Tuesday 6 September 2011

Mulatua Sinurat

Kalau kuambil kesimpulan umum atas pendapat khusus, maka didapat perbedaan antara Sejarah dengan Tarombo....Tarombo adalah bukti sahih dan dpt dipertanggung jawabkan karena ada alat bukti serta diakui umum, sedangkan sejarah bisa dibuat sesuai kebutuhan sipenutur dan tdk bisa dipertanggungjawabkan krn sifatnya adalah 'cerita ke cerita'...so angka dongan mari kita mangumbang ttg sejarah dan jangan bicarakan tarombo...krn tarombo sdh jelas, pasti, ditetapkan dan diakui...boha ma sejarah na gabe adong ikan duyung di danau air tawar???
· · · Minggu pukul 0:52 melalui seluler

    • Totok BluesMan Silalahi ok...tgl 17 Agustus 1945 adalah sejarah proklamasi...jadi itu pun tak dipercaya woi par Gareja ?
      Minggu pukul 0:53 ·
    • Mulatua Sinurat Hahahaha...tanda do diboto langkam idia inganan na mangumbang ate...na tinggal idia do ho fuang, gabe so diboto ho adong tugu proklamasi?
      Minggu pukul 0:59 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi ini kupastekan kalimatmu : "Tarombo adalah bukti sahih dan dpt dipertanggung jawabkan karena ada alat bukti serta diakui umum, sedangkan sejarah bisa dibuat sesuai kebutuhan sipenutur dan tdk bisa dipertanggungjawabkan krn sifatnya adalah 'cerita ke cerita'"
      Minggu pukul 1:00 ·
    • Mulatua Sinurat Ingkon na marilmu tinggi da na boi mangumbang dipostingan khon asa tabo, pinomat level pargareja...molo level pargabus mamereng2 ma jo ate!!!
      Minggu pukul 1:06 melalui · · 2 orang
    • Totok BluesMan Silalahi artikanlah dulu kalimatmu sendiri itu
      Minggu pukul 1:08 ·
    • Hardi Tambunan Kadang sesuatu tak bisa di pahami oleh logika....
      Minggu pukul 1:12 melalui seluler · · 1 orang
    • Mulatua Sinurat Apaboleh buatlah, tp drpd nggak bisa tidur kau....parohahon t OTO k asa unang maos balik museng...Tarombo kami ada di tugu kami (khusus) dan sah diakui (umum) maka kami pestakan sesuai kekhususan kami, jk tarombomu ada di tugumu dan sah diakui jalankanlah, maka itu aku bilang tdk usah kita bahas tarombo krn sifatnya khusus...nga diantusi langkam? Nah, jk aku tulis dibagian bawah bgm ikan duyung bisa berada di danau krn tdk semua orng tahu ikan duyung ada di air tawar...inilah namanya sejarah, mari mangumbang...wkwkwkwk
      Minggu pukul 1:19 melalui · · 2 orang
    • Ari Silalahi Sipakkar Bapu uda sinurut@songoni do maralohon akka na oto bapa uda,maol do diattusi,
      Minggu pukul 1:39 melalui seluler ·
    • Mulatua Sinurat HT : pas doi na ni dokmi anggia, umbahen na so masuk logika on do na godang diributhon angka bangso on...molo hita na masuk logika ma na taulahon, na so masuk logika i beta hita mengarang, alai na tabo2i bahenon karangan..nang pe lam so masuk akal alai tabo sbg sejarah....hehehehe
      ASS : wkwkwkwkwk...songon naung nga diantusi ibana postingan komenhon na sahali on abang, mauliate ma di Tuhan, anggiat boi ibana meningkat tu level pargareja, ndang tinggal level di pargabuson
      Minggu pukul 1:56 melalui seluler · · 2 orang
    • Ari Silalahi Sipakkar Bapauda sinurat@Molo si Totok blus men on do uda,dang na manjokkali pamikiranna,di attusi imana do saotik tarombo on,alai di pangalithon do hatana,jala olo ibana mambaen akka naso toho,
      Minggu pukul 2:25 melalui seluler ·
    • Marihot Silalahi Di au pribadi,, ala so adong do na mangolu hita di zaman ni Opputa, hasilna adong kesimpang siuran,, ai molo adong do pe paling tdk marumur 300 tahun mangolu do pe diantara hita,, barupe boi ma tiopon keabsahan kejadian dimasa lalu, apalagi namenyangkut tarombo on,,
      Menurut sejarah dahulu,, hanya permasalahan Siapa siangkangan Sihaloho vs Silalahi,, tapi rupanya sekarang sdh benar2 penghilangan,, tdk aku pungkiri,, DOSNIROHA SIBAHEN NASAUT,, inilah yg menjadi senjata pamungkas,, aku sungguh kagum itu,, tapi jgn pernah mengatakan itu lah kebenaran, krn Dos niroha tersebut adalah dosniroha generasi2 zaman sekarang,,
      Satu hal,, jgn menyamakan zaman Op Silahisabungan dgn zaman kita sekarang,, oppungku saja msh bisa pahabang losung,, apakah itu dongeng?? Apalagi sekaliber Op Silahisabungan,, yg merupakan datu bolon!!
