Wednesday 25 January 2012

Totok Blusman Silalahi

‎....Raja Onggu mengatakan: “orang Pakpak Bodoh, massya gagang parang/pisaunya lurus-lurus”, tidak seperti gagang parang/pisau batak Toba ada sedikit membengkok di ujungnya. Sehingga memakai parang/pisau suku Toba adalah enak, tidak was-was pisau/parang terlepas dari tangan saat dipakai (sebaliknya parang/pisau orang pakpak).
Pernyataan tersebut di atas, diucapkan si Raja Onngu dengan cara yang tidak tepat dihadapan orang-orang suku Pakpak yang ikut serta sebagai Tukang Rumah Adat di Balna dan juga terdengar pertua marga Matanari pemilik rumah tersebut. Pernyataan si Raja Onggu tersebut membuat orang-orang suku Pakpak marah, atau tidak dapat diterima (dibenarkan) suku Pakpak pada waktu itu. Akibat kesalahannya tersebut, para penetua memutuskan: “si Raja Onngu harus dihukum mati”, walaupun si Rumintang berru Matanari (istrinya) sudah menyembah-nyembah penetua, memohon agar suaminya tidak dihukum mati....

Dikutip dari :
Jawaller Matanari, Ir. MS
Ketua PERMANA (Perpulungen Matanari, Berru/Berrena) Medan dan Sekitarnya
Kontak:
Mobile 081361149346
· · · Minggu pukul 22:54

  • Debitel Stoffvict menyukai ini.
    • Advend Chee Noerat hubungan pisau ma tarombo ap??

