Apul Rudolf Silalahi 
Poda Sagu-Sagu Marlangan (PSSM) >< Padan Dekke Na-Nilaean (PDNN); Fakta atau Rekayasa..?
start> 
Juan Muda Tambun Poda Sagu-Sagu Marlangan dohot Padan Dekke Na Nilaean, Fakta manang Rekayasa 
bahen hitaon jo akka pandapot ni hitaon ate . 
about 5 months ago • Report 
Martua Benhart Sirait Beha, adong do jambar ni hata di boru? 
Juan Muda Tambun Wkwkw. hamu nean amang hela. HAUMA sainganan nga lolo i 
ate ! hehehe. 
Dang nadia lae. asa apala tung husukkunon, na songon na gabe hira saingan 
manang tandingan do huida "Padan" dht "poda" on, jadi gabe sukkun-sukkun 
rohaku, sondo ula-ula ni namalo on laho menguathon argumen masing-masing ? 
Ido i lae. 
Btw, boru aha do namboru i tahe lae ? Horas jala gabe. 
Martua Benhart Sirait Horas ma Lae! Ia ito muna boru Tambunan Lumbanpea do 
pomparan Raja Panaransang, nomor 19 ma molo sian Silahisabungan. 
Ala binoto do hamu admin ni grup on asa manunghun iba. Ia ragam ni jambar 
adong do 4, ima jambar juhut, jambar hepeng, jambar ulos, dohot jambar hata. 
Na dijaha do di alaman na asing so pasidohot dapotan jambar hata boru. Asa 
jolo marpasinungkun do iba. Na sarupa do uhum ni grup on tu grup si songon i? 
Manang tong do mangihuthon adat na somal, ima na dapotan jambar hata do tong 
halak, atik pe boru. Alusi lae ma! 
Juan Muda Tambun Olo. mauliate ma tutu lae, nga huantusi be na ni dok muna i 
lae. Bebas tapi sopan do dison. Rencana pe lae. sandok na adong hubungan tu 
silahisabungan bebas mambaen pandapot na membangun, jala dang masa monopoli 
songon si TS dison, gabe dang sehat ! hehehe. 
Pos roham lae. molo adong naeng si dohonon ni lae silahkan. lae punya jambar koq ! hhehehehe. 
Oh iya. molo au marga Tambun sian Silombu do lae, Horas jala gabe. 
Martua Benhart Sirait Mauliate ma Lae! Annon pe dijalo jambar i di tingkina. 
Paimahon tanggapan ni angka hula2 i ma jo. Horas! 
Juan Muda Tambun Mantap amang hela. ! hehehe. 
M Hansari Silalahi jambar hata tu boru boi do asal unang marlobian,asa unang 
gabe masa tujoloan ni ari mambahen umpasa pamoruon tu hula-hulana. 
dalihan natolu ikkon tetap do tioponta molo taboto dope paradaton dihalak 
batak. 
Sintong Maruhum Bah. ada dia ! horas amang tua. MHS ! 
Anthoni Mth Tambun Horas.Bapa Uda S.M boasa sampe songoni Bapa Uda.? 
Martua Benhart Sirait Ala topik on fakta vs rekayasa di PPSM atau PDNN, 
denggan na ta bahen ma topik na imbaru taringot tu batasan ni jambar hata di 
boru. Asa unang rundut diskusi on asa fokus tu soal PPSM vs PDNN. Songon i ma 
usul hu. 
M Hansari Silalahi adong naso setuju di pendapathu nahubaen sisaotik i? 
M Hansari Silalahi MBS,hamuna do lae jumolo manaringoti jambar hata 
boru,jala hamuna muse mambahen usul asa dipisahkan taringot jambar hata 
diboru. 
Juan Muda Tambun Bah. abang MHS, unang sai osam lae sirat i, si elekon do 
boru molo tung sala. Hape toho do na ni dok ni lae i menurut ahu. 
M Hansari Silalahi dang na mangosam au anggidoli,ai naburju do au marboru,alai 
molo hurang pamoruaon niba doba ikkon baenon do sipasingot,ima sada tanda 
holong niroha na margelleng. 
Juan Muda Tambun Ala tahe. Tole ma molo songoni Abang MHS, manat-manat hita 
marsi pasingotan. unang sampai adong natersinggung ate. 
Lae nami sirait pe ba mengeti ma di namasa si sonari, lagi tinggi ampere ni 
hula-hula mungkin! hehehe. 
Apul Rudolf Silalahi siantabi ma tu hita sude na diloloan. tung apala aha ma 
ulaning umbahen ta hatai jambar tuan nami. saonnari na gabe ulaon adat do on 
debat pinungka ni anggi niba si juan muda on.? 
molo songon na huihuthon sian awal gabe pilit do hatami ale bernhart raja ni 
pamoruan nami. asa hudok songoni, molo na mangulahon adat do, tung anggi niba 
si juanda on pe dang dope boi tampil tu loloan. 
molo na huantusi (patingkos hamu molo salah), na adong do inisiatif ni si juan 
muda on mangihuthon pola pikir-na jala marnida na masa di sitem demokrasi, 
lumobi tu sude dongan na poso. asa boi berbagi "pendapat" dohot "pemikiran" 
mamereng parsoalan na masa di hita pinompar ni ompunta i. dang aodng dison 
marlangku istilah anak manang boru (nata pe na ingkon adong hubungan langsung 
tu mudar ni ompunta i). 