      Sekarang kita mengenal Teknologi dan agama,, segala sesuatu selalu mengukur dgn paradigma kita,,
      Mauliate,, selamat hari minggu!!
      Minggu pukul 7:10 melalui seluler · · 1 orang
    • Maruatas Silalahi apakah tarombo bukan bgn dari sejarah?.....
      Minggu pukul 7:56 ·
    • Mulatua Sinurat ‎@Marihot : pas doi na nidokmi, ala hita angka na ro parpudi nama, tapangke ma na hombar tusi, aha mai? Ima dos ni roha. Boasa? Ala holan peninggalan na mai sude. Taringot pahabang losung, dihuta nami binege dope sisongoni. Alai alana sifatna khusus, gabe bagian sejarah na mai. Siala mungkin di luat na asing ndang masa sisongoni.
      @Maruatas : parohahon lapatan ni umum (Sejarah) dan khusus (Tarombo). Jd jelaslah bahwa Tarombo adalah bagian dari Sejarah. Hanya saja karena sifatnya khusus tdk mungkin diperdebatkan. Contoh na nidok si Marihot, opungna boi pahabang losung, dihutanami pe adong bahkan dohot andaluna jala hubereng langsung. Alai di angka dongan na asing etak so hea dope dibege istilah pahabang losung. Jd ndang boi gabe dipertanggungjwbkan kecuali yg merasakan. Horas, selamat hari minggu.
      Minggu pukul 9:59 melalui · · 1 orang
    • Haris Silalahi main do fuang oppung ni si Ihot on,. adong dope 2 generasi na di gijjangta na boi pahabang losung..!! wkkwkkkwkkk..
      Minggu pukul 10:17 ·
    • Apul Rudolf Silalahi Haris Silalahi.., dia unjago ompung nai sian ompungku parsoposurung..? SISOLLOM LANGIT..? wkwkwkwkwkwk.....
      Minggu pukul 10:20 ·
    • Haris Silalahi wkkkwkkkwkk... hujago dope oppung ni si Ihot i bang,.! molo di zaman saonari on adong dope marpiga piga halak namargelar SISOLLOM LANGIT alias PAWANG HUJAN..!
      Minggu pukul 10:23 · · 1 orang
    • Apul Rudolf Silalahi ha..ha..ha..ha.., i museng do ate...? boha ia tu si kodam...?
      Minggu pukul 10:35 ·
    • Haris Silalahi hahaha... dang barani au mangkomentari almarhum i bah..! gabe olo ro tu parnipian..
      Minggu pukul 10:39 ·
    • Fer Nan Do apa jadinya jika TUGU PROKLAMASI digant jd TAMBAK PROKLAMASI??pasti aneh sperti Tokpinger's ┣┫Ƌɑ̣̣̇̇∼=D┣┫Ƌɑ̣̣̇̇∼=D┣┫Ƌɑ̣̣̇̇ ...
      Minggu pukul 10:49 melalui seluler ·
    • Christ Silalahi MS..setuju... Tarombo Raja Sisingamangaraja diciptakan dengan benar..tapi yang jadi masalah dia tidak diakui sebagai bagian dari sejarah perjuangan RI
      Minggu pukul 10:56 ·
    • Totok BluesMan Silalahi Christ : cak kau baca dulu buku sejarah terbitan Balai Pustaka yg dipunyai pemerintah RI...
      Minggu pukul 10:57 ·
    • Totok BluesMan Silalahi Christ : disitu ada KEPRES mengenai Sisingamangaraja sbg Pahlawan
      Minggu pukul 10:58 ·
    • Kennedy Doloksaribu Jaman saonari naung ngeri sian jaman najolo. Jaman najolo losung dope di pahabang nunga bangga si marihot on jaman saonari bosi-bosi nunga marhabangan sian ginjang ganup ari. Dohot Bom nuklir habang antar benua jadi dongeng maon. Oto ni si marihot on.
