Tuesday 20 September 2011

Status di TSD PDN

  • SILALAHI RAJA PARMAHAN

    Pomparan Raja Parmahan Silalahi anak dari Silalahi Raja semenjak diangkat Tuan Sihubil menjadi anaknya dan diberikan tanah wilayat yakni Huta Silalahi tidak pernah lagi membuat marga baru di Balige yg ada hanya Silalahi.
    · · 13 September jam 17:57 · Privasi:

      • Fujiama D. Silalahi Beberapa generasi berikutnya datanglah pendatang baru dari Paropo dan berbagai tempat termasuk dari turunan si 7 turpuk, oleh karena sesama pomparan Silahisabungan maka marga Silalahi yg di Balige memberikan tempat terpisah untuk menjaga keaslian Silalahi, maka dibuatlah tempatnya BAGAS HUTA (kampung terpencil utk pendatang si 7 turpuk)

        dalam era yg begitu panjang hingga thn 1968 pomparan si 7 turpuk sudah banyak bermukim di Balige bahkan melebihi dari marga Silalahi itu sendiri (maklum karena datang dari berbagai sub marga Sihaloho, Sigiro,Sidebang, Sinabutar, dll)
        pada era itu semua marga tersebut masih memakai marga masing-masing dan saling menghormati.

        tiba pada thn 1968 saat rencana pembangunan Tugu Silahisabungan di Paropo, para pomparan si 7 turpuk yg di Paropo tidak mencantumkan Silalahi Raja sebagai anak dari Silahisabungan dan mengatakan Silalahi itu tidak ada, maka di tugu itupun tdk tercantum Silalahi sampai sekarang, oleh karena ulah pomparan si 7 turpuk tersebut maka Pomparan Silalahi Raja dan pomparan Si Raja Tambun protes dan menunjukkan keaslian tarombo yg mereka ikuti sepanjang sejarah Silahisabungan, namun pomparan si 7 turpuk tidak mengindahkannya yg akhirnya seluruh Pomparan Silalahi Raja dan Si Raja Tambun tidak ikut dalam pembangunan Tugu itu.

        untuk melegalkan versi tarombo yg baru thn 1968 maka pomparan Pitu Turpuk yang telah beberapa generasi merantau ke Balige dianjurkan untuk mendeklarasikan dirinya sebagai Raja Parmahan Silalahi, semuanya tanpa terkecuali. Pitu Turpuk yang merantau ke Balige itu banyak terdiri dari marga Sihaloho, Sidebang, Sigiro dan Sinabutar. Ke-4 marga ini pun sesuai anjuran Mubes Tarombo di Paropo tahun 1968 mendirikan PAGUYUBAN RAJA PARMAHAN di Balige, bersatu dalam satu payung, persatuan ke-4 marga yang menamakan dirinya Silalahi Parmahan ini tentunya menggencet keberadaan satu marga, yaitu Silalahi parmahan yang asli.

        Dengan inisiasi PAGUYUBAN RAJA PARMAHAN (persatuan dari ke-4 marga melebur menjadi satu marga Silalahi) didirikanlah Tugu Raja Parmahan di Balige. Namun tugu ini pun controversial, terbengkalai dan tertunda terus peresmiannya walaupun akhirnya diresmikan baru2 ini. Tugu itu tidak didirkan di kampung asli Silalahi Parmahan, namun didirkan dikampung pendatang yang mengaku Silalahi Parmahan (ke-4 marga tersebut diatas, yaitu Paguyuban). Dikarenakan Raja Parmahan versi Paropo tersebut adalah berupa PAGUYUBAN 4 marga ; Sihaloho, Sidebang(Sinabang), Sigiro(Sinagiro), Sinabutar, maka sudah pasti SUARA dari PAGUYUBAN ini lebih terdengar diabanding Silalahi parmahan yang asli, dan malah kecenderungannya Silalahi parmahan yang asli (di Balige) dewasa ini (karena tekanan social adapt dan sebagainya) cenderung memilih berdamai saja (berbaur) dengan Paguyuban ini, dikarenakan mereka lebih banyak dan pesta mereka selalu lebih ramai. Namun tidak semuanya seperti itu, masih ada keturunan Silalahi parmahan asli yang SADAR bahwa dia adalah Silalahi (Silalahi Raja).

        tidak hanya dari pomparan Raja Parmahan mereka hancurkan, juga tarombo dari Siraja Tambun yg jelas Dolok Saribu, Sinurat,nadapdap, Naiborhu adalah dari Tambun Saribu makanya mereka banyak kawin dgn Tampubolon, dan tugu dari Sinurat ada di Sibisa.
        coba kita pikirkan dgn nurani :
        JIka Sinurat, Sigiro, Dolok Saribu,nadapdap adalah pomparan Raja Parmahan Silalahi tidak mungkin bisa saling mengawini karena ada PADAN yg tak bisa di langgar.

