Monday 4 April 2011

PSSM vs PDN

Apul Rudolf Silalahi

Poda Sagu-Sagu Marlangan (PSSM) >< Padan Dekke Na-Nilaean (PDNN); Fakta atau Rekayasa..? start>
Juan Muda Tambun Poda Sagu-Sagu Marlangan dohot Padan Dekke Na Nilaean, Fakta manang Rekayasa
bahen hitaon jo akka pandapot ni hitaon ate .
about 5 months ago • Report

Martua Benhart Sirait Beha, adong do jambar ni hata di boru?

Juan Muda Tambun Wkwkw. hamu nean amang hela. HAUMA sainganan nga lolo i
ate ! hehehe.
Dang nadia lae. asa apala tung husukkunon, na songon na gabe hira saingan
manang tandingan do huida "Padan" dht "poda" on, jadi gabe sukkun-sukkun
rohaku, sondo ula-ula ni namalo on laho menguathon argumen masing-masing ?
Ido i lae.
Btw, boru aha do namboru i tahe lae ? Horas jala gabe.

Martua Benhart Sirait Horas ma Lae! Ia ito muna boru Tambunan Lumbanpea do
pomparan Raja Panaransang, nomor 19 ma molo sian Silahisabungan.
Ala binoto do hamu admin ni grup on asa manunghun iba. Ia ragam ni jambar
adong do 4, ima jambar juhut, jambar hepeng, jambar ulos, dohot jambar hata.
Na dijaha do di alaman na asing so pasidohot dapotan jambar hata boru. Asa
jolo marpasinungkun do iba. Na sarupa do uhum ni grup on tu grup si songon i?
Manang tong do mangihuthon adat na somal, ima na dapotan jambar hata do tong
halak, atik pe boru. Alusi lae ma!

Juan Muda Tambun Olo. mauliate ma tutu lae, nga huantusi be na ni dok muna i
lae. Bebas tapi sopan do dison. Rencana pe lae. sandok na adong hubungan tu
silahisabungan bebas mambaen pandapot na membangun, jala dang masa monopoli
songon si TS dison, gabe dang sehat ! hehehe.
Pos roham lae. molo adong naeng si dohonon ni lae silahkan. lae punya jambar koq ! hhehehehe.
Oh iya. molo au marga Tambun sian Silombu do lae, Horas jala gabe.

Martua Benhart Sirait Mauliate ma Lae! Annon pe dijalo jambar i di tingkina.
Paimahon tanggapan ni angka hula2 i ma jo. Horas!

Juan Muda Tambun Mantap amang hela. ! hehehe.

M Hansari Silalahi jambar hata tu boru boi do asal unang marlobian,asa unang
gabe masa tujoloan ni ari mambahen umpasa pamoruon tu hula-hulana.
dalihan natolu ikkon tetap do tioponta molo taboto dope paradaton dihalak
batak.

Sintong Maruhum Bah. ada dia ! horas amang tua. MHS !

Anthoni Mth Tambun Horas.Bapa Uda S.M boasa sampe songoni Bapa Uda.?

Martua Benhart Sirait Ala topik on fakta vs rekayasa di PPSM atau PDNN,
denggan na ta bahen ma topik na imbaru taringot tu batasan ni jambar hata di
boru. Asa unang rundut diskusi on asa fokus tu soal PPSM vs PDNN. Songon i ma
usul hu.

M Hansari Silalahi adong naso setuju di pendapathu nahubaen sisaotik i?

M Hansari Silalahi MBS,hamuna do lae jumolo manaringoti jambar hata
boru,jala hamuna muse mambahen usul asa dipisahkan taringot jambar hata
diboru.

Juan Muda Tambun Bah. abang MHS, unang sai osam lae sirat i, si elekon do
boru molo tung sala. Hape toho do na ni dok ni lae i menurut ahu.

M Hansari Silalahi dang na mangosam au anggidoli,ai naburju do au marboru,alai
molo hurang pamoruaon niba doba ikkon baenon do sipasingot,ima sada tanda
holong niroha na margelleng.

Juan Muda Tambun Ala tahe. Tole ma molo songoni Abang MHS, manat-manat hita
marsi pasingotan. unang sampai adong natersinggung ate.
Lae nami sirait pe ba mengeti ma di namasa si sonari, lagi tinggi ampere ni
hula-hula mungkin! hehehe.

Apul Rudolf Silalahi siantabi ma tu hita sude na diloloan. tung apala aha ma
ulaning umbahen ta hatai jambar tuan nami. saonnari na gabe ulaon adat do on
debat pinungka ni anggi niba si juan muda on.?
molo songon na huihuthon sian awal gabe pilit do hatami ale bernhart raja ni
pamoruan nami. asa hudok songoni, molo na mangulahon adat do, tung anggi niba
si juanda on pe dang dope boi tampil tu loloan.
molo na huantusi (patingkos hamu molo salah), na adong do inisiatif ni si juan
muda on mangihuthon pola pikir-na jala marnida na masa di sitem demokrasi,
lumobi tu sude dongan na poso. asa boi berbagi "pendapat" dohot "pemikiran"
mamereng parsoalan na masa di hita pinompar ni ompunta i. dang aodng dison
marlangku istilah anak manang boru (nata pe na ingkon adong hubungan langsung
tu mudar ni ompunta i).
"one man one vote" dan kebebasan tidak dibatasi asal tetap dalam koridor yang
semestinya dan sewajarnya. sistem disini adalah demokrasi, molo dihata
batakhon "dos ni roha-nta do".
tung pe songoni di hamu penggagas (anggi doli juan muda), porlu do lehonon mu
"tata tertib" na gabe sada peraturan na marlangku di forum ni-ciptahon-mon.
mauliate mandongani horas dohot gabe.

Juan Muda Tambun Mauliate abang Apul, pintor parjolo do di boto abang aha na
di bagas Rohakku ! hehehe.
Okelah abang, aha na hurang suman di bereng hamu paingot halak abang ate.
14 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi Mauliate di Judul yg dibuat oleh anggidoli Pomparan Siraja Tambun, apakah PSSM dan PDNN, menurut pemikiran Logis saya PSSM itu mungkin ada, tapi keaslianya atau sudah
di rekayasa karena sudah seperti Hukum taurat hingga pakai nomor segala :)
logikanya apakah jika kita mamodai kita akan buat nomornya?
dalam menelusuri setiap kejadian hingga terjadinya Poda maupun Padan kita
harus tau kronologisnya secara berurut agar itu bisa ditelaah dgn baik.
yg saya tau selama ini dan cerita turun-temurun, terjadinya PSSM antara si 7
turpuk dgn Siraja Tambun adalah kejadian mendadak.
dimana saat Siraja Tambun yg seperti anak emas itu selalu mengikut Ompu
Silahisabungan yg kebetulan mau ke Paropo, dengan berat hati Pintahaomasan
borubasonabolon tdk kuasa menahannya dan ikutlah Siraja Tambun ke Paropo
dan entah kenapa namun diceritakan bahwa saat Siraja Tambun menemani si 7
turpuk, mereka berusaha mencelakai siraja Tambun yg mengakibatkan Ompu
Silahisabungan marah besar dan memanggil anaknya yg 7 turpuk itu untuk di
nasehati atau dipodai.
dari kronologis ini kita bisa pelajari, bahwa kejadian yg mematikan dan sangat
memalukan itu otomatis membuat silahisabungan marah besar saat itu dan
mengumpulkan anaknya untuk dipodai.
nah coba anda pikirkan, apakah dalam mamodai tersebut akan membuat
nomor-nomor?
apakah dalam kejadian mematikan dan memalukan itu perlu dipanggil Silalahi
raja yg tdk ada sangkutpautnya dalam masalah itu dan yg jauh diseberang pulau?
buka nalar anda..!
lanjut.
karena kejadian mematikan dan memalukan di paropo ompu Silahisabungan segera
balik ke Tolping, dan mengingat awal kejadian dimana si 7 turpuk meledek
siraja Tambun tentang dimana ibunya, pertanyaan itupun meracuni pikirannya
hingga dia mencari keberadaan ibu yg melahirkannya dan dgn berbagai cara dia
usahakan utk mendapat berita ibu kandungnya, mengingat kekukuhan dan amarah yg
tersimpan di benak siraja tambun bahwa ibunya ada ditempat lain, maka
Pintahaomasan borubaso nabolon yg sangat menyayangi siraja Tambun sangat cemas
atas kepergiannya yg mungkin tdk akan pulang ke Samosir lagi, maka untuk
mengikat hubungan anaknya Silalahi Raja dgn anak susunya Siraja Tambun, maka
dibuatlah pengingat mereka dgn Padan Dekke Na Nilaean.
kenapa harus Dekke? dekke ini bukan asal dekke sembarangan, iniadalah Ihan,
ikan istimewa dari segala sifat dan perlakuan dijelaskan dlm Padan tersebut.
kenapa tdk dekke sibahut atau dekke jahir? seperti yg saya bilang tadi Dekke
ini adalah Dekke Batak yg sangat magis dan mempunyai sifat yg sangat istimewa.
jadi mari kita pakai nalar untuk mengamati terjadinya sebuah "Kejadian" agar
kita bisa manangkap intinya dari kronologis.
Horas