      Minggu pukul 11:01 melalui seluler ·
    • Kennedy Doloksaribu Oe totok mainkan ayam penyet 1 porsi bah.
      Minggu pukul 11:01 melalui seluler ·
    • Christ Silalahi t OTO k Keputusan untuk membuat kepres itu membutuhkan waktu panjang dan sempat tidak disetujui...kalaupun akhirnya disetujui itu lain cerita... bahkan karena dia Kristen...sempat banyak berpendapat bahwa hanya agama Islam yang berjuang mempertahankan hingga RI Merdeka...(yg trakhir ini awak tak peduli, cuma ketawa ajj)
      Minggu pukul 11:06 ·
    • Clarus Silalahi Sinabutar Jadi naso lakku do tarombo ni si Totok? Boasa sai marjugul?
      Minggu pukul 11:48 melalui seluler ·
    • Marihot Silalahi Tor rame do ate anggo nga masuk au mar koment!!! Hahhaha,,
      Minggu pukul 12:00 melalui seluler ·
    • Maruatas Silalahi si Kennedy sombong kali.....ga disamperinya statusku yg ada copas komen bg Erwan Tampubolon.....cuma diketennya aja.....
      Minggu pukul 12:02 ·
    • Maruatas Silalahi Mula S...kalau sudah setuju....Tarombo itu bagian dari Sejarah....berarti tarombo juga sejarah....dan sama spt pernyataanmu itu jg bisa direkayasa....
      Minggu pukul 12:07 ·
    • Kennedy Doloksaribu Maruatas : Sudah bosan awak pernah bilang samamu kasus tampubolon doloksaribu
      Minggu pukul 12:09 ·
    • Lenni Tambunan Sattabi bapa dohot ito ku, molo dang markoment aka partolping i, dang rame ekel i (ga ada lo ga rame).
      wkwkwkwkw
      Minggu pukul 14:53 melalui seluler ·
    • Clarus Silalahi Sinabutar Bah na gabe parekkelan do hape akka partolping di FB on ?
      Minggu pukul 16:01 melalui seluler ·
    • Clarus Silalahi Sinabutar Dang hinata boasa gabe diparekkeli? Naeng do attong direkayasa tarombo ni Bursok dht naasing. Molo sejarah do naeng rekayasa on na, dang pola guntur jolma, paling disorot oleh ahli pemerhati.
      Minggu pukul 16:10 melalui seluler ·
    • Mulatua Sinurat ‎@Maruatas : sungkun2 manang na pernyataan do on? Haru si t OTO k ngamalo mangantusi umbahen ndang pola sungkunonna be. Alai tong ma, ala na berdiskusi hita hupaorang ma muse. Tarombo adalah bagian dari Sejarah, dan pasti bisa direkayasa oleh generasi berikutnya...tetapi bukanlah rekayasa namanya apabila sdh menjadi persetujuan, krn prosesnya tdk mudah...ini yg perlu anda perhatikan "Aek godang aek laut, dos ni roha umbahen na saut"...maka Tarombo menjadi khusus dan juga menjadi hal umum karena sbg bagian Sejarah. Intinya silahkan mengarang sejarah shg terjadi Tarombo yg sekarang, namun jg bicarakan Tarombonya krn sdh "dos roha" terlepas dari benar atau tidaknya. Contoh gampang, sejarah bhw Sisingamangaraja XII tewas krn terkena darah borunya hingga kekebalannya pudar, namun versi si bottar mata ala nga dibahen darah babi di bedilnya, namun bukti sahnya bhw Sisingamangaraja adalah Pahlawan Nasional...jd boha do sejarah ttg ikan duyung na di tao toba???
      Minggu pukul 16:40 melalui ·
    • Maruatas Silalahi Mula S....sudah dibaca bahwa SUDE Pomp Raja Tambun tidak setuju peresmian tugu sebelum "tota" semua permasalahan di tarombo RSS......dimana dos ni roha nya?....jadi jelas tarombo di rekayasa....
      Minggu pukul 17:07 ·
    • Totok BluesMan Silalahi Mulatua : yg mengatakan itu adalah Op Marhulanlan Tambunan, anggota panitia tugu Paropo di thn 1981 dan juga wakil dr Raja Tambun :)
      Minggu pukul 17:09 ·
    • Maruatas Silalahi Kennedy....koq bisa bosan tentang Tampubolon Doloksaribu.....kapan pula bilangnya?.....gimana Ken tanggapan tentang komen bg Erwan Tampubolon itu......