        Umpasa yg mengatakan lebih kuat ikatan PADAN dari pada ikatan dongan tubu.
        13 September jam 17:58 · · 2 orang
      • Richard Silalahi No possible !!
        13 September jam 18:33 ·
      • Tarombo Silalahi Dua Bagus pencerahanya.
        13 September jam 19:02 ·
      • Harianto Tambunans'pea adong dope sada donganhu di huta on...(kutacane)marga Silalahi parmahan sian balige keturunan ni raja bunga bunga silalahi raja.Dongan,ale ale sekalian hahadoli.tung massai tabo pardonganon dohot abangi...sayang dang di attusi pola marpesbuk.pittor beda do memang silalahi asli tu bajakan...
        13 September jam 19:34 · · 1 orang
      • Japilus Wilson Silalahi Jut do roha aut sugari menimpa tuahu i, tentu ahu pe mangalo aplg taringotan mai tu op muse ngang haaaaaa, ilustrasi ma jolo hubahen ai jolma na salah pe da molo sai di dok ho salah ho. Ho salah ho. . . dst. tentu mangalo do. Alai boha bahenon mai tutu amang ma ningon hujou na patut gabe amang natua-tua niba, da hahang tu na patut jouhon hahadoli niba, anggia tuna patut jouhun anggi niba. Satabi di sangap muna raja nami
        13 September jam 19:40 ·
      • Japilus Wilson Silalahi MARPUHUA BAHENON MAI
        13 September jam 19:41 ·
      • Japilus Wilson Silalahi Dan satu yang selalu harus kita ingat, kalo ada marga par SN bertemu dgn kita aplg ada bbrp keluarga dilingkungan kita bertempat selalu dan selalu dan tak ubahnya bdm gituh, dgn segala cara menarik diri kita supaya masuk dalam jeratan tarombonya. dbg bukti sy sampai prnh ke SN cerita jeruk purut dan kalo kita tebal kambing putih katanya kesukaan op itu, nggak etislah kalo sy terangkan satu persatu
        13 September jam 20:10 ·
  • Mari kita saling menerima perbedaan, bukan saling menyalahkan,toh juga kita Marhahamaranggi. Horas.
    · · Lihat Pertemanan · 13 September jam 17:30 · Privasi:

      • Afrinal Silalahi Siburju hita do namandok hita marhaha marangnggi amang uda...
        anggo parbaribai do,,dang didok songoni...1 dr 100 do...
        13 September jam 18:05 · · 2 orang
      • Fujiama D. Silalahi Horas Bapauda, ai dang na bada nian tujuan on,, alai napalurusson do. dimana secara sepihak pomparan 7T mengatakan Silalahi tidak ada anak Silahisabungan. padahal jelas dan gomos do tiop hamu anggidoli nami bahwa Silalahi Adalah hahadoli muna. satu ayah dalam Silahisabungan, dan Satu ASI dalam oppu boru Pintahaomasan.

        jadi kami hanya menyuarakan kebenaran. Silalahi sangat jelas dalam sejarah Batak, Silalahi sangat jelas dalam parmargaonon Marga Batak, dan Silalahi sangat jelas di mata Tulang kami pomparan PARNA.

        Horas di Bapauda i Husor Tambunan....
        13 September jam 18:12 · · 3 orang
      • Afrinal Silalahi Siburju so binoto aha ni gulut na,,,,
        masa sih sanggup mengatakan bahwa kita itu beda sama mereka???
        13 September jam 18:15 ·
      • Tarombo Silalahi Dua ‎@HT,Bp uda,kita bkn saling menyalahkan tapi meluruskan.
        13 September jam 20:31 · · 1 orang
  • Ku pikir Silalahi ternyata Sihaloho.
    Ku pikir juga Silalahi ternyata Rumasondi.
    Tolong lah dipergunakan identitas aslinya,kita jadi bingun membedakan yg mana Sihaloho dan Rumasondi.