Apul Rudolf Silalahi mari kita pakai nalar seperti yang anda inginkan (dan harus konsiten).,
1. kalau memang mendadak dan karena kejadian mematikan dan memalukan (menurut
anda hasil nalar atas sebuah cerita yang anda ketahui., yang sangat jauh
berbeda dari cerita yang diketahui orang lain., yang anda sendiri tidak bisa
membuktikannya)., kenapa isi dari PSSM tidak ada yang melarang abang tambun
yang 7 bersaudara untuk tidak mamokkik dan mamisat tambun.? kenapa justru
poda tersebut ditujukan untuk keturunan tambun dan keturunan abangnya yang 7
bersaduara.? inilah bukti VISIONER dan tindakan ANTISIPATIF. ! anda sampai
membawakan HUKUM TAURAT., apakah yang tertulis mengenai HUKUM TAURAT ada
penyebutan nomor seperti. HUKUM PERTAMA. JANGAN ADA PADAMU ILAH LAIN
DI-HADAPANKU; HUKUM KEDUA dan selanjutnya.? TIDAK ADA. demikian juga dengan
PSSM.!
2. Pada Masa Silahisabungan., sarana mamasu-masu boru yang digunakan
hula-hulanya memanglah harus IHAN., bukan DEKKE MAS.! namun mengingat
semakin sulitnya IHAN diperoleh (bahkan saat ini sudah punah dari TAO TOBA).,
digantikan dengan DEKKE MAS.! dan bisa saja suatu waktu di masa depan DEKKE
MAS juga punah maka akan digantikan dengan SIBAHUT atau JAHIR atau PORA-PORA.!
3. secara NALAR., bagaimana mungkin AIR SUSU (TARUS) boru BASO BOLON bisa
kembali mengucur mengingat anaknya SILAHIRAJA dipisahkan jarak puluhan tahun
dengan TAMBUN.?
4. secara NALAR bagaimana mungkin terlahir seorang anak perempuan berwujud
SETENGAH IKAN.?
5. untuk NALAR akan ada minimal 2 jawaban untuk tiap pertanyaan., yang
kembali menghasilkan minimal 3 pertanyaan., tak habis-habis tak ada ujung
pangkalnya., yang tersisa RASA TIDAK TERIMA berwujud KEMARAHAN.!
HIDUP NALAR.!

Basmen Tambun Hubaen saotik hatorangan Poda Sagu-Sagu Marlangan dohot Padan
Dekke Na Nilaean, Fakta manang Rekayasa?
Menurut ahu dang adong rekayasa nanggo apala saotik di PSSM & PDN .
Parjolo do Poda Sagu-sagu Marlangan Antara Hahadoli si 7 Turpuk dohot
Anggidolina Siraja Tambun Dibandingkan "Padan Dengke Nanilaean" Antara
Silalahi (Silahi Raja)-Siraja Tambun.
Sangat masuk akal kalau Hahadoli Silalahi Raja mengetahui adanya Poda
Sagu-sagu Marlangan, jala sebalikna Hahadoli Na 7 Turpuk (Sihalo, Situngkir,
Rumasondi, dst) dang mamboto Padan Dengke Nanilaean.
Penjelasanna.
Dung sae dibahen oppungta Raja Silahisabungan "Poda Sagu-sagu Marlangan"
antara Si 7 Turpuk dengan Siraja Tambun di paropo, laho dope Raja
Silahisabungan dohot Siraja Tambun tu Tolping mulak tu huta ni Inongna
napatarus ibana dohot Hahadolina Silalahi Raja. Pastido diceritahon Siraja
Tambun kejadian namasa di Paropo i sude tu hahadolina Silalahi (silahi Raja)
dohot tu inong na patarus ibana. Alani ahado asa pola ingkon songoni karasna,
jala alani aha asa songoni pandele ni Siraja Tambun, ingkon luluan ni Siraja
Tambun inongna pangintubu jala aha naterjadi di paropo.
Dung hira-hira sadia leleng dung diboto Siraja Tambun didia inongna, jala ise
inongna namanubuhon Siraja Tambun, dibahenma Padan Dengke Nanilaean antara
Silalahi dohot Siraja Tambun.
Dung dibahen Padan Dengke Nanilaean i, dang laho be Siraja Tambun tu Paropo,
pintor laho nama Siraja Tambun menyeberang/manaripari tao mangalului inongna
dohot Tulangna tu Sibisa. (Ido alana dang diboto Si 7 Turpuk PDN).
Dang adong be napaboahon tu hahadolina si 7 Turpuk nadi Paropo na adong do PDN
i, kecuali Silalahi Raja dohot anggi dolina Siraja Tambun.
Alai nagpe songoni tung pinaboa pe, laos bohape dibahen Pomparan Siraja Tambun
paboahon, jala songoni ma pardalanni i, dang nalaho angkuanna i jala dang hea
olo mangakui i. Alana memang sian najolo pe nunga songoni karakter ni hahadoli
si 7 Turpuk berusaha meniadakan Hahadoli Silalahi (Silahi Raja).
Maaf dihamu sude hahadoli si 7 Turpuk. Dang adong untungna, jala dang adong
lapatanna tamba2an nami PDN i asa adong masalah.
Mengenai lebih tarbarita begeon PSSM tu PDN, itu adalah masalah songon iklan
do i daboah.
Alai napaling penting dang apala masalah lebih tarbarita dihami pomparan
Siraja Tambun. Dia ma napaling hona dihilala rohanami nagabe sibahen nadenggan
diparngoluon nami Pomparan Siraja Tambun.
Huhilala rohanami dang adong beda ni PSSM & PDN.
Dua-duanya adalah sama-sama untuk mengeratkan sesama anak Raja Silahisabungan.
Bedanya hanya; yang satu adanya karena perselisihan/persoalan sementara yang
satunya karena keakraban/Kasih sayang.
Horasma dihitaon saluhutna Pomparan Silahisabungan.
Mauliate
14 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi itulah makanya saya bilang PSSM yg ada sekarang adalah Rekayasa,
karena kejadian poda adalah karena berantam, otomatis yg terjadi adalah
mamodai, apakah mamodai pakai nomor? lihat PSSM yg pakai nomor.
Nilai Histori dan sifat hidup si ikan itulah yg dibuat menjadi panutan yg
marpadan tersebut, karena padan itu bisa dilambangkan dgn apa sekalipun.
jadi menurutmu apa lambang antara padan tampubolon dgn Silalahi, apakah berupa
ikan atau yg lainnya tdk tau bukan? atau mungkin anda tau?
jadi tdk ada hubungan pemberian ikan mamasu-masu boru dgn padan tersebut, atau
apakah mungkin dibuat namargoar kepada anak tersebut? apakah Silahi raja dan
Siraja Tambun hula-hula Silahisabungan?
yg diambil disana adalah nilai ikan dan sifat ikan tersebut agar menjadi
contoh dalam saling mengasihi dan tolongmenolong bagai dekke simudur-udur
(bersama ke dolok dan ketoruan)
mengenai berairnya susu Pintahaomasan boru basonabolon, apakah anda percaya
dengan Doa dan mujijat.? kalau saya sangat yakin dan logis.
mengenai manusia setengah ikan itu allahualam, Tuhan yg mengatur segalanya.
Horas

Apul Rudolf Silalahi berarti definisi NALAR antara kita berdua saja sudah tidak sama kawan.!
NALAR., MUKJIZAT., DOA., LOGIKA., TUHAN.! seperti seorang EINSTEIN dalam
rupa SIDHARTA.!
kita sudahi sajalah perbincangan ini.!