      Minggu pukul 17:09 ·
    • Haris Silalahi kita hrs selalu melihat fakta dn bukti yg ada skrg ini,.!
      pertanyaan buat lae Maru dn Lae Totok,. Apakah smua popparan Raja Tambun/ Tambunan tdk setuju akan berdirinya TUMARAS skrng ini..???????
      Minggu pukul 17:26 · · 1 orang
    • Mulatua Sinurat Ehe tahe...ninna rohangku nga diantusi...tu hamu na dua (Maru & t OTO k) jaha jo komenhi...alai tong ma hupatorang pe...jelas yg anda ber 2 maksud adalah Tarombo RSS yg ada ditugu kami, yg dari awal tulisan sdh sy tekankan *JGN BAHAS TAROMBO* krn bagi kami (khusus) sudah sah...mengingat prosesnya adalah Sejarah (umum) maka sangat memungkinkan ada rekayasa. Biarpun demikian menurut sejarahnya namun Tugu berdiri dg tertera Tarombo yg telah disetujui oleh semua pomparan RSS. Terlepas ada sejarah mengatakan SUDE Raja Tambun tdk setuju. SUDE adlh bhs hiperbola alias dibesar2kan. Karena menurut opung Si Lonlan Sinurat yg juga merupakan perwakilan marga Sinurat dari kampung kami menyatakan yg tdk setuju hanya marga Silalahi Raja yg kebetulan saat itu ada hubungan dekat dgn sebagian Raja Tambun...jd molo idiori hamu op si Lonlan Sinurat on sampe maputek pe tanggurung muna ndang marnadapot muna halakna siala nga lahu tu situmalin, akhirnya ini menjadi sejarah bagi kami...krn itu jg kita bahas tarombonya, kita bahas sejarahnya saja, misal bgm ada ikan duyung di air tawar??? Powered by BlackBerry Danga-danga®
      Minggu pukul 18:01 melalui ·
    • Maruatas Silalahi Surat Keputusan Musyawarah Pomp Raja Tambun yg ditandatangani 26 (dua puluh enam) orang tetua pomp Raja Tambun......sampai saat ini belum dicabut.....
      Minggu pukul 18:05 ·
    • Maruatas Silalahi Tarombo adalah bagian dari sejarah.....jd berarti punya kemungkinan di rekayasa kalau dikatakan sejarah bisa direkayasa......jelas orang yg menyatakan "jangan bahas tarombo" berarti khawatir rekayasanya akan terbongkar......
      masalah dos ni roha.....apakah 7T sudah mardos ni roha boru apa Pinggan Matio?....
      Minggu pukul 18:09 ·
    • Mulatua Sinurat ‎@Maru : inilah yg seharusnya anda jaga, tp karena anda jual saya beli...sesungguhnya tarombo RSS kami yg ada di SN adalah utk menghindari keinginan sekelompok orang yg menyatakan dirinya sbg anak tertua dr istri yg tak jelas dg nama Silalahi Raja...krn itu kami yg ber 8 bersepakat membuat tugu tsb agar tdk ada lagi yg mengaku2 sbg anak Silahisabungan yg dianggap haram, maka aku dengar Silalahi Raja pun membuat tugu agar tdk hilang dan tinggal sbg sejarah... tp harap di ingat itu adalah sejarah yg juga telah sy belokkan...namun kebenaran tarombo kalian ada di kalian, dan kebenaran tarombo kami adalah milik kami...jd nga tota, unang gugai taromboku, ndang hugugai tarombomu...horas..mari kita bertutur sejarah, bgm ada ikan duyung di toba yg ber air tawar???
      Minggu pukul 18:32 melalui ·
    • Maruatas Silalahi kalau sudah yakin 100% tentang tarombo yg diyakini.....kenapa harus khawatir kalau dibicarakan.....kalau masih ada rasa khawatir berarti kebenarannya diragukan.....

      berarti pembangunan tugu di SN hanya suatu trik.....pantasan kebenarannya diragukan.....ditambah surat keputusan musyawarah pomp Raja Tambun yg menolak peresmiannya sblm tarombo RSS tota.....jd terkesan suatu trik/rekayasa yg dipaksakan dg menunjukkan sikap arogan dgn mengabaikan surat pomp op siappudan RSS....

      harap dibedakan tugu dgn tambak....

      apakah 7T sudah mardos ni roha tentang siapa op Pinggan Matio?.....