      • Tarombo Silalahi Dua Waktu kita masih ada utk memperbaiki segala sesuatu yg salah selama ini asal ada niat bagus demi kebaikan kita bersama.
        13 September jam 10:33 ·
      • M Hansari Silalahi Boha ma tutu marsada ni roha hita asa marsipake margana be,molo dung marsipake margana masing-masing dang tubu be perdebatan dihita namardongantubu.
        13 September jam 11:07 ·
      • Jerry Richson Silalahi Nauli nadenggan mai tutu... Sian ias ni roha ta pakke ma margata be...
        13 September jam 11:32 ·
      • Brd Silalahi Setuju banget Pak..............!
        13 September jam 12:03 ·
      • Ronald Tambunan kufikir silalahi ternyata nainggolan....huffttt...
        13 September jam 13:22 ·
      • Silalahi Parambarisan di rippu parhunikan hapena pargadongan.....
        13 September jam 15:04 ·
  • Ziarah Pomparan Tambun Holing ke Tambak Silahisabungan Dolok Parmasan Pangururan
    · · 13 September jam 6:41 · Privasi:

      • Maruatas Silalahi Di taon 1898, borhat do pinompar ni Tambun Holing godangna 3 (tolu) solu bolon tu Dolok Parmasan, mamereng tambak ni Raja Silahisabungan, ima na niarahaon Raja Frederik Tambunan Lumbanpea sian Parbagasan, ala naung tolu taon Raja I karejo di Kantor Kontroleur Pangururan, jala nunga takkas diboto tambak ni Ompunta I, sian angka Raja-Raja ni Samosir, songon I nang sian Raja Nesnes sian Paropo.

        Ditaon 1936, dung jolo dibahen rapot bolon di Onan Raja Lumbanpea, i ma rapot ni sude panungganei ni pinompar Tambun Holing ni ketuaan ni Raja Alexander (Giffier), mamutushon sada tahi naeng laho “mangaririti” Tambak ni Ompunta di Dolok Parmasan, rap borhat ma dohot Muziek Tiup rap dohot Gemengdekoor ni Tambunan (sada koor do jolo dibahen Gr Adian Silalahi sude Tambunan). Ditohoi ma borhat manogot ni ari Minggu asa jolo marminggu di Pangururan ala ni Musik I, jala rap udur do sude dohot parminggu dohot akka dakdanak nangkok tu Dolok Parmasan haruar Minggu. Sian pat ni Dolok Parmasan diboan ganup ma sada batu na tarboansa, jala na so mamboan batu, rihit ma dibungkus boanonna sian sunge na metmet na di toru ni Dolok I, jala dung di tambak i, sude ma mangarihiti tambak i, i pe asa dimulai acara i. Jumolo mandok hata sian Tambunan, paboahon maksud dohot tujuan ni haroro ni Tambuna tu tambak I, mardongan sihol ni roha mangarihiti tambak ni ompu I, jala naung dipaboa hian tu pinompar ni Silahisabungan na adong di Samosir, I ma Tuan hermanus Tambunan Lumbanpea. Dung I mandok hata ma marompuompu sian gomparan ni Silahisabungan sian Samosir i. Mandok pangampuuon ma muse huhut paampuhon sian hula-hula/Tulang sian gomparan ni Naiambaton. Jala mangampu ma Raja Alexander sian Tambunan. I pe muse asa sidung udur tu Lumban Silalahi na di Pangururan, lahi marsipanganon, naung di parade nasida hian manjalo haroro ni anggidoli nasida.
        13 September jam 6:42 ·
      • Maruatas Silalahi Ada yang tahu 2 peristiwa ini....dari orang tua/ompung kita....utk berbagi cerita tentang peristiwa itu di akun ini....terima kasih.....
        13 September jam 6:42 ·
      • Marudin Silalahi Terjadi pada abad ke-19 !
        Kalau tdk membantah ya memaki.
        Itulah stereotype 7T !
        Sekarang mau pilih diam saja ya ?
        13 September jam 10:18 ·
      • Tarombo Silalahi Dua Banyak generasi sekarang yg tdk mengetahui peristiwa sejarah tersebut sehingga perlu kita sosialisasikan sebagai upaya menambah wawasan para generasi muda.
        13 September jam 10:23 · · 1 orang
      • M Hansari Silalahi Anggiatma lam mangantusi akka naposo nuaeng asa boi mangihuthon akka nadenggan naung binahen ni natua-tua ta si jolo-jolo tubu songon patandahon tarombo ni Silahisabungan na sangap dohot na hasantian I.
        13 September jam 11:04 · · 2 orang
  • ‎202.52.131.11
    KEBON SIRIH (Pos Kota) -Audi Iskandar Zulkarnaen Tambunan menjadi Ketua HKTI DKI periode 2011-2016. Dia terpilih secara aklamasi dalam Musprov Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DKI, di RM Natrabu, Jl. Sabang, Jakpus, kemarin.
  • Ciri-ciri Silalahi jadi-jadian/Silalahi Palsu.
    Mengaku thdp orang lain marga Silalahi pdhl di KTP nya tertulis Sihaloho.
    Mengaku sama org lain marganya Silalahi dan di KTP juga Silalahi tapi di saat melangsungkan pesta adat tdk ada digaungkan Silalahi selain Sihaloho hingga Pintubatu.
    Selalu mengatakan bahwa Silalahi sebagai parsadaan tapi tdk tahu entah dimana parsadaan itu dijalankan atau tdk ada dlm bentuk punguan.
    Masih byk ciri-ciri yg lain.