Raja Silalahi kita disini memberikan pencerahan kepada para pembaca disini
sesuai dgn permintaan anggidoli Pomparan Siraja Tambun, biarlah mereka
memilah-milah mana yg benar, kita takperlu menutup pembicaraan, jika saudara
tdk berkomen lagi itu urusan saudara.
Horas

Apul Rudolf Silalahi maksud saya juga antara anda dan saya (hanya anda dan
saya) di topik ini.,
karena saya yakin nggak akan ada titik temunya kalau seperti tadi itu.!
salam.!

Raja Silalahi saya hanya membikin pencerahan terhadap pertanyaan anggidoli
Pomparan Siraja Tambun, tapi anda menyerang tulisan saya sekarang anda minta
dihentikan yah terserah anda, karena saya tdk mengundang anda untuk mendebat
tulisan saya.
jadi biarlah para pembaca memilah-milah mana yg menurut mereka berterima.
Horas.

Apul Rudolf Silalahi kalau begitu saya yang keliru mengartikan tulisan anda
sebagai tanggapan atas tulisan saya., untuk itu mohon lah dimaafkan.!

Demson Sihaloho Horas Appara Raja Silalahi,
Santabi hu-jou hamu appara ate, na huanggap do hamu silalahi raja (molo salah
ahu, pasingot hamu), jala dang tota dope parhundul-muna.
Jangan mengartikan PODA sebagai sesuatu hanya karena telah terjadi “kejadian
mematikan dan memalukan†seperti yang appara bilang. Jangan persempit artinya
sebatas yang appara tahu.
Coba buka kamus batak dan cari arti PODA, ini saya berikan artinya PODA =
saran, ajaran, pengajaran, nasehat, amanat
Dan bedakan arti PODA dengan PANGUHUMAN (UHUM). Nalarnya, kalau seperti yang
appara bilang “kejadian mematikan dan memalukan†maka sewajarnya yang ada
adalah PANGUHUMAN.
Kata-kata bijak appara â€kita disini memberikan pencerahan kepada para
pembacaâ€, maka janganlah melakukan â€black campaign†dengan mendangkalkan arti
sesuai dengan keinginan appara.
Mauliate.

Raja Silalahi yo. uwes kita orang karo legowo toh?

Juan Muda Tambun Puji Tuhan ma bah ! akka namalo do hape pomparan ni
Silahisabungan on.
Sabotulna aut boi rappak hundul hitaon dohot manat-manat marsisukkunan,
huhilala apala hatop do selesai permasalahan ni hitaon.
14 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi bah.sepertinya appara Demson Sihaloho ikut mengcounter
pencerahanku atas pertanyaan Anggidoli Siraja Tambun.
seperti umpasa ma dohonon, Tuat sian dolok marsipatu huling-huling, boha
pogosni damang ikkon alusan do namangkuling"
jadi saya mencoba menjawab sanggahan dari appara Demson Sihaloho, mengenai
ucapan appara tentang dang tota parhundul muna apa maksudnya, parhundul muna
apa parhundulta?
kita berpatokan kepada alur cerita terjadinya Poda.
poda terjadi karena apa?
1. jelas didalam kasus ini terjadi PSSM karena ada yg bersaudara (kakak
beradik) berantam nah apakah untuk kejadian itu perlu seperti butir-butir PSSM
yg sekarang? saya pikir itu dalah rekayasa.
saya tdk ada menyangkutkan Hukum disini karena tdk ada hubungannya dgn Poda,
dan Silahisabungan tidak mungkin menghukum anaknya sendiri walaupun itu
menyangkut nyawa, seperti pengertian anda tentang Hukum sekarang.
appara Demson Sihaloho apakah saya atau anda yg melakukan black Compaign
biarlah khalayak pembaca yg mengartikan.
Horas

M Hansari Silalahi Satu hal yang perlu saya tanya disini.
1.Apa permasalahah si Raja Tambun di Paropo sehingga beliau bersikeras untuk
mencari ibu yang melahirkan nya??
2.Kalau memang Raja Tambun tidak bermasalah di Paropo,kenapa beliau harus
hengkang dari Paropo?
3.Kalau ada secara resmi bagian atau hak Raja tambun di paropo,siapa pomparan
Raja Tambun yang saat ini berdiam diri di tanah yang menjadi bagian tersebut??
4.Kalau memang juga bukan karena ada sejarah yang menggoreskan bahwa Raja
tambun sakit hati terhadap hahadolinya sipitu turpuk yang di Paropo.kenapa
sampai saat ini pihak anggidoli pomparan Raja Tambun tidak ada niat untuk
mencari tanah atau hak yang menjadi bagian dari mereka??
Mari kita evaluasi yang saya pertanyakan tersebut.
Sia-sia kita bicara panjang lebar,namun pokok permasalahan tidak kita
selesaikan.

Demson Sihaloho Horas appara Raja Silalahi,
Sebenarnya â€mengkounter†bukan-lah istilah yang tepat. Saya hanya memberi
pengertian saya atas pandangan/pendapat appara dalam mengartikan PODA.
Appara, maaf ya, agak dangkal dasar appara memutuskan PSSM sebagai rekayasa
karena yang sekarang appara melihat PODA itu ditulis dalam butir 1, 2, dst.
Janganlah lihat 1, 2, dst nya, lihat isinya lah.
Pendapat saya, PSSM dan PDNN adalah fakta (karena ada yang meyakini
turun-temurun), tapi karena keterbatasan kemampuan, kemauan, dll dari para
leluhur kita jaman dahulu, maka itu tidak dituliskan dalam bentuk tulisan atau
prasasti. Cuma, -menurut saya- para pelakunya beda: PSSM dilakukan oleh pelaku
pertama (Para Ompu i) dan PDNN dilakukan oleh generasi berikut (Para Pomparan
Ompu i) dan mungkin lebih spesifik lagi seperti pendapat anggi ARS: â€.yang
melakukan PDN adalah Pomparan Tambun Uluan dan Pomparan Silahirajaâ€.
Mauliate.

Basmen Tambun Dear All Hahadoli nami;
Sahali nai hupangidohon dohot gomos tuhamu hahadoli nami, Unang ma tabahen
angka si parsoada namambahen hancit niroha. Molo tung pe diparsoada hamu
hahadoli Silalahi (silahi raja), jala didok hamu dang adong PDNN, hurasa dang
boi gabe hamu hahadoli si 7 Turpuk na lebih karas mandok nasoadong hahadoli
Silalahi (silahi Raja) jala dang boi dohonon muna mandok PDNN nasoadong,
manang didok hamu Holan Tambun Uluan namandalathon i, alana sude do hami
Pomparan Siraja Tambun mandalathon PDNN i.
Molo tung pe adong sian Internal nami Pomparan Raja Tambun naso mamboto PDNN i
manang naso mangihutthon PDNN i, tugas nami doi pomparan Siraja Tambun do
pabotohon tu nasida asa diboto nasida PDNN i, dada gabe hamu hahadoli nami si
7 Turpuk na gabe songon nalebih karas mandok nasoadong PDNN i. Dang adong
urusan muna hahadoli si 7 Turpuk nanggo saotik tu PDNN na hudalanthon hami.
Urusan nami Siraja Tambun doi dohot hahadoli Silalahi (Silahi Raja).
Pagidoanku tu hamu sude hahadoli si 7 Turpuk, Sotung ma dilecehon hamu PDNN i,
alana padan nami doi tu Hahadoli nami Silalahi (Silahi Raja). Dang parsidohot
hamu hahadoli si 7 Turpuk di PDNN i.
Urusan ni Hahadoli si 7 Turpuk tu hami pomparan Siraja Tambun ima Poda
Sagu-sagu Marlangan (PSSM).
Sebalikna hahadoli Silalahi (Silahi Raja) pe dang boi antoanna manang alani
aha PSSM i, urusan ni hami Siraja Tambun dohot hahadoli si 7 Turpuk doi.
Horas Mauliate Pomparan Silahisabungan

