Wednesday 25 January 2012

Raja Niantan Silalahi

Harian Sinar Indonesia Baru
8 Raja Turpuk Pomparan Raja Silahi Sabungan di Bona Pasogit Dukung Pesta Luhutan Bolon se-Dunia
Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Oktober 18th, 2007

Sibolga (SIB)
Delapan Raja Turpuk Pomparan Raja Silahi Sabungan di Bona Pasogit masing-masing Sihaloho, Situngkir , Sondi Raja, Butan Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja/Pintubatu, dan Tambun Raja mendukung sepenuhnya pelaksanaan pesta Luhutan Bolon Sedunia ke-26 tanggal 23-25 Nopember 2007 di desa Silalahi Na Bolak.
Demikian Ketua Umum pesta Luhutan Bolon Sedunia ke-26, St Frins Wales Tambunan melalui Humas Hasmer Tambunan kepada sejumlah wartawan di Sibolga, Rabu (10/10). Dikemukakan Wales Tambunan, dukungan 8 raja Turpuk pomparan Raja Silahi Sabungan terhadap pelaksanaan pesta Luhutan Bolon pada tahun ini ditunjukkan dengan diterimanya upa-upa dan Batu Sulang dari pomparan Raja Tambun selaku Panitia Pelaksana pesta Luhutan Bolon 2007 pada acara Tonggo Raja di rumah Pinayungan Tambunan di desa Silalahi III Kec Silalahi Kab Dairi, Senin (8/10).
Hadir dalam acara Tonggo Raja tersebut, Ketum Frins Wales Tambunan, Sekum Drs Budiman Tambunan , Bendahara DS Simanjuntak, 8 Raja Turpuk di Bona Pasogit, kordinator daerah Kab Rokan Ilir (Bagan Batu ) Burhan Tambunan, perwakilan Sibolga/Tapteng Martua Silalahi, Kotacane Propinsi NAD St H Tambunan dan beberapa perwakilan daerah lainnya.
Dalam kesempatan tersebut, salah seorang Raja Turpuk, Op Ronald Sidabariba (94) berharap agar seluruh Pomparan Raja Silahi Sabungan yang ada di Bona Pasogit maupun di perantauan hendaknya dapat bersatu mensukseskan pesta Luhutan Bolon Pomparan Silahi Sabungan pada tahun ini.
Dikatakan Hasmer Tambunan, pesta Luhutan Bolon adalah agenda tahunan sebagai ungkapan rasa syukur keluarga besar pomparan Silahi Sabungan di seluruh Dunia kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah yang diterima dalam tahun ini.
Disamping itu, kata Hasmer Tambunan, kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap leluhur , khususnya dalam menghargai sejarah peninggalan Raja Silahi Sabungan yang dititipkan kepada 8 pomparannya atau yang lazim disebut dengan Ă¢€ Sagu-sagu MarlanganĂ¢€.
Kata Hasmer Tambunan, pesta Luhutan Bolon pomparan Raja Silahi Sabungan pada tahun ini akan diisi dengan rangkaian acara meliputi, peletakan batu pertama pembangunan wisma Tambun Raja di desa Silalahi Na Bolak, acara adat (Hahomion-red), kebaktian akbar dan hiburan rakyat yang diiringi dengan gondang dan musik khas Batak yang dipusatkan di Kompleks Makam dan Tugu Raja Silahi Sabungan di Desa Silalahi Nabolak atau sekitar pinggiran Tao Silalahi.
Ditambahkannya, sebagai respon pomparannya di perantauan yang menginginkan suksesnya acara pesta Luhutan Bolon pada tahun ini, kordinator Kab Rokan Ilir (Bagan Batu), Burhan Tambunan usai acara Tonggo Raja menyerahkan bantuan sumbangan dari pomparan Raja Silahi Sabungan Kab Rokan Ilir kepada panitia sebesar Rp.17.250.000.(Rel/T4)/c)
· · Lihat Pertemanan · 4 Desember 2011 pukul 20:35 ·

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.