      Ap pisau tuh mw qw pakai buat potong umbai cacing mu?
      Minggu pukul 23:17 melalui seluler ·
    • Tony Tongon Silalahi maaf, saya tidak ada urusan dengan yang anda tuliskan, tetapi, INI KUTIPAN DARI SAYA : untuk seorang yang berpendidikan anda sangat memalukan, segala status dibuat dengan tujuan agar ada pihak-pihak yang merasa dirugikan atau minimal terusik kedamaiannya, sebab apakah anda tahu, bahwa pada jaman sebelum masuk agama, memang orang batak itu 'makan orang' jadi yang lebih sadis dari itu sudah pernah terjadi, tapi hal yang terpenting adalah KITA BELAJAR ATAS HAL ITU, sebab bila kita tetap mempertahankan hal-hal seperti itu, maka yakinlah orang-orang seperti Totok BluesMan Silalahi sudah DIPENGGAL KEPALANYA, DIBERIKAN KE ANJING JANTUNGNYA, DAN DINAJISKAN TUBUHNYA oleh karena hal sepele yaitu "TIDAK TAHU TAROMBONYA", Sebab bila kita kembali pada jaman itu, maka anda harus tahu dari 'kampung' mana anda berasal dan anda keturunan keberapa dari marga yang anda pakai, dimana saat inipun ANDA TIDAK TAHU!
      Senin pukul 1:55 · · 2
    • Raja Niantan Silalahi TTS : toto_ng nya diberi kan ke babi ya pra ?
      Senin pukul 2:18 ·
    • Tony Tongon Silalahi maaf appara, sedangkan babi saja tidak mau makan toto-ng nya, seperti saya katakan Tubunya dinajiskan :D
      Senin pukul 2:28 ·
    • Marudin Silalahi Orang ngutip..........!!!
      Kepada penulis.......???
      Senin pukul 3:54 ·
    • Putra Sidabutar Margana totok loak, emang kenapa org Pakpak bro, kok musti org pakpak trus kau bahas, belum pernah rupanya kau di LETUP org pakpak ya...terus lah kau ejek2 org pakpak ya , sekali lengah kau bro hati2 kau, bisa2 ntar tinggal *pisang mu* yg tersisa..n baek2 kau bikin koment!!!
      Senin pukul 9:32 melalui seluler ·
    • Robert Berto hei..jangan menghina bangso lain,molo soture dalanna..
      Senin pukul 13:29 ·
    • Totok BluesMan Silalahi pembelajaran...silahkan baca2 :)
      Senin pukul 14:10 ·
    • Tony Tongon Silalahi Ceirta Nyata : siBiangsa_keturunan op.Raja Silahisabungan yg lilu tarombonya dan bermargakan silalahi raja', dengan kejam menggoreng Putrinya sendiri hidup-hidup,sampai kini menjado momok memalukan bagi seluruh pomparan Raja Silahisabungan,terjadi disebuah tanah kecil yang disebut Tolping!, dan kekejaman lain oleh karena nafsu mendapat gelar keturunan sulung dari Silahisabungan, ini kisah nyata! Tidak perlu pembelajaran, yg diperlukan pencegahan,supaya orang-orang congkak dan munafik dimasa kini tidak terjerumus kembali, silahkan dipahami dan dihindari, tidak perlu dipelajari sebab tidak ada pelajarannya, dan jangan hanya membaca karena percuma kalau tidak dapat pemahamannya.
      Senin pukul 15:12 melalui seluler ·
    • Tony Tongon Silalahi ‎@Amang Marudin.. Saya paham, memang ciri khas anda mengambil kutipan, tidak keseluruhan, demikian juga dengan tarombo anda yg dikutip dari 'ninna tu ninna' lalu dirangkum yg enak saja, dan direkayasa sesuai dengan keinginan pemikiran walaupun kenyataan Tidak pas serta tanpa bukti dan fakta, silahkan lanjutkan tarombo anda dari KUMPULAN DONGENG, dan saya tuliskan kepada siapapun, entah itu penulis, atau pembuat status, tapi yg jelas itu semua UNTUK ANDA! Jadi jawablah jika bisa, dan berhenti mengajari kebohongan atau melarikan pembahasan ketika tidak bisa memberikan pembuktian. Jangan seperti contoh kasus 'SENDAL JEPIT' yg ketika dibawa kesidang barang buktinya tidak pas dengan kaki pelapor, pantas hukum kita Bobrok!
      Senin pukul 15:18 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi Tony : ada tuh no telpon disitu...coba dihubungi aja :)
      Senin pukul 15:20 ·
    • Tony Tongon Silalahi ‎@totok :belajar baca dulu kau dik.. Jelas kutulis disitu tidak ada urusanku dengan penulis, tapi kalau penulis tidak terima denganku, silahkan inbox, dan kalaupun benar tulisan sipenulis, tetatp saja tidak ada anak Raja Silahisabungan yang bernama Silalahi Raja.. Coba kau tanya pada penulis itu, adakah anak Raja Silahisabungan yg bernama silalahi raja?
      Senin pukul 15:24 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi hahahaha...kalo apa yg kau yakini skrg...itu adalah keyakinan akibat propaganda yg dicetuskan mulai thn 1967-1981...sebelum itu tarombo Silahisabungan baik2 aja :)
      Senin pukul 15:26 ·
    • Advend Chee Noerat hahahaha
      Aneh2 d jawab si totok nie,
      Jd bagaimana pendapat mu ttang cerita bang Tony tuh..silalahi raja menggoreng putrix???
      Yg satu tukang kutuk borux..yg satu lg tukang goreng borux!!
      Jgn2..sebelum d goreng d perkosa dl borux sama si biangsa tuh!!
      Hahahaha
      Senin pukul 15:29 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi Advent : do you have capability to talk with me in exelent ways ? if you dont...try to improve your self :)
      Senin pukul 15:31 ·
    • Tony Tongon Silalahi Iya memang.. Propaganda tolping! Oleh sebab itu selalu terjadi perselisihan tarombo, dan sejak tahun yg anda sebutkan tadi, tidak pernah sekalipun pihak yg mengaku 'silalahi raja' berani menyelesaikan secara Adat, bahkan berniatpun tidak, karena memang Kita sama-sama tahu, tidak ada pembuktian fakta bahkan tidak ada logika sedikitpun, jadi seperti yg anda katakan sebelum itu tarombo silahisabungan baik-baik saja, karena sebelum itu tidak ada yg mengaku silalahi raja :))
      Senin pukul 15:32 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi propaganda bukan dr pihak kami...propaganda itu dilakukan oleh kalian sendiri. sebenarnya ini diawali oleh keinginan Dr Saing Sihaloho utk mengumpulkan simpatisan dr popparan Silahisabungan agar memilih dirinya utk jadi gubernur sumut pd masa itu. Tetapi niatnya itu disalah gunakan oleh kaki tangannya yaitu gerombolan 7T keturunan pakpak :)
      Senin pukul 15:34 ·
    • Advend Chee Noerat hahahahaha
      Alus mu do pinangido ttang cerita penggorengan i..gabe les bahasa inggris do ho!!

