Wednesday 25 January 2012

Hamonangan Silalahi Sihaloho

Tarombo Simbolon
www.youtube.com
ende on taringot tu tarombo ni simbolon

    • Hamonangan Silalahi Sihaloho On ma tarombo resmina,
      1.Raja Naiambaton
      2.Ompu Bolon
      3.1.Suri Raja
      3.2.Martua Raja
      Anakni Suri Raja
      4.1.Simbolon Tuan
      4.2.Simbolon Altong
      4.3.Pande Sahata
      4.4.Juara Bulan
      Anakni Martua Raja
      4.1.Suhutni Huta
      4.2.Sirimbang
      4.3.Hapotan
      19 Desember 2011 pukul 11:23 · · 1
    • Belman Elijon Tambun Naiambaton adalah nama seorang ibu, yaitu nama istri pertama Tuan Sorimangaraja, nama itu melekat padanya adalah karena nama anaknya Siambaton. Nama untuk Siambaton ini setelah dewasa disebut juga Tuan Sorbadijulu. Ada juga yang menyebutnya Suliraja dan setelah tua disebut juga namanya Ompu Bolon.

      Nama untuk ibu yang melahirkan Siambaton ini ketika belum diperistri Tuan Sorimangaraja ialah Siboru Anting-anting Sabungan (Siboru Paromas). Dia adalah saudara perempuan dari Tuan Saribu Raja, Limbong Mulana, Sagala Raja dan Malau Raja atau puteri dari Guru Tatea Bulan.

      Nama Naiambaton inilah yang menjadi nama untuk keturunan Siambaton atau Tuan Sorbadijulu. Lebih popular nama itu diakronimkan Parna (Parsadaan Naiambaton). Menurut cerita ibu Naiambaton inilah yang berpesan kepada anaknya Siambaton agar keturunannya bersatu , sisada lulu anak sisada lulu boru. Artinya tetap merasa satu keluarga dan tidak saling mengawinkan anak antara sesame mereka di kemudian hari . karena itu sampai sekarang ini antara sesame marga yang tumbuh dari Siambaton atau Tuan Sorbadijulu terasa pantang untuk saling kawin.

      Tuan Sorbadijulu ini mempunyai 4 orang anak laki-laki : Simbolon Tua, Tamba Tua, Saragi Tua, Munte Tua dan seorang anak Perempuan. Anak perempuan bernama Pinta Haomasan (Boru Baso Nabolon) ini adalah menjadi isteri Silahisabungan yang melahirkan Silahi Raja.

      Tuan Sorbadijulu memiliki anak :
      1. Simbolon Tua
      2. Tamba Tua
      3. Saragi Tua
      4. Munte Tua
      Ad. 4. Munte Tua memiliki anak:
      1. Raja Sitempang (Op. Raja Pangururan)
      2. O. Jalak Maribur
      3. Ompu. Jalak Karo
      Ad. 4.1. Raja Sitempang (Op. Raja Pangururan) memiliki anak:
      1. Tanja bau
      2. Sigalingging
      22 Desember 2011 pukul 21:34 · · 1
    • Belman Elijon Tambun MARGA SIMBOLON

      Marga Simbolon adalah marga yang tetap digunakan untuk keturunan Simbolon Tua, kecuali keturunan Nahodaraja (Simbolon Tuan) yang sudah menggunakan marga baru seperti: Tinambunan, Tumanggor, Turutan, Maharaja, Pinayungan, Nahampun (Keturunan Tuan Pusuk atau lajim disebut : Sionom Hudon) Anak laki-laki Simbolon Tua ada dua orang yaitu: Tunggul Sibisa (Tuan Suri Raja) dan Martua Raja. Seorang perempuan yang menjadi isteri Silahi Raja atau yang melahirkan: Tolping Raja, Bursok Raja, Raja Bunga-bunga. Cucu Simbolon Tua dari dua anaknya laki-laki itu ada 7 orang.

