Friday 9 September 2011

Status di POMPARAN NI RAJA SILAHISABUNGAN SI 3 INA

Keterangan

beda pendapat sol biasa,asalkan bicara dengan sopan, tidak di perkenankan berbahasa kotor diruangan ini,apa bila ada yg berbahasa kotor sekalipun maka admind akan langsung mendis,trims
  • Sebelum anda menilai Orang lain pikirkan dulu siapa anda.

    Mauliate

    NB; Ku tulis apa yang ku mau...
    19 jam yang lalu
  • Christian Hagi Sidabutar ditambahkan oleh Fujiama D. Silalahi.

    • 6 orang menyukai ini.
      • Jenny Sidabutar Christian Hagi Sidabutar, anak hasian , wellcome to the grup. GBU.
        23 jam yang lalu · 2 orang
      • Marthin Tambunan Selamat bergabung, Lae. Saya pun diundang oleh Namboru Jenny Sidabutar.. :) Horas & salam kenal buat Lae :) :)
        17 jam yang lalu · 1 orang
      • Victor Silalahi Horas Tulang Christian Hagi Sidabutar.......
        17 jam yang lalu · 1 orang
      • Christian Hagi Sidabutar Horas
        Mauliate tu amangboru Fujiama nga dipamasuk iba tu group on

        Horas ma inangtua Jenny Sidabutar

        Horas ma lae Marthin Tambunan

        Horas muse ma tu amangboru niba Victor Silalahi

        Horas ma di hita sude saluhutna Pinompar Silahisabungan si tolu ina na adong di Group, sai diramoti Debata a hita sasude na.

        Nunga lambok pusu-pusu
        Nunga sonang ate-ate
        Na uli dibahenmu
        Hudok hami ma mauliate

        Mauliate ma di hita sude Mauliate ma di amangboru nami sude. Sai sahat ma hita mangolu, sahat tu panggabean sahat tu parhorasan. Horas
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler · 3 orang
      • Jenny Sidabutar Horas ma muse anak Hasian Christian Hagi Sidabutar , tanda ma tutu anak ni raja anakkon , tung massai uli jala tabo begeon ni sipareon hata na . Hami pe songon natua-tua , lam ganjang ma umur nami , paihut -ihut hamu anakkon nami . Horas. Mauliate ma. GBU.
        sekitar sejam yang lalu · 1 orang
      • Christian Hagi Sidabutar Hehehee, iya inangtua, bah ikkon ganjang do tong umur muna inangtua, sahat tu mauli bulung. Hehee
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler
      • Jenny Sidabutar Mauliate ma anak hasian , sai sahat ma sude akka na sinakkapni rohata . Amin . GBU abundantly .
        50 menit yang lalu
  • Maruatas Silalahi membuat sebuah dokumen.
    1.Berairnya air susu Pinta Haomason dan pemberian nama si Raja Tambun.
    Walaupun tekad Silahisabungan tidak bisa dirobah sesuai ikrarnya kepada mertuanya Raja Mangarerak, dalam perjalanan timbul pertanyaan dalam hatinya apakah istrinya memperlakukan dan menerima anak ini seperti anak kandungnya.
    Karena kekwatiran itu sesampai Silahisabungan di Tolping gajut yang berisi bayi tadi, digantungkan disendal Sopo sebelum bertemu Pinta Haomason istrinya itu.
    Melihat Silahisabungan datang istrinya menyambut dengan riang gembira, akan tetapi air muka Silahisabungan seperti ada permasalahan yang mengganjal pikirannya lalu ditanya.
    Kedatangan Bapak kali ini berbeda dengan yang sudah-sudah, ada masalah apa yang dihadapi mari kita pecahkan secara bersama. Mendengar pernyataan Pinta Haomason ini Silahisabungan mulai lega lalu berkata : Lihatlah Gajut, di Sendal Sopo itu, itulah yang mengganjal dalam pikiran saya lalu Pinta Haomason pergi ingin cepat-cepat mengetahui permasalahan suaminya.
    Astaga, teganya Bapak mempelakukan bayi seperti ini, kenapa tidak lagsung dibawa kerumah, kalau sempat meninggal karena tidak minum bagaimana !.
    Sibayi dikeluarkan dari gajut itu dipangkunya dan Silahisabungan disuruh menyalakan api ditungku, dikembangkan tikar dan diapun duduk bersama bayi itu layaknya seperti yang baru melahirkan.
    Ambil dan masaklah bangun-bangun itu biar saya minum lalu berdoa :
    •Sintong do ahu nahurangan dijolma ale Ompung Debata, ai holan sada do anak hutubuhon.
    •Sai unang ma tampuk sahali manang nibagot tinunggoman
    •Sintong mai langu, maraek ma bahen bagottu asa unang mahiang tolonan ni anakkon.
    Tidak berapa lama sehabis berdoa dirasakan buah dadanya membesar lalu puting susunya dimasukkan kedalam mulut sibayi dihisap dengan sangat lahap dan dengan kegembiraan yang meluap-luap kegirangan dia berkata :
    Nunga tambun anakku si sada-sada si Raja Tambun ma bahenon goarna. Sore harinya anaknya Silalahi Raja pulang dari ladang, Dia heran kapan ibunya hamil dan sekarang sudah bersalin !.
    Silahisabungan terus mengerti melihat sikap anaknya itu lalu bertiga ikrar tidak boleh keadaan ini diberitahu kepada siapapun, termasuk kepada si Raja Tambun apabila ia sudah besar, cukup kita bertiga yang mengetahui rahasia ini.
    Jadi di Tolping tidak dikenal Tambun Raja nama si Raja Tambun karena Pinta Haomasanlah yang menyusui, memelihara dan membesarkan dan memberi namanya.
    Pinta Haomason dan Silahisabungan sangat sayang terhadap si Raja Tambun ini dan setelah dia mulai meningkat menjadi remaja, kemana saja Silahisabungan pergi anak ini harus ikut dan makan pun harus satu piring (sapa).

    2.Perawatan atas cidranya tangan si Raja Tambun.
    Setelah si Raja Tambun menjadi remaja Silahisabungan pamit kepada istrinya untuk pergi ke Silalahi Nabolak akan tetapi si Raja Tambun ikut serta.
    Pinta Haomason keberatan atas keikut sertaan anak kesayangannya si Raja Tambun akan tetapi Silahisabungan pun bersikeras untuk membawanya akhirnya disetujui dengan pesan, jagalah anak kita ini baik-baik termasuk misteri kelahirannya.
    Sesampai di Silalahi Nabolak istrinya Pinggan Matio bertanya inikah anak kita yang Bapak ceritakan yang di Tolping, kenapa masih kecil, seharusnya sudah harus lebih besar dari anak-anak kita disini.
    Sewaktu menjawab pertanyaan inilah Silahisabungan tidak bisa menguasai dirinya dia lupa akan ikrarnya di Tolping mengenai misteri si Raja Tambun semuanya terungkap diberitakan kepada isterinya Pinggan Matio.
    Dimuka telah dijelaskan bahwa kasih sayang Silahisabungan memang melebihi terhadap anaknya yang lain dan kebiasaan si Tolping itu terbawa-bawa sampai ke Silalahi Nabolak sehingga mengundang kecemuburuan dan kurang senang atas sikap ayahnya.
    Suatu ketika si Raja Tambun ingin mengikuti abang-abangnya ke ladang lalu permisi kepada Silahisabungan.
    Abang-abangnya sangat senang atas permintaan itu karena menurut mereka merupakan kesempatan yang baik untuk melampiaskan kecemburuan mereka kepada si Raja Tambun.
    Setelah diladang, dipertanyakanlah kepada si Raja Tambun siapa ibunya, lahirnya dimana dan lain-lain pertanyaan untuk memancing emosinya dan akhirnya mereka berkelahi tangan si Raja Tambun cedera dan malah ada keinginan untuk membunuhnya.
    Rupanya Pinggan Matio pun memberitakan mengenai misteri kelahiran si Raja Tambun kepada anak-anaknya, hanya saja tidak disebut nama mamaknya atau tempat kelahirannya.
    Si Raja Tambun dengan cedera yang dideritanya menjumpai Bapaknya Silahisabungan dan memberitakan bahwa ibu yang di Tolping bukan itu yang melahirkan dan tempat kelahiranku bukan di Tolping serta kemanapun kucari pamanku tidak akan ketemu.
    Silahisabungan sangat marah kepada anak-anaknya atas perlakuan terhadap anak kesayangannya si Raja Tambun dan berkata, kalau anak-anakku tidak bisa rukun saya tidak akan kalian lihat meninggal (ndang tauluttonon muna au mate).
    Walaupun cidera tangan si Raja Tambun diobati disana pikirannya sudah tidak senang lagi, ingin cepat-cepat menanyakan informasi yang didengarnya kepada ibunya Pinta Haomason dan sejak itu mendesak Silahisabungan untuk segera pulang.
    Melihat keadaan si Raja Tambun serta pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya Silahisabungan akhirnya memutuskan untuk segera membawa si Raja Tambun pulang ke Tolping namun sebelumnya dibuat perdamaian diantara anak-anaknya disuatu tempat di Simarampang yang disebut Poda Sagu-sagu Marlangan
    Usainya pelaksanaan pada sagu-sagu marlangan ini Silahisabungan dan si Raja Tambun kembali ke Tolping.
    Setelah di Tolping ibunya Pinta Haomason berusaha keras memulihkan cidera tangan anaknya itu namun dibalik itu si Raja Tambun sudah mulai mempertanyakan mengenai dirinya, ibu yang melahirkannya dan lain-lain karena menurut abang-abangnya di Silalahi Nabolak saya tidak lahir di Tolping dan ibu yang melahirkan bukan ibu dan kemanapun pamanku tidak akan ketemu.
    Semua pertanyaan itu dijawab dengan senyum dan disebut jangan pikirkan itu tidak benar apa yang disebut di Silalahi Nabolak, sayalah ibumu dan pamanmu adalah Simbolon di Pangururan.
    Kasih sayang Pinta Haomason kepada si Raja Tambun tidak membuatnya berkenti mencari kebenaran informasi yang didengarnya, tidak ada asap kalau api tidak ada dan tidak mungkin kata-kata itu timbul di Silalahi Nabolak bilamana ibu yang melahirkanku adalah ibu Pinta Haomason ini.
    Si Raja Tambun adalah seorang anak yang cerdik dia menyadari kasih sayang Silahisabungan, Pinta Haomasan maupun abangnya Silalahi Raja kepadanya, tidak mungkin saya memperoleh jawaban yang memuaskan kalau pertanyaannya tidak saya robah pikirnya.
    Abangnya Silalahi Raja didekatinya untuk mengkorek rahasia kesaktian Silahisabungan dan Silalahi dengan kepolosan dan menurutnya tidak ada hubungannya dengan misteri si Raja Tambun memberi tahu bahwa : “Kalau pakaiannya tidak lengket kepada badannya apapun kita tanya pasti dijawabnya dengan benar”.
    Pengetahuan yang baru ini disimpan dalam hatinya, lalu pada suatu ketika sewaktu Silahisabungan akan pergi mandi si Raja Tambun minta ikut, inilah kesempatan mengambil pakaiannya pikirnya.
    Sewaktu Silahisabungan sedang asyik mandi seluruh pakaiannya dipakai si Raja Tambun dan pedangnya dipegang dalam tangannya, lalu mengancam Bapaknya.
    Bapak jangan selalu bohong, ceritakan secara jelas siapa ibu yang melahirkan dimana saya lahir dan siapa pula pamanku, apabila tidak diceritakan akan saya bunuh.
    Silahisabungan dengan terpaksa karena tidak bisa keluar dari air itu memberitahu informasi yang sebenarnya lalu si Raja Tambun pun menyerahkan pakaian itu dan sesudah sampai di rumah kejadian itu diceritakan kepada istrinya Pinta Haomasan.
    Ibunya meratapi akan perpisahannya dengan anak kesayangannya itu dan bersinandung :
    •Mangintubu ahu sungkot padna ralihon so mangkutti pagar
    •Mainundun ahu sungkot padna ralihon so maraek papan.
    oHape maraek do bagottu diporo mulajadi asa unang mahiang tolonan sai anakku na hupatarus-tarusi, na husihon-sihon i hasian ni inana.
    Si Raja Tambun kalaupun akan pergi mencari ibu yang melahirkannya sebelumnya harus dibuat padan dengan abangnya Silalahi Raja agar mereka berdua tetap marsitogu-toguan, tondina masigonggoman dan tanggal pelaksanaanpun ditentukan.

    3.Padan Dengke Nilaean.
    Pada hari yang ditentukan dan sajian berupa:
    •Ikan Batak ( ihan )
    •Sagu-sagu sitompion
    .Padang na jagar telah tersedia
    Dimulailah acara pemberian Padan kepada kedua anaknya lalu Pinta Haomasan mar tonggo
    •On ma da Ompung Mulajadi Nabolon dengke nilaean, sai lae ma roham mengalehon parhorason, penggabean tu anakhon
    •On ma na mang-gugut-gugut di limut na liot-liot di batu, sai dapotan gagaton dapotan dilaton ma anakhon
    •Sagu-sagu sitompion na godang ma on asa manompi mas manompi pangomoan anakhon
    •Lanjang-lanjang purun-purun jonggi hais sai hais ma nipi na sambor hais na to marlabu sian anakhon
    •Jonggi manaek ma anakhon naek-naek tu surgo, marganda padi siganda sigandua sipusuk ni podom-podom na sada gabe dua ma on na tolu gabe onom
    •Manarsar ma on songon mange mangararat songon singator
    Padan ma na huhatahon tu anakhon asa sisada lulu anak sisada lulu boru, naso tupa masi paetek-etehan, tampuk ni ate-ate ma hamu amang uratni pusu-pusu
    Asa ho amang si Raja Tambun :
    “… Ingkon aek ni unte ma haham Silalahi Raja on diho dipadoit-doiton bunga ni sira dipagugut-guguton….”
    Nang ho amang Silalahi Raja:
    “…Molo holong roham tu anak ni hinaholongmu songonima holong ni roham dianggim si Raja Tambun on…”

    Ho pe amang Silahisabungan bahen ma pasu-pasum tu anakta on asa horas ibana mangalului inangna, horas hita dison.
    Nungga gok be nian dibahen ho pasu-pasu alai hutambai ma saotik nari :
    Amang si Raja Tambun :
    “…Sai torop mabue ma pinomparmu gabe maho jala mamora tumpahon ni mulajadi, masuak tangke ma ho rahut-rahutan tarida tutur tambah-tambusan sai ingot ma ho ditona dompak haham Silalahi Raja on…”
    Nang ho amang Silalahi Raja:
    “…Sai gabe ma ho jala mamora sai dilehon mulajadi ma diho boto-boto biti-biti, sai unang ho lupa ditona. Sogot-sogot ni andigan sai jaloonmu dope pasu-pasu sian ate-atengku,sai ingot ma tona na dompak anggim si Raja Tambun."

