tampuk Nabolon…….jadi (maaf) dari sini saja sudah salah kalau itu dijadikan perbandingan…..
      Dan kalau di tambak Sapala Tua Tampuk Nabolon ……Raja Bunga-bunga benar kalau dikatakan sebagai Paidua ni Suhut……tapi bukan dari level Sibagot Nipohan dan Silahisabungan……

      Jelas dari turi2an ada tona Silahisabungan……dia minta dimakamkan dekat hula2nya……dan juga dari Dolok Paromasan dia bisa “memandang” (keyakinan dulu) ke arah Paropo karena di sana ada 7 anaknya yang tidak pernah lagi dilihatnya sejak kepergiannya bersama Raja Tambun setelah peristiwa yg menimpah si Raja Tambun yg melahirkan PSSM……
    • M Hansari Silalahi Char LO,,,,,,,,,,,,,nah... menurut turi2an yg anda yakini... adong do tonani RSS sisongonon... (menurut au mustahil dang adong)..
      #ini akan jadi salah satu pembuktian juga#<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

      Pada suatu ketika tepat pada hari purnama (tula), Raja Silahisabungan mengumpulkan sanak keluarganya di Huta Lahi dan berkata : “ nunga Jonok tingki mulak ahu tu mulajadi Nabolon. Denggan- denggan ma hamu masihaholonan. Tongkin nari borhat ma ahu mandapothon parsonduk bolon tu Liang batu. Tusi ma pataru hamu pangurason na gebe balanjongku, alai dung tutup liang lBatu I, naung marujung ma ngolungku

      Bereng ma jolo turi-turian ni hamuna par Liang Batu on adong do dibaen tona ni Silahisabungan,,,,,boha muse ma on ate?
    • Maruatas Silalahi Manogu Situngkir.......(maaf) saya luruskan pernyatan anda……pada saat peletakan “batu pertama” thn 1969 sudah ada perpecahan…..krn peristiwa itu belum ada 1 thn sejak mubes Agustus 1968…….
      Yang belum ada perpecahan adalah saat rencana pemugaran thn 1947 yg kemudian gagal krn invasi Belanda dan kejadian berikutnya di Republik ini……..nah kalau dokumen thn 1947 yg anda minta, saya rasa kita harus realistis……..banyak peristiwa mulai thn 1947 tentu sudah ntah ke mana-mana dan pengarsipan dulu belumlah sebaik sekarang, jangankan komputer mesin ketik saja mungkin masih bisa dihitung ……. Kalaupun tulis tangan mungkin masih terbatas orang yg bisa baca tulis……..sedangkan Proklamasi kemerdekaan thn 1945 saja masih tulis tangan dan ga tahu apa naskah aslinya masih ada atau tidak……..
      Jadi mari kita realistis untuk melihat kebenaran……..jangan tuntut kondisi dulu harus sama dgn kondisi sekarang…….mudah2an bisa dipahami…..

      Anda sudah katakan……sejarah Dolok Paromasan duluan ……..dan itu memang duluan dari yang di paropo terbukti dari catatan sejarah yang menyatakan bahwa thn 1898 dan thn 1936 pomp Raja Tambun sudah berziarah ke situ dan thn 1947 sudah direncanakan dipugar dan dibentuk panitia yg diprakarsai oleh pomp Raja Tambun……… jadi bagaimana pendapat anda…….tambak siapa itu yang di Dolok Paromasan yg diziarahi pomp Raja Tambun thn 1898 & thn 1936 serta direncanakan dipugar thn 1947 yg diprakarsai pomp Raja Tambun ??
    • Maruatas Silalahi ada baiknya komen kita tidak asal2an.....
    • M Hansari Silalahi Na jelas,,,tambak Silahisabungan na tapahami na di Dolok Paromasan,Pangururan,,,,dang adong jolma manang marga na lain mandok na so tambak inganan i,,,,,,jala nungnga dohot Tulang PARNA dohot tu tambak i,ima ditikki pesta pangurasan Tambak/makam Silahisabungan.

      Dang mungkin akka tulang ta Parna mandohoti ulaon bolon i molo so toho do tambak ni opputa Silahisabungan i,,,,