      Minggu pukul 18:44 ·
    • Haris Silalahi nga maos sukkun2mi di alusi appara Mulatua Sinurat i, alai sai tong ro paertanyaan "KENAPA'..
      have sada do pertanyaan ni bp uda i tu lakkam, dang boi di alusi ho..!! Kenapa....??????? wkkkwkkkkwkkkwkk....
      Minggu pukul 19:03 ·
    • Christ Silalahi Kog ada dua nama buat si t OTO k (bodoh, loak) dan Toto-ng (alat kelamin lelaki)...mana yg benar..
      Minggu pukul 19:05 ·
    • Christ Silalahi maru..apapun yang telah ada itu...pasti kau itu tak berterima..kekmananya nih orang yg sakit hati...
      Minggu pukul 19:06 ·
    • Maruatas Silalahi yang ragunya kau haris akan kemampuan si mulatua utk berdiskusi?....
      Minggu pukul 19:13 ·
    • Totok BluesMan Silalahi Mulatua ; gini ajalah dulu bos...krn kuliat kau par gareja...aku pikir dirimu org bijaksana...tidak berani menghilangkan leluhur...jadi dari mana DOSINA berasal ?
      Minggu pukul 19:19 ·
    • Tommi Maringan Silalahi Saya pastikan Maruatas dan Totok ini adalah TULPING!! kenapa? Karena selalu USIL dengan TAROMBO orang lain, sementara Tarombo sendiri tidak jelas maka berusaha manggaori Tarombo yang sudah TOTA dengan harapan biar ada temannya yang RUNDUT dan SURSAR.Ckckckck
      Minggu pukul 20:25 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi Tommi : yup memang tolping saya ... makasih :)
      Minggu pukul 20:26 ·
    • Kennedy Doloksaribu dan benar totok ompung Bapaknya juga dia ga tau. wkwkwkwkw
      Minggu pukul 20:27 ·
    • Totok BluesMan Silalahi Ken :)
      Minggu pukul 20:29 ·
    • Kennedy Doloksaribu sudah ketemu kau siapa ompung Bapakmu Totok? wkwkwkw
      Minggu pukul 20:30 ·
    • Totok BluesMan Silalahi udah..ada di siantar taromboku...santai aja
      Minggu pukul 20:31 ·
    • Kennedy Doloksaribu berarti dah bisa kau buat tarombomu disini? coba tes dari 5 generasi di atasmu... harus ada bukti coiii karena kau kan jurusan IPA jadi semua harus bisa di buktikan kecuali kau jurusan IPS bisalah cuman omong doang.
      Minggu pukul 20:33 ·
    • Totok BluesMan Silalahi kalo soal taromboku...aku hanya tunjukkan ama pihak2 yg kurasa pantas aja ken...kan gak mungkin kutunjukkan amamu...lagi pula kita tidak pernah berjumpa...aku hanya tau bhw kau alumni usu aja...hanya sama famili dan dongan tubu silalahi raja lah aku pantas tunjukkan taromboku :)
      Minggu pukul 20:35 ·
    • Kennedy Doloksaribu wkwkwkwkwkwwk....baru kali ini aku tau ada tarombo Batak hanya untuk kalangan sendiri. kau lihat semua marga batak totok di kasih liat sama umum. wkwkwkwkwkw
      Minggu pukul 20:36 ·
    • Totok BluesMan Silalahi wajar itu kurasa...krn di antara kami kan hrs bisa memanggil dgn ucapan yg tepat (amguda, amgtua, apara, adek atau abang)
      Minggu pukul 20:37 ·
    • Kennedy Doloksaribu terus kau sudah tau manggil apa sama si julianus? wkwkwkwkw
      Minggu pukul 20:40 ·
    • Totok BluesMan Silalahi itu urusan kami ken :)
      Minggu pukul 20:42 ·
    • Kennedy Doloksaribu KALAU MUNCUNGMU TAU BILANG ITU URUSAN KAMI JADI NGAPAIN KAU URUSI TAROMBO ORANG LAIN. MEMANG BETULLAH KAU INI MANUSIA BODAT.
      Minggu pukul 20:43 · · 2 orang
    • Totok BluesMan Silalahi hihihi...kalo urusan kita ini kan udah lama ken...sejak 1967...kalo urusanku ama julianus...itu kan urusan pribadi kami :)
      Minggu pukul 20:44 ·
    • Kennedy Doloksaribu kau aja belum lahir di situ koq jadi ada pula urusan mu disitu KOLOR.
      Minggu pukul 20:45 ·
    • Totok BluesMan Silalahi soal ini udah sejak lama aku tau ken...jadi diturunkan lah urusan ini ke aku...mau tidak mau aku hrs ikut kan ?