    Lalu kata Pita Haomasan kepada Raja Tambun: "Berangkatlah anakku", dirangkulnya dan menangis lalu pergilah si Raja Tambun ke Sibisa diantar oleh Silahisabungan.

    • 15 orang menyukai ini.
      • Dongmauli Angraini Tambunan ‎((y)ˆзˆ)(y) ♏ªñ††ÂªÂªÂªPP.!!
        Kemarin jam 7:09 melalui seluler
      • Jonnedi Haloho Hubungan Pintahaomasan dengan Si-Raja Tambun adalah istri dan Suami.
        Kemarin jam 8:25
      • Jonnedi Haloho Yang manarus Si-Rajua Tambun adalah Pinggan Matio, cerita Pinggan Matio dengan Si-Raja Tambun disadur oleh Par Tolping.
        Kemarin jam 8:28
      • Waskito Widodo Tambunan napatarunshos siraja tambun adalah sipinta haomasan boru raja nabolon,bukan sipinggan matio.mauliate
        Kemarin jam 8:40
      • Waskito Widodo Tambunan napatarunshos siraja tambun adalah sipinta haomasan boru raja nabolon,bukan sipinggan matio.mauliate
        Kemarin jam 8:40
      • Waskito Widodo Tambunan napatarunshos siraja tambun adalah sipinta haomasan boru raja nabolon,bukan sipinggan matio.mauliate
        Kemarin jam 8:40
      • Waskito Widodo Tambunan napatarunshos siraja tambun adalah sipinta haomasan boru raja nabolon,bukan sipinggan matio.mauliate
        Kemarin jam 8:40 · 3 orang
      • Jonnedi Haloho WWT menurut amang Maruatas cara menulis yg benar dari foto Tambak Miling iling yg benar adalah Si-Raja Tambun bukan seperti yg anda tulis Siraja tambun, sebelumnya juga sudah saya lihat foto itu makanya saya selalu menuliskan Si-Raja Tambun atau SI-RAJA TAMBUN, artinya par Tolping juga selama ini salahlah tapi tetap selalu menyalahkan kami kalau kami sebut Tambun Raja.
        Kemarin jam 9:10
      • Waskito Widodo Tambunan JH,DANG I TOPIK NI PERMASALAHAN ABANG, NAPORLU SI PALURUSON NAADONG DO SEBAGIAN MANDOK ISTRI SILAHISABUNGAN HANYA DUA,TERMASUK MA ABANG SADA.ONDO NAPORLU SI PALURUSONTA .MAULIATE
        Kemarin jam 9:56 · 1 orang
      • Jonnedi Haloho nah itu yg saya mau anggia WWT.
        Kemarin jam 10:21
      • Tioma Nadeak Tambunan Basmen Tambunan@si JH ma sungkun,pasti diboto si JH menjawab sungkun2 mi. Atas jawaban si JH,aq beri nilai 100.
        11 jam yang lalu melalui seluler
      • Sigotom Man salam PDN,,,
        3 jam yang lalu melalui seluler
      • Jonnedi Haloho Basmen, ise do huroa mandok tu langkam bahwa Si-Raja Tambun i sokkik sokkik, adakah fakta tentang itu?
        3 jam yang lalu
      • Marthin Tambunan Taringot na Amangtua JH, alani aha ma asa adong Poda Sagu-sagu Marlangan? :) Jala alani aha asa adong Padan Dekke Nanilaean? :)
        sekitar sejam yang lalu · 1 orang
  • Manang beha dibahen halak papeol-peolhon tarombo, gabe tardapot do binahen ni sejarah, goar dohot angka umpasa siingoton ni pinomparna.
    11 jam yang lalu
  • Rossi LadyDi Tambunan ditambahkan oleh Fujiama D. Silalahi.

    • 3 orang menyukai ini.
      • Fujiama D. Silalahi Horas ito Rossi LadyDi Tambunan
        17 jam yang lalu
      • Rossi LadyDi Tambunan horas juga ito :)
        17 jam yang lalu melalui seluler · 1 orang
      • Fujiama D. Silalahi akka dongan sahuta,,, tomu hamu ito/namboruta on boh... baru margabung dope,, pittor di add be ma gabe temanna ate...

        Horas....
        15 jam yang lalu
      • Marthin Tambunan Horas Namboru. Salam kenal.... :)
        14 jam yang lalu
      • Rossi LadyDi Tambunan kok namboru sih bang? Umur aku msh 21 huaa
        14 jam yang lalu melalui seluler
      • Jenny Sidabutar Horas Rossi LadyDi Tambunan. Salam kenal lewat Fb ya. Saya boru Tambun/ Nyonya Sidabutar . Panggil aja saya namboru ya . Kalau ada yang manggil Rossi , Namboru , itu adalah panggilan kehormatan , panggilan sayang . Saya lebih suka dipanggil namboru daripada Ito , hehheeh . Selamat bergabung di grup si 3 INA ya . GBU.
        14 jam yang lalu · 2 orang
      • Rossi LadyDi Tambunan ooh begitu ya namboru aku baru tau loh. wah seneng bgt ternyata masuk di grup ini. makasi ito makasi namboru. salam kenal semua. Gbu
        14 jam yang lalu melalui seluler · 3 orang
      • Marthin Tambunan Maklumlah Ito, kalau saya salah ucap tutur, ndak enak didengar angka natua-tua. Tapi setelah Ito reply, baru saya menyesuaikan tuturnya... Gitu loch, Itoku.... :D :) Salam kenal juga ya..... :)
        14 jam yang lalu · 1 orang
      • Tioma Nadeak Tambunan RLT@horas,met malam,met bergabung digrup SI 3 INA.Nyaman,damai&santai koq digrup ini.Pokok e asyiiik,penuh dgn canda ria,humoris,gitu lho.Ok,Debata bless u !
        12 jam yang lalu melalui seluler · 1 orang
      • Rossi LadyDi Tambunan makasi.. salam kenal jg namboru. Gbus
        12 jam yang lalu melalui seluler
      • Jenny Sidabutar Horas na muse Rossi . Inang uda/ Inang tua mu nya Eda Tioma ya adek , karena Eda Tioma Nadeak Tambunan adalah Nyonya Tambunan/ boru Nadeak . Thank you ya adek ku . GBU.
        12 jam yang lalu · 1 orang
  • siapa mau diremove daftarkan diri anda sekarang juga.thans
    15 jam yang lalu

    • 2 orang menyukai ini.
      • Hermanto Tambun hehehehe.horas bapa uda WWT..BOHA BARITA DIBARIBAI UDA???
        15 jam yang lalu
      • Harianto Tambunans'pea boasa songoni???
        15 jam yang lalu
      • Waskito Widodo Tambunan ht,sehat do abang, htp adong mangido di remove jadi na paingotton do au.
        15 jam yang lalu
      • Hermanto Tambun mantap ma ate bapa uda....ido ate,,atik adong tutu,,hehehehe..horas ma di bapa uda...TUHAN MEMBERKATI...
        15 jam yang lalu · 1 orang
      • Hermanto Tambun SALAM PERSAUDARAAN..SALAM 139..SALAM SI 3 INA...
        15 jam yang lalu · 2 orang
      • Tioma Nadeak Tambunan WWT@ ha ha ha,aha na masa,ahu baru mulak sian hongkong boh,jd ndang huboto namasa.Palambok ate2,palambas roha,asa sehat2 hita sude.Horas ma dihita sude.I miss u amang Tambunan na burju.He he he,nga senyum2 ho ra manjaha on ake.Debata bless u forever da.
        15 jam yang lalu melalui seluler · 3 orang
      • Waskito Widodo Tambunan tnt,sohan senyum be inong,ngamargakargak auuuu
        14 jam yang lalu · 1 orang
      • Kang Beben Tambunan Au sada ba.... wkwkwkwkwkkkkkk........
        14 jam yang lalu melalui seluler · 2 orang
      • Waskito Widodo Tambunan ala ni tabo ni mengkelon mai ,gabe marsalaan komeni
        14 jam yang lalu
      • Marthin Tambunan Na muruk do Amangtua... Hehehehe....:D :)
        14 jam yang lalu
      • Marlin Tambunan Na so adong be inganan...???
        14 jam yang lalu
      • Waskito Widodo Tambunan mt,adong mangido diremove appra,dari pda diremoe adminon au tumagon ma hupangido,na ninna rohana do huroa,ido makana huperjelas.
        14 jam yang lalu · 1 orang
      • Kang Beben Tambunan Dang na muruk au ... Na lucu do huhilala status on. Kan ura do molo naeng kaluar. Pintor di tekan keluar dr grup molo dang di blokir grup. Pola ikkon daftaron tu admin. Jala dang adong na mendaftar. Ia nanggo apala au. Da ido...??? wkwkwkwkwkkkkk.....
        14 jam yang lalu melalui seluler
      • Waskito Widodo Tambunan kbt,nalucu do hujaha komen ni abang ta gurui daboa,gabe mengkel au
        14 jam yang lalu · 2 orang
      • Tioma Nadeak Tambunan WWT@ha ha ha ido ake.imanian angka Tambunan on,mudah tertawa.Ido mambahen cinta mallabab tu uda mon,nata pe hurang hepengna.Si Kang Beben pe nei nga tong martata.Engkelmuna angka Tambunan i ma napasuda roha ni siboru adi.Da ido tahe???????
        14 jam yang lalu melalui seluler · 3 orang
      • Waskito Widodo Tambunan tnt, mulai saonari dang mengkel be au,cukup ma mengkel suping.hummmm
        14 jam yang lalu · 1 orang
      • Marthin Tambunan Oh alanii dope gabe Amangtua WWT mambahen status songon i. Na hurippu do dimuruki Inangtua gabe dibahen Amangtua status sebagai inganan panombosion.... Hehehehe....:D :)
        13 jam yang lalu · 1 orang
      • Jenny Sidabutar hahhahahah,....... malo do Ito ku Marthin Tambunan on margait bah , hehhehe.
        13 jam yang lalu · 1 orang
      • Alexmanto Silalahi molo au unang jo bpuda wwt da...asima roham....dang marhata rorang au hutahan2pe...demi group on....molo naeng kaluar hupaboape ate....hhahahaha....
        13 jam yang lalu melalui seluler · 1 orang
      • Marthin Tambunan Namboru Jenny, biasa do i dibagasan keluarga molo amanta dimuruki inanta... :D Au pe songoni do.... Hehehehe... :D :)
        13 jam yang lalu · 1 orang
      • Tioma Nadeak Tambunan WWT@ehm hem hummmmmmmmmmmmh..........................
        13 jam yang lalu melalui seluler · 1 orang
  • Biarjo Joseph Silalahi-Par Pintusona menyunting dokumen.
    PUNGUAN SILALAHI RAJA DOHOT ANGGI DOLI SIRAJA TAMBUN BORU,BERE,IBEBERE SEPERAWANG,PEKAN BARU RIAU.

    Dibentuk tangal 11-12-2004
    Di resmikan tanggal 23-01-2005.

    SANGKAP DOHOT TUJUAN

    Patoguhon haporseaon Tu Tuhanta. Mangihutton adat napinungka ni ompungta sijolo-jolo tubu. pabotohon dohot sasintongna ima SILALAHI RAJA anak siakkangansian RAJA SILAHISABUNGAN natinubuhon ni ompu boru SIPINTA HAOMASAN BORU RAJA NABOLON jala asa diboto pinomparni SILALAHI RAJA tuari nanaeng ro. patoguhon sada ni roha anggota nipunguan tarlumobi tu HAHA DOLI SILALAHI RAJA DHT ANGGI DOLI SIRAJA TAMBUN NASOBOI SIRANGON SIAN PARDONGAN TUBUON,,tarlumobi di adat batak,alana anggi DOLI SIRAJA TAMBUN NAPINATARUS NI SIPINTA HAOMASAN INA KANDUNG NI SILALAHI RAJA. Manjalo huhut mangalehon angka pandapot sian anggota nipunguan. ANGGOTA: sude anggota keluarga marga silalahi pomparan ni silalahi raja,dohot pomparan ni siraja tambun boru,bere,ibebere naadong di perawang dht humaliangna.
    PENGURUS HARIAN

    PENASEHAT:
    A ARTA SILALAHI/BORU SINAGA

    KETUA:
    A YULIA TAMBUNAN/BORU SITORUS
    WAKIL KETUA:
    A NEHEMYA SILALAHI/BR SIAGIAN


    SEKRETARIS:
    E. HUTAPEA/BR SILALAHI

    BENDAHARA:
    A RODO SILABAN /BORU TAMBUNAN

    HASOMALAN NASUN ULION MANGHAJONGJONGKON TONA NANG PODA OPPU RAJA NA BOLON TU PINOMPARNA.

    SIPINTAHAOMASAN BORU HASIAN DITONGA-TONGA NI IBOTONA JALA SUMBER HADENGGANON NABOLON HOT DIADAT JALA HOT DI UHUM. SIPINTA HAOMASAN TUMGGANE BORU NI SILAHISABUNGAN NAMAMOPAR SILALAHI RAJA JALA NATINUNDUNHONNA SIRAJA TAMBUN.

    SONGON UMPASA NAMANDOK;

    TOGU NINNA ANDOR HADUKKA,
    TUMOGU DOPE ANDOR HUNE,
    TONA NI OMPUNGTA TU ITONA,
    DADA TONA NA PINAUNE-UNE.