      Ta bedahon ma muse tu Tugu Silahisabungan na di SN.
      Didok pihak par liangbatu bahwa Tugu Silahisabungan sebagai Makam Silahisabungan,,,,,,,,,sian dia ma huroa di gali inganan hamatean ni Silahisabungan asa gabe bahenon Tugu Silahisabungan i gabe Makam ni Silahisabungan,,,,,,,,,
    • Manogu Situngkir MHS: jgn dulu lari2, dan coba kita hindari counter attack pertanyaan dijawab dgn pertanyaan, ini kan msh selaras dgn pembahasan yg di gagas oleh CharLo dan focus kita ke Tambak yg di Pangururan. Sejarahnya pun Paromasan duluan ada dan yg di Silalahi Nabolak baru thn 1968. Kita berpikir positif aja tanpa curiga krn kita memang butuh kebenaran.
    • M Hansari Silalahi Dang huantusi aha maksud miu Manogu Situngkir,,,hita membandingkan Tambak Silahisabungan di Dolok paromasan dohot Tugu Silahisabungan di SN do kan? Jadi boasa dohononmu unang jolo lari-lari,,,,,,dang adong lari ulasan hu sian topik diskusi on,,,,,,,,
    • M Hansari Silalahi ha ha ha sai dihatai paidua ni suhut,,,,molo holan penonton do tuaha mai,,,,,,,,jadi ise ma haroa paidua ni suhut di tikki peremian Tugu Silahisabungan?
    • Maruatas Silalahi MHS....dang holan tikki pesta pangurasion tambak i dohot tulang PARNA .....sian catatan sejarah i tikki ro pomp Raja Tambun ditaon 1936 dohot tikki peletakan batu pertama thn 1967 pe ro do tulang PARNA disi.....jadi aha dope na disangsihon....
    • M Hansari Silalahi MS,,,,na humaksud dison,,,,,,na husaksihon langsung ma na hupatorang,,,,,,,,jelas do disi Tulang Parna dohot Tulang Manurung,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    • Char LO M Hansari Silalahi .... berdiskusilah kita secara baik....
      jangan saling serang..dan dalam koridor serta norma2 saling menghargai..... karna akupun tadi mau diskusi disini...
      telah sepakat dengan AMPARA Maruatas Silalahi... TIDAK SALING SERANG... ok boz..
      saya bisa jawabnya... bukan tidak bisa...
      ma'af ... tanpa mengurangi hormat saya untukmu.
    • M Hansari Silalahi ai idia norma2 na so beraturan nahubahen,,,,,jala didia na saling menyerang,,,,,,,,,,,
    • M Hansari Silalahi Char LO,,,,,,jadi ise ma haroa paidua ni suhut di tikki peremian Tugu Silahisabungan?
    • Manogu Situngkir Maruatas: mauliate atas koreksinya. Maksud saya sebenarnya sama dgn anda, tapi saya bingung al anda sebut bhw 1969 pelaksanaan pemugaran shg dlm penafsiran saya peletakan batu pertama pastilah sblmnya (1947 ??). Atau mgkn kah peletakan batu pertama bersamaan dgn pemugaran?? Coba baca ulang statemen pertama diatas.
      MHS : disini kita bukan membandingkan tapi hanya focus ke validitas Paromasan saja dulu
    • M Hansari Silalahi Manogu Situngkir,,,,bah nga marjea hita,,,,,molo holan validitas ni Paromasan do sibahasonta,,,,jadi songondia ma validitas ni Tugu Silahisabungan an,,,,,alana kontroversi di ke 2 permasalahan i do namamben hita gabe saling berdebat sahat tu sonari on,,,,,,
    • Maruatas Silalahi Char LO Pintubatu.... kenapa ga anda nyatakan saja siapa Paidua ni suhut saat peresmian tugu di Paropo itu……apa lagi kalau anda katakan pelaku sejarahnya ada (mungkin yg membaca ini akan bisa mengcrosscheck kebenaran pernyataan anda kalau mereka mengenalnya)……biar jangan ada dusta di antara kita…..

      Tidak ada yang menyangkal bahwa Silahisabungan itu adik Sibagot Nipohan……tapi anda katakan “diantara pomparini anak ni SORBANIBANUA ada kesepakatan soal PADUANISUHUT”.....saya tidak pernah dengar……bisa anda jelaskan kapan kesepakatan itu dibuat, dimana dan oleh siapa……..sekali lagi biar jangan ada dusta di antara kita……

      Untuk komen anda ini => nah anda salah lagi..... di pestani TUAN SIHUBIL... tidak ada SILALAHI manapun Sebagai PAIDUANISUHUT.... (saya tau jelas soal ini... karna saya anak balige dan saya hadir disitu... natape holan panonton)<= tolong baca ulang lagi komen saya di atas……apa ada saya katakan Silalahi Paidua Ni Suhut saat pesta Tuan Sihubil…….