      Uban mi majo cabuti kedan..sotung gabe so lakku ho!!
      Senin pukul 15:38 melalui seluler ·
    • David 'orang Samaria' Silalahi Hoooaaammmm... Pangubat namalo, molo jadi marporang tor paboa tu ahu dah, kan nunga tugashu nasisongoni hehehehehee
      Senin pukul 15:40 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi lama2 si advent ini kuliat mirip kek aliran stochastic...tak pernah beres :p
      Senin pukul 15:40 ·
    • Tony Tongon Silalahi Kalau memang benar, lantas apa yang ditakutkan? Dan apakah anda tahu kejadian nyata nya? Pada tahun-tahun itu berapa umurmu? Justru anda termakan propaganda, dan kalau anda Totok Benar-benar ingin tahu sejarahnya janganlah tanggung-tanggung, cari kebenaran dari titik terang
      Senin pukul 15:43 melalui seluler ·
    • Tony Tongon Silalahi Dongan tubuku Advend, sudahlah, kita wajib mengasihani orang terhina,tidak perlu dihina sebab memang sudah terhina dan dikucilkan :)
      Senin pukul 15:44 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi Tony : sudah...makanya itu aku dpt beberapa dokumen di masa dulu utk membuktikannya...mau aku posting disini ?
      Senin pukul 15:45 ·
    • Tony Tongon Silalahi Sarulim palti.., baru tarbereng ahu komenmu poang, maklum hp danga-danga :) patenang-tenangma disi, namambahen lasni rohai ma ulahon
      Senin pukul 15:46 melalui seluler ·
    • Tony Tongon Silalahi Totok, bagus dik.. Postingkanlah bukti dari Raja Silahisabungan yang menyatakan bahwa ada anaknya bernama 'Silalahi' seperti. Yg tertulis diparomasan, dan tiga istrinya, lalu nama-nama anak-anaknya serta kapan tugu diparomasan diresmikan serta perewakilan anak-anaknya siapa saja yg datang, juga partulang :)..
      Senin pukul 15:49 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi sebentar ya :)
      Senin pukul 15:49 ·
    • Advend Chee Noerat hahahaha
      Bagaimanax tanggapan mu totok ttang penggorengan borux tuh..??
      Bikin lah dl tanggapan mu..
      Molo masalah aliran do..aliran bebas do au,tu dia pe masuk do!!unang pola pardulihon i...uban mi ma pardulihon!
      Wkwkwkwk
      Senin pukul 15:52 melalui seluler ·
    • Tony Tongon Silalahi Totok.. Saya sudah lebih 20 tahun menunggu dongan tubu yg mengaku 'Silalahi Raja' untuk menyelesaikan, tapi sampai saat ini tidak satupun ada.. Malah membuat tarombo dari Bandung', bukanbegitu amang. Marudin?? Jadi untuk beberapa menit , kenapa tidak :) jangankan diduniamaya ini, didunia nyata pun kami akan senang sekali,dan kalau sudah pas dihati anda, silahkan datang beramai-ramai ke silahinabolak, supaya perselisihan kita berhenti ,sebab anak sulung ada warisannya loh :)..
      Senin pukul 15:56 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi Tony : dah kuposting tuh dokumennya ... silahkan dibaca2...aku udahan dulu...lagi mangalului hepeng nih...see you
      Senin pukul 15:58 ·
    • David 'orang Samaria' Silalahi ‎@Advend : apparaaa... Slow aja dulu kita, Mendingan kita ke stadion teladan aja yuukk,,kita godain banci disana, mana tau ada banci yg banyak uban'nya, lumayan tuh uban buat makanan tikus wkwkwkwkwkwkwkwk
      Senin pukul 16:00 melalui seluler · · 1
    • Tony Tongon Silalahi Totok,.. Dik,kamu baca surat itu jelas-jelas, TIDAK ADA YANG MENYATAKAN BAHWA ADA ANAK RAJA SILAHISABUNGAN BERNAMA SILALAHI, JELAS TERTULIS 'HAHA DOLINAMI SILALAHI', dan itu surat dari sebagian perwakilan Tambunan setelah rapat dengan silahi raja dibalige,itu tidak Pernah dimuat dikoran sinar harapan, nanti bisa dituntut loh,, dan, atau begini saja katakanlah surat itu benar JADI SILAHKAN DATANG KESILAHI NABOLAK UTK MENYELESAIKAN. SECARA ADAT! Atau kami menunggu undangan silahi raja secara punguan?? Kan kalian sudah punya bukti_kenapa tidak maju? Sampai kapan? Atau takut seperti yg saya bilang kasus 'Sendal Jepit'??
      Senin pukul 16:10 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi Tony : silahkan tanya langsung ke amguda Rasmen Tambun...di daerah Duren Sawit jkt...ada duitmu ke jkt kan ?
      Senin pukul 16:11 ·
    • Totok BluesMan Silalahi Tony : yup...bilang aja usulmu ke kumpulan org pakpakmu itu biar ngeluarkan undangan ke kami...kalo jadi...akan kami bahas bersama2
      Senin pukul 16:14 ·
    • Tony Tongon Silalahi Totok,.. Saya sudah bilang, lebih 20tahun Menunggu, kenapa bawa-bawa pakpak? Dan Silahisabungan bukan cuma Tambunan, tetapi 8turpuk atau seluruh keturunan kedelapan anaknya.. Bukan cuma kalau jadi dikk, setiap tahun kami undangpun, bahkan kami 'tantang.. Tetapi ternyata filsafah 'berani karena benar,takut karena salah' bukan hanya kata-kata saja.. Oh, satu hal lagi, kalau jadi jangan cuma membahas lah, langsung temui pun, kan kalian benar, kenapa harus takut?, apa waktu 32 tahun tidak cukup waktu utk membahas? :)
      Senin pukul 16:22 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi lah...wong undangan kalian gak ada masuk ke kami kok...kalok memang ada...udah tersebar beritanya diantara kami...wkwkwkwkkwkw
      Senin pukul 16:23 ·
    • David 'orang Samaria' Silalahi ‎@HMS.. Sattabi jo natua-tua, ahu jo mangalusi sahalion, tiap tahun mau pesta bolahan amak, selalu di upload status 'MENANTANG SILALAHI RAJA SECARA ADAT-DAN TERHORMAT'... Hoooaaaammmmm :P
      Senin pukul 16:28 melalui seluler ·
    • Tony Tongon Silalahi Sattabi, adong telepon masuk :).. Jadi molo songon nanidokmi anggia totok, berarti kalian lah dulu yg menantang kami :) kami tunggupun