    GANJANG DO BAHUL-BAHUL PANDAN PANUHUKAN,
    DITORUNI DO ANGGO BAHUL-BAHUL PARRASAN,
    DANG TARSIRANG SILALAHI RAJA DOHOT ANGGINA SIRAJA TAMBUN ,
    HINORHON NI TARUS NI OMPUNGTA SIPINTA HAOMASAN
  • Maruatas Silalahi membuat sebuah dokumen.
    Di na ro Mester AM Tambunan (Menteri Sosial) sian Jakarta di bona nitaon 1964 laho tu Sibolga, mamolus sian Tambunan, gabe marpungu ma sude angka panungganei ni Tambunan mambahen Bendera Merah Putih di Tambunan huhut mandok selamat tu Menteri Sosial Indonesia i. Maradian ma na sangap i di Tambunan mandok ceramah masuk tu Gereja ni Tambunan.
    "Dung sidung mandok ceramah, adong ma disi na margoar Raja Josia sian Paropo, mangido mandok hata satongkin gabe diloas Menteri i, gabe didok hatana songon on:'Hamu na pinarsangapan anggidoli Tambunan! Hami hahadolimu sian Paropo mansai mauas do songon hamu pinompar ni anggidoli nami, alana pitu ama hami hahadolimu di Paropo, hape holan sa-ama do hamu tung so bolas do hami songon toropmuna. Molo tung adong hasalaan ni Ompunami tu Ompunta nasian hamu najolo, ba tung sesahon hamu ma i anggidoli, asa anggiat nian unang ala ni i gabe so bolas nanggo aris-langge hami tu hamu. Manomba hami anggidoli tung ulosanami di hamu di ari na ro, anggiat songon toropmuna torop nami, songon hamu moranami, jala songon hamu nian sangap nami, unang sai dao hami hahadolimuna sian hamu" ninna

    "Ba denggan do alusan i da hata ni hahadoli i," ba ninna angka Tambunan, ala di si do sude panungganei ni Lumban Pea, Lumbangaol, Baruara, Pagaraji dohot Sunge. Ba dipangido ma asa Griefer Raja Aleksander sian Lumbanpea mangalusi. Ba jongjong ma raja i mandok hata parjolo mansai las roha ni hita Tambunan ala olo do Menteri Sosial mangalehon tingki maradian di Tambunan asa tangkas hita pajumpang, jala tung balga do roha nami, ala sada sian anak ni Tambunan gabe halak na sangap di Pemerintahan ni Rpublik Indonesia. Jala dialusi ma nang hata ni Raja Josia hahadoli sian Paropo songon on :"Hamu hahadoli na ro sian Paropo! Ditaringoti hamu nangkin hasalaan ni Ompumuna tu Ompu nami na jolo, ba ndang adong ianggo hasalaanmuna tu hami, ba hami pe marlas ni roha do molo songon hami toropmuna, jala mamora hamu, jala sangap hamu, i sian Tuhanta do i pangidoanta," ninna Raja Aleksander

    • 5 orang menyukai ini.
      • Maruatas Silalahi mungkin ada yg bisa berbagi tentang kejadian ini....yang diketahui dari ompung2 kita.....
        20 jam yang lalu · 2 orang
  • Maruatas Silalahi membuat sebuah dokumen.
    Silahisabungan anaknya 9..Silalahi Raja ,7T (Loho Raja-Batu Raja),Raja Tambun....

    anak Silalahi Raja....Raja Tolping, Bursok Raja, Raja Bunga2/Raja Parmahan.....

    lihat kalau kita uji ke padan dgn Tampubolon....
    ...
    1.versi Silalahi
    gen 1. Sibagot Nipohan.......Silahisabungan
    gen 2. Tuan Sihubil............ Silalahi Raja
    gen 3. Tampuk Nabolon.......Raja Bunga2/Raja Parmahan

    anak Silalahi Raja ....Raja Tolping, Bursok Raja, Raja Bunga2/Raja Parmahan.....
    turunan Raja Tolping, Bursok Raja dan Raja Bunga2/Raja Parmahan memakai marga Silalahi

    PADAN NI HAHANA PADAN NI ANGGI NA, PADAN NI ANGGINA PADAN NI HAHA NA.....

    jadi pas berdasarkan garis generasi....juga hahadoli Tampubolon hanya marpadan dgn marga Silalahi



    2.versi 7T (buku memory Tumaras)
    gen 1. Sibagot Nipohan.........Silahisabungan
    gen 2. Tuan Sihubil.............. Sondi Raja
    gen 3. Tampuk Nabolon........Raja Bunga2/Raja Parmahan

    anak Sondi Raja ....Rumasondi, Rumasingap,Raja Bunga2/Raja Parmahan....turunan Rumasondi bermarga Rumasondi...turunan Rumasingap bermarga Rumasingap...

    PADAN NI HAHANA PADAN NI ANGGI NA, PADAN NI ANGGINA PADAN NI HAHA NA……

    apakah hahadoli Tampubolon marpadan dgn marga Rumasondi & Rumasingap ?......TIDAK....Tampubolon cuma marpadan dgn marga Silalahi......

    jadi versi ini jelas tidak benar....walaupun garis generasinya pas.....


    3.versi Museum Batak => http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1541119737823&set=p.1541119737823&type=1&theater <=


    gen 1. Sibagot Nipohan......Silahisabungan
    gen 2. Tuan Sihubil............Rumasondi <=bukan Sondi Raja spt tugu SN
    gen 3. Tampuk Nabolon.....Raja Bunga2/Raja Parmahan

    anak Rumasondi......Raja Parmahan, Rumasingap ....(1 lagi gak jelas tulisannya)
    turunan Rumasingap bermarga Rumasingap....

    PADAN NI HAHANA PADAN NI ANGGI NA, PADAN NI ANGGINA PADAN NI HAHA NA……

    apakah hahadoli Tampubolon marpadan dgn marga Rumasingap dan marga turunan saudara kandung Raja Parmahan yg lain ?......
    ..........TIDAK....Tampubolon cuma marpadan dgn marga Silalahi......

    jadi versi ini jelas tidak benar....walaupun garis generasinya pas.....

    4.versi tugu Raja Parmahan Balige
    gen 1. Sibagot Nipohan.........Silahisabungan
    gen 2. Tuan Sihubil.............. Sondi Raja
    gen 3. Tampuk Nabolon........Rumasondi
    gen 4. ....................................Raja Bunga2/Raja Parmahan

    anak Rumasondi.....Bolon Raja, Raja Parmahan
    marga apa turunan Bolon Raja (Rumasondi ?)...

    PADAN NI HAHANA PADAN NI ANGGI NA, PADAN NI ANGGINA PADAN NI HAHA NA......

    dari versi ini dari garis generasi tidak pas...Tampuk Nabolon dan Raja Parmahan berbeda 1 generasi....kalau ikut versi ini harusnya Raja Parmahan panggil bapa tua ke Tampuk Nabolon (Tampubolon)....bukan hahadoli....

    apakah hahadoli Tampubolon marpadan dgn marga turunan Bolon Raja (Rumasondi ?)......TIDAK....Tampubolon cuma marpadan dgn marga Silalahi......

    jadi versi ini jelas tidak benar....

    • 4 orang menyukai ini.
      • Ribka Silalahi mauliate ito di info na arga on
        Rabu pukul 23:38 · 2 orang
      • Waskito Widodo Tambunan menurut yg saya ketahui bahwa RAJA BUNGA-BUNGA/RAJA PARMAHAN SILALAHI ADALAH; ANAK KETIGA DARI SILALAHI RAJA.@ SILALAHI RAJA =SILALAHI ANAKNYA 3 YAITU, 1,SILALAHI TOLPING RAJA TINGGAL DI TOLPING SAMOSIR, 2, SILALAHI BURSOK RAJA TINGGAL DI PANGORURAN SAMOSIR, SILALAHI RAJA PARMAHAN/RAJA BUNGABUNGA ,INILAH YG DI CULIK DARI PARMAHAN TOLPING DAN DI BAWA KE BALIGE .NAHURANG LOBI MARSIPATUREAN
        Kemarin jam 8:40 · 4 orang
      • Jonnedi Haloho Ido antong WWT, nahurang asa tinabaan bahwa nyatanya Raja Bunga bunga Rumasondi (gelar Raja Parmahan Silalahi) adalah pomp Sondi Raja.
        Kemarin jam 8:49
      • Jonnedi Haloho Amang MS, jika saya mau mengangkat anak apakah saya harus meneliti generasi yg keberapa yg harus saya angkat, saya generasi ke 18, apakah anak yg saya angkat ada syarat harus generasi ke 19 agar dia tetap sebagai anak?, saya kira tdk demikian, jika saya senang mengangkat anak mau anak siapapun atau generasi ke berapapun itu tdk menjadi persoalan yg jelas jika saya mengangkat anak maka si saya tetap ayah angkat si anak tsbt, pada saat penculikan Raja Bunga apakah Tuan Sihubil sempat berpikir, o ini bukan cucunya jadi jgn diculik, o ini baru cucunya inilah yg harus ku culik agar tutur anak pada saya, kan tdk mungkin, pada saat itu yg ada Si Raja Bungan bunga dan saudaranya, maka sudah pastilah itu yg diculiknya, sesampai di Balige diangkatnyalah jadi anak tanpa mempertimbangkan generasinya, sebab dia harus bertanggung jawab atas dirinya sebab dialah yg menculik. jadi apang yg amang tulis ini, hanyalah pencocok cocokan saja, biar y6g kenyataan seolah olah tdk benar, begitu amang MS.
        Kemarin jam 8:59
      • Jonnedi Haloho Di Silalahi Nabolak ada daerah Parmahanan tempat Raja Bunga bunga diculik daerah itu sekarang disebut SIMARTAJA yg artinya Si Martangko Raja itulah bahasa halusnya penculikan Raja Bunga bunga.
        Kemarin jam 9:00
      • Waskito Widodo Tambunan JH, MOLO SIAN RUMASONDI DO HORONGNA. RAJA BUNGA-BUNGA RUMASONDI /GELAR RAJA PARMAHAN RUMASONDI DO BANG,ALANA AMONGNAPE RUMASONDI,BUKAN RAJA BUNGABUNGA RUMASONDI/GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI,GABE SIANDIA HARORO NI SILALAHI NAI DIBAEN ABANG.MAULIATE
        Kemarin jam 9:00 · 2 orang
      • Jonnedi Haloho WWT jaha di grup pomparan raja silahisabungan, tentang perdebatan saya dengan amang Maruatas Silalahi, tentang Desa Tambunan dan Desa Silalahi, kenapa saya dan saudara saudara saya bermarga Silalahi dan kenapa anda bermarga Tambunan, jika benar anda ini bermarga Tambunan.
        Kemarin jam 9:05
      • Jonnedi Haloho Hal yang sama WWT Jabangsa Sihaloho (gelar Gurupatimpus Silalahi).
        Kemarin jam 9:06
      • Fujiama D. Silalahi I. Sibagot Nipohan (ompung)
        II. TUan Sihubil (bapak)
        III. Tampuk nabolon (anak)

        Versi Silalahi .

        I. Silahisabungan (ompung)
        II. Silalahi Raja (bapak)
        III. Raja Bungabunga/Raja Parmahan (anak)

        dari tingkatan Generasi diatas sangat benar Tampuk nabolon di padankan dgn Raja bunga-bungamenjadi Haha-anggi karena sama-sama di Generasi ke III. dan Ayahnya bernama Silalahi Raja dan wajar jika dia bermarga Silalahi.
        Kemarin jam 9:11
      • Jonnedi Haloho Baca kembali yg saya tulis Fujiama DS : jika saya mau mengangkat anak apakah saya harus meneliti generasi yg keberapa yg harus saya angkat, saya generasi ke 18, apakah anak yg saya angkat ada syarat harus generasi ke 19 agar dia tetap sebagai anak?, saya kira tdk demiki...an, jika saya senang mengangkat anak mau anak siapapun atau generasi ke berapapun itu tdk menjadi persoalan yg jelas jika saya mengangkat anak maka si saya tetap ayah angkat si anak tsbt, pada saat penculikan Raja Bunga apakah Tuan Sihubil sempat berpikir, o ini bukan cucunya jadi jgn diculik, o ini baru cucunya inilah yg harus ku culik agar tutur anak pada saya, kan tdk mungkin, pada saat itu yg ada Si Raja Bungan bunga dan saudaranya, maka sudah pastilah itu yg diculiknya, sesampai di Balige diangkatnyalah jadi anak tanpa mempertimbangkan generasinya, sebab dia harus bertanggung jawab atas dirinya sebab dialah yg menculik.
        Kemarin jam 9:14
      • Waskito Widodo Tambunan JH,KARNA KAMI HORONG KAMI DARI RAJA TAMBUN DAN SUDAH PAKAI MARGA SENDIRI., YAITU TAMBUNAN,
        Kemarin jam 9:14 · 1 orang
      • Fujiama D. Silalahi Jonnedi Haloho@ nion bereng amang,,, pengakuan tur-turian sian Tampubolon taringot padannya dengan Silalahi Raja Parhaman (Raja Bunga-Bunga)

        Oland D Tampubolon:

        TERJADINYA PADAN SILALAHI DENGAN TAMPUBOLON
        Kemarau panjang di huta Balige Raja sudah diambang batas hingga membuat rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi kering dan ternakpun banyak yang mati, hal itu sangat meresahkan Sibagot nipohan yang menjadi pewaris tahta dari Tuan Sorbadibanua.
        Mengingat sepanjang pemerintahan ayahnya Tuan Sorbanibanua, hal ini belum pernah terjadi hingga membuatnya cemas dan bertanya kepada orang pintar.
        Singkat cerita setelah di lakukan ritual kepada Mulajadi Nabolon, tirai misteripun terungkap bahwa semua itu terjadi karena ulah Sibagot nipohan yang membuat kesalahan hingga adek-adeknya Sipaettua , Silahisabungan dan Sirajaoloan sakit hati hingga pergi meninggalkan huta Balige Raja.
        Adapun satu-satunya syarat agar kemarau panjang bisa berakhir menurut petunjuk orang pintar tersebut, Sibagot nipohan harus mengumpulkan adek-adeknya untuk minta maaf dan berdamai.
        Hal itupun tidak disia-siakan Sibagotnipohan dan segera menyuruh anaknya Tuan Sihubil dan ditemani pengawalnya.
        Huta Laguboti menjadi persinggahan pertama mereka utk menemui Sipaettua, setelah Tuan sihubil menceritakan keadaan di Balige Raja Sipaettuapun bersedih dan menyanggupi untuk datang segera. Selanjutnya Tuan Sihubil berangkat ke Bakkara menemui Sirajaoloan dan menceritakan kejadian yang menyedihkan itu hingga Siraja oloanpun siap untuk datang sesuai dengan hari yang ditetapkan.
        Perjalanan jauhpun terbentang dihadapan Tuan Sihubil untuk menuju Huta Tolping Samosir tempat tinggal Silahisabungan yang belum tentu juga ada disitu, karena Silahisabungan sering mardua huta ke Paropo tempat istri ke duanya dan ke huta lain untuk mengobati.
        Namun hari yang baik juga yang menyertai Tuan Sihubil hingga mereka bertemu di Tolping dan menyampaikan pesan ayahnya untuk datang ke huta Balige Raja serta menceritakan seluruh kejadian yang terjadi Huta Balige Raja, mendengar penjelasan keponakannya yakni Tuan Sihubil hatinyapun miris, namun karena janjinya “Tidak akan mau melihat asap dapur dari abangnya Sibagotnipohan” diapun dengan berat hati menolak ajakan Tuan Sihubil.
        Berbagai cara dilakukan Tuan Sihubil untuk mengajak bapa udanya Silahisabungan, namun sedikit pun hati Silahisabungan tidak tergerak membuat Tuan Suhubil merasa putus asa dan ingin pulang dengan tangan hampa.
        Namun kembali terbayang derita yang dialami seluruh penghuni kampungnya dan wajah ayahnya Sibagotnipohan yang sudah mulai tua hingga dia tetap bertahan di Tolping dan berusaha membujuk Silahisabungan.
        Sebagai seorang panglima yg ditugaskan yang tentu sudah berpengalaman, Tuan Sihubilpun tidak habis akal, dia berpikir kekerasan hati Silahisabungan sepertinya tidak dapat diluluhkan dengan cara bujukan, berarti harus dilakukan dengan paksa yakni dengan cara menculik cucunya anak dari Silalahi Raja yang kebetulan sedang marmahan (mengembala).
        Missipun segera dilakukan dan menangkap ke tiga anak dari Silalahi Raja yakni Raja Tolping, Bursok Raja dan Raja bunga-bunga yg paling kecil.
        Si Raja Tolping yg paling besar meronta dan berhasil melarikan diri, begitu juga Si Bursok Raja terus meronta disepanjang perjalanan hingga membuat solu yang dikendarai Tuan Sihubil tidak stabil hingga diputuskan untuk dilepas saat melewati Tano Ponggol Pangururan.
        Tinggal Rajabunga-bunga yg paling kecil akhirnya dibawa Tuan Sihubil hingga ke Balige Raja.
        Mendengar cucunya diculik oleh Tuan Sihubil, Silahisabunganpun geram dan segera mengajak anaknya Silalahi Raja untuk mengayuh solunya mengejar Tuan Sihubil
        Namun selang waktu yang begitu jauh membuat Tuan Sihubil lebih dulu tiba di Balige Raja dan membawa Raja Bunga-bunga ke hadapan ayahnya Sibagotnipohan.
        Sibagotnipohanpun heran melihat anak tersebut dan menanyakan anak siapa ini,
        Tuan Sihubil segera menceritakan semuanya dan tentang penolakan Silahisabungan untuk datang ke Balige Raja hingga berinisiatif menculik cucunya untuk memancing kedatangannya.
        Belum sempat memberikan sanggahan tiba-tiba langit mendung dan guruh menggelegar serta halilintar sambar-menyambar dan hujanpun segera turun dengan lebat, melihat situasi itu Sibagotnipohan sudah tau bahwa Silahisabungan sudah tiba di Balige Raja