      Saya rasa turi2an tentang tona Silahisabungan sudah sangat jelas……
    • M Hansari Silalahi jadi salah do na hubaen i? hubaen pe par iang batu ala di liang batu do keyakinan muna monding silahisabungan,,,,,
    • Char LO M Hansari Silalahi.... oklah ... saya kutip pernyataan anda...
      kalau saya yg salah mengartikan ... saya akan minta ma'af padamu..
      tp ... kalau AMPARA yg salah .... terserah.....
      ''Bereng ma jolo turi-turian ni hamuna par Liang Batu on adong do dibaen tona ni Silahisabungan,,,,,boha muse ma on ate?''
      ....mohon klarifikasi.....
      asa jelas boto'onmu .... parbalige do au... dang par liang batu... domisili di jakarta... ok...
    • Maruatas Silalahi Manogu Situngkir kalau begitu baca ulang saja dulu catatan sejarah itu.... (maaf) cermati kalimatnya dgn baik agar bisa dipahami......biar ga asal2an komen kita.....mauliate.....
    • M Hansari Silalahi MS,,,,,au pe bah dang hea dope hubege kesepakatan paidua ni suhut sian pinompar ni Sorba dibanua,,,,,,molo songoni nungnga undangon pinompar ni Sibagotnipohan,,,,,Sipaettua,,,,,Siraja Oloan molo adong ulaon peresmian Tugu........
    • Char LO dang sehat be huida diskusion..........
      ala naung pagi do huroa ate..... modom majo au....
      abang... Manogu Situngkir.... pagi yang indah bang....
      Maruatas Silalahi.... sogot ma tatorushon... pertanyaan AMPARA terakhir... kita posting lagi besok... dan akan saya jawab...
      (marboa baenon ma dihita...mangombak balik sogot)..
      pagi yg indah juga buat AMPARA...
      M Hansari Silalahi... Mauliate ma DI ampara... nga dohot ampara di diskusion... molo boi pangidoanku... asa tabo hita sahalnai diskusi...
      saling menghargaima.... oklah... pagi yang indah.
    • M Hansari Silalahi MS,,,,,,,ha ha ha sai na adong do lawak-lawak ni si Char LO on mambahas tarombo on,,,,,,,jangan kan paidua ni suhut,,,,pesta ulamgtahun tugu silahisabungan pe so hea haidaan tulang ni 7t,,,,holan tulang manurung do dipatudu-tudu tu dunia maya on,,,,,,,mekkel au mamereng komentar ni David Spener Sihombing,,,,lupa inna mamoto rombongan padangbatanghari,,,,,hape takkas do taboto justru rombongan ni padang batanghari do na paling penting bahenonna dokumentasi asa tarida bukti kebenaran tulang ni 7t...........
    • Maruatas Silalahi MHS......harusna molo toho do ikkon adong Paidua ni suhut di peresmian tugu i, tikki dipestai tugu i tiap taon berarti ikkon adong do Paidua ni suhut di pestai......base holan peresmian sajo ikkon adong paidua ni suhut hape di pesta tugu i na ganup taon dipestai dang adong paidua ni suhut na.....
    • Ari Silalahi Sipangkar Boha molo di Dunia nyata majo makkatai(versi sian Tolping/pangururan dohot Silalahi Nabolak)asa mantap jala nyata pembahasan, siap do?
    • Manogu Situngkir Itu sesuai statemen anda pertama sekali diatas! Ok secara prinsip tdk ada masalah krn maksudnya sama. Yg menjadi masalah utama adalah apa isi atau adakah kesepakatan dari dari ke 8 saudaranya yg lain utk semua peristiwa sejarah di Pangururan ?? Kalau ada dlm bentuk apa anda mempertanggung jawabkan validitas bhw paromasan benar kuburan RSS?? Jadi tdk cukup dgn cerita 3 solu bolon dsb. Krn itupun msh perlu dibuktikan tersendiri.
    • M Hansari Silalahi Char LO,,,,,,dang mantab alasan mon hubereng,,,,,,,,molo berdiskusi ikkon saling mengharagai do nimmu,,,,,,ikkon saling marsialusan do asa attong molo berdiskusi,,,,,,unang gabe taben alasan na so mutakhir molo dung mulai tersudut hita di akka pakkataion sendiri,,,,,,,nga gira pemain au molo na berdiskusi on jala nungnga boi hugambar akka karakter ni hita na berdiskusi on,,,,,
    • M Hansari Silalahi Ari Silalahi Sipakkar,,,saya siap,,,baen ma undangan na.......