      • Parlin Dungan Silalahi toho do i...hu dukung
        12 September jam 21:47 ·
      • Tarombo Silalahi Dua Mengatakan bahwa Silalahi gelar Silahisabungan pdhl tdk ada terukir di Tugu Silahisabungan.
        12 September jam 21:48 ·
      • Tarombo Silalahi Dua Mengatakan bahwa Silalahi gelar Silahisabungan pdhl tdk ada terukir di Tugu Silahisabungan.
        12 September jam 22:11 ·
      • Irma Sihaloho Klu slah tulis diKTP gmna??
        12 September jam 22:30 ·
      • Waskito Widodo Tambunan is,biasana molo salah tulis pe sahuruf do,contoh,irma sikaloho,manangna irma sihaloko,ipe molo halak nalain do rt na,molo batak do rt na dang olo salah manurat margai.
        12 September jam 23:04 · · 2 orang
      • Jarusman Silalahi Olodo hurang huruf contohna irma sialoho, mlo i biasadoi alai marlakku holan saminggu paima didaur ulang manjadi irma sihaloho.
        12 September jam 23:46 ·
      • Irma Sihaloho Kn lah bapak tuaku silalahi tp bapak aq sihaloho,.
        Aq tnya ma papa katany wktu dlu salah tulis guru ny,, gean gpp ko tu kata papa,.
        N smpe skr marga pak tua aq tu silalahi.
        12 September jam 23:56 ·
      • Jarusman Silalahi Horas namboru, mlo nga taboto salah bah tapadengganma alana sgt berpengaruh dihari yg datang.. Namaku jg pernah salah wkt SD, ditulis DARUSMAN alai dung diprotes bapa gabe diubahma muse jarusman sesuai surat tardidi.. Jd nasalah tetap salan yg benar adalah benar.. Ga ada istilah gpp..
        13 September jam 0:35 ·
      • Brd Silalahi Aku sdh bilang itulah de'facto ,tapi secara de'jure nggak ada tertulis di Tugu SN Marga SILALAHI.......INIPERLU DILURUSKAN."SILALAHI"=BUKANPARSADAAN.TAPI MARGA.
        13 September jam 6:28 · · 5 orang
      • Marudin Silalahi Pak Guru ber-analogi ttg desa untuk menarik kesimpulan bhw Silahisabungan analog dgn Silalahi. Yah... Tdk logis pak guru.*
        13 September jam 10:27 ·
      • Tarombo Silalahi Dua Kalau pak guru lokkot tdk berbobot diskusi dgn beliau,saya heran melihat Sihaloho yg satu itu,apa gak malu ya jika pendapatnya hari ini berbeda dgn 3 hari yg lalu.begitulah seterusnya sehingga komentarnya sendiri yg menjebak dirinya sendiri.
        13 September jam 10:31 ·
      • Brd Silalahi Horas Bp.MS@sehatdo....?i Bandung do hamu,idiado nuaeng?
        13 September jam 10:51 ·
      • M Hansari Silalahi BRD,,ditanda abang do kan bp MS on? Apala abang ni bp ta par siantar na donganta manghata-hatai di parmonding ni bp DS i ma bp on.
        13 September jam 11:00 ·
      • Brd Silalahi bah......MHS@ unangma jangan.......audo pahulaso itadda ra.biasama sigelleng do iba.
        13 September jam 11:10 ·
      • Marudin Silalahi BRD, sehat do bah. Puji Tuhan, dilehon dope gogo dht tegar ni pingkiran laho pa-ihut2 hamu naposo i. Horas ma ate, sahat tabe tu keluarga dht angka dongan. Shalom. (Bdg).
        13 September jam 11:35 · · 1 orang
      • Japilus Wilson Silalahi Sai hira penganten hubereng nasida naduaon, bah pas hian mai among jago nai poto muna bapa dohat inong padua-dua. . .
        13 September jam 11:36 ·
      • Marudin Silalahi Mansai arga huhilala foto i. Ai di hundul2an ni pusat Black Berry doi di San Fransisco, jala natarsurai ima: 'face book'. (2009).
        13 September jam 11:45 ·
      • Brd Silalahi ASALMA HIPAS NATUA-TUA,ASABOI IBA SONGON HAMUNAI IBA.HORASMA BAPAKKU NABURJU,!??[:-)
        13 September jam 12:02 ·
      • Lhen Casmi molo silalahi y silalahi aja, molo haloho y haloho aja.
        jgn di sama kan, oke ..
        horas ma tusude akka bp.uda,n bpk tua:)
        14 September jam 1:39 ·

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.