        Singkat cerita Silahisabunganpun meminta pertanggung jawaban atas ulah Tuan Sihubil yang menculik cucunya yang tidak tau asal muasal pertentangan diantara mereka, namun dengan permohonan maaf dari Sibagotnipohan dan bujukan dari Sipaettua dan Siraja oloan hatinyapun terobati.
        Dengan kehadiran adek-adeknya hingga hujanpun turun di Balige Raja Sibagotnipohanpun mengadakan pesta besar dan mengundang seluruh penghuni kampung untuk merayakan kejadian itu.
        Mengingat suasana yg berbahagia itu dan untuk mengikat tali persaudaraan diantara mereka Tuan Sihubil yang sudah menculik Raja Bunga-bunga mengusulkan untuk mengangkatnya jadi anak dan menjadi adik dari Tampubolon anaknya, yang memang kalau dirunut dari silsilah mereka satu generasi.
        Hal itupun disetujui kedua belah pihak dan dibuatlah padan diantara Raja Bunga-bunga Silalahi dengan Tampubolon yakni sisada lulu anak sisada lulu boru, Tampubolonlah Dahahang doli, Silalahilah Anggi doli kelak sampai selama-lamanya.
        Tuan Sihubilpun memeluk Silalahi Raja dengan berkata anakmu sudah menjadi anakku yang berarti anakku juga menjadi anakmu hal itu juga menjadikan seluruh anak Silalahi Raja menjadi terikat padan oleh karena adiknya Si raja bunga-bunga.
        Oleh karena Siraja Bunga-bunga silalahi sudah menjadi anak Tuan Sihubil dan mengingat sejarahnya diculik dari parmahanan maka Tuan Sihubil menyebutnya Raja bunga-bunga Silalahi Parmahan yang sekarang keturunannya berbonapasogit di Balige dan diberikan tanah warisan yang disebut Huta Silalahi sampai sekarang.

        Demikianlah sampai saat ini Silalahi maupun Tampubolon mematuhi padan itu dan tidak pernah saling mengawini.
        Kemarin jam 9:17
      • Jonnedi Haloho ya ya ku tahu WWT, tapi kalau begitu kenapa tdk memakai marga TAMBUN kenapa harus Tambunan?
        Kemarin jam 9:17
      • Jonnedi Haloho Fujiama DS, Silalahi yg dimaksud siapa?.
        Kemarin jam 9:18
      • Fujiama D. Silalahi ‎???? bacalah amang... disitu dijelaskan bahwa Silalahi Raja Parmahan adalah anak dari Silalahi Raja
        Kemarin jam 9:21
      • Fujiama D. Silalahi Versi si 7 turpuk (Sihaloho & co)
        Generasi :
        I. Sibagot Nipohan (Ompung)
        II. TUan Sihubil (bapak)
        II. Tampuk nabolon (anak)

        Versi si 7 turpuk Sihaloho & co
        generasi :
        I. Silahisabungan (ompung)
        II. Sondi Raja (bapak)
        III. Rumasondi (anak)
        IV. Raja bunga-bunga/Raja Parmahan (cucu)

        dari generasi diatas, Tampuk nabolon Generasi III, Raja bunga-bunga Generasi IV, mungkinkah jadi kakak beradik yg harusnya anaknya?, maukah Tampuk nabolon memperadik yg harusnya Anaknya? apakah Tuan Sihubil tidak tau tutur?
        yg lebih dipaksakan adalah, mungkinkah Raja bunga-bunga jadi bermarga Silalahi? wong ayahnya Rumasondi?

        (RS)
        Kemarin jam 9:22
      • Jonnedi Haloho hehehe.....sudah kubaca, Padan itu kan antara Tampuk Na Bolon dan Raja Parmahan Silalahi, bukan dengan Silalahi Raja, kalaupun ada tulisan anak dari Silalahi Raja tentu yg menulis itu kan pihak saudara ya kan.
        Kemarin jam 9:23
      • Waskito Widodo Tambunan JH,HUIKUTI MAJOLO TAROMBO NI ABANG,DI DOK ABANG NANGKING RAJA BUNGABUNGA RUMASONDI/GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI, SONDI RAJA/RUMASONDI ANAKNA 2, RUMA SINGAP, 2,RUMA BOLON, JADI ANAK NI RUMA SINGAP MA, SI RAJA BUNGA-BUNGA /GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI, SUNGKUN2 TUABANG, MOLO NA PAHOMPU NI RUMASONDI DOPE RAJA PARMAHAN SILALAHI BOASA MA SIAN SIHALOHO SAHAT TU PINTU BATU SEBAGIAN NGOTOT PAKKE MARGA SILALAHI?,
        Kemarin jam 9:25 · 3 orang
      • Jonnedi Haloho Sudah kukatakan apakah Tuan Sihubil sempat berpikir yg harus dia culik harus posisi anak apada dirinya? kan tdk mungkin tujuan utamanya hanyalah mendapatkan pomp Raja Silahi Sabungan, mau anak, mau cucu, mau cicit itu ga penting sebab kedaan sedang darurat.
        Kemarin jam 9:25
      • Fujiama D. Silalahi Jonnedi Haloho@unang pittor menghakimi ho amang... unang biasakan manggabusi ate... makanya perlu do luluon akka informasi/turi-turian yg berhubungan dengan padan Tampubolon dengan Silalahi.... unang holon sepihak,, sude on saling beesangkut paut do...

        padalan-dalan hamu attong to group tampubolon... itu murni tulisannya. atas nama Oland D Tampubolon dengan judul "TERJADINYA PADAN SILALAHI DENGAN TAMPUBOLON"
        Kemarin jam 9:27 · 2 orang
      • Fujiama D. Silalahi Tampuk nabolon Generasi III, Raja bunga-bunga Generasi IV, mungkinkah jadi kakak beradik yg harusnya anaknya?, maukah Tampuk nabolon memperadik yg harusnya Anaknya (anak dari amangudanya)???? apakah Tuan Sihubil tidak tau tutur?
        yg lebih dipaksakan adalah, mungkinkah Raja bunga-bunga jadi bermarga Silalahi? wong ayahnya Rumasondi?
        Kemarin jam 9:31 · 1 orang
      • Harianto Tambunans'pea paso ma hatami JH.
        Kemarin jam 9:33 · 2 orang
      • Maruatas Silalahi pak guru JH.....jangan direkayasa....keadaan darurat apa?......justru Rj Bunga2/Rj Parmahan diangkat sbg anak setelah acara selesai dan hujan telah turun.....
        Kemarin jam 9:45 melalui seluler
      • Fujiama D. Silalahi Sebenarnya orang awam pun tahu menilai partuturan antara Tampubolon dangan Silalahi.. sperti yg kita jelas diatas,, apakah mungkin yg seharusnya Raja Bunga2 anakna, truss jadi adikna??? macam mananya ini partuturan????
        Kemarin jam 9:47 · 1 orang
      • Jonnedi Haloho WWT: Desa Tambunan didalamnya ada huta Pagaraji, ada Desa Baruara ada desa Lumban Pea dan ada desa Lumban Gaol, Pagaraji adalah anak dari Tambun Holing, Baruara, Lumban Pea dan Lumban Gaol adalah anak dari Dari Tambun Toba. Jadi desa Tambunan terbagi bagi sesuai dengan banyak pomparannya, makanya ada marga Tambunan Pagaraji, Tambunan Baruara, Tambunan Lumban Pea, Tambunan Lumban Gaol, kalau kita bicara sosok bahwa Tambun Holing memperanakkan Tuan Pagaraji, Datu Tambun Toba(Raja Baruara, Lumban Pea dan Lumban Gaol) dan Raja Ujung Sunge, maka terbuktilah bahwa sosok si Tambunan adalah Tambun Holing. Demikianlah Desa Silalahi Na Bolak terbagi atas Lumban Sihaloho, Lumban Situngkir sd Lumban Pintu Batu, sementara Sihaloho sd Pintu Batu adalah anak dari Silahi Sabungan, maka yg disebut dgn sosok Silalahi adalah Silahisabungan, maka pomp Loho Raja bermarga Silalahi Sihaloho, pomp Tungkir Raja bermargakan Silalahi Situngkir dst pom Batu Raja bermargakan Silalahi Pintu Batu.
        Kemarin jam 9:54
      • Harianto Tambunans'pea au tetapdo tambunan lumbanpea...dang tambun toba...dang tambun holing.
        Kemarin jam 9:57
      • Jonnedi Haloho Fujiama, molo ta ihutton do partuturan datung olionni Raja Silahisabungan si Miling iling, sebab Miling iling adalah boru Bapatruanya.
        Kemarin jam 9:57
      • Jonnedi Haloho MS, kedaan yg pada saat itu hujantdk turun di Balige, maka saya katakan keadaan darurat dan Tuan Sihubil buru buru harus mendapatkan pomp Raja Silahi Sabungan, takut kalau kalu Raja Silahi Sabungan tahu.
        Kemarin jam 10:00
      • Jonnedi Haloho Amanu Uda HT, toho do i, alai ise natua tuani Lumban Pea, ise muse ompung na.
        Kemarin jam 10:06
      • Jonnedi Haloho Jadi maksud saya amang MS, kedaan darurat pada pihaki Tuan Sihubil.
        Kemarin jam 10:12
      • Fujiama D. Silalahi Similing-iling adalah boru Raja Mangarerak,, satu level dengan Silahisabungan. molo mangihutton pomparan SI Raja Batak menang akka pinomparna do saling marsibuatan (contohnya Si Boru Pareme kawin dengan Tuan Sariburaja, ibotona (anak dan boru ni GURU TATEA BULAN) jadi apa yg salah memang??? kita bicara level yah....
        Kemarin jam 10:13 · 1 orang
      • Waskito Widodo Tambunan PARSADAAN ADALAH SILAHISABUNGAN,BUKAN SILALAHI.SILALAHI ITU ADALAH ANAK BUHA BAJU DARI SILAHISABUNGAN DAN DILAHIRKAN SIPINTA HAOMASAN BORU RAJA NABOLON,UTK MENGETAHUI SECARA DETAIL,BERGABUNGLAH DENGAN FB, POMPARAN TAMBA TUA DISANA ADA DIJELASKAN.
        Kemarin jam 10:13
      • Fujiama D. Silalahi Tampuk nabolon Generasi III, Raja bunga-bunga Generasi IV, mungkinkah jadi kakak beradik yg harusnya anaknya?, maukah Tampuk nabolon memperadik yg harusnya Anaknya???? apakah Tuan Sihubil tidak tau tutur?
        yg lebih dipaksakan adalah, mungkinkah Raja bunga-bunga jadi bermarga Silalahi? wong ayahnya Rumasondi?
        Kemarin jam 10:14
      • Jonnedi Haloho Marga Parsadaan non Tambun/Tambunan adal marga Silalahi, tetapi Tambun/Tambunan dan marga Silalahi satu dalam sososk SILAHI SABUNGAN, sama halnya dengan anggia WWT, pomp Tambun Holing satu dalam marga Tambunan dan Marga Tambuna dan pomp Tambun Uluan satu dalam sosok SI-RAJA TAMBUN.
        Kemarin jam 10:20
      • Jonnedi Haloho memang ayahnya Rumasondi, tapi ayahnya Rumasondi adalah Si LAHI, maka dia termasuk bermarga Silalahi.
        Kemarin jam 10:23
      • Fujiama D. Silalahi hi..hiii,,, Huta Lahi jadi Huta Silalahi... Silahisabungan Jadi Silalahi...

        aaahhhnyamang hebat ni parparopo on,,, on ma tahe karna sudah terlanjur tenar dengan menggunakan marga silalahi i... gabe sude dipaksakan...

        masa Siraja Tambun marBapa dan marAbang si Silahisabungan??????
        Kemarin jam 10:31
      • Jonnedi Haloho hehehehe....i boto ho do Fujiama manjou aha Purba tu Simamora?
        Kemarin jam 10:35
      • Fujiama D. Silalahi ayah dari Rumahsondi bukan Silahisabungan pak JH,, tp SondiRaja. bereng attong tarombo muna i, unang di hilangkon hamu muse SondiRaja i.. songon hamu menghilangkan SilahiRaja (Silalahi/Silalahi Raja)..

        nama yang benar adalah Silahisabungan,,, bukan Si Lahi. unang papintar hu hamu gabe sude gantion muna...
        Kemarin jam 10:36 · 1 orang
      • Fujiama D. Silalahi kita bicara di coridor Silahisabungan...
        Kemarin jam 10:36
      • Jonnedi Haloho memang itulah nyatanya Fujiama makanya nama Silahisabungan bisa di pisah jadi SI LAHI SABUNGAN, buktinya dengan adanya huta LAHI.
        Kemarin jam 10:36
      • Jonnedi Haloho ya ya ya benar Fujiama, ayah dari Rumasondi adalah Sondi Raja, tetapi kalau masalah Silahi Raja tetap tdk saya akui posisi anak pada Silahi Sabungan, tetapi kalau generasi sesudahnya bisa saja.
        Kemarin jam 10:39
      • Fujiama D. Silalahi Huta lahi,, itu benar...