      Minggu pukul 20:45 ·
    • Kennedy Doloksaribu Totok BluesMan Silalahi : allah sejak kau kuliah aja ga tau kau tarombo.."DALLE" NYA KAU baru setelah adanya fb kau bilang makanya kalian angkat masalah ini. ga usah bohong kau? kau yg bilang ini waktu kita chatting tahun lewat waktu saya masih pakai akun lain. wkwkwkwkwkw
      Minggu pukul 20:47 ·
    • Totok BluesMan Silalahi oh
      Minggu pukul 20:47 ·
    • Totok BluesMan Silalahi ya gpp...kalo pun kau bilang aku dalle...ora masalah kok...skrg kan aku tau permasalahannya gmn...jadi udah wajar kuurusin...
      Minggu pukul 20:48 ·
    • Kennedy Doloksaribu tadi kau bilang mulai thun 1967 sekarang kau bilang sekarang kau tau. ancem mana kau ini.
      Minggu pukul 20:52 ·
    • Totok BluesMan Silalahi aku kan belajar sejarah ken...aku pelajari banyak dokumen...termasuk juga surat sakti mandraguna dari loho raja thn 2008...setelah banyak kubaca...baru aku simpulkan bhw permasalahan dimulai thn 1967
      Minggu pukul 20:54 ·
    • Mulatua Sinurat ‎@Maru : wkwkwkwkwk...tenang kawan jg ragu kau ttg kemampuan taromboku...istilah John Mc Arthur tahan 1 langkah utk maju 3 langkah mempunyai arti, bahwa orang yg otaknya cerdik tentu mengerti trick lawan...kulihat kau orang pandir...kalaupun aku bilang jg bicarakan Tarombo krn aku kasihan sama type BBS (Betty Bencong Selebor) macam kalian. Nanti giliran didatangi lari terkencing2, tp kalau mangkauk2 di FB lobi sian borua...hehehehe
      @t OTO k : kupikir sdh naik level mu dr pargabus jadi pargareja, hape tong hot di inganan...ue asi ni rohai...molo masalah bijak, sdh barang tentu aku luar biasa bijak, sbg bukti orang yg diduga sbg buronan TSD begitu didatangi tdk berani menjumpai. Ternyata si Moge itu stlh aku cocokkan memang BBS namun dg catatan kalau memang dia TSD. Tp kalo Moge bukan TSD cocoklah dia mengajari kau utk berbicara sopan...satu lagi type BBS, selalu menjawab pertanyaan dg pertanyaan...gabe malas iba melayani, ai gabe dohot do iba OTO margombur tu na OTO...hehehehe
      Minggu pukul 20:54 melalui ·
    • Christ Silalahi Pengen lihat si MOGE ah...
      Minggu pukul 21:28 ·
    • Clarus Silalahi Sinabutar MS,Totok: Kalau kalian dua pengen masuk tarombo kami, walau dgn cara agitasi, baiknya kalian orang2 yg mengaku pinompar Tolping, coba membahas dulu secara internal, kalau pelu Munas atau Mubes dulu kalian. Kenapa Tarombo kalian itu tidak diterima oleh pihak2 yg dituju. Ke Bursok, ditolak, ke Balige, ditolak, ke Silalahi? Ditolak mentah2. Jd unang loja hamu doba, kalian diskusikan dulu versi mu dan argumen2 yg menolak, badingkan baik2 ate. Asi roha mamereng hamu sai mampar ampar di dunia nyata
      Minggu pukul 21:39 melalui seluler ·
    • Haris Silalahi Marut@ justru aq yg ragu melihat metode diskusimu..!! cb kau perhatikan dr awal komen smpai akhir yg ada di status ini,, hnya 1 pertanyaan yg smpaikan bp uda M. Sinurat, itupun gak bs anda jawab...!!!
      KENAPA......????? Smntra pertanyaan yg anda smpaikan dah lbh dr 3 prtanyaan...
      psti kembali lg dgn jawaban KENAPA....???
      diskusi mode on.com... wkkwkkwkk
      Minggu pukul 22:24 melalui seluler ·
    • Clarus Silalahi Sinabutar FB ini dengan metode2 nya Maruatas dan Totok, semakin membuat frustasi akka pinompar ni Tolping. Krn semakin gak ada bobot issue dari topik2 yg diangkatnya. Asalma adong status, asa ngetop, dang tarbaen di dunia nyata, FB pun jadilah (ninna rohana).
