Wednesday 25 January 2012

Jonnedi Silalahi Haloho

Pada tahun 1984, naposo Silahi Sabungan Siantar mengadakan Tour wisata ke Tolping, Pangururan dan Silalahi Nabolak. Awalnya rombongan kekurangan dana dan ketika amang Brigjen Pol Edison Sihaloho ( waktu itu ) datang berkunjung ke rumah keluarga di Pamatang kota Siantar mereka mengajukan proposal dan mendapat dana tambahan sejuta rupiah. Rombongan ini diketuai oleh Arnold Sihaloho dan yang ikut antara lain Eli Silalahi, Asner Silalahi ( Kadis PU Papua Barat sekarang), Ester br Tambunan (Kades Sidamanik sekarang) dan ada satu orang wanita br Silalahi dari Tolping yang sedang sekolah pendeta di STT Nommensen dan rombongan sekitar satu Bus 28 orang. Sebelumnya Boru Silalahi ini kalau ditanya tarombonya tidak jelas dan sesudah bertanya pada ortu-nya mengatakan Silalahi saja, dan kemudian dia me...ngaku boru Raja Parmahan. Perjalanan ke Tolping tidak begitu berkesan walaupun tua2 yang sudah berumur 85 thn dikumpulkan untuk mendengar sejarah Silahisabungan. Umumnya mereka tidak terlalu fanatik akan tarombo. Rombongan hanya terkesan melihat tugu Silalahi Raja di Tolping dimana ada tulisan juga KING SILALAHI. Setiba di Pangururan di kampung Lumban Silalahi, mereka disambut tua2 yang ada disana... dan dalam acara ramah tamah salah seorang dengan perpakaian tradisional Batak seperti DATU BOLON berkata : Barang siapa yang mengakui Tumaras akan segera MATI mengenaskan. Boru Silalahi Tolping tadi sudah mulai resah, dengan perasaan galau rombongan meneruskan perjalanan ke Silalahi Nabolak yang pada waktu besoknya pesta Tugu dengan Sihaloho sebagai bolahan amak. Malam harinya sewaktu acara manortor...( waktu itu PLN belum masuk dan penerangan hanya lampu petromak yang digantungkan di pohon2) rombongan meminta manortor. Eli Silalahi maminta gondang dan berkata : Kami percaya pada Kakek moyang kami hanya di Tumaras ini...alu-aluhon ma tu sahalani ompunta Silahi Sabungan........seketika datang angin puting beliung dan anehnya satupun lampu Petromak itu tidak ada yang jatuh. Tiba2 boru Silalahi Tolping tadi ( sekarang sudah pendeta HKBP) kesurupan dan berkata-kata akan hal ichwal Silahi Sabungan, pomparannya dan putrinya Deang Namora, lalu angin puting beliungpun berhenti. Sampai saat ini seluruh anggota rombongan masih hidup segar bugar dan berhasil, yang menandakan kutukan sewaktu di Pangururan tidak berlaku.( Sumber : Eli Silalahi, wakil ketua bidang adat dalam rapat Sondi Raja semalam di rumah Maruahal Silalahi 16-1-2012.
· · 18 Januari pukul 12:28 ·

  • Demson Sihaloho menyukai ini.
    • Jonnedi Silalahi Haloho Berarti nga tibu par Pangururan on, sakit hati, sampai mangutuk, alai dang mampan kutukan na i, artinya sesuai dengan hukum tertinggi Raja Silahisabungan Batu Gadap-Batu Jong-jong bahwa TUMARAS adalah benar.
      18 Januari pukul 12:53 ·
    • Pinggan Matio BatangHari HAHAHAHAHA.... JONNEDI SILALAHI HALOHO PARGABUS NASOHASEA NASOMAILA.......!!!! DOKHON JO TU SUDE 7TE TERUTAMA TU SIHALOHO I, ASA LAO TU BATU GADAP-BATU JONGJONG, SUNGKUN JO ISE DO NATOHO... BATANGHARI MANANG MATAHARI???
      18 Januari pukul 13:38 ·
    • Pinggan Matio BatangHari SORRRY, MAKSUDNA MATANARI......
      18 Januari pukul 13:40 ·
    • M Hansari Silalahi Sian kalimat mon pe nga margabus lakkam JH.
      Tahun 1984 nimmu,sadihari adong Tugu Silalahi Raja di Tolping molo tahun 1984 do?
      18 Januari pukul 13:40 ·
    • M Hansari Silalahi Adong hea terbukti Batu gadap batu jonhgjong I berkhasiat?

      Ia nanggo tu Batu Gadap Batu jongjong I boan hamu persoalanmuna masalah Pingganmatio I.
      Sai na dibaen do.

      Naung adong do Batu Gadap Batu Jongjong disi sebelum dibangun Tugu Silahisabungan?
      18 Januari pukul 13:43 ·
    • Hermanto Tambun hehehe,,bahen jo amang jonedi alus ni sukuun2 hi...
      18 Januari pukul 14:33 ·
    • Tupa Silalahi nungga mate be si jonnedy i
      18 Januari pukul 16:05 ·
    • Japilus Wilson Silalahi Ai sakit hati nimu par Pangururan, sakit hati ahai muse Junaedi, boasa dokonmu sian tahun 84 baaaah,, sian naujui pe mungkin sian ompu tu ompu ta nga maralo. Boha pendapat mu, baen. . .
      18 Januari pukul 18:45 · · 1
    • Tarombo Raja Silahisabungan haha...cerita sampah...ntah iya ntah nggak
      18 Januari pukul 20:00 ·
    • Tarombo Raja Silahisabungan dan tidak ada esensinya
      18 Januari pukul 20:00 ·
    • Anthoni Mth Tambun O o..ada yang ketahuan rekapaksanya.....
      Ima jo sian au.....
      19 Januari pukul 14:59 ·
    • Bresman Silalahi loja nai si Jhonnedy on manurati akka naso marlapatan i.
      19 Januari pukul 15:09 ·

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.