Raja Silalahi appara Demson Sihaloho, bukan hanya masalah 1,2.dan 3nya yg
sudah dimodifikasi, tapi kita harus tau latar belakang kenapa sampai Poda itu
terjadi dan apa akibatnya. dari situ kita bisa pastikan isi poda itu tidak
sedemikian rupa, namun karena utk melancarkan misi dan visi ke pomparan Siraja
Tambun maka Poda itu seakan dibuat sedemikian rupa hingga terkesan elegan, dan
memang missi itu ada hasilnya dimana sebagian Pomparan Siraja Tambun ada yg
terpengaruh dan setiap Pomparan Siraja Tambun mencoba bicara tentang kebenaran
langsung anda mengcounter dgn Poda sagusagu marlangan itu.
jadi seperti yg saya sampaikan sebelumnya, buatlah pencerahan Versimu dan
begitu juga versiku sesuai dgn Pertanyaan diatas, biarlah Para pembaca
menilainya secara baik.
Horas

Henok Baruara Kenapa ada UUD45? karena ada negara NKRI, kenapa ada Poda Sagu-
Sagu Marlangan karena ada Pomparan Silahisabungan yang besar.
Intinya adalah landasan Hukum. Hukum modern dengan hukum adat adalah cermis
sebuah daerah ataupun wilayah yang memiliki penduduk lebih dari 2orang.
Jadi sangatlah bijak dan sangatlah orang terhormat dan Siboto adat anggo
Ompungta Silahisabungan.
Alai sukkun sungkun tuhamuna sude:
1. Anggo memang ompungta Silahisabungan Siboto adat dohot siboto uhum BOASAMA
BAHENONNA PARPADANNAN TU ANAK NA seharunya dan sepatutnya PODA DO!!
2. Anggo memang ompungta Silahisabungan Siboto adat dohot siboto uhum BOASAMA
LEHONONNA DEKKE TU ANAKNA NA NAENG LAHO MARJALANG (DOLI-DOLI)? tohodo i di paradaton BANGSO BATAK?

Demson Sihaloho Horas appara Raja Silalahi,
Jaha ma jo pangidoan ni anggidolinta Basmen Tambun na diatas. Manat jaha jala
rimang-rimangi appara. Oloi-an mu do pangidoannai?
Mauliate.

Henok Baruara Sattabi dihamu hahadoli nami dang masa dohot dang hea adong
dihami pomparan Tambunan Mulia- Tambun Holing sian balige adong PDNN.

Henok Baruara To sude POMPARAN SIRAJA TAMBUN: Anggo bermasalah dope tarombo
muna unang pamalo- malohon hita mengomentari Tarombo Hahadolitta.
Pasaejo Tarombo muna ise do hamu siakkangan baruma boi mengomentari Tarombo ni
Hahadolitta. Mauliate.

Raja Silalahi appara Demson Sihaloho, sebelum menanyakan saya, tanyanyakanlah
kepada dirimu sendiri, yg jelas saya hanya memberikan pencerahan tentang Judul
dari pada postingan di group ini.
Horas

Demson Sihaloho Horas di-haroro-muna i anggidoli Henok Baruara,
Tarsonggot ahu diharoromuna hira parsonggop ni lali mangaroro ihan di tao
silalahi an.
Labe-labe bahen hamu, ai ahu on agak mura mallobok-lobok tarotokku. Unang gabe
jantungon iba.he.he.

Henok Baruara Sattabi Abang.Sogot do nian Haroro niba di porum on, sipata
porludo binahen sahali-sahali he.he.he.
Salam pajumpang muse di perdebatan on.
14 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Basmen Tambun Henok Baruara; Jolo manat majo patangkas hamu tu natua-tua muna
nasian Baruara, molo tohodo hamu jala asli sian baruara, huhilala na
sodiajarhon bapa uda i hian tu hamu PDNN i. Molo dang, terakhir on nama hamu
berobah sikap tanpa alasan. Anggo sebelumna i, jelas do diboto Tambun nasian
Baruara PDNN i. Songoni tong nasian Tambunan Lumban pea, adong do pernyataan
ni halak anggi doli i, na mengaku Hahadolina Silalahi (Silahi Raja) buha baju
ni Silahisabungan. Molo tungpe sonarion gabe diparsoada, naberobah sikap nama
i ala terpengaruh tu angka hahadoli Si 7 Turpuk.
Horasma dihamu Henok

Henok Baruara Basmen: Sahali nai hudok tulakkam.Unang INTERVENSi tarombo
nami, tarombo muna sotakkas dope naengma tarombo nami manang tarombo
nihahadoli di pature- ture lakkam. Nungan hudok tu ho anggo memang Siraja adat
do Ompungta Silahisabungan Di OLO I OMPUNG DO PASAHATTON DEKKE TU ANAK NA
DOLI-DOLI tu pangarattoan manang tuparjalangan?? manak jo pikkiri dekkei ate.
Attusi jolo songon dia pardalan ni dekke di paradaton ni halak batak. Dang hea
adong do pe pengakuan sian pomparan Tambunan Baruara menyatakan BUHA BAJU
SILAHISABUNGAN SILALAHI RAJA.

Basmen Tambun Songon nalam malo do ho poang marbahasa batak. alai sian IP
address mu na mangkirim pesan on, songon na si curiga do lakkam Henok. ada
kesamaan.:)

Basmen Tambun Hualusi majo poang sukkun2 mu on: Anggo memang Siraja adat do
Ompungta Silahisabungan Di OLO I OMPUNG DO PASAHATTON DEKKE TU ANAK NA
DOLI-DOLI tu pangarattoan manang tuparjalangan??
Alusna:
Adat do dihalak batak mangalehon dengke tu ianangkonna. Maksud na dison dengke
on ima Dengke Simudur-udur. Molo didok dengke si Mudur-udur dang hea olo sada
ekor on disada inganan, pinomat ingkon adong manang na 10 manang 20 ekor, jadi
nadi maksud Dengke on ima sejenis Ihan do on na jolo, molo sonari dang adong
be jumpa on di Tano Batak.
Jadi dipasahat Oppungta Raja Silahisabungan Dengke Simudur-udur on tu Siraja
Tambun dohot Hahadolina Silalahi (Silahi Raja), asa mengikat perjajian manang
songon tanda Parpadanan do on tingki laho mulak Siraja Tambun tu Huta ni
Tulangna laho mandapothon Inongna namanubuhon ibana. Molo dung mulak Siraja
Tambun Tu Sibisa, asa Rap Mudur-udur do haduan muse Pomparan ni Siraja Tambun
dohot Pomparan Ni Silalahi (Silahi Raja).
Hubaen sada contoh dihita, adat do disada hita halak Batak pasahat dengke tu
Gellengna misalna adong Malua sian Gareja, dung mulak sian Gareja dipasahat
natua-tua dengke tugellengna. Mungkin molo halak Batak Kristen do ibana, tontu
heado di Parrohahon hamu i. molo dang boi dipasukkun hamu tu angka natua-tua
siboto adat.
Mauliate

Basmen Tambun Diantusi hamu do nuaeng lapatan ni Parpadanan i?
Jempek dope hape pangantusionmu taringot arti ni Padan.
Molo dihalak batak, dang adong aturan dihalak molo marpadan ingkon naso sa
ama. Jala tarida sian lapatan ni Padan i ima;
Ala nanaeng borhat ma Siraja Tambun manjumpangi Inongna tu huta ninTulangna,
Jadi asa unang lupa do haduan muse angka pomparan ni Siraja Tambun suang
songoni nang Pomparan ni Silalahi (Silahi Raja) molo dung mulak Siraja Tambun
tu Sibisa ima dang lupa tu hahadolina Silalahi (Silahi Raja) jala
marpinompari.
Jala tangkas do antusan muna tong di makna ni padan i;
-Asa tongtong songon aek ni utte namarhamaranggi ima Siraja Tambun dohot
Silalahi, Tung naso jadi marsipaetek-etehan, ikkon saroha tudolok tu toruan.
Mauliate

Raja Silalahi anggidoli Henok Baruara, taringot tu sukkun-sukkun mi, hape
nunga jelas hupatorang dipencerahanki mulai sian ginjang ima jaha, molo
songonnidokmi molo Raja do Silahisabungan boasa sagu-sagu sitompion dibaen tu
gellengna namarpodai, adat do molo sagu-sagu dibaen tugellengna di paropo?
Horas

Raja Silalahi dan jika acara yang membuat Poda itu begitu luarbiasanya kenapa hanya sagu-sagu yang tdk berarti itu dibuat untuk mereka, dimana arti seorang raja silahisabungan hingga tdk
punya apa-apa selain hanya sagu-sagu, dimana adatnya silahisabungan memberi
sagu-sagu kepada anak-anaknya, coba jawab anggia Henok Baruara.
Horas