      Minggu pukul 22:34 melalui seluler ·
    • Maruatas Silalahi Mula S…..koq sudah lari topik komenmu terakhir….tidak membuat argument/pernyataan tentang keyakinan tarombomu/sejarah……tarombo bukan hanya teori kawan…..tapi itu realita yg bisa diuji kebenarannya dgn apa saja yg berkaitan/berhubungan dgnnya…….

      Justru apa yg kau dengung2kan di dunia maya ini dgn yg kau katakan (masalah kebenarannya kaulah yg tahu)……itu menunjukkan kelemahan dari tarombo yg kau yakini ……diragukan kebenarannya dan tidak siap utk diuji/dikomentari……tidak kau lihat member group ini bukan hanya pomp RSS…..semua itu membaca komen2 yg ada di sini dan mereka semua menilai ……juga apa yg kau katakan tentang apa yg kau lakukan mereka juga menilai……jadi “be smart bother”…..

      1 hal saja…..apakah 7T sudah mardos ni roha tentang siapa op Pinggan Matio?.....kalau belum pantasan kau katakana “jangan bahas tarombo” karena memang belum jelas…..jadi bisa diyakini ada rekayasa.
      Minggu pukul 23:46 ·
    • Maruatas Silalahi Haris....jangan cepat pikun kawan.....topik itu sudah saya uraikan di group ini juga dan sudah saya katakan....kasus Sirenomelia....membuktikan bahwa tarombo RSS versi Silalahi.....bukan rekayasa.....jelas Haris....
      Minggu pukul 23:50 ·
    • Kennedy Doloksaribu apa penyakit syndromee kau itu bisa bertahan hidup dlam waktu yang lama maruatas?menurut teori kedokteran penyakit tersebut tidak akan bertahan lama hidupnya. buktinya boru kalian si boru marihan itu kawin sama raja si tempang ini di buktikan saat pesta anda 2007 pihak silalahi raja menerima horbo dari marga si tanggang sebagai adatnya. Bagaimana anda menjelaskan ini maruatas ??????
      Kemarin jam 0:14 melalui seluler ·
    • Maruatas Silalahi Clarus....ini saja dulu selesaikan.....bagaimana supaya semua pomp Raja Tambun kenal bahwa marga Sidabutar/Sinabutar adalah juga pomp RSS....tanpa pake embel2 Silalahi seperti inisialmu itu.....yg terkesan tidak PD pake marga sendiri...

      Krisman Tambunan Ito Jeny baen nyonya Sidabutar br Tambunan ahu pe sungkun2 ngamasuk Silahi sabungan do Sidabutar he he he
      5 hours ago • Like

      =>ahu pe sungkun2 ngamasuk Silahi sabungan do Sidabutar he he he<=....kalau beliau tahu ada Sidabutar (Butar Raja) beliau pasti ga bertanya spt ini.....
      Kemarin jam 0:18 ·
    • Henry Silalahi Situngkir Raja Pararung-arung jala tulampung pe hami nalao mangkatai adat do, dung dilampung, diacarai digora nasidama,,,boru sihabolonan nami, ima popparan ni namboru nami Sipitta haomasan. alai dang adong najong-jong. aupe sebagai bere bingung,,,,alaso adong jongjong boru,,,didok tu au...Boasa sai sip hamu bere? ninna tu au.....Hualusi,,,sattabi sangap dihamu angka datulang,,,,,molo au tubu ni br simbolon alai dang popparan ni Sipitta Haomasan jadi tulang padenggan hamu panjouon munai asa olo au jong-jong nikku. dung songoni manggora ma nasida,hupasahat hamima partingkian tu pamoruan dht bere ni parna,,,,dung songoni jong-jong ma au jala hugorama sude horong ni boru dht bere naadong di huta i asa didongani au,,,,hasilna torop so piga do hami jongjong sian naberbeda marga alai boru dht bere ni parnama? alai tingki mandok hata au hupatakkasma tu tulangkuy simbolon.....boasa huroa ingkon popparan ni sipitta haomasan goraonmu,,,minta maaf hatana,,,huingot di ulaon naboloni,,,attong tulang,,isedo namangoli tu si Pittahaomasan? alusna,Silalahiraja,,,jala molo marpesta sabungan hami silalahiraja ma boru sihabolonan ninna. mauliate tulang nikku. boha tulang menurut hamu,,,silahi raja ondo nadi anggap hamu Silahisabungan? nikku. alusna Silalahiraja popparan ni Silahisabungan. tanopa penjabaran,,,Alai najelas namboru nami sipittahaomasan br sibasonabolon marhamulian tu silahiraja ima pandokna....molo adong nanaeng konfirmasi boi hulean apala lima nomor ni seksi adat Pabolon dht PSBI. tapaganjang ma dirohanta penjabaran dht lapatanna ate,,mauliate.jelas bahwa silahisabungan bukan menikah dengan pintahaaomasan boru baso nabolon jelas bahwa silahirajalah yg mengawini boru baso nabolonmi
      Kemarin jam 0:23 ·
    • Kennedy Doloksaribu Bahhhh... Jgan dulu kau berkelit maruatas. Bagaimana penyakit syndrome kau itu apa bisa bertahan hidup dalam waktu lama kalau secara medis ???????