        Sama sperti penggoaran SilahiRaja --> Silalahi, SondiRaja--> si Sondi, Loho Raja-->Sihaloho s/d BatuRaja (pittunya hilang), Si Raja Tambun (Tambun & Tambunan)

        tp bukan berarti Silahisabungan=Silalahi
        Kemarin jam 10:49
      • Fujiama D. Silalahi ha..ha.. songon on ma ra parsalah ni akka oppu muna najolo ate,,, nakkin mandok ayah rumahsondi adalah Silahisabungan, truss setelah saya ingatkan dgn tarombo buatan 7T. berubah lagi...

        bisa dibayangkan,, mungkin demikianlah dulu thn 60an. salahsatunya mungkin karna tidaknya hula2/tulangnya 7T ini mengingatkan sehingga carut-marut membuat tarombo silahisabungan, merasa sudah sangat Benar... sehingga secara sipihak (7T) menghilangkan Silalahi dari pomparan Silahisabungan. tp sangat anehnya setelah dihilangkan berlomba-lomba menggunkan Silalahi. hihihi..
        Kemarin jam 10:57
      • Jonnedi Haloho hehehehe....ataukah sebaliknya Fujiama, ompung muna na joli sala mamodahon.
        Kemarin jam 10:58
      • Jonnedi Haloho Kan ada faktanya Fujiama, makanya saya katakan saya bermaga Silalahi, jgn minta lagi mana faktanya sebab sudah sering saya katakan. yaitu huta Silalahi, bukan KTP seperti yg kalian katakan, KTP bisa hilang namun bona pasogit tdk akan hilang, sehingga identitas saya walau saya tulis Halho namun saya tetap bermarga Silalahi.
        Kemarin jam 11:00
      • Fujiama D. Silalahi fakta apa pak JH????????????

        Huta Silalahi?????????????????????????

        tadi pun sudah pak JH sebutkan Silahisabungan mamukka Huta dan memberi nama Huta Lahi. namun supaya mulus niat jahat 7T menghilakan anaknya Silahisabungan yg bernama SilahiRaja (Silalahi/Silalahi Raja) kalian ubahlah nama Huta itu jadi Huta Silalahi. agar terkesan bahwa benar SilahiRaja (Silalahi/Silalahi Raja) tidak ada anak Silahisabungan, namun hanya nama Huta. demiankan pak JH... ndak usah bohong pak JH??? ingat huta Lahi i pak JH..........
        23 jam yang lalu
      • Fujiama D. Silalahi on bereng pak JH bukti, bahwa kami tidak mengada-ada dan tidak bertepuk sebelah tangan.

        http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/226593_115957998488512_100002229379436_141502_7665268_n.jpg

        tulang kami pomparan PARNA pun dengan lengkap dan jelas menuliskan nemboru mereka menikah dengan Silahisabungan yang melahirkan Silalahi
        23 jam yang lalu · 1 orang
      • Jonnedi Haloho ya ya ya pernah kah saudara baca bahwa ada yg menyebutkan bahwa Si Pinta Haomasan adalah boru Simbolon Sirimbang, bagaimana pendapat saudara dengan tulisan itu yg menulis itu dulu Ana Tambunan.
        23 jam yang lalu
      • Fujiama D. Silalahi unang pola dao-dao amang JH sian Tuan Sorba Djulu/Ompu Raja Nabolon.

        parumaen ni Silahisabungan pe (ima Ripe ni Si Raja Tambun) Si pintahaomasan do goarna. memang pada jaman i tung massai goar favorit doi..
        23 jam yang lalu
      • Fujiama D. Silalahi husukkun ma hamu muse pak JH.. ise ma dibahen hamu Ripeni Tungkir Raja??? attar mirip do muse on...
        23 jam yang lalu
      • Morris Roy Rogger Silalahi All: Sudahlah jangan dilayani si Jonnedi Sialoho hanya 1 buat dia yg harus aku katakan : Jolma do ho..?
        22 jam yang lalu melalui seluler · 1 orang
  • PEMMBERITAHUAN,UNTUK MENJAGA NAMA BAIK GRUP POMPARAN NI RAJA SILAHISABUNGAN SI 3 INA,TDK DI PERKENANKAN BERBAHASA KOTOR,DAN SALING MENYERANG DAN SALING MENJELEK-JELEKKAN SECARA PRIBADI,APABILA TERJADI, BAIK DARI PIHAK HAHA DOLI SILALAHI RAJA,HAHA DOLI SI 7 TURPUK,DONGAN TUBUKKU POMPARAN NI SIRAJA TAMBUN ,DAN BORU,ADMIN AKAN MEN DIS YG BERSANGKUTAN. TRIMS
    Kemarin jam 9:43

      • Jonnedi Haloho Sangat sangat setuju , tapi apa maksudnya SALING MENYEBERANG, karena saya di lain pihak karena saya tdk mengakui 3 istri, kalau begitu dis ajalah saya.
        Kemarin jam 10:17 · 1 orang
      • Rumbun Silalahi Takkas jaha hamu amang, dang adong tarsurat "SALING MENYEBERANG". Mengapa harus minta di dis ? blokir aja sendiri akun ini...
        Kemarin jam 10:24 · 2 orang
      • Jonnedi Haloho Rumbun S : ini saya copy Paste :PEMMBERITAHUAN,UNTUK MENJAGA NAMA BAIK GRUP POMPARAN NI RAJA SILAHISABUNGAN SI 3 INA,TDK DI PERKENANKAN BERBAHASA KOTOR,DAN SALING MENYERANG DAN SALING MENJELEK-JELEKKAN SECARA PRIBADI,APABILA TERJADI, BAIK DARI PIHAK HAHA DOLI SILALAHI RAJA,HAHA DOLI SI 7 TURPUK,DONGAN TUBUKKU POMPARAN NI SIRAJA TAMBUN ,DAN BORU,ADMIN AKAN MEN DIS YG BERSANGKUTAN. TRIMS
        ada ditulis SALING MENYEBERANG dan dikatakan AKAN MENDIS tdk ada dibilang blokir sendiri.
        Kemarin jam 10:26
      • Rumbun Silalahi Setuju bapa uda, bicara yg sopan dan berperilaku yg baik mencerminkan orangtua yg melahirkan.....
        Kemarin jam 10:30 · 3 orang
      • Marthin Tambunan Santabi Amangtua JH molo au naposomon saotik koreksi tu reply comment muna, ndang adong disurat di status Amangtua WWT hata "Saling Menyeberang", na adong disurat hata "Saling Menyerang". Koreksi ma au molo salah, Amangtuaku :)
        Kemarin jam 10:49 · 3 orang
      • Jonnedi Haloho o i do tahe.... hehehehe.....mauliate amang uda Martin.
        Kemarin jam 11:04 · 1 orang
      • Jonnedi Haloho Maksudhu mang uda Marthin Tambunan.
        Kemarin jam 11:05
      • Fujiama D. Silalahi pola godang hata......... kalau memang tidak mengakui "RAJA SILAHISABUNGAN 3 RIPE" na bah langsung kaluar... unang polo dokkonon tu admin i asa diremove.. pola marsipalessem.......
        23 jam yang lalu · 2 orang
      • Jenny Sidabutar Jadi yang kita bahas adalah POKOK BAHASAN/ TOPIK DISKUSI . Tidak perlu menyerang pribada TEMAN DISKUSI , meskipun BERBEDA PENDAPAT , karena kita bisa sepakat utk berbeda dalam bbrp hal . Mauliate . Horas ma hita sude. GBU.
        23 jam yang lalu · 1 orang
      • Gunung Silalahi Full horaaaaaassssss,,,,,,,
        23 jam yang lalu melalui seluler
  • Fujiama D. Silalahi membuat sebuah dokumen.
    Toho do tutu,sisogo do sidok na tutu,alai i do na tutu.

    Ia pesta Silahisabungan na di Tano Sibisa I,ima na nirencanahon ni Josua Sihaloho(Pomp ni si 7 turpuk) na mamboanhon marga Silalahi rap dohot anggidoli Pomparan Raja Tambun.

    Adong ma di Surat Kabar:Gokkon dohot jou-jou:
    1.Hita hahadoli Silalahi pasahathon ulos ni tondi ni anggidoli Tambun/Tambunan Pomp ni si Raja Tambun,tanggal 28-April 1964
    2.Hita pomparan ni si Raja Tambun asa marsada ni roha hita anggidoli Tambun/Tambunan manjalo haroro ni hahadoli Silalahi tu Tano Sibisa.

    Dibahen Silalahi nasian Tano Tolping dohot Pangururan ma surat tu Ketua Umum ni pesta I di Tano Sibisa:
    Tu hanu anggidolinami pomp ni Si Raja Tambun,hami hahdolimuna na sian Tano Tolping dht Pangururan ndang siparbinoto hami di pesta nalaho sipamasaon Tanggal 28-April-1964

    Ro ma alus sian Tano Sibisa:Tu hamu hahadoli nami Silalahi na sian Tano Tolping dht Pangururan-Pulo Samosir,ndang marna imbar hamu huetong hami.pangidoan nami anggidoli muna Tambun/Tambunan pomp ni SiRaja Tambun,rade do hami manjalo haroromuna hahadolinami.

    Hata surat na dua I,haruar ma di surat kabar.Ro ma Jusua Sihaloho(5 halak) sian Medan tu Siantar. manghatai ma taringot ulos ni tondi ni anggidoli Tambun/Tambunan.Silalahi ma parjolo.ulu ni dengke ima horbo sada namangolu siboanon mai sian Tano Paropo,sibagi ualu mai.

    Tanggal 23-April-1964,marsilaosan ma amanta Tegeng Silalahi(bendahara ni Punguan Silalahi,boru,bere maringanan di Jl thamrin P Siantar) dohot amanta Situngkir di Jl Sutomo.

    Disungkun ma mang pukul piga pesta I tanggal 28-April-1964
    Dialusi amanta Situngkir ma:
    Pukkul 3 botari pajumpang sude hapalta di Tano Sibisa.
    (Baru pe dung targurpak pesta tgl 28-April-1964 asa habotoan na dioto-otoi do hape Silalahi).
    Ia Silalahi Pomp ni raja parmahan nungnga masuk gabe pahompu ni Sirumasondi.

    Hape naung disusun nasida hian do tertib acara:
    I.Tanggal 27-April-1964 jam 06 pagi ingkon pajumpang ma pomp ni Sipitu turpuk dohot Pomp ni Siraja Tambun di pasir ni tano Sibisa,ai markapal do na roi.
    Dungi pasahaton ni Silalahi(Sipitu turpuk) ma ulu ni dengke tu anggidoli Tambun/Tambuan
    -istirahat.
    II. tanggal 28-April-1964
    pungkul 10.00 …pungkaon ma gondang.
    III tanggal 30-April-1964….ima parsae ni pesta i.

    Tanggal 23-April-1964,mardalan ma boa-boa ni Silalahi sian Siantar tu Pulo Samosir,Parapat,Medan,Tebing Tinggi,Tano Karo(Sembiring),Kabupaten Simalungun,Tanjung Balai dohot na asing,asa pajumpang di Tao Sibisa tanggal 28-april-1964 pukul 3 botari.

    Tanggal 26-April-1964 pukul 10.00 borngin borhat ma 7 kapal,7 parangguan ogung.disima sudena.jadi dijolo ma kapal Ni Sihaloho berturut-turut ma muse situngkir dohot seterusna.

    Ketua:Josua Sihaloho.
    Alani golapna pagalak telong bulu ma.marsipalu ogungna be.mar bendera merah putih.logo ni ari do tingki i.Jadi di Tano Ponggol Pangururan maol do mangalaosi buntak/Lumpur I,ikkon haroro ni udan do asa denggan mardalan kapal sian i.mareak las ni ari,baru pe boi tolpus sude kapal i.Ai bulu do dibaen mangonjar kapal I songon na somal.

    Tanggal 27-April-1964
    lobi pukul 7 manogot i,madabu ma amudi ni kapal ni Sihaloho I di Tao ni Sihotang mandapothon Tano Bakkara huta ni Siraja Oloan.ai gogo pullang do Sihaloho,mago pe taho donganna asal ma malua ibana.
    Jadi di togu pardengke ma kapal ni Sihaloho tu pasir ni Tao Sihotang.Maridi jala mangan ma nasida disi.Ninna kapal na sadanari ma,dinalaho sahat nasida tu Tao Nainggolan di bariba ni Tano bakkara”Ba nungnga mago kapal ni si Josua.gabe arturaparon ma hita songon on.so sundat marbirong igung songon on.
    Maradian ma kapal na lima nari di labuan ni Nainggolan,maridi be ma,mangan be.Nungnga mar pukul 10.00 mareak tongari.kapal na sada nari mulak ma tu pudi.roma pardengke ondeng dihiraphon ma ulosna.

    Tanggal 27-April-1964 pukkul 5 manogot,borhat ma sian Tano Sibisa tu pasir ni Tao i.Ai haboion ni Pomparan ni SiRaja Tambun tarida ma disi.Dijolo akka motor pit ni CPM,marpangkean lengkap CPM,Tentara,Polisi,Brimob.

    Di pudi ni CPM,disi ma Ketua ni Pesta I,gok ma odoran sian pudi.Pangke lampu bulu.Borhat ma hita,borhat ma hita ninna nasada.borhat ma tutu,pittor ro ma udan doras situtu,suar sair ma jolma i.mago mai si Josua i,panipu i ninna nasada ma huhut marungut-ungut.
    Ai hamu do,nungnga nidok ai so hahadolinta Sihaloho.alani oppungta SiRaja Tambun doi najolo mangihuthon barita i.Ala ni ido umbaen na na dilului Oppungta SiRaja Tambun huta ni tulang na tu Tano Sibisa on.Anggo hita pomparan ni SiRaja Tambun ikkon mago ma.na lupa do hita antong tu hahadolita Silalahi Par Tolping i.ni ingot dope i,sampulu dua taon nasalpu,songoni tu sadu,songoni tu sada an,songoni nama tabona.ba hansit nai.ingkon mago nama hita pomparan ni SiRaja Tambun on.
    Ninna Protokol ma:Sip majolo hamu.Nungnga maradian udan>borhat ma hita.nungnga mareak ginjang ari.beta hamu ma.borhat ma tutu songon naung diaturhon.
    Sahat ma odoran ni Pomparan ni SiRaja tambun di pasir ni tao sibisa i.Hape dang adong manang aha.Ai luangan do hape,ninna nadeba.beta hamu ma mulak tuhuta.martapian ma nasa martapian.allangi hita ma indahan dohot juhut i ba,ninna be.mangan be ma tutu.

    Pangaradean ni Silalahi di Tano Tigaraja-Parapat.

    Mangihuthon pangkataion borhat ma kapal sian Tolping asa pajumpang di Tigaraja dohot na sian Siantar dohot akka pangaranto pe.jadi borhat ma na sian Tigaraja tanggal 27-April-1964
    pukul 11.00 arian,dung jolo martangiang.Silalahi par Pangururan pe borhat ma markapal mangalaosi Tao Nainggolan-Tao Bakkara dompak tano Balige.