Henok Baruara Bah.boha do siap doho puang berdiskusi?? unang gabe rittik
annon lakkam ateee.
Dekke Simudur- udur
Berarti sian hatami nunga "PASAHAT ON ADAT"
Adongdo mandokkon dekke siudur-udur manang dekke sitio-tio, dekke sahat.
"Asa sai mudur-udur ma hamu tu dolok tu toruan, sai tio ma angka ngolu tio
pancarian. Sahat ma tutu angka nauli, sahat akka nadenggan".
Anggo dihutanami (DIHUTANAMI) Tulang do pasahatton on tu berena ditikki
tardidi, malua manang tarpasu- pasu. Ala marhula-hula do natua-tua, marboru
dohot mardongan sahuta mardongan ale-ale. Ido anggo adat.
Anggo dihalak batak pasahatthon "ADAT" ingkon do dijoloni loloan, ingkon ma
lengkap disi hula-hula, dongan tubu, boru, dongan sahuta.
Jadi tingkos jo bahen ai holan hamu do ditikki i pasahatthon adat padan dekke
nanilaean iii??
Anggo ompung nami Silahisabungan pasahatthon PODA do nasida tu ianakkonna.
Gabe jala horasss
14 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi Henok Baruara kamulah yg akan jadi rittik jika kamu mengatakan
tdk ada padan Dekke nanilaean antara Silalahi (silahi raja) dengan Siraja
Tambun ingat itu.
tdk ada hubungannya ataupun sangkut paut tentang paradaton dalam acara
pemberian Padan antara Silalahi dgn siraja Tambun, ini berlangsung didalam
keluarga (intern) jadi tidak berjalan apa yg kau maksud tentang dekke yg
harusnya ke boru dan namargoar ke hula-hula (tdk berjalan tudu-tudu sipanganon
disitu anggia).
acara ini adalah intern didalam pemberangkatan anaknya siraja Tambun ke si
Bisa, jadi dibuatlah Dekke Ihan (Dekke Batak) yg memang mengandung arti
historis agar mereka senantiasa saling bersama dan saling mengasihi.
jadi bagaimana dgn Sagu-sagu sitompion itu apa makna adatnya Henok Baruara.
Horas

Henok Baruara Raja Silalahi: Saya ucapkan itu hanya untuk basmen tambun,
mengumpamakan tentang padan dekke nanilaean dengan acara adat seperti sae sidi
ibana amongna do pasahatton dekke siudur- udur hape ulahon adat doi ninna.
Songonido adat di si tahe? nasoadong do tulang na?. Alae toema adat muna doi.
Alai anggo "Parpadanan do manang perjanjian" songon nadidok ni sibasmen museng
diginjang acara adat doi raja nami.
Anggo PDNN muna museng Raja Silalahi dang acara adat ate?? berarti poda doi
mungkin??.
Anggo di ADAT BATAK (DIHUTANAMI) pasahatton dekke tu anak na doli-doli/
boru-boru boi doi dohonon SULANG-SULANG lapatanna Nungan marsahit leleng
inakkonna jala dang be boi malum sahitnai jadi dibahen/dipasahat natorasna
nama dekke sulang-sulang tuanakna asa hatop MATE/ MONDING manang gabe
kebalikanna MALUM MUJIJAT TOTAL SIAN PARSAHITON. Tung pe songoni ipe adat doi
raja alai nunga mansai prustasi be anggo natua-tua singongoni dangtarbahen
nasida be nasongon dia.
Anggo ompung nami Silahisabungan pasahatthon PODA dohot UHUM do nasida tu
ianakkonna dang acara ADAT.
Patakkas hamu majolo jala rimang- rimangi hamu sukkun-sukkun hi ate?? SIBOTO
ADAT DO UMPUNG NAMI SILAHISABUNGAN SIBOTO UHUM JALA MARSAHALA dang hea dipasahat tu pompparanna dekke.
Mauliatema horas.horas.horas.

Basmen Tambun Henok Baruara. Jolo patandahon dirim dohot Tangkas. Anggo ahu
mandok, dang asli on Si Henok baruara on. Namenyamar do on. Molo barani lakkam
pajumpang hita marsituppolan. Ido daboah. :)

Henok Baruara Diskusi dengan dingin dan benar agar anda di pandang orang benar.
Maaf saya tidak punya waktu untuk yang tidak perlu.

Basmen Tambun Henok. Unang dirimpu roham naso godang donganhu Marga Tambunan
Baruara mambahas on, adong do Tambunan Baruara karejo di Dinas Pertanahan
Palembang sering do hami mardikusi jala tangkas do on dipabotohon ibana on tu
ahu.

M Hansari Silalahi Henok,saotik jolo hupatorang ate pandohanmu namandok dang
adong diboto Tambunan sian Balige Padan Dengke Nanilaean,molo ho mungkin dang
hea dope dibege lakkam PDNN i.
Bukti nyata anggidoli.mantan Pendeta kami Pdt SB Tambunan (maaf saya buat
detail,beliau Tambunan Baruara) saat ini amanguda tersebut sdh pensiun,beliau
tahu benar apa PDNN.Beliau juga tahu bagaimana hubungan antara hahadolinya
Silalalhi dengan Sihaloho.
Sebagai kenang-kenangan meninggalkan Punguan Kami:Pomparan Silalahi Raja dohot
Pomparan Raja Tambun,boru bere dht ibebere.Beliau memberikan kaset pita pada
kami sebagai tanda kenang-kenangan buat kami.
Isi dari kaset tersebut adalah lagu Silahisabungan yang mengatakan bahwa Istri
dari Silahisabungan ada 3 orang.
Tapi perlu saya informasikan,sebelum beliau menyerahkan kaset tersebut sama
kami,terlebih dahulu beliau memberikan pertanyaan buat kami.
Begini pertanyaanya:
Piga ma na diboto hamu nanialapni Op silahisabungan??
Sude hami mangalusi:3 halak do istri ni op silahisabungan.
Dungi didok ma muse:Antong molo songoni,nion ma kaset on hulehon tuhamu songon
sada kenang-kenangan tu Punguantaon,nangpe so parsidohot hami di Punguan on
alai huantusi hami do songondia turi-turian ni Op silahisabungan.
Kaset on nungnga adong hutiop on mulai sian doli2 au,ninna mandok tuhami.Mulai
tahun 1960an nungnga hutiop kaset on ninna tuhami.
Molo porlu diho anggidoli asa hucopy.
Jala dung pensiun amanguda on maringanan ma nuaeng di Medan,jala molo porlu
jala ingin do anggidoliku mamboto tarombo dht kaset na hudok on,silahkan
hubungi saya via inboks.
itupun bila ada niat untuk menelusuri silsilah ni Tarombo Silahisabungan.
Horas ma anggidoli.
13 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Demson Sihaloho Pencerahan: PODA SAGU-SAGU MARLANGAN
(sebuah tinjauan dari sisi penyajian makanan)
Pengertian PODA: saran, ajaran, pengajaran, nasehat, amanat
Pengertian SAGU-SAGU: Kue yang terbuat dari tepung beras dimasak tanpa gula
kemudian dipadatkan dibentuk menggumpal/membulat atau umumnya silindris.
Panganan ini pada PSSM dimaksudkan sebagai lambang pemberian
poda/petuah/pasu-pasu/nasehat.
Pengertian MARLANGAN: Pucat.
Pada umumnya kue sagu-sagu dicampur atau diolesi dengan kunyit agar warnanya
tidak pucat. Namun kue sagu-sagu pada saat penyampaian PSSM, kue sagu-sagu ini
sengaja tidak dicampur/diolesi dengan kunyit dengan tujuan agar terlihat
pucat. Sebagian sagu-sagu marlangan di buat berdiri (jongjong) dan sebagian
lagi dibuat tergeletak (gadap).
Sagu-sagu yang berdiri dimaksudkan memberi pengertian bagi anak hingga
pinompar Raja Silahisabungan yang patuh terhadap poda yang diberikan maka akan
berdiri tegak, sedangkan yang tidak patuh (mangose) terhadap poda yang
diberikan maka akan tergeletak seperti sagu-sagu yang tergeletak itu. Oleh
karena perlambangan seperti ini maka batu sijongjong dan batu sigadap yang ada
di Simarampang diyakini sebagai perwujudan dari sagu-sagu marlangan pada saat
penyampaian PSSM.
Kue sagu-sagu marlangan bukanlah sajian pokok pada penyampaian PSSM (dan
demikian juga pada adat batak yang berlaku hingga kini) akan tetapi sebagai
sajian tambahan terhadap sajian utama. Sajian (sipanganon) utama pada acara
PSSM adalah makanan seperti biasa ditambah dengan sipanganon na margoar
(bermakna). Pada PSSM sajian ini dibuat sebagai tudos-tudos (perumpamaan,
perlambang).
Sipanganon na margoar pada adat batak yang disampaikan oleh orang tuanya
kepada anaknya (doli-doli atau bujangan) biasanya adalah ayam jantan putih
polos yang mana jenggernya harus berdiri tegak (manuk mira na bottar si jambe
na uli). Dipotong menurut ruas-ruas persendian (tulang tidak boleh terpotong)
sehingga didapat bagian-bagian seperti: tulan, ulu, panukkoli, pat, dan lain
sebagainya. Potongan-potongan ini kemudian di masak (umumnya dipanggang) dan
kemudian disusun rapih di atas piring putih (pinggan) diatas nasi putih.
Masih banyak lagi jenis makanan yang tersaji bersama makanan najagar diatas
seperti namun tidak terbatas pada: daging yang dipanggang dicampur dengan
garam dan cabai, daging masak yang dicampur dengan darah (kedua jenis ini
dibungkus didalam daun pisang dibuat silindris yang satu ujungnya ditekuk dan
satu ujung lagi dibuat terbuka dan disisipkan bunga-bunga), daging masak yang
ditumbuk halus (jenis ini dimasukkan kedalam gulungan daun pisang berbentuk
kerucut), nitak (kue khas batak), anggir pangurason, dll.
Semua sajian-sajian makanan diatas kemudian lebih dikenal dengan sebutan
sipanganon najagar (makanan yang lengkap sempurna) secara adat batak. Makanan
najagar ini hanya disajikan pada saat-saat tertentu. Misalnya pada saat
anaknya akan menempuh ujian akhir sekolah, selesai mendapat pemberkatan sidi
atau malua, memberangkatkan anak merantau, lepas dari malapetaka atau sembuh
dari sakit parah, dan lain sebagainya.
Pada saat penyampaian makanan dari orang tua kepada satu orang atau lebih anak
ini, pada umumnya diundang saudara terdekat (namborunya, hahangnya dan
angginya) untuk ikut bersantap bersama. Ada keyakinan di orang batak jika
saudara terdekat-nya tidak diundang, maka tondi (sukma) saudara tersebut bisa
menagih (malitondi).
Selesai menyantap makanan, kemudian orang tua menyampaikan nasehat atau poda
atau wejangan yang dirasa perlu oleh orang tua kepada anaknya dan sesuai
dengan tujuan makanan najagar ini dibuat.
Pada saat ini tidak ada istilah kata mangampu dari anak, atau dengan kata
lain, nasehat atau poda atau wejangan dari orang tua kepada anaknya adalah
searah, dari orang tua kepada anak. Kalau namborunya hadir, maka diberi juga
kesempatan kepada namboru dan amangborunya untuk menyampaikan nasehat.
Demikian tinjauan dari sisi penyajian makanan pada penyampaian PODA SAGU-SAGU
MARLANGAN
Jakarta, 12/03/2010