    • Maruatas Silalahi Char LO...ok istirahat ma ho.....alai huhilala dang adong hata rorang disi......molo karas tarap wajar dope i alai unang kasar.....jai masih dalam koridor do diskusi i jala sehat dope diskusi.....rimang2 i ma i sude......nilai kebenaran itu dgn hati nurani krn hati nurani tidak pernah berbohong.......jangan nilai dgn ego.....
    • Ari Silalahi Sipangkar Molo tu Silalahi Nabolak amang maruatas siap do hamu ro?asa dipasahat tu raja Turpuk na adong di SN,
    • M Hansari Silalahi MS,,,,,heran au mamereng Manogu Situngkir,,,,,validitas ni paromasan ma jolo tabahas ninna,,,,,maksud na ta lupahon ma validitas ni Tugu Silahisabungan,,,,hape na lebih mantap dope ke 2 tempat i bahason asa boi saling membandinghon,,,,,,,ha ha ha sotung maup au annon molo sempat dibaen pertanyaan Liang batu inna roha na do haroa.......
    • M Hansari Silalahi Ari Silalahi Sipakkar ai na jago kandang do hamu? taon 1968 nungnga di Sllalahi Nabolak,,,,,,di Medan manang di Siantar ma bahen hamu attong ingananna,,,,,
    • Manogu Situngkir Mhs: boasa merepet lakkam? Nga satu cara na denggan nabinaen ni pra CharLo i sai tong ber sungut2
    • Ari Silalahi Sipangkar Ndang najago kandang,na taon 1968 khan mulak do kapal muna,ala so sanggup hamu makkataon hatigoran, Molo ndang hamu majo mambaen undang,asa ro hami SN tu Tolping manang panguraran,
    • Maruatas Silalahi Manogu Situngkir....molo luluan mu validitas i.....base dang sungkunon mu akka pomp ni pinomp Raja Tambun na tarsurat di catatan sejarah i.....toho do i goar na adong disi.....manang dang......ai diakui ho do Raja Tambun pomp ni Silahisabungan........molo so diakui ho pas ma na nidok mi ikkon luluan sian 7T.......tapi saya yakin ......pomp Raja Tambun pasti ada yg mempertanyakan kebenaran cerita itu pada orang tua mereka (bapak/ompung) tentang kebenaran ziarah itu dan juga rencana pemugaran thn 1947
    • M Hansari Silalahi Manogu Situngkir,,,ha ha ha boasa dohononmu marepet au,,,,,au do namerepet manang lakkam? ise haroa si char lo,,,,,asa lebih fair ikkon ke 2 inganan i do bahason asa boi adong pembanding satu sama lain,,,,,,,,
    • Maruatas Silalahi Ari Sipakar.....nga piga hali hudok.....patikkos jo margam .....baru manghatai tarombo ho......molo so tikkos do margam .....sorry ate huaanggap angin lalu do komenmu.....mauliate.....
    • M Hansari Silalahi Ari Silalahi Sipakkar,,nga hudok molo so jago kandang do hamu,,,,di daerah na independent ma bahen ingananna molo naeng adong do rencana baenonmu,,,,,boasa ikkon di SN haroa bahenon?
    • M Hansari Silalahi MS,, boha ma na tubu di huta ni halak malayu,,,,,,,,,ha ha ha..........
    • Maruatas Silalahi MHS....molo daerah na independen....berarti ikkon di huta ni Raja Tambun ma......berarti di Sibisa manang di Tambunan......alai ragu ahu....alana pasti nga godang pomparan Raja Tambun na mamboto ise sasintong na 7T alani perkembangan informasi tekhnologi on
    • Ari Silalahi Sipangkar Maruatas.....,ndang boi songon ho mardiskusi ambia,hatop do ho hona bursikkon ni jolma, pahamima nenget2 ambia...
    • Maruatas Silalahi modom ma ho Ari....rimang2i ma hatahu.....selamat borngin ate....
    • M Hansari Silalahi MS,,,,bah trauma do nasida molo di huta ni Raja Tambun,,,,,,takkas do taboto di taon 1964,,,,mulak do rombongan ni Sihaloho na sian paropo ala Silalahi parjolo digorahon hahadolina,,,,,,mardandi Sihaloho cs,,,,,,,disuru pamoruaonna manjalo horbo na binoanna na sian paropo,,,,,,ha ha ha sai hira dakdanak nabadia cara nai,,,,,,
    • Ari Silalahi Sipangkar M.hansari@molo adong perbedaan pemahaman di hita pomparan ni Oppu'ta Raja Silahisabungan,Didia do padengganon'ta?khan di huta'ta do?