    Sada kapal Sian Tolping-Tigaraja,sada kapal sian Pangururan.par Pangururan dang diboto namasa taringot kapal ni sipitu turpuk.Sian parapet/Tigaraja borhat ma sada kapal dompak tano sibisa dohot dua motor Romas nampuna ni amanta Tegeng Silalahi.Marmotor ma parjol paboahon naung borhat hahadoli Silalahi na sian Tolping dohot sian tano Pangururan.sahat ma namarmotor I pukul 1 arian di tano sibisa.. Longang ma par tano Sibisa.dipatuduhon ma tertib acara i.longang ma sude.boasa ikkon masa songon on,gabe suar sair dibaen si Josua Sihaloho i.

    Marmotor ma na sian kota Medan dohot par Tano karo(angka Sembiring,pmparan ni Silalahi ima pomparan ni Siraja Tolping sian tano Tolping sahat tu Sibisa.
    Rap sahat ma kapal ni Par Tolping dht Pangururan di Tao ni Balige.Roma sada spead boat sian Tano Hinalang tu tao,ninna ma:Tuson do,tuson.Pintor humusor ma kapal ni par Tolping dompak Tao ni Tarabunga.,laos di ihuthon kapal ni par pangururan.
    Dibuat amanta Tegeng Silalahi ma boras sian bagasan tandok,disaburhon ma tolu hali tu ginjang ni kapal I di tao I,ninna ma:Horas,Horas,Horas.

    Ondo Silalahi na botul,huhut tuat tu toru tu rihit i.Ondo Silalahi nabotul ninna ama-ama natorop i.
    Nangkok ma muse ibana tubagas kapal i:Ai Pomparan ni Si Raja Parmahan do hape ninna. Marhusor ma kapal I duansa tu Tao Bolak i.Marhusor ma kapal ni par Tolping di ihuthon kapal ni par Pangururan,baru pe ro kapal ni par Paropo onom kapal laos di ihuthon kapal ni par paropo ma kapal ni par Tolping dht Pangururan.

    Godang ma mangkirapi angka jolma sian Pasir ni Sibisa.torus ma kapal ni par Tolping dht Pangururan tusi.di ihuthon kapal na onom I masian pudi.dibereng ma kapal I nungnga disi Par Tolping,Pangururan,sian Siantar,Medan,Tano Karo dohot na asing dope.

    Tondol ma kapal I tu pasir,pintor mangangkati ma angka baoa dht borua tu aek i.Pintor marsidaopam ma baoa tu baoa,borua tu borua ninna ma:
    Ondo anggidolinami Tambun/Tambunan pomparan ni ompunami Siraja Tambun di Tano Sibisa on”
    Ondo hahadolinami Silalahi tubu ni inangnami Siboru pintahaomasan napatarus-tarus Ompungnami SiRaja Tambun di Tano Tolping.Songoni ma sude,mansidokkon nidokna,tangis be ma,mangandungi na deba.gokma tangis dohot ilu di Tao i.

    Longang ma par Paropo.tuat ma amanta si Josua sian kapal nasida i.Dibahen ma bunga tu rukkungna,dohot tu abingan ni inanta parnijabuna.borhat ma sude.
    Mangkuling ma tagading,sarune,ogung ni Par Tolping sian pasir sahat tu huta.Lehen Silalahi ma parsarune.
    Dipasahat ma ulu ni dengke(horbo namangolu) tu ketua pelaksana ni pesta i,ima anggidoli Tambunan.
    Dung sae mangan botarina i,dibentuk ma panitia 19.11 ma sian anggidoli Tambun/Tambunan,6 sian hahadoli Silalahi,2 sian sipitu turpuk.


    Ia manogot i ma tanggal 28-April-1964 i,manghatai ma anggidoli Tambunan,alai sai marsoali ma taringot pesta i.
    Dipungka ma gondang I pukul 10.00 manogot.alai dang sae dope persoalan di tonga-tonga ni Pomparan ni Siraja tambun,ima anggidoli Tambunan.
    Dinamarliot jongjong naeng makkuling ogung/gondang,ninna Mayor Jalangkat Sihaloho ma:ala dang sae dope persoalan di tonga-tonga ni anggidoli Tambunan,tabahen ma gondang on holan tolu(3) ngombas.sae ma pesta gondang i.

    Longang ma jolma I sude,mulak be ma,ai naeng botari ma.asa unang pabornginhu mulak parhuta nadao.Mulak ma par paropo 5 kapal,tinggal sada nari kapal nasida,ima dalan ni pargellengon nasida molo dung sae dibege barita namardomu tu namasai.

    Disi dope anggota ni pengurus PERMASI(Perhimpunan Mahasiswa Silahisabungan) Medan
    ,khusus pomparan ni si 7 turpuk.
    Mulak ma par Tolping dht par Pangururan,mulak ma par Siantar,Medan,tano Karo,Simalungun,Sidikalang,Tebiing Tinggi,Tanjungbalai dohot na asing.

    Tinggal ma disi 4 halak par Siantar(Lehen Silalahi,Tambok Silalahi dht donganna 2 halak).Disi dope sude pomparan ni Silalahi par Tano Hinalang-balige.Marsak situtu ma pomparan ni Siraja tambun,sai mangangguki ma nasida,sai mangangguki,maraburan ilu nasida.disadaan adong luhutan ni pomparan ni Siraja Tambun tong songoni sai mangangguki.gabe I ma ditonton jolma natorop i.Ba amang nalaho russur ma hape pomparan ni Siraja tambun on.laho russur ma hape.tangis ma dohot angka dakdanak ala sai tangis akka inanta I dibereng.
    Ia amanta Henneri Silalahi,dung dibege nantoari botarina I marsoal pomparan ni Siraja Tambun,songon na kesal ma rohana.Rap ma ibana dohot helana I tu huta ni helana I di Tano Porsea.marsogotnai tongari,lao ma nasida tu pesta na di Sibisa i.mareak tano Sibisa,ai naso saut do pesta I ulaning? Ninna rohan.Pomparan ni Silalahi dang adong be disi.ba holan namangangguki akka ina”aha huroha namasa?

    Anggo hami among,mago ma hami Pomparan ni Siraja tambun,ninna sahalak ina.
    Alani aha? Ninna amanta i.
    Nungnga digurgari amanta si Josua Sihaloho be pesta I,ninna inanta i.
    Ba so jolo dang boi idaon nami tartangis-tangis anggidolinami Tambun/Tambunan pomparan ni Siraja tambun,tarlumobi boru Tambun/Tambunan.Ba laos songoni do hape.paima hamu jolo asa lao jolo au hu sada an.sai diberengi ma,sai diberengi.naung mulak do huroha par Tolping I ninna rohana.Nian do hape minum di kode kopi,ninna rohana.
    Marsisungkunan ma nasida sama nasida.beta ma ba tu ketua ni anggidoli Tambunan,ninna be.mangkatai ma tutu.satolop ma,ingkon pasauton do pesta gondang di botari i.
    Ingkon pasahaton do ulos ni anggidoli Tambun/Tambunan.

    Onma Surat Pernyataan ni Silalahi:

    Surat Pernyataan:
    “Sadarion hami hahadoli Silalahi Sian Tano Tolping dohot Pangururan Pulo Samosir,pasahathon Ulos ni tondi ni anggidoli nami Tambunan Pomparan ni Siraja Tambun di Tano Sibisa balige.
    Ndang siparbinoto hami diangka na binahen ni parjolo i.
    Tano Sibisa Balige,28-April-1964.

    Dungi dibahen Tambun/Tambunan ma pernyataan:

    Surat Pernyataan

    “Sadarion hami anggidoli Tambun/Tambunan pomparan ni Siraja Tambun di Tano Sibisa Balige naeng manjalo ulos ni tondi nami sian hahadolinami Silalahi sian Tano Tolping dht Pangururan Pulo Samosir.Ndang sioarbinoto hami di angka na binahen ni parjolo i.
    Tano Sibisa Balige,28-April-1964.


    Longang ma jala tarhatotong ma tingki I gabe holan sipabereng-bereng ma:
    1.pargellengon ni si pitu turpuk.
    2.Pengurus ni PERMASI(Perhimpunan Mahasiswa Silahisabungan) sian Medan
    3.Pomparan ni Siraja Parmahan par tano Hinalang Balige.

    Jadi roma pargellengon ni Sihaloho(Sipitu turpuk) mandapothon ketua ni pesta I Pomparan ni Siraja Tambun,ninna ma:
    Santabi ma dih sangap ni hamu hula-hula nami,napasahathon tona ni ketua nami do hami tu hamu hula-hula nami Ketua ni Pesta on.Pandok ni nasida,asa huboan hami horbo nami mulak tu Tano Paropo.

    Ninna Ketua ni pesta i ma mangalusi:
    Nang dihamu raja ni pamoruon nami,santabi ma dihamu.Sangap do hamu hubereng hami.Alai anggo horbo I ndang boi boanonmuna.Suru hamu ma si Josua Sihaloho asa manghatai dohot au.dalanhon hamu ma dalan muna.marpesta dope hami dohot hahadolinami Silalahi.

    Naek ma Silalahi dohot tambunan tu atas jep sibontar,jongjong di jep ni CPM.Dipudina jep ni Brimob,.dijolo ni jeep I godang do Motorpit ni CPM dohot Polisi.dipudi pe godang do motor pit.pas ma hira naro Presiden/Kepala Negara tu tano Sibisa- Balige.Dipalu ma sirene,mardalan ma angka motor pit i dohot angka jeep I lambat-lambat manuju Soposurung Balige,dijaha ma surat pernyataan i.

    Surat Pernyataan:

    “Sadarion hami hahadoli Silalahi Sian Tano Tolping dohot Pangururan Pulo Samosir,pasahathon Ulos ni tondi ni anggidoli nami Tambunan Pomparan ni Siraja Tambun di Tano Sibisa balige.
    Ndang siparbinoto hami diangka na binahen ni parjolo i.
    Tano Sibisa Balige,28-April-1964.

    Marsialus-alusan ma muse nasida.

    Surat Pernyataan

    “Sadarion hami anggidoli Tambun/Tambunan pomparan ni Siraja Tambun di Tano Sibisa Balige naeng manjalo ulos ni tondi nami sian hahadolinami Silalahi sian Tano Tolping dht Pangururan Pulo Samosir.Ndang sioarbinoto hami di angka na binahen ni parjolo i.
    Tano Sibisa Balige,28-April-1964.
  • horaaaass di hita saluhut na...........
    Rabu pukul 23:33
  • Maruatas Silalahi membuat sebuah dokumen.
    Nama siapakah yg dipakai keturunannya sebagai marga Silalahi ????

    1.nama Silahisabungan ?
    2.nama anaknya ?
    3.nama cucunya ?
    4.nama cicitnya ?

    kalau jawabannya no 1....nama Silahisabungan dipakai sebagai marga Silalahi >>>> kenapa keturunan Raja Tambun tidak memakai marga Silalahi?>>>>> jelas jawaban ini salah.....jadi Silahsabungan tidak sama dgn Silalahi

    kalau jawabannya no 2....maka anaknya yg mana?

    versi 7T....anak Silahisabungan ada 8...tidak ada anak Silahisabungan yg bernama Silalahi....jd dapat dari mana marga Silalahi yg dipakai 7T sementara Raja Tambun menyatakan menyatakan Silalahi adalah hahadolinya>>>>>jelas versi ini salah.....kalau ada yg kembali menyatakan Silalahinya dari Silahisabungan>>>>maka kembali ke evaluasi jawaban no 1.....>>>> jadi tetap salah.....

    versi Silalahi (Raja).....bahwa anak Silahisabungan ada 9....salah satunya Silalahi Raja.....dan dari namanya keturunannya memakai marga Silalahi......dan bila dihubungkan dgn kalimat "hahadoli Silalahi anggidoli Raja Tambun" >>>> pas karena mereka 1 level generasi.....sama2 anak Silahisabungan....>>>>sehingga sangat aneh kalo 7T mengaku marganya Silalahi karena 7T bukanlah turunan dari Silalahi Raja....

    kalau jawabannya no 3...cucunya yg mana ? ada yg menyatakan Raja Parmahan Silalahi (versi tumaras).....dari mana Raja Parmahan versi tumaras sementara tidak ada leluhurnya yg bernama Silalahi.....juga sangat aneh "bptuanya & bpudanya (7T)" memakai marga Silalahi dari "anaknya" si Raja Parmahan sementara bpudanya Raja Tambun tdk memakai Silalahi.....pdhal dari garis silsilah jaraknya sama dgn bptua & bpudanya yg dari 7T........juga tidak pas dgn kalimat hahadoli Silalahi anggidoli si Raja Tambun......koq Raja Tambun memanggil hahadoli kepada anaknya.....>>>>> jadi jawaban ini salah.....

    kalau jawaban no 4.....cicitnya yg mana ? ada yg menyatakan Raja Parmahan Silalahi (versi tugu Raja parmahan Balige).....dari mana Raja Parmahan versi tumaras sementara tidak ada leluhurnya yg bernama Silalahi.....juga sangat aneh "oppung2nya (7T)" memakai marga Silalahi dari "pahoppunya" si Raja Parmahan sementara oppungnya Raja Tambun tdk memakai Silalahi.....pdhal dari garis silsilah jaraknya sama dgn oppung2nya yg dari 7T........juga tidak pas dgn kalimat hahadoli Silalahi anggidoli si Raja Tambun......koq Raja Tambun memanggil hahadoli kepada pahoppunya.....>>>>> jadi jawaban ini salah.....