M Hansari Silalahi Sagu-sagu marlangan ima:
Debban na binola,hapur na naniloppa,gambir na nilomang,pining na
binola,timbaho na nirasip,hubang na nilomang.
akka onma sudena dibahen dibagasan ampang/bante,diharoro ni hilap,hilap
marsisoroan,ronggur mallisik-lisik,ampang dohot pangisina i ma sude muba gabe
batu.
Digoari ma i :Namartua Simarampang.

Henok Baruara Amang Raja Demson Sihaloho:
"MARLUNDU SONGON NAPURAN, MARPADUNG SONGON LOSUNG
MARGADU SONGON HAUMA, MARBIBIR SONGON BATANG AEK
MARBINDU SONGON SURAT"
Nunga be adong lapatanni hata jala poda siboto parbinotoan siboto pangatusion
dang tu pangkataion nang diparngoluon siganup ari, asa dipagopas parbinotoan
asa unang mura talu dipollung jala ingkon une jala hot di ruhut ni parsaoran
marojahan holong dohot dame.
Mauliate dihamu amang.

Demson Sihaloho emma tutu.horas.horas.horas.
Horas rajanami aggidoli Henok Baruara, selamat pagi, selamat beraktifitas.
(hurang malo dope ahu marumpasa anggidoli, marpanganju hamu.he.he.)
13 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Basmen Tambun Hahadoli MHS; Alap tu Pekanbaru hulehon Tiket pesawat PP Jkt-Pbr
ninna hahadoli ma, manang hutitip tusi Basmen Tambun mangelehon langsung
tuhamu ninna hahadolima, Hujamin 100% dang mungkin olo i, alana tarida ma
bohina namargabus. :)

Apul Rudolf Silalahi saonnari asa lam tu majuna lam tu turena doba.,
ala songon na hudok dang boi tarbuktihon sude akka na masa na jolo naung salpu
marratus taon jala na manaksihon pe nunga be tong salpu., DA-I-DO.?
nunga lengkap dipatorang masing-masing na binotona taringot PSSM dohot PDN
i., molo adong dope na hurang puas pasahathon na dirohana (baik menggugat
ataupun menjelaskan) dang be marlapatan i., DA-I-DO.?
adong dua kubu : SI-OLO-I PODA dohot SI-PADALAN-HON PADAN., adong muse na
manjunjung duansa nata pe mardeba-deba., DA-I-DO.?
hape nunga pola marganjang panghataion dang singkop dapot dope alus na
sinungkun ni si juan muda. ima fakta do manang rekayasa.! mungkin di dok
rohani na patoranghon be dison., masing-masing ma mambuat kesimpulan na.,
DA-I-DO.?
sebelum kesimpulan i., adong do saran sian ahu na boi mambuktihon manang na
fakta do PSSM dohot PDN i manang na rekayasa., jala boi do on annon gabe
pegangan na MEYAKINKAN.!
molo PODA., nunga "teruji" hasaktion (kharisma) dohot hasintonganna., boasa
hudok songoni., alana nunga marpiga-piga hali dipangke laho padamehon
parsoalan na adong di 8 bersaudara., mangolu dope mareak nuaengon na
mangulahon PSSM di tambunan balige laho padamehon parsoalan na adong uju i
disi.,
alai ia PADAN., bahen hamu ma jolo padamehon parsoalan na masa di tambun
uluan.! alana songon na hihatindanghon hamu disan na DIYAKINI 3 tu 9 do na
jelas-jelas bertentangan tu na DIYAKINI par tambunan balige 2 tu 8.!
bahen hamu ma jolo.!
(unang sai lalap mar buruk sangka ate.!)

M Hansari Silalahi AT,ise namembutuhkan asa hukirim,unang holan nasian
pamamangannai natoho.kalau masih usia kita seumur jagung jangan terlalu
menganggap dirinya sdh besar.Dia do Henok,,alusi jolo nahubaen i,songon katak
dalam tempurung hubereng ho makkatai.Porlu di lakkam no hp ni amanguda i,asa
hulehon.Pahompuna dope hitaon Henok marimbanghon amanguda i.
Unang dokkon kedan hatami na mewakili Tambunan na sian Balige,pamajuhu
pandokmi,hape nanggo aha so adong dope pamotoanmu molo marimbanghon akka
pomparan ni anggidoli na sian Balige.
Ro ma ho tu Pekanbaru asa lao hita tu jabu ni akka amanguda Pomparan Tambunan
Baruara na sian Balige.
Pajago hu hubereng lakkam mambahen akka komentarmu na dison.
Idia natua-tua i di Dumai asa makkatai jolo hami.
Horas ma anggidoli.

M Hansari Silalahi ARS.tongdo dokkononmu Tambunan par Balige mewakili sude
paham 2-8 asa talanjuthon muse diskusita.
Bahen jolo komentarmu.

Henok Baruara Abg Hansari: Ingkon do paksahonnon mu sude saluhutna pomparan
Siraja Tambun di porbion asa pro tuhamu?? Ingkon i nama pangidoan muna??