    • Maruatas Silalahi MHS....dang holan thn 1964.....saat tu sadarion pe yakin do ahu boi dibilangi piga2 halak ma pomp Raja Tambun na di Sibisa dohot Balige na mamboto akka ise na 7 i......apalagi ma marga na taraf pahompu Silahisabungan sian 7T......
    • M Hansari Silalahi ha ha ha ai so silalahi nabolak bona pasogit nami,,,,,,,,,so adong manghordit mudar hu mambege SN,,,ima sada bukti na so Silalahi Nabolak bona pasogit nami,,,,Raja tambun pe so hea didok nasida SIlalahi nabolak bona pasogitna,,,,,,,
    • Maruatas Silalahi berarti dang diakkui si Ari on ....Raja Tambun pomp ni Silahisabungan......
    • Wesly Silalahi Haloho Maruatas COPAS jo attong......wkwkwkwkwk
      Molo dang LINK.......huahahahaha
    • Ari Silalahi Sipangkar M.hansari@attong di dia do bonapasogit'mu?jala hamupetaho mangundang hami par Silalahi Nabolak, bohado siap do hamu?
    • M Hansari Silalahi MS,,,,,molo pola daboah di bona pasogit ni Raja tambun dibaen pertemuan on,,,,paling sangat mendukung do au,,,,,boi hubayanghon pungu ma ra disi Pinompar ni Raja tambun,,,,,sebelum dimulai acara i sada do sukkun2 hu tu nasida,,,,,dihamu pinompar ni raja tambun,,,,,setuju do hamu molo adong mandok Silallahi=Silahisabungan,,,,,,boi hubayanghon songondia alus ni nasida,,,,,pasti dialusi songonon:Daooooooooooooooooonnnnnnnnnnggggg bapa tua,,,,,,,,,,,
    • Wesly Silalahi Haloho Maruatas, hansari ai halak batak do hamu nadua lae........wkwkwkwkwk
    • Ari Silalahi Sipangkar Maruatas@ndang boi songon ho mardiskusi,maol do ho mangattusi hata...
    • M Hansari Silalahi unang miring ho ari,,,,,lakkam do nakkin na mengusulhon,,,,gabe au disuru ho muse mambaen undangan,,,,,sarupa do haroa songon nalain ho,,,,,,,
    • M Hansari Silalahi wasly halohio,,,,,,,so berani tikki ho manjou lae tu si Totok,,,,,ia di dunia maya on songon bajar2 lakkam manghatai,,,,,,,songon ponot hubereng ho mandok lae i,,,,,
    • Maruatas Silalahi MHS....sada nai.....sukkun2 i......ai marga Silalahi Tambunan do hamu, alana ninna Silalahi marga parsadaan ni pomp Silahisabungan.......pasti alusna : "nga gila i na mandok Silalahi marga parsadaan".....he..he...
    • Wesly Silalahi Haloho wkwkwkwk......
      Sotung maila anggimi lae hansari
      Ai halak batak do ho lae hansari........??????
    • Ari Silalahi Sipangkar Pahami hataki M.hansari....,jala rimang2i maksud dan tujuan'na,
      unang didok ho au namiring,
    • M Hansari Silalahi MS,,,,ha ha ha,,,,attong molo gila do taboan ma namandok i tu RS Jiwa,,,,,,,,,,
    • M Hansari Silalahi dang na miring ho dohonon,,,,,,ho do nakkin mandok naeng diskusi di dunia nyata,,,,,gabe au muse disuru lakkam mambaen undangan,,,,,,
    • Wesly Silalahi Haloho Dang barani barang i mangalusi sukkun2ki......hahahahahaha
    • Ari Silalahi Sipangkar M.hansari@khan nakking hudok,siap do hamu(sr/st)molo taboan pembahasan on di dunia nyata?jala di Silalahi Nabolak ma tabaen?asa dipasat tu Raja Turpuk na adong di SILALAHI NABOLAK?alana i huta napinukka di Oppu't RAJA SILAHISABUNGAN,hape lain do alusmu,jala didok ho jago kandang,jei nikku di huta muna ma baen,molo ido dietong ho bonapasogit'mu,jala hamu ma mangundang!
    • M Hansari Silalahi Ari Silalahi Sipakkar Boha molo di Dunia nyata majo makkatai(versi sian Tolping/pangururan dohot Silalahi Nabolak)asa mantap jala nyata pembahasan, siap do?
      sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka
    • Manogu Situngkir MHS : Hupikkir nga berobah dewasa cara diskusim bah..tetap songan na injak2 bumi trs. Sian nabodari sai na pangrimason trs, na sedang birahi do ??molo pe antar hurang sesuai tu roha pina kalm saotik bea huroa !
    • M Hansari Silalahi Bah songondia do huroha kriteria diskusi na dewasa?