      _Sarulim Palti,.. Hahahaa, ditekong ateh, lanjutma, ahu adong siulaon, nga lalap mangkuling teleponon, molo dison tarhona do US$120 molo manyetir sambil mertelepon, jadi on hupalapalai mambalas Komen hehehee
      Senin pukul 16:38 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi terbalek2 aja cakap :p
      Senin pukul 20:56 · · 1
    • Tony Tongon Silalahi Hahahaha.. Dik, saya menjawab seluruh pertanyaan anda.. Tetapi tidak satupun pertanyaan saya dijawab... Sekarang malah melarikan pembicaraan.. Hee tahe nalilu on sai lalap, dang holan oppungna, hape sahat tu siminikna... Totok_ anda silalahi raja darimana? Nama panggilan orang tua siapa (amani/opungniise?) Dan opungmu panjouonnya siapa?, kemudian opungnya bapak (nini/nono) panjouon/panggilannya siapa?Keturunan keberapa dari silalahi raja?
      Senin pukul 22:24 melalui seluler ·
    • Totok BluesMan Silalahi gak ada yg bagus jawabanmu. besok lah kita lanjut :p
      Kemarin jam 1:04 ·
    • Wingfod Haloho Sdra2 ku Suku Batak Pakpak Dairi. Sdh terlalu banyak status si Totok BluesMan Silalahi dkk, yang selalu menyudutkan suku kita. mari kita bersatu untuk meminta pertanggungjawaban si Totok Blus ini.
      Kemarin jam 10:41 · · 1
    • Rahmad Silalahi R O jangan kau menyebut orang Pak Pak Itu bodoh ,berarti kau juga sengaja tidak sengaja udah menyatakan bahwa opp boru kami( Pinggan matio br Padangbatanghari )bodoh, yang paling bodoh di atas dunia ini adalah kamu sendiri RO
      22 jam yang lalu ·
    • Haris Silalahi ise muse si RO on..?
      hehehe
      20 jam yang lalu ·
    • Totok BluesMan Silalahi R O itu Raja Onggu Rumasondi, yaitu rundut paling pertama marga Rumasondi ...
      19 jam yang lalu ·
    • Haris Silalahi aha muse artini "rundut" on...??
      wkkkwkkk
      18 jam yang lalu ·
    • Leonardo Sipangkar Totok Gila..... jgn bawa2 orang....... lu kok tipikal pengadu domba bgt sih..... gw yakin suatu saat pasti lu kena batu nya..... sadar dong bro... udh tua... jgn pancing2 orang terus.... seneng bgt bikin banyak musuh sih...... tobat bro ya..... selama ini gw liat omongan mu sampah semua......
      18 jam yang lalu ·

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.