      Putri Simbolon Tuan (Nahodaraja) bernama Bintang Maria adalah isteri Datu Parulas. Isteri Datu Parulas bernama Boru Sumange adalah isteri Raja Tunggal (leluhur marga Hasugian). Dari perkawinan Datu Parulas dengan Bintang Maria (putri Nahodaraja) inilah lahir marga : Nahulae, Pusuk dan Sibuaton.

      SIMBOLON TUA memiliki anak:
      1. Tuan Suri Raja (Tunggul Sibisa)
      2. Martua Raja

      Ad. 1 Tuan Suri Raja memiliki anak:
      1. Tuan Nahodaraja
      2. Altong nabegu
      3. Pande Sahata
      4. Juara Bulan
      Ad 1.1 Tuan Nahodaraja memiliki anak :
      1. Tinambunan
      2. Tumanggor
      3. Maharaja
      4. Turutan
      5. Pinayungan
      6. Nahampun

      Ad. 2. Martua Raja memiliki anak :
      1. Suhut Nihuta
      2. Raja Sirimbang
      3. Raja Hapotan
      22 Desember 2011 pukul 21:34 · · 1
    • Nikson Silalahi Haloho kckckck...
      27 Desember 2011 pukul 17:18 ·
    • Hamonangan Silalahi Sihaloho Suda Jelas Simbolon mengatakan :1.Raja Naiambaton
      2.Ompu Bolon
      3.1.Suri Raja
      3.2.Martua Raja
      Anakni Suri Raja
      4.1.Simbolon Tuan
      4.2.Simbolon Altong
      4.3.Pande Sahata
      4.4.Juara Bulan
      Anakni Martua Raja
      4.1.Suhutni Huta
      4.2.Sirimbang
      4.3.Hapotan
      30 Desember 2011 pukul 9:47 ·
    • Hamonangan Silalahi Sihaloho Kok masih ada juga yg berani membantah,pake dalil-dalil yang terkesan dikarang-karang sendiri????PABOLON = PUNGUAN POMPARAN RAJA OMPU BOLON SIMBOLON (ketua Letjen Tni (purn) Cornel Simbolon,
      30 Desember 2011 pukul 9:53 ·
    • Hamonangan Silalahi Sihaloho Mereka yang mendeklarasikan : silalahi raja boru habolonan sian sipintahaomasan artinya silalahi raja nikah dengan pintahaomasan boru simbolon...!!!belum paham juga????apa arti boru sihabolonan????
      30 Desember 2011 pukul 9:57 ·
    • Hamonangan Silalahi Sihaloho Siambaton itu marga....!!!mereka yg menggunakan marga siambaton mengatakan mereka masuk sitanggang...!!!!mau membantah lagi????tanya sendiri sama mereka yg marga jangan kebanyakan menghayal!!!!
      30 Desember 2011 pukul 10:00 ·
    • Belman Elijon Tambun kadang hanya membeberkan apa yang di baca di buku tanpa bertanya pada yang bersangkutan. namanya manusia ingin menang sendiri. karena marga yang di bicarain sendiri belum menjadi satu komitmen. ibarat tong kosong nyaring bunyinya. lebih baik mengalah dari pada yang di bahassss??? marsamburetan. ga ada bukti nyata. salam boru di parna dari sitanggang.
      30 Desember 2011 pukul 13:27 ·
    • Hamonangan Silalahi Sihaloho Punya mata untuk melihat,punya telinga untuk mendengar,punya hati untuk menimbang dan punya kepala untuk berpikir,jika kepala sudah tidak bisa berpikir KEPALA BATU yang cocok untuk menyebutnya,Tugu Raja Siteppang siap menyambutnya,dan punguan PABOLON jabotabek ada sebagai reverensinya,NATANGGANG-NABOLON Jadi Patokannya...!!!wasalam....wkwkkwkw
      30 Desember 2011 pukul 13:36 ·

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.