      Patorang ma jolo saotik kedan asa tabereng annon bukti naso dewasa metode diskusiku.
    • Sabas Sihaloho Akka napenasaran pastilah rimason amanguda MS, heheheeee....
    • Marihot Silalahi Mang sabas,, sdh, kita disaebelah saja sambil berbagi Firman,, Saat teduh td pagi,, heheheh,, ngk usah kita ganggu dl mrk,,,
    • M Hansari Silalahi Hahaha memang narimason on sude do dimiliki pribadi ni sada2 halak alai bukan berarti menghina manang bahasa kotor,ido daboah.
    • Manogu Situngkir Mhs : na so habis pikir do au taringot sikaf mu tu pra CharLo nabodari , tung i ma denggan2 dikondisihon ibana diskusi dht amanta Maruatas,tung tabo ni ikutan, jala nylonong ma tiba2 lakkam. Di akhir diskusi krn sdh menjelang pagi pamit ma ibana layaknya saudara dgn bahasa santun dan damai dgn kalimat semoga mimpi indah, alai remeng2 do tanggapanmu jala marsungut2. Sian I haidaan ndang na mencari kebenaran ho alai mencari pembenaran dht pengakuan sajo do. Ido umbaen hudok diskusim dang tumbuh2 jadi dewasa. Alai denggan do sahali2 jaha ulang sude muse jala posisihon dirim di tempat netral asa boi ho denggan instropeksi diri.
    • Ari Silalahi Sipangkar Ittor di hapus si M.hansari on comend'hi,ala nung diangkat imana jadi admin oleh si anderson, ndang boi songoni mardiskusi amang...
    • M Hansari Silalahi MS,,maksudmu haroa dang boi dohot ikut campur di diskusi i,,jaha jolo attong,kalimat aha nahubahen disi,boasa gabe lakkam riti2on molo so tu lakkam hataku.huajak do asa ke 2 mslh i Ќi†a bahas sekaligus asa boi tabaen sebagai bahan perbandingan alai sai mengelak do laKkam.
    • M Hansari Silalahi Ari,patenang ma disi,,dang level dope molo berdiskusi dht ho,,,
    • M Hansari Silalahi Las di inganan muna pe najolo berdiskusi so adong masalah di au,,napenting unang berbahasa kotor,,bereng jolo di group muna an akka bahasa kotor do mendominasi,,tua muda sarupa kalimat na.
    • Ari Silalahi Sipangkar Di dunia nyata ma hita makkatai padua2 M.hansari?unang dok ndang level,aik nahodo naso mangattusi?
    • M Hansari Silalahi Hahaha mamake margam pe so diantusi ho dope sai dunia nyata do taringotanmu tu au.
      Nungnga hea patupahon ulaon adat lakkam? Asa tasulikkit jolo marga mon.
    • Kennedy Doloksaribu Molo au holan sada do sukkunonku, Ate na Toho do bru ni RSS adong siboru Marihan????
    • Ari Silalahi Sipangkar M.hansari@ahahahahaaa...,ai do asa hudok tu ho,makka'tai majo hita padua2 di dunia nyata?jala barani do ho mandok songoni tu au secara Live?asa hutadda dirim M.hansari, asa unang halan di DM on hita makkatai,
    • Kennedy Doloksaribu Hansari : Kirim Salam jo tu si Doloksaribu partano jawa ate. Las dok ma tu ibana Silalahi na Silalahi raja ho.
    • M Hansari Silalahi Kendol,,si Doloksaribu nadia do maksudmu?