Apul Rudolf Silalahi hansari. toras bahen hatam ala nunga memang na matoras ho ale.,
unang gabe na matua na so na tua-tua.,
lalap marpanungkun paula so mamboto sungkun-sungkun na ro.!
parjolo didok ho si sudi., nantoari sada si rapi., nuaeng tambunan par
pakanbaru sude., holan gabus sude.!
kan hea hudok tuho., langsung ma laho tu tambunan balige patangkashon na
tahatai i., parsuma do jala marisuang marsialusan dohot ho.!
na jempek on ma jo alusi., dia do jumolo binsar manang sirnom mataniari.?

M Hansari Silalahi HB.dang adong hupaksahaon hamu asa gabe sapendapat hita
taringot Tarombo Silahisabungan,alai unang dokkon gabe pendapatmu na mewakili
Pomparan Raja Tambun na sian Balige.pamaju hu hubereng ho namandok hatami.
Manang songon dia pe pangantusionmu taringot Tarombo na binotom hak mu
doi,alai unang gabe pendapatmu sendiri mandok na gabe parbinotoanmu na
mewakili pomparan raja Tambun na sian Balige.

M Hansari Silalahi alai ia PADAN., bahen hamu ma jolo padamehon parsoalan na
masa di tambun uluan.! alana songon na hihatindanghon hamu disan na DIYAKINI
3 tu 9 do na jelas-jelas bertentangan tu na DIYAKINI par tambunan balige 2 tu
8.!
bahen hamu ma jolo.!
(unang sai lalap mar buruk sangka ate.!)
ARS.pake simalolong mi kedan,aha hutulis di komentarhu.
Jaha jolo tulisan mu na hu copy paste i.
na didok ho do gabe sude tambunan sian Balige na memahami paham 2-8.
Terlalu kerdil do hubereng pikkiranmu Apul,nadirippu ho do na holan ho mananda
Tambunan par Balige??
Sai songon katak dalam tempurung do hubereng pemikiranmu.
Memang anda ini benar-benar pamangan ni ina-ina,untuk apa saya harus ke Balige
Untuk membuktikan masalah pemahaman Tarombo silahisabungan yang mereka
yakini??
pomparan raja tambun dari Balige masih banyak yang saya kena di Pekanbaru.
Sukkun jolo dongan turpukmu di Pekanbaru persentase Pomparan anggidoli Raja
tambun yang meyakini 1-3-9,dibandingkan dengan 2-8.
Pakolot hu do pemikiranmu poang sampe pola ikkon lao au tu Balige nimmu
manukkun nasida tentang pemahaman na diyakini nasida.
Pikiran anda benar-benar sekecil butiran pasir.

Apul Rudolf Silalahi lomom ma disi bah., sai tetap do gabe iba si surang
dibahen ho.!
nga toras ho hansari alai dang marna tua.! hatam pe holan na manontik
parbadaan., so sundat ramun., ia arga i poang dirim., rajai hatam.!

M Hansari Silalahi ARS.pamanganmu do mandok Tambunan sian Balige semua
memahami paham 1-2-8.
Jadi unang bahen pakkataion na membela diri.nadianggap ho do dirim naso adong
ditanda donganmu marga Tambunan sian Balige.
Makanya hudok jangan pernah berpikir bahwa dirimu hidup bagaikan katak dalam
tempurung.
masih juga saya katakan jangan pernah berpikir seperti kecilnya butiran pasir.
13 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Henok Baruara Sasitong na amang raja rappak marsiajar dope hita saluhutna di
paradathon dohot tarombo. Dang na adong gabe merasa sudah sangat mangat tusi
iba dison. Alai marsiajar pe iba tunatua-tua namalo do diparadaton tarsongoni
di partaromboan.
Bukankah ini forum debat?? Bukan forum anggar jago do kan??
Kembali ketopik,
Poda Sagu-sagu marlanagan dohot padan dekke nanilaean. Fakta manang
rekayasa??
To hamu amang Administrator nunga be takkas di perjelas abg Demson Sihaloho
taringot to PSSM.
Saunari tabahas majolo to PDNN:
Sebagian hamu mandok di ginjang perjanjian doi manang parpadanan umbahen
mardalan/ dipasahat dekke Simudur- udur berarti adong acara adat disi. Anggo
berjalan do acara adat ingkon do adong hula-hula, dongan tubu, boru dohot
dongan sahuta manang raja ninatua-tua. Alana menyangkut tentang parpadanan.
Hape sebagian hamu di ginjang mandok:
“Tdk ada hubungannya ataupun sangkut paut tentang paradaton dalam acara
pemberian Padan antara Silalahi dgn siraja Tambun, ini berlangsung didalam
keluarga (intern) jadi tidak berjalan apa yg kau maksud tentang dekke yg
harusnya ke boru dan namargoar ke hula-hula (tdk berjalan tudu-tudu sipanganon
disitu)”.
acara ini adalah intern didalam pemberangkatan anaknya siraja Tambun ke si
Bisa, jadi dibuatlah Dekke Ihan (Dekke Batak) yg memang mengandung arti
historis agar mereka senantiasa saling bersama dan saling mengasihi.
Nadia do nasittong??
Taringot tu paradaton ni Batak Toba tangkas dope dipadalan norma- norma/ruhut-
ruhut paradaton apalagi ma di jaman najolo.
Anggo holan INTERN pemberangkatan anggi doli naburjo dohonon to pangarantoan
ingkon do bahenonna gabe GOAR PARPADANAN??
1. SIBOTO ADAT DO SIBOTO UHUM OMPUNG TA SILAHISABUNGAN DANG TARBAHEN IBANA SI SONGONI hahadoli Raja!! Boasa?? hudok museng songon na di ginajang "anggo di
pasahat ompung silahisabungan do Dekke tu anak na doli-doli nadua ingkon do
salah satu gabe marujung/monding, hula-hula do pasahatton dekke to Pamoruanna
manang tulang tu bere, ibeberena ima HAGOGOAN ADAT BATAK NAJOLO.
(Sukkun-sukkun itikki parpadanan i rappa doli-doli do halaki nadua?)
2. Sepanjang Tarombo batak manang Sejarah batak danghea adong tabege
PARPADANAN TU NAMARAMARANGGI.
Jadi anggo secara paradaton, sejarah dohot tarombo ni halak batak dang be
sesuai to natapelajari, songon nima jo pendapat niba mauliate.
PANGIDOAN
Mari berdebat dengan akal sehat, tidak mendriskriminasi, dan berikan jawaban
yang memuaskan dan tidak saling menghujat.
I LOVE SILAHISABUNGA

Henok Baruara RALAT: I LOVE SILAHISABUNGAN

M Hansari Silalahi HB,sian godang ni sukkun-sukkun mon berarti dang adong
dope diboto ho manang aha taringot tarombo,didok lakkam namarsiajar ho
tarombo,alai di satu pihak do posisim.unang pola godang alasanmu molo dung
dang boi terjawab mu pertanyaan na hubahen.
Berng jolo komentarmu na nibahen mon.
2. Sepanjang Tarombo batak manang Sejarah batak danghea adong tabege
PARPADANAN TU NAMARAMARANGGI
Silahisabungan dht Sirajaoloan mambahen padan do nasida di nalaho marsirang
nasida di pulau Samosir.
Holan i ma jolo sada contoh na hubahen tu lakkam.
pelan2 pe nibahen tuho akka panorangion,asal ma unang tu ginjang pamerengmu
molo dung adong saotik diboto ho makkatai.

Juan Muda Tambun Molo boi nean. hitaon mardiskusi sehat dengan cara yang
sportif ! unang di biasahon klaim-mengklaim, alai hatahon hitaonma na taboto
secara objektif. Horas jala gabe.