      Kemarin jam 0:24 melalui seluler ·
    • Kennedy Doloksaribu Bah mana penjelasan mu Lae maruatas mengenai penyakit syndrome kau ini.....Kau bicara teknologi dan teori kedokteran mari kita bahas penyakit namboru mu ini secara ilmiah dan teori kedokteran. Apa penyakit syndrome kau ini bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama dri sejak kelahiran???? Jgan biasakan kalau terjepit barang itu lari dari keadaan????
      Kemarin jam 0:36 melalui seluler ·
    • Maruatas Silalahi semua sudah jelas Ken....utk masalh umur dgn penyakit.....itu tergantung berat ringannya kelainan/penyakit itu......paham Ken?.....
      Kemarin jam 0:43 ·
    • Kennedy Doloksaribu Bah sekarang sudah jelas kau dokter pasti sudah harusnya kau tau apakah syndrome ini kategori penyakit berat atau ringan? kau seorang dokter kan??? Nah secara ilmu kedokteran apakah syndrome namborumu ini bisa bertahan hidup lama ????? Secara medis itu aja yang aku tanya sama kau lae'????? Karena penyakitnya sudah jelas.
      Kemarin jam 0:53 melalui seluler ·
    • Kennedy Doloksaribu Bah mana jawaban maruatas ini realita dalam ilmu kedokteran, atau kau masih se taraf dokter umum ya ???. Karena teman saya ada dokter spesialis penyakit dalam ini katanya penyakit yg sangat langka. Lalu saya mengatakan seperti yang lae bilang itu 1 : 100.000 setiap kelahiran pasti ada seperti ini saya bilang. Apa jawabnnya di Indonesia penduduk sekarang sudah ada lebih 230 juta org yg hidup lain yng mati belum ada sya tau kasus seperti ini. berarti teori mu maruatas teori palsu sama seperti tarombo kau palsu juga.
      Kemarin jam 1:05 melalui seluler ·
    • Marihot Silalahi Horas!!!
      Kemarin jam 7:04 melalui seluler ·
    • Clarus Silalahi Sinabutar Maru: Dokter do hape hamu Lae? Adong do namalum diobati ho jolma? Sotung tambah marsahit bah, ala hu bereng sian comment2 mu hira comment2 ni nahurang sehat do. Dang sai komentaran isi ni jabu ni dongan ala so diloas iba masuk tu jabu na. Ido daba maksudhu. Molo naeng numpang tidur ho, ikuti ma aturan main na berlaku di jabu i. Ho naneng masuk tu bagian ni tarombo ni bursok, ikuti ma naadong disi, naeng masuk tu tarombo ni Silalahi Balige dht tu Tarombo ni Silalahi Nabolak, ikuti ma naadong disi. On naeng nebeng tu halak, malah naeng manegai, songon i do diparsiajari ho fuang?
      Kemarin jam 8:42 melalui seluler ·
    • David Spener Sihombing Tarombo adalah garis SILSILAH keturunan yang sudah pasti. Sejarah ada yang actual dan ada yang direkayasa tapi toh terungkap kebenaran seiring waktu. Turi-turian ada yang benar dan mendekati kebenaran dan ada pula fiktif....Dongeng pasti khayalan
      Kemarin jam 8:59 ·
    • Ridwan Sidebang Tarombo silalahiraja = ninna tu ninna,alias turi2an alias fiktif+rekapaksa...
      Kemarin jam 9:36 ·
    • Radja Sondi Silalahi Maruatas adalah seorang dokter??? whalah??? aku PPDS UI tahun 2007, kau lulusan mana? Dari bbrp Hipotesis yg kubaca disini, tak satupun yg bisa kau jawab, jadi hasil diagnosaku positif kurasa dokter cabul kau itu, bikin malu aja....wkwkwkwk...
      Kemarin jam 11:36 · · 3 orang

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.