      Ari,bereng ma ia na nidsukkun so dialusi.
    • Kennedy Doloksaribu Bah dang i tanda ho Si Doloksaribu tokke sawit???
    • M Hansari Silalahi Jadi boha dohononku tu ibana? Ise ma hudok na kirim salam? Anak nise molo ninna aha ma dohononku?
    • Ari Silalahi Sipangkar M.hansari@didunia nyata pe annon hualusi sukkun2mi,molo olo do ho?
    • M Hansari Silalahi Ari,nga moru passarianhu dapoangan pajuppang dht lakkam,hitung2an bisnis merugikan do daboah.
    • Ari Silalahi Sipangkar ahahahahaa...,ima ho M.hansari..,ittor perhitungan do lakkam,hape didunia maya on sai berkoar do ho,jala didokkon ho songon nidok nisimaruatas,padengganon'hu marga'ki, ndang adong lapatan'ni i,molo holan di DM on do hamu mangalarang au mamakke marga Silalahi.
    • Sabas Sihaloho Unang holan hata bo, di son (DM) on berani, hape di Dunia nyata banyak alasan.
    • M Hansari Silalahi Jolo diantusi majolo paradaton asa berbicara dunia nyata,,unang holan FT dipasarat-sarat tu diskusion hape so adong marpangalaho sitiruon.
    • Sabas Sihaloho Molo nungnga ro iba mittor mabiar doho hassar, dang pola baenonku FT tuho sebab Tuhan Berfirman "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu" Matius 7:6 jadi percuma memberitakannya pada dirimu.
    • Beres Silalahi ha ha ha horas amang sittua nami...
    • Beres Silalahi kennedy@ nungga jd di dok ho tu bapa dohot tu oma na hudoki...
    • M Hansari Silalahi Hahaha aha pola sihabiaran haroa akka sibolis partanduk? Sama2 sibolis dilarang saling mendahului.ai so hahurangan FT au sian jolma pargapgap.
    • Beres Silalahi ari@ parsarag padang unang jo mangopi karejom boha jelas dope ho???
    • Sabas Sihaloho Makanya hassar jangan takut kalau sy datang pos roham dang baenonku FT tu ho.
    • Beres Silalahi sabas sittua alai sittua pangarehei.....
    • M Hansari Silalahi Ai adong takut haroa au,lakkam do na surduk2 mencampuri,hahaha ia kacca jolo bohitai napantas dohita mambahen hata songonon?
    • Sabas Sihaloho sotung naik tensimu bo hassar !!!!
    • Beres Silalahi mhs@ sabar molo menghadapi akka na mangarehei
    • Sabas Sihaloho torushon hamuna ma jolo da, au mulak ma jolo tu jabu, pos rohamu bukaonku pe annon muse molo sahat di jabu ate ?
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@maol do huattusi hata'm ambia,jelas jo baen?asa beres ho makkatai songon goarmi,napatape akun palsu dipakke ho,
    • Beres Silalahi ari bandar jaya ni ise do tahe na di boan mi parbedebe do, manang partomuan.....
    • Kennedy Doloksaribu Asal ma na i tanda ho ibana hansari.
    • Beres Silalahi bas?? ingot patik pa10hon i......
    • Beres Silalahi kennedy@ boha do adati nungga sae manang daong.........
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@ndang mamboan bandar jaya au ambia,molo pp ki tikki di medan doi=>wisma menteng,menghadiri pesta bang agus sihaloho,molo au tinggal di riau do au ambia,ido asa hudok naeng kopi darat jo au nian dohot si M.hansari,
    • M Hansari Silalahi Hahaha ai diά do si Kendol on,sai nirippu do na berani paboahon identitasmu,na dirippu lakkam do anak kolong au asa dohononmu songoni?