Raja Silalahi Henok Baruara, saya tidak pintar dalam mengarang ataupun mencoba
mereka-reka agar cocok dgn kemauan, seperti yg dituturkan appra Demson
Sihaloho yg menjelaskan tentang acara Poda Sagu-sagu marlangan yg terdiri dari
banyak tetek bengek, jika memang seperti yg diceritakan itu ada acara adat
serta namargoar didalamnya kenapa justru Sagu-sagu marlangannya yg hanya
makanan tambahan justru di munculkan menjadi inti? kenapa bukan yg lain?
apakah seorang Silahisabungan yg beradat akan mengutuki keturunannya dengan
membuat siapa yg menuruti akan berdiri tegak dan siapa yg tidak menuruti akan
tergeletak?
kepada appara Demson Sihaloho yg mencoba mengarang bebas, bagaimana menurut
saudara dgn Padan Dekke nanilaean apakah saudara juga tidak berpikiran jika
hal itu juga dilakukan seperti kelengkapan dlm acara PSSM?
tapi saya tdk pintar mengarang seperti penjelasanmu diatas dan tdk mau mencoba
berpolemik tentang apa yg dimakan pada acara Padan Dengke Nanilaean itu, tapi
inti dan makna dari Simbol Dengke itu jelas adalah agar senantiasa Pomparan
Silahi raja (Silalahi) dan Pomparan Siraja Tambun agar selalu seiring sejalan
sampai selama-lamanya.
jadi agar jangan lari dari inti permasalahan dan jangan terlalu banyak
beropini dan mengarang bebas, marilah kita pelajari urutan cerita yg
sesungguhnya kenapa terjadi PSSM itu antara Si 7 turpuk dgn Siraja Tambun, dan
kenapa terjadi PDNN itu antara Silahi Raja(Silalahi) dengan Siraja Tambun.
karena itu merupakan rentetan kejadian yg tdk bisa dipisahkan dan di
penggal-penggal, karena jika di acak atau dipenggal-penggal kejadian itu akan
hilang keaslian dan pengertiannya akan bisa berbeda-beda.
Horas.

Raja Silalahi mengenai tidak ikutnya Silahi raja (Silalahi) dalam acara Poda sagu-sagu marlangan itu sudah jelas saya paparkan, atau mungki anda tdk menyimak saya akan ulang.
Poda sagu-sagu marlanga terjadi adalah karena Si 7 Turpuk mencelakai Si Raja Tambun bukan mencelakai Silahi raja (Silalahi), jadi saat itu otomatis di podai.
yg bermasalah adalah antara Si 7 turpuk dgn Siraja Tambun di Paropo, tdk ikut Silahi Raja (Silalahi) berantam dgn Si 7 Turpuk, jadi ngapain di panggil ke Tolping?
dan kejadian pembuatan Sagu-sagu marlangan itu tdk ada rencana sebelumnya ini hanya terjadi by accident dan menimbulkan kemarahan dan dipodai saat itu juga.
pelajari lagi Kronologisnya.
Horas

Demson Sihaloho Horas Raja Silalahi,
Kata-kata mencelakai, dipisat-pisati, dipokkiki, atau bahkan seperti tulisan Abdullah Silalahi SH: “…malah ada keinginan untuk membunuhnya”, adalah kata-kata yang PROVOKATIF dan BERNUANSA HASUTAN. Mungkin memang ada konflik itu, adakah diantara kita yang tahu pasti apa yang terjadi?, setahu saya (dan ini adalah cerita orangtua saya) konflik itu berawal dari terucapnya kata-kata “na so saina atau Tambun Raja bukanlah anak kandung Pinggan Matio”.
Atau mungkin appara Raja Silalahi punya bukti/fakta otentik tentang apa sebenarnya yang terjadi?, mohon dipaparkan disini (tapi dengan catatan jangan NINNA TU NINNA yaa).
Oke katakan memang ada konflik di Silalahi Nabolak,
lalu pada saat PDNN diadakan mengapa Ompu na-7 itu tidak dipanggil?. Aku duga jawabanmu juga by accident atau emergency.
Dan,
- mengapa beliau minta ditanom di huta (kampung) yang tidak dibuka-nya (huta na so pinukkana) ?.
- mengapa karena marahnya beliau terhadap salah satu atau lebih dari anaknya yang 7 itu, beliau memilih merendahkan martabatnya (paleahon dirina) didepan adiknya siraja oloan dengan pergi dari kampung yang dibukanya untuk minta dikuburkan di tanah/kampung yang bukan miliknya. SANTABI BOLON DI OMPU i !, NA SANGAP DO SONGONI?
Seperti saya bilang diawal kalimat APAPUN URUTAN CERITANYA (=kronologisnya) jadi jangan khawatir saya tidak menyimak tulisan appara.
Mauliate.
13 jam yang lalu · Suka

Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi Horas juga Appara Demson Sihaloho, kata-kata mencelakai itu memang terkesan Provokatif dan mengungkit tragedi itu sendiri, tapi itulah fakta yg takmungkin ditutup-tutupi, jadi jika kita ingin menelusuri sejarah secara objektif kita harus siap menerima baik-buruknya kejadian-kejadian yg sudah pernah terjadi, kita takperlu menutup-nutupi, hanya kita perlu sikap dewasa mari kita ambil positifnya saja jangan jadi menimbulkan dendam diantara kita. kita hanya ingin mempelajari rentetan kenapa harus terjadi PODA diantara Si 7 turpuk dengan Siraja Tambun dan kenapa terjadi PADAN diantara Silahi Raja (Silalahi) dengan Siraja Tambun.
rentetan kejadian terbongkarnya keberadaan ibu dari Siraja Tambun sangat memukul perasaannya yg ternyata ibu yg dipanggil selama ini di Tolping bukan ibu kandungnya maka Siraja Tambun dgn gigih ingin mengetahui siapa ibunya, tapi Silahisabungan dan Pintahaomasan boru basonabolon tidak siap untuk kehilangan anak kesayangannya maka mereka tidak memberitahunya dan mengatakan bahwa Pintahaomasan boru basonabolonlah ibu kandungnya.
namun ejekan dan sindirin si 7 turpuk yg mengatakan " yg ditolping itu bukan ibumu" telah membakar emosinya untuk mengetahui siapa ibunya hingga berbagai cara dialakukan hingga Silahisabungan tak berkutik utk menghindar lagi (kenapa tak berkutik? ada ceritanya)
jelas sudah ibu kandungnya ada di si Bisa Balige dan dia tidak terbendung lagi, melihat kejadian itu Pintahaomasan yg sangat menyayangi Siraja Tambun melebihi anaknya sendiri tidak mampu menahan lagi dan saat itu dibuatlah Padan Dengke Nanilaean antara Silahi Raja (Silalahi) dgn Siraja Tambun.
mengenai permintaan Silahisabungan untuk di kubur berdampingan dengan hula-hulanya Tuan Sorbadijulu saya pikir itu bukan merendahkan martabatnya justru dia menunjukkan eksistensinya di antara Hula-hulanya dan dia sebagai orang Batak yang harus dikubur juga di Tanah Batak.
Horas

Demson Sihaloho appara Raja Silalahi, anda bilang ".tapi itulah fakta yg takmungkin ditutup-tutupi,.".
apakah appara Raja Silalahi punya bukti/fakta otentik mengenai ini?, mohon dipaparkan disini (tapi dengan catatan jangan NINNA TU NINNA yaa).
satu lagi pemaksaan kehendak demi PEMBENARAN: ".bukan merendahkan martabatnya justru dia menunjukkan eksistensinya di antara Hula-hulanya dan dia sebagai orang Batak yang harus dikubur juga di Tanah Batak".
mauliate.

Apul Rudolf Silalahi susah berdiskusi kalau kesimpulan sudah ditetapkan di-awal.,
bukan sebagaimana harusnya diskusi untuk mengambil sebuah kesimpulan.!
yang ada dan yang terjadi semua dicocok-cocokkan dan dicari-cari jalan yang nggak jelas untuk diarahkan ke kesimpulan dimaksud.!
jadi bagi saya percuma semua diskusi ini kalau tidak konsisten dan konsekwen memakai cara, pendekatan dan dalil yang sama dan tidak mengikuti alur yang ada.!
yang saya saksikan adalah POLEMIK.!

Clarus Silalahi Boasa gabe berhenti?
Sebenarnya cukup menarik untuk diikuti, alai tu akka namambaen pendapat fokus ma nian tu topik ate.
Penilaianku; MHS langsung vonis tanpa argumen, Raja Sil, terlalu banyak bumbu cerita sehingga menimbulkan kesan dipaksakan, yang lain cukup baik.
Jadi kesimpulan sementara, PSSM itu valid, PDN masih perlu dibahas lagi ate. Hurang kuat dope argumen ni namaniop on.
(Sattabi disude molo mambaen penilaian ahu tanpa ijin)
>finish.

No comments:

Post a Comment

Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.