    JADI YANG BENAR ......nama yang dipakai keturunannya sebagai marga Silalahi adalah nama anak Silahisabungan yang bernama Silalahi Raja........jadi yg memakai marga Silalahi tapi bukan keturunan Silalahi Raja......marganya itu salah.....pakailah marga yg sebenarnya......

    dengan ini maka ....versi 7T yg menyatakan anak Silahisabungan ada 8.....salah.....yang benar adalah 9.....karena Raja Tambun menyatakan ada hahadolinya yg bermarga Silalahi dan kalau dilihat dari bahasan di atas yg menurunkan marga Silalahi adalah anak Silahisabungan yg bernama Silalahi Raja....
  • Terima kasih sebelumnya atas ajakan bergabung dari Namboru Jenny Sidabutar di Group ini. :)
    Rabu pukul 15:40

    • 9 orang menyukai ini.
      • Amsal Tambun met bergabung ampara
        Rabu pukul 16:45
      • Afrinal Silalahi Siburju selamat bergabung adinda...
        Rabu pukul 16:55
      • Marthin Tambunan Mauliate, Abang Amsal. Horas & salam kenal... :)
        Rabu pukul 16:55
      • Maringan Silalahi horas ma di anggi doliku....salam kenal poang bah.....selamat margabung ate....
        Rabu pukul 18:52
      • Marthin Tambunan Mansai las rohaku atas sambutan hangat sian hamu angka Amangtuaku, Abangku dohot Namboruku na tergabung di Group on. Jala ahu pe boi marsiajar tu hamu mengenai partuturan dohot Tarombo....:) Maklum ma hamu molo ahu poso dope,jadi porlu do mangido pendapat tu hamu angka natua-tuaku... :)
        Rabu pukul 19:02 · 3 orang
      • Waskito Widodo Tambunan mt,mauliate di haroro mu, selamat bergabungma ate.
        Rabu pukul 19:06
      • Marthin Tambunan Olo, Amangtua WTT. Salam kenal ma da, Amangtua.. :)
        Rabu pukul 19:07
      • Hardi Tambunan Slamat bergabung di group kita appara...!
        Rabu pukul 19:09 melalui seluler
      • Maringan Silalahi MT : rap marsiajar hita poang ate, aupe magodang dipangarantoan do dang pola huboto mengenai tarombo, nahuboto au Silalahi Sinagiro Raja Parmahan asal sian Balige, alai lomo rohakku margabung di group on alana godang tamba parbinotoan.
        Rabu pukul 19:27 · 3 orang
      • Fujiama D. Silalahi Horas... pomparan Silalahi Raja Parmahan tarmulobi nasian samosir...
        Rabu pukul 20:40
      • Fujiama D. Silalahi Maringan Silalahi@ dida do na toho panulisan on amang " SILALAHI RAJA Parmahan" atau "Raja Parmahan Silalahi" ???
        Rabu pukul 20:41
      • Maringan Silalahi FDS : nahuboto Silalahi Sinagiro anak ni Raja Parmahan sian Hinalang Dolok Balige do hami appra...... dang hea didok bapa nami natua-tua na umpompar hami ia hami SILALAHI RAJA Parmahan manang na RAJA PARMAHAN Silalahi...memang beda do lapatan ni i dirohakku, contoh lain Pembangunan Ekonomi manang Ekonomi Pembangunan? Boha do ia menurut appara bo.
        Rabu pukul 20:58
      • Fujiama D. Silalahi ima da,,, sian informasi na hubege pe beda do "SILALAHI RAJA Parmahan" dan "Raja Parmahan Silalahi". dan tidak bisa dipungkiri, itu mungkin karna Silalahi Raja Parmahan dua versi do on. "Silalahi Raja Parmahan" menyatakan bahwa leluhurnya dari Silalahi Raja (Tolping-Samosir), dan sebaliknya Raja Parmahan Silalahi menyatakan bahwa leluhurnya sian SondiRaja Paropo-Huta Lahi.

        molo pandapat mu boha amang??
        Rabu pukul 22:07
      • Brd Silalahi Marsipatakkasanmajo hita Among MS@ ai SILALAHIRAJAPARMAHAN ido SILALAHIRAJABUNGA-BUNGA? sarupadoi tahe? umbotoanma Damang.molo adong horja diadat sai nijou jambarna ndangadong nara manjalo.
        Rabu pukul 22:10 · 1 orang
      • Maringan Silalahi Appara FDS & BrdS : dang adong literaturhu mengenai on amang bah, met-met dope najolo ahu nunga mangaratto tu Kalimantan, holan sian natuatua naumpomparhami do huboto ia hami Silalahi Sinagiro sian Hinalang Dolok Balige alai domisili terakhir ni natua-tuai di Porsea. Silalahi Sinagiro anak ni Raja Parmahan idope nahuboto.Salah satu perbincangan na menarik menurut au di group ta on ima mengenai on. Jadi mengenai on bersifat "Wait and See" dope ahu. Ido alana hea hubaen komentarhu, molo litok aek ditoruan di dolok do periksaon, aha alana......jala mengharap situtu do au asa adong nian natua-tua na botul-botul mangalehon pendapat tentang on, asa adong sitiopon ni naumposo unang ganggu generasitta tu joloan on, boha tahe adong na sala hatakki, molo adong masipatakkasan hita bah.....unang pasombu hamu au sala, maliate.
        Rabu pukul 23:16 · 5 orang
      • Brd Silalahi Mauliatema among.MS@..MEMANG ondo sada nagabe sipareakhonta AHA nahurangtakkas,tapatakkas jala marsipatakkasan asa takkas.
        Rabu pukul 23:30
  • Maruatas Silalahi membuat sebuah dokumen.
    TONA NI OMPUNTA BORU NI OMPU RAJA NABOLON DOHOT OMPUNTA DOLI SILAHISABUNGAN TU : si RAJA TAMBUN dohot SILALAHI RAJA

    “On ma da Ompung Debata Mulajadi Nabolon, dengke hilaean, sai lae ma roham mangalehon parhorasan dohot panggabean tu anakkon, on ma na manggagat-gagat di limut na mangaliat-liat di batu, sai dapotan gagaton ma anakkon, sai dapotan dilaton, sagu-sagu ditompion na godang, asa manompi mas manompi pangomoan, rudang na jagar asa jagar barita horas, jagar barita gabe di anakkon; lanjang-lanjang purun-purun jonggi hais, asa hais na so marlobu, hais nipi na sambor. Jonggi manaek asa naek-naek sorga ma anakkon, marganda-ganda padi, siganda sigandua sipusuk ni podom-podom, na sada gabe dua anakkon, na tolu gabe onom. Manarsar ma onsong on mange-mange, mangararat songon singa tor. Padan ma on na hutonahon tu anakkon : ASA SISADA LULU ANAK SISADA LULU BORU MA ANAKKON NA SO JADI MASIPAETEK-ETEHAN. TAMPUK NI ATE-ATE DO HAMU AMANG URAT NI PUSU-PUSU. ASA HO AMANG SIRAJA TAMBUN, INGKON SONGON AEK NI UNTE MA SILALAHI RAJA ON DI HO SIPADOIT-DOITON, BUNGA NI SIRA SIPAGUT-PAGUTON. HO PE AMANG SILALAHI RAJA, MOLO HOLONG ROHAM DI ANAK SIMALOLONGMU, SONGON I MA HOLONG NI ROHAM DI ANGGIM SIRAJA TAMBUN ON. ASA ON MA TONA NAMI SIINGOTONMUNA SAHAT RO DI PINOMPARMUNA.”
    “Asa nuaeng pe Amang baen ma pasu-pasu tu anakta on, asa borhat hamu dohot si Raja Tambun” ninna ompunta boru, boru ni Raja Nabolon tu Silahisabungan.

    Dung i didok Silahisabungan ma mangalusi:”Ai nunga didok ho sude hata na denggan i, sai sahat ma tutu dijalo tondi ni anaktaon. Asa nuaeng pe amang si Raja Tambun, sai torop mabue ma pinomparmu, gabe ma ho jala mamora, tumpahon ni Ompunta Mulajadi, masuak dangka ma ho rahut-rahutan, tarida utar ho tambus-tambusan, sai ingot ma ho tona na dompak haham Silalahi Raja. Ho pe amang Silalahi Raja, pasu-pasuonku do ho, sai gabe ma ho jala mamora, sai dilehon Mulajadi Nabolon ma di ho biti-biti, boto-boto, sai unang ma ho lolos di hata, lupa di tona. Sogot-sogot ni andigan sai jaloonmu dope pasu-pasu sian ate-atengku, sai ingot ma tona na dompak anggim si Raja Tambun.”
  • mauliate ma i abangku Donal Silalahi ala naung ipamasuk au hu grup on..!!

    tu hamu pomparan ni raja silahisabungan na adong i grup on salam kenal, sekalian ajari hamu hami molo adong nasala tu akka sukkun2 manang koment nami annon i grup on.
    Horas ma i hita sasudena. mauliate...
    Rabu pukul 22:20
  • Waskito Widodo Tambunan mengganti deskripsi grup menjadi "beda pendapat sol biasa,asalkan bicara dengan sopan, tidak di perkenankan berbahasa kotor diruangan ini,apa bila ada yg berbahasa kotor sekalipun maka admind akan langsung mendis,trims
    ".
    Rabu pukul 19:50

    • 4 orang menyukai ini.
      • Maringan Silalahi tohodoi komandan....sian pakkataion do tarboto kepribadian ni jolma...au dohot menghimbau asa ikkon tapataridahon ma hita na Pomparan ni Raja Silahi Sabungan marhite bahasa na sopan jala berbudaya.
        Rabu pukul 20:11 · 6 orang
  • buat anggota baru grup POMPARAN RAJA SILAHISABUNGAN 3 INA,sebelum membuat status atau komentar,ada baiknya di baca dulu dokumen yg tersimpan di grup ini.trims
    Rabu pukul 19:43
  • MARS RAJA SILAHISABUNGANSI 3 INA;@ oppungta naparjolo,parsadaantai,raja namaruoho,namarsahalai,sodung hea humolso,sodung marmarai.ai boi do diboto pardalanannai. @raja nahasaktian dooppui tutu,ai nang diparaloan parmonang situtu.goar ni oppui silahisabungan do,ai nang di parpunguan sai parsinabuldo.@ oppu raja nabolon,oppu niparnai,sipinta haomasan ido borunai,tusilahisabungan do saut borunai,buha...Lihat Selengkapnya
    Selasa pukul 15:15

    • 23 orang menyukai ini.
      • Afrinal Silalahi Siburju buku ende ni hkbp doi uda?
        Selasa pukul 15:17 · 1 orang
      • Waskito Widodo Tambunan yes bang ass,sai hehe ma hamuna ,hamu parangan i, udutna lanjut hamu, piga nueng jempol tu mars silahisabungan on ate?
        Selasa pukul 15:21 · 1 orang
      • Waskito Widodo Tambunan mana tau holan on dope di bege hamu ende on copi hamu ma,jadi molo adong ulan pesta ulang tahun ni punguan silahisabungan apala denggan hianma di endehon on.
        Selasa pukul 15:28
      • Tioma Nadeak Tambunan WWT@Gabe mandele ahu bah,sai hulean jempolhu nacantik manis on tu si fb alai sai ditolak.Hape marga Tambunan dokan si fb on,sombong kali dia.
        Mantap do bah lagu qta ini,gabe songon na merinding iba manjaha.Sai anggiat ma boi hita marsada sisada ama sitolu ina.
        Molo dihamion agak lain do dabah teks na,judul sama.Hutulis pe annon,naung habis do tintaku,ai pake mata pena do ahu manulis,asa rapi,tulisan halus kasar bah.Ha ha ha,boru ni Parna tahe bah.....Just kidding oooiiiii
        Selasa pukul 16:43 melalui seluler · 1 orang
      • Waskito Widodo Tambunan tnt,ciptaan ni marga tambunan doikan inong?horas jala gabe pomparan ni oppungta,raja silahisabungan.on do awal ni mars i.ai holan dua do mars ni silahisabungan.
        Selasa pukul 17:43
      • Tioma Nadeak Tambunan ‎"MARS SILAHI SABUNGAN"
        *O raja nagabe pomparan ni oppunta,
        Raja Silahi Sabungan.
        Sada do rupana,sisadangolu2,masipa-sari2an.
        Reff:
        #Marsada roha sasude dilas niroha arsak pe,
        Rap marsinta pasu2 nagodang,sonang masipa-sari2an.......
        *Poda ni opputa asa mar-dame2,sai masi-amin2an,Angka nadi ranto nang dibona pasogit,marsipa-sari2an.
        Reff:....
        *Tao Silalahi oppunta nampunasa,tung sar do baritana.
        Na manogu Tambun,siboan parhorasan,nang natorop marsinta sa.
        Reff:....
        *Ruhut parsaoran nang dame namangolu,naeng ma hot somuba-uba,Sai elek marboru,manat mardongan tubu,sai somba mar-hula2.
        Reff......
        On ma ende ni punguan ni RSS molo dihamion.
        Mauliate,molo hurang cocok,marsipadengganan hita.
        Debata bless all ....
        Selasa pukul 17:43 melalui seluler · 2 orang
      • Waskito Widodo Tambunan tnt,tamba muse ate inong,,,
        Selasa pukul 17:50
      • Tioma Nadeak Tambunan WWT@olo,ba sai ditangihon Tuhanta pangidoan ta,anggiat marsada,mardame jala marsi-amin2an hita sude pomparan ni oppunta RSS.
        Selasa pukul 20:40 melalui seluler · 2 orang
      • Haziolan Silalahi bp uda wwt....lyric on cipt ni guru Ferdinan silalahi do bpuda??
        Rabu pukul 14:35 melalui seluler
      • Waskito Widodo Tambunan hs.ido bang
        Rabu pukul 19:26
  • trima kasih telah menerima saya bergabung dalam grup ini...

    mohon bimbingan a dalam partuturan ya abng kk...???
    Selasa pukul 20:59

    • 12 orang menyukai ini.
      • Hardi Tambunan Selamat brgabung di group kita y praa...!
        Jangan sungkan bertanya.....
        Muliate...
        Selasa pukul 21:01 melalui seluler
      • Samuel Douglas Tambunan oke pra...!!

        bsa apara jelas kan dari mna tambunan lahir..??
        tpi pake b.indonesia za ya pra..
        biar lebih jelas driku??
        hehe..
        Selasa pukul 21:04
      • Tioma Nadeak Tambunan SDT@met datang tubagas ta on.Saling tukar info do hita,jd unang segan2 daai bagasta doon.
        Selasa pukul 21:05 melalui seluler · 1 orang
      • Samuel Douglas Tambunan hurang tumangkas au marhata batak kakak...!!!
        Selasa pukul 21:08
      • Hardi Tambunan Trlalu panjang critanya pra...!
        Lihat kiriman trdahulu aj.dsitu ada dokumen tentang smua kita pomparan silahi sabungan...!
        Selasa pukul 21:09 melalui seluler
      • Hardi Tambunan Trlalu panjang critanya pra...!
        Lihat kiriman trdahulu aj.dsitu ada dokumen tentang smua kita pomparan silahi sabungan...!
        Selasa pukul 21:10 melalui seluler · 1 orang
      • Jenny Sidabutar Horas ito Samuel Douglas Tambunan, selamat bergabung di grup PRSS si 3 INA ya . Thx. GBU.
        Selasa pukul 21:10
      • Jenny Sidabutar Anak ni Si Raja Tambun ada 3 orang. Tambun Mulia, Tambun Marbun , Tambun Saribu . Anak nya Tambun Mulia ada 2 orang yaitu : Tambun Uluan , dan Tambun Holing . Tambun Uluan , keturunan nya memakai marga TAMBUN dan TAMBUN HOLING , keturunan nya memakai Marga Tambunan . Jadi au ma salah satu keturunan ni Tambun Uluan ( au boru Tambun sian PINTUOLOAN ) . Mohon maaf kalau ada yang kurang pas ya . Mari kita SHARING /BERBAGI Pengetahuan . Thank you . GBU All.
        Selasa pukul 21:12 · 1 orang
      • Waskito Widodo Tambunan sdt,tolong di perjelas pertanyaanya
        Selasa pukul 21:13
      • Samuel Douglas Tambunan maksud saya bsa dijelas kan dari mna tambunan dilahirkan..??

        n sejarah singkat silalahisabungan??