      Alusima,anak nise dokkononhu na kirim salam on?
    • M Hansari Silalahi Hahaha ai diά do si Kendol on,sai nirippu do na berani paboahon identitasmu,na dirippu lakkam do anak kolong au asa dohononmu songoni?

      Alusima,anak nise dokkononhu na kirim salam on?
    • Beres Silalahi ari??? boha hu cabut ma ijin mu karejo di son asa hubaen......
    • M Hansari Silalahi Hahaha ai diά do si Kendol on,sai nirippu do na berani paboahon identitasmu,na dirippu lakkam do anak kolong au asa dohononmu songoni?

      Alusima,anak nise dokkononhu na kirim salam on?
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@wuakakakakaa....,cabut ma ambia,ai maol do diattusi ho hata,tinggal di riau do au ambia..,ndang supir ni bandar jaya au,asa takkas diboto ho, nion ma no hp'ku 081268124553.
    • M Hansari Silalahi Hahaha ai diά do si Kendol on,sai nirippu do na berani paboahon identitasmu,na dirippu lakkam do anak kolong au asa dohononmu songoni?

      Alusima,anak nise dokkononhu na kirim salam on?
    • Beres Silalahi ari@ bank riau atau bandarjaya atau sarang padang denggan baen ari......
    • Beres Silalahi mhs@ si kendol tenang ma katua i au tu si...
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@ahahahaa...,khan nunga huleon no hp'ku ambia...,bohadope dohonon'hu tu ho?
    • Beres Silalahi tu si sabas ma leon i dang porlu di au no mor mi na porlu di au karejo mi do ha ha ha
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@ahahahaa...,akun asli'mi ma baen mangalusi dobah ambia,asa songon namantap hita makkatai, di Bank riau do au dobah ambia,roma ho tu Rengat kota(INHU)
    • Manogu Situngkir Bah..ai aha huroa si Beres on gaya preman mencabut kerjaan org. Ngancam2 segala...
    • Beres Silalahi ari??? dia do nimmu palsu memang na hukutci do asa unang marsaor dohot akka pangarehei dgn omonagan sampah macam dirimu.
    • Beres Silalahi manogu??? unang urusi au bas ha ha ha sabas atau manogu????
    • Manogu Situngkir Ai boa huroa!! Ibaen naso suman do hatam sampai2 memutus kerjaan org. Kerdil sekali cara pikirmu. Baru menjabat ya atau preman ??
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@Bagak jo ho makkatai ambia...,
    • Beres Silalahi basmanogu?? mana yang jolas sabas kah atau sittua...
    • Manogu Situngkir Boa molo di Bank Bengkulu..bank sumut boi do karejoan mu.. Tolong ma jolo bah !
    • Beres Silalahi ari?? mana patorang jgn mapeletan kamu makkatai...
    • Beres Silalahi basmanogu?? kalau mau anda di bengkulu gimana sittua..
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@sukkun si M.hansari i didia do rengat/INHU?adong do dison Danau raja,alai unang didok hamu annon Danau Silalahi raja,gabe ninik mamak annon alomuna, :)
    • Beres Silalahi ari?? ha ha ha mana kau pilih bandar jaya atau bank riau bilang dulu daba biar muantap sedikit..
    • Ari Silalahi Sipangkar Hera naung linglung do ho beres?naboha?
    • Beres Silalahi ari??? pahoppuku unang di pabalik balik ho pakkation betul taro kawan...
    • Ari Silalahi Sipangkar ahahahahaa....,gabe mekkel nama au dibaen ho bahh Beres, :)
    • Beres Silalahi ari?? ido ate attong las ta endehon ma posni uhurmai.....
    • Kennedy Doloksaribu Aha porlu ni diho hansari, holan na manukkun do au sabotulna. Unang pola pintor riting ho hansari. Ai so di pasahat ho pe taho i so masalah ai boi do hub sandiri on i.
    • Beres Silalahi kendol???? nungga di pasahat ho na hudoki tu bapa dohot tu oma??
    • Beres Silalahi ari?? unang jo mekkel ho boado nungga sadar ho na hudoki pahoppu??
    • Ari Silalahi Sipangkar Beres@jala majo kopi'm boh ambia,asa sabbil manonton bola hita,SFC VS PERSIWA, hera si Agus do hubereng,satokkin Doloksaribu,jala olo doho marsuppa,tokka songoni da ambia?
    • Beres Silalahi ari??? unang di boan ho goarni halakan tu son annon gb jea ho kedan..
    • Manogu Situngkir Beres :Ai adong do na nianggom huroa di bengkulu ate? Bah nadenggan mai tolong ma jolo hubungkon au tu dirut BPD Bengkulu ate, adong na penting da boa !
    • Beres Silalahi basmanogu??? ngak di kalimantan dinas pendidikan...
    • Sabas Sihaloho Ai aha i bo yang kurang beres, tadi sdh sy bilang mau pulang kerumah dulu, tapi baru memerapa menit sai siok-siok doho beres yang kurang beres, apala ipe sae iba maridi dohot mangopi. nalangsung masihol doho huroa mambaca komen2 hi ate? alana susunan kalimatnya sangat operasional. Unang salah paham ho yg kurang beres, saya ini Sabas Sihaloho alamat lengkap bahkan dengan no telp rumah bahkan isteri dan lima orang anak sangat lengkap bukan seperti dirimu akun palsu.
    • Sabas Sihaloho Amanguda MS..., ai naung marsahit do mungkin si beres yang tidak beres on ate ? didok ibana hita dua tapi satu.
    • Manogu Situngkir Ai na boa do ho beres! Ndang beres huida pangkataionmu..meor, na holan kata do ? Ai didia do ho tinggal atik na jago kandang do ho haroa ate!manang na ta pa balikma ho mangido tu ahu ?
    • Beres Silalahi bas?? songoni do hape di ajarhon di ulaonni hasittuaoni maup ma di sittua pangarehei....
    • Beres Silalahi ha ha ha ha
      manogu@ molo matua pakkataion matua ma dohot pamangan asa boi hami pa ihut ihut lakkam
    • Sabas Sihaloho Molo songon nido pakkataionmu tudonganmu jolma beres yang kurang beres pantas do ho attong manjalo hata rehe-rehe sian akka rivalmu, ai ikkon napinarsangapan do dongan jolma asa sangap iba di bahen.
    • Beres Silalahi bas??? kalau anda tdk tengsi tingi ngak mungkin anda marlea...
    • Charles Silalahi dang sude jolma namarlea dijolo ni jolma, gabe marlea di jolo ni debata. mungkin appara si beres mangalea-leai diportibion alai sogot apara do na lea dijolo ni Debata. jadi torushon ma namangalea-leai i asa sonang roham. Sabar Bp tua SS dang pola rugi bp tua disi.
    • Beres Silalahi ha ha ha ha tanyakan dulu sama pak tua mu itu betulkah ulaon hasittuaon itu di mimta....
    • Manogu Situngkir ‎@Sabas: ima da Katua asa bingung iba jala hudok meor.
      Beres: Ai umposo dope ho kan ! Alai jaha ma hata2m na tu P tua Sabas i manang na tu angginiba Ari i ..pantas dope didok roham ancam2onmu parkarejoanna? Alai toe ma ala porlu dope hape di ho angka na denggan beta ta padenggan pangkataionta tu selanjutna. Mauliate
    • Beres Silalahi manogu?? sy kah yang mulai atau mereka kah.....
    • Sabas Sihaloho Naung stres do si beres on a'uda. mulai kemarin dibahen ibanama kepanjangan ni goarhu walaupun sangan marambalangan, alai molo dorohana i nungnga tung tikkos, bohama jolma naung stres berat.
    • Beres Silalahi sabas (kasar ate) ro ho tu medan bereng disi di jln baru rumah makan sabas na punasa marga sihite...
    • Sabas Sihaloho Baen ma lomo ni roham.

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.