        thank's ya sbelum a abg..!!
        Selasa pukul 21:16
      • Samuel Douglas Tambunan Jenny Sidabutar-->>oh..thanks ya kak...!!

        btw marga apa2 za yg masuk silalahisabungan kak...??
        Selasa pukul 21:17
      • Waskito Widodo Tambunan SDT,pertanyaanya tolong di perjelas lagi msh kurang sempurna.
        Selasa pukul 21:18 · 1 orang
      • Hardi Tambunan Mngkin apparaku ini brtnya asal mula silahi sabngan sampai mmpunyai 3 itri dan anak2'a dalm versi pnjelasan cerita....!
        Horass
        Selasa pukul 21:23 melalui seluler
      • Hardi Tambunan Mngkin apparaku ini brtnya asal mula silahi sabngan sampai mmpunyai 3 itri dan anak2'a dalm versi pnjelasan cerita....!
        Horass
        Selasa pukul 21:24 melalui seluler
      • Tioma Nadeak Tambunan SDT @Marga Tabunan dilahir oleh boru siboru Miling-iling?
        Selasa pukul 21:24 melalui seluler
      • Waskito Widodo Tambunan sdt,saya jawab sesuai dengan pertayaanmu.inilah jawabanya,didalam hati lah dijawab karna tak perlu utk dijawab.tapi klau yg melahirkan siraja tambun similingiling br ni raja mangarerak,yg melahirkan tambunan boru manurung istri dari tambun holing.
        Selasa pukul 21:26 · 1 orang
      • Jenny Sidabutar OMPU RAJA SILAHISABUNGAN (ANAK TUAN SORBADIBANUA)
        ISTRINYA :
        1. PINTAHAOMASAN BORU BASONABOLON (putri dari Tuan Sorbadijulu)
        ... 2. PINGGANMATIO BORU PADANGBATANGHARI/MATANARI ? (Putri dari…?)
        3. SIMILINGILING BORU RAJA MANGARERAK (Putri dari Raja Mangarerak)
        ... ANAKNYA :
        1. SILAHI RAJA keturunannya bermarga SILALAHI
        2. LOHO RAJA keturunannya bermarga SIHALOHO
        3. TUNGKIR RAJA keturunannya bermarga SITUNGKIR
        4. SONDI RAJA keturunannya bermarga RUMASONDI
        5. BUTAR RAJA keturunannya bermarga SINABUTAR
        6. BARIBA RAJA keturunannya bermarga SIDABARIBA
        7. DEBANG RAJA keturunannya bermarga SIDEBANG
        8. BATU RAJA keturunannya bermarga PINTUBATU
        9. RAJA TAMBUN keturunannya bermarga TAMBUN/AN.
        Selasa pukul 21:28 · 4 orang
      • Jenny Sidabutar Dari antara 9 (sembilan) anak Silahisabungan yang menurunkan marga inti ini masih terbentuk beberapa marga cabang.
        Dari Situngkir : Sipangkar, Sipayung.
        Dari Rumasondi : Rumasingap, Naiborhu, Doloksaribu, Sinurat, Nadapdap
        Dari Sinabutar : Ambuyak
        Dari Pintubatu : Sigiro
        Dari Tambun: Tambunan, Daulay, Doloksaribu, Sinurat, Nadapdap
        Juga dari antara 9 (sembilan) marga tsb ada yg masuk ke marga Sembiring di kab. Karo.

        Note
        1.Marga Pingganmatio yg dianut si 7 turpuk (Sihaloho, Situngkir, Rumasondi, Sinabutar, Sidabariba, Sidebang, Pintubatu) masih menunggu keputusan mereka sampai saat ini apakah dari Padangbatanghari atau Matanari?
        2.Doloksaribu, Sinurat dan Nadapdap masih menganut dua versi ada yg mengatakan turunan dari Rumasondi dan ada yg mengatakan dari Raja Tambun.

        Horas.
        Selasa pukul 21:32 · 3 orang
      • Tioma Nadeak Tambunan JS@horas edaq naburju.Adong pertanyaanku eda.Jd marga Dlk.1000,Sinurat,Nadapdap,manjou aha ma tu marga Tambunan,abang/adik.Mauliate edaq naburju.
        Selasa pukul 21:54 melalui seluler
      • Jenny Sidabutar Horas ma tutu eda TNT . Imada eda, adong 2 Versi mengenai Marga Dolok saribu , Nadapdap , Sinurat ( DOSINA) => berasal dari Marga Rumasondi . Versi kedua mandok Sian TAMBUN Saribu do( molo so salah au eda) , jala didok ma SINADO( Sinurat ,Nadapdap, Dolok Saribu ) . Jala di Fb on pe adong do dongan hu margana Sinurat Tambunan . Au pe gabe bingung do eda ku , hehehhe.
        Selasa pukul 22:04
      • Jenny Sidabutar Alai nahubereng selama on , man jou Abang do Bapa tu Marga Dolok Saribu , Sinurat , Nadapdap . Mauliate . GBU.
        Selasa pukul 22:41
      • Franky Silalahi Data yang dikumpulkan dari berbagai buku maupun turi-turian, bahwa Raja Silahisabungan mempunyai 2(dua) isteri.

        Isteri pertama adalah Pinggan Matio boru Padang Batanghari dan bermukim di Silalahi Nabolak dan isteri kedua adalah Milingiling boru Mangarerak.

        Dari boru Pinggan Matio, Raja Silahisabungan memiliki tujuh (7) putra dan satu (1) putri. Sedangkan dari boru Milingiling, Silahisabungan memiliki seorang putra. Kedelapan putra Raja Silahisabungan dan seorang putri tsb secara singkat dapat dijelaskan spt dibawah ini.

        Dari isteri pertama lahir sbb:

        1. Haloho (Loho Raja)
        2. Tungkir (Tungkir Raja)
        3. Rumasondi (Sondi Raja)
        4. Dabutar (Butar Raja)
        5. Dabariba (Bariba Raja)
        6. Debang (Debang Raja)
        7. Pintubatu (Batu Raja)
        8. Siboru Deang Namora.

        Dari isteri kedua lahir satu putra yaitu:

        1. Tambun(Tambun Raja)

        1. Haloho (Loho Raja) menikah dengan boru tulangnya Rumbani boru Padang Batanghari dan bermukim di Silalahi nabolak.Keturunannya sebagian pindah ke Paropo, Tolping, Pangururan, Parbaba. Haloho memiliki 3 putra yaitu : Sinaborno, Sinapuran, dan Sinapitu. Pada umumnya keturunannya memakai marga Sihaloho, dan hingga dewasa ini belum ada cabang marga ini.

        2. Tungkir (Tungkir Raja) menikah dengan Pinggan Haomasan boru Situmorang dan bermukim juga di Silalahi Nabolak. Pasangan ini juga memiliki 3 putra yaitu : Sibagasan, Sipakpahan dan Sipangkar. Keturunannya pada umumnya memakai marga Situngkir terutama Sibagasan dan Sipakpahan, sedangkan keturunan Sipangkar sebagian besar telah memakai Sipangkar sebagai marga.

        3. Rumasondi (Sondi Raja) menikah dengan Nagok boru Purba Siboro. Pasangan ini juga bermukim di Silalahi Nabolak. Keturunannya yaitu Rumasingap membuka perkampungan di Paropo.Rumasondi memiliki putra sbb : Rumasondi, Rumasingap, dan Rumabolon. Umumnya keturunannya memakai marga Rumasondi dan sebagaian memakai marga Silalahi (di Balige) dan bahkan Rumasingap juga dipakai sebagai cabang marga. Demikian juga Doloksaribu, Nadapdap, Naiborhu, Sinurat, telah digunakan sebagai cabang marga dan masuk rumpun marga Rumasondi.

        4. Dabutar (Butar Raja) menikah dengan Lagumora Sagala. Mereka juga tinggal di Silalahi Nabolak. Dabutar ini mempunyai tiga putra yaitu : Rumabolon, Ambuyak, dan Rumatungkup. Umumnya keturunannya memakai marga Sinabutar atau Sinamutar bahkan Sidabutar.

        5. Dabariba Raja (Baba Raja) menikah dengan Sahat Uli boru Sagala. Mereka bermukim di Silalahi Nabolak. Keturunannya memakai marga Sidabariba atau Sinabariba. Putrranya berjumlah tiga yaitu : Sidabariba Lumbantonga, Sidabariba Lumbandolok, Sidabariba Toruan. Mereka ini pada umumnya memakai marga Sidabariba.

        6. Debang (Debang Raja) menikah dengan Panamenan boru Sagala, juga bermukim di Silalahi Nabolak. Keturunannya sebagaian menyebar ke Paropo. Debang Raja mempunyai 3 putra : Parsidung, Siari dan Sitao. Umumnya keturunannya memakai marga Sidebang atau Sinabang.

        7. Pintu Batu (Batu Raja) menikah dengan Bunga Pandan boru Sinaga, juga tinggal di Silalahi Nabolak. Memiliki 3 putra yaitu : Hutabalian, Lumbanpea, Sigiro. Keturunannya menggunakan marga Pintu Batu, tetapi keturunan Sigiro sebagian memakai marga Sigiro.

        8. Tambun (Tambun Raja) adalah putra Raja Silahisabungan dari si boru Milingiling. Ketika masih remaja, Tambun meninggalkan Silalahi Nabolak menemui ibu kandungnya di Sibisa Uluan. Tambun menikah dengan Pinta Omas boru Manurung dan bermukim di Sibisa. Dari Sibisa keturunannya berserak ke Huta Silombu, Huta Tambunan dan Sigotom Pangaribuan. Putra raja Tambun berjumlah tiga orang yaitu : Tambun Mulia, Tambun Saribu, Tambun Marbun. Umumnya keturunannya memakai marga Tambun dan Tambunan, bahkan di antaranya memakai marga Baruara, Pagaraji, Ujung Sunge.

        Di samping marga-marga yang disebut di atas, anak-anak Raja Silahisabungan dari isteri pertama memakai marga Silalahi. Sedangkan keturunan Tambun tetap menggunakan marga Tambun (oleh keturunan Tambun Uluan) atau Tambunan (oleh keturunan Tambun Koling).

        heheeheh.....panjang kan penjelasannya.....courtsy google.
        Selasa pukul 23:03
      • Samuel Douglas Tambunan panjang x pra...

        tunggu aq copy lah bru aq baca..
        hehe
        Selasa pukul 23:38
      • Jenny Sidabutar Buku tidak dapat dijadikan pedoman , karena kitalah yang lebih tau Tarombo kita , bukan orang lain , dan bukan juga pengarang buku .
        Selasa pukul 23:41 · 3 orang
      • Samuel Douglas Tambunan hehe...

        mantapz...
        Selasa pukul 23:42
      • Jenny Sidabutar Jadi yang benar adalah , Istri Raja Silahisabungan ( RSS ) ada 3 orang . Istri pertama , PINTAHAOMASAN BORU BASO NABOLON ( boru PARNA ) . PARNA hanya memiliki 1 orang putri dan menikah dengan Raja Silahisabungan dan melahirkan anak namanya SILALAHI RAJA . Utk kebenaran ini , bisa dikonfirmasikan ke PARNA . Dalam hal ini , bisa di Tanyakan ke POMPARAN TAMBA TUA ( nama akun FB ), salah satu grup PARNA . Thx.
        Selasa pukul 23:45 · 1 orang
      • Jenny Sidabutar Btw, Ito Franky Silalahi . Silalahi darimana Ito ?? Thx.
        Selasa pukul 23:46
      • Tioma Nadeak Tambunan JS@sama2 bingung ma hita edaq.Alai mgkn sian Rumasondi do.Alana nga godang Dlk1000 dht Sinurat nahutanda,manjou inanguda do tu ahu.Ima jolo tus.Horas.
        Rabu pukul 2:24 melalui seluler
      • Hardi Tambunan Sebelum raja tambun meninggalkan SN dan pergi ke sibisa ,ia dirawat dan disusui oleh istri pertama silahi sabungan yaitu pintahaomasan.....
        Rabu pukul 14:18 melalui seluler · 1 orang
      • Franky Silalahi well, saya sendiri berasal dari balige.....
        wah, berarti penjelasan saya diatas tidak benar ya???
        padahal itu yang saya terima dari ortu and opung2..saya.well, yg penting saya silalahi....
        Rabu pukul 16:55
      • Jenny Sidabutar Ohh, berarti Silalahi Raja Parmahan do Ito tahe??
        Rabu pukul 16:57
      • Franky Silalahi ido ito....parmahan do ahu...
        ale molo oma sibarani...
        Rabu pukul 16:58
      • Jenny Sidabutar Ohh ido ate Ito , Horas ma ito . Boi do nenget2 hita marsiajar Tarombo ta on ito , boasa gabe adong 2 Versi . Marsiajar -ajaran hita ate ito . Btw, saya Boru Tambun ( sian Pintu Oloan ) / Nyonya Sidabutar . Mauliate . GBU.
        Rabu pukul 17:02
      • Franky Silalahi heheeh,,,
        molo ahu dang pola takkas huboto na martarombo on...
        ai holan hotik2 do ito....
        Rabu pukul 17:05
      • Jenny Sidabutar Mauliate ma Ito ku . Dison ma hita marsiajar, saling berbagi, alana Tarombo i kan sian Tona dohot turi2an do taboto. Jadi tapadenggan ma nahurang ate Ito . Horas ma . GBU.
        Rabu pukul 17:09
      • Franky Silalahi well...
        :)
        Rabu pukul 17:10
      • Maringan Silalahi horas pra FS....salam kenal ate.....
        Rabu pukul 18:54
  • Au boru Silalahi Raja sian Tolping ( lbn . batu ) Goar ni opungku OP. BALETTENG,Maringanan di SIPOLHA. Adongdo hamu aka hita sude na adong di group on mananda da Opung ????? .
    Selasa pukul 9:49

      • Chand Sielalahi Frendi ba hami sian op.hembang bou!!!
        jala tmbak ni oppung i di huta unjur ambarita
        Selasa pukul 11:58 melalui seluler
      • Ranto P Silalahi Rumbun@ Horas Namboru, molo hita sian Lbn Batu (3). 1. Guru Sohalaosan (Lbn hariara Ambarita) 2. Guru Tinatang (Garoga) 3. Guru Sohailapan/ Op Baliga Raja (Lbn Silalahi Tomok ) sian i ma lao tu parserahan, ipatikkos akka dongan molo adong na Sala! Songonido Bang Fhen? Alana Abang sebagai Siakkangan nuaeng sian hita Lbn Batu! Sian diama hamu bou?
        Selasa pukul 12:34 melalui seluler · 2 orang
      • Rumbun Silalahi Horasma di hamu itoku.... mauliatema di keterangan na di bahenmunai.. Horas - horas ma di hita nang didia pe maringanan.
        Rabu pukul 18:53
  • saya d ajak bergabung ma Samuel Doglas Tambunan..
    Ternyata d sni sya jd bnyk tw tntng kumpln silahisabngan..
    Mohon dukungan'a..
    :) :)

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.