"one man one vote" dan kebebasan tidak dibatasi asal tetap dalam koridor yang 
semestinya dan sewajarnya. sistem disini adalah demokrasi, molo dihata 
batakhon "dos ni roha-nta do". 
tung pe songoni di hamu penggagas (anggi doli juan muda), porlu do lehonon mu 
"tata tertib" na gabe sada peraturan na marlangku di forum ni-ciptahon-mon. 
mauliate mandongani horas dohot gabe. 
Juan Muda Tambun Mauliate abang Apul, pintor parjolo do di boto abang aha na 
di bagas Rohakku ! hehehe. 
Okelah abang, aha na hurang suman di bereng hamu paingot halak abang ate.
14 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi Mauliate di Judul yg dibuat oleh anggidoli Pomparan Siraja Tambun, apakah PSSM dan PDNN, menurut pemikiran Logis saya PSSM itu mungkin ada, tapi keaslianya atau sudah 
di rekayasa karena sudah seperti Hukum taurat hingga pakai nomor segala :) 
logikanya apakah jika kita mamodai kita akan buat nomornya? 
dalam menelusuri setiap kejadian hingga terjadinya Poda maupun Padan kita 
harus tau kronologisnya secara berurut agar itu bisa ditelaah dgn baik. 
yg saya tau selama ini dan cerita turun-temurun, terjadinya PSSM antara si 7 
turpuk dgn Siraja Tambun adalah kejadian mendadak. 
dimana saat Siraja Tambun yg seperti anak emas itu selalu mengikut Ompu 
Silahisabungan yg kebetulan mau ke Paropo, dengan berat hati Pintahaomasan 
borubasonabolon tdk kuasa menahannya dan ikutlah Siraja Tambun ke Paropo 
dan entah kenapa namun diceritakan bahwa saat Siraja Tambun menemani si 7 
turpuk, mereka berusaha mencelakai siraja Tambun yg mengakibatkan Ompu 
Silahisabungan marah besar dan memanggil anaknya yg 7 turpuk itu untuk di 
nasehati atau dipodai. 
dari kronologis ini kita bisa pelajari, bahwa kejadian yg mematikan dan sangat 
memalukan itu otomatis membuat silahisabungan marah besar saat itu dan 
mengumpulkan anaknya untuk dipodai. 
nah coba anda pikirkan, apakah dalam mamodai tersebut akan membuat 
nomor-nomor? 
apakah dalam kejadian mematikan dan memalukan itu perlu dipanggil Silalahi 
raja yg tdk ada sangkutpautnya dalam masalah itu dan yg jauh diseberang pulau? 
buka nalar anda..! 
lanjut. 
karena kejadian mematikan dan memalukan di paropo ompu Silahisabungan segera 
balik ke Tolping, dan mengingat awal kejadian dimana si 7 turpuk meledek 
siraja Tambun tentang dimana ibunya, pertanyaan itupun meracuni pikirannya 
hingga dia mencari keberadaan ibu yg melahirkannya dan dgn berbagai cara dia 
usahakan utk mendapat berita ibu kandungnya, mengingat kekukuhan dan amarah yg 
tersimpan di benak siraja tambun bahwa ibunya ada ditempat lain, maka 
Pintahaomasan borubaso nabolon yg sangat menyayangi siraja Tambun sangat cemas 
atas kepergiannya yg mungkin tdk akan pulang ke Samosir lagi, maka untuk 
mengikat hubungan anaknya Silalahi Raja dgn anak susunya Siraja Tambun, maka 
dibuatlah pengingat mereka dgn Padan Dekke Na Nilaean. 
kenapa harus Dekke? dekke ini bukan asal dekke sembarangan, iniadalah Ihan, 
ikan istimewa dari segala sifat dan perlakuan dijelaskan dlm Padan tersebut. 
kenapa tdk dekke sibahut atau dekke jahir? seperti yg saya bilang tadi Dekke 
ini adalah Dekke Batak yg sangat magis dan mempunyai sifat yg sangat istimewa. 
jadi mari kita pakai nalar untuk mengamati terjadinya sebuah "Kejadian" agar 
kita bisa manangkap intinya dari kronologis. 
Horas 
Apul Rudolf Silalahi mari kita pakai nalar seperti yang anda inginkan (dan harus konsiten)., 
1. kalau memang mendadak dan karena kejadian mematikan dan memalukan (menurut 
anda hasil nalar atas sebuah cerita yang anda ketahui., yang sangat jauh 
berbeda dari cerita yang diketahui orang lain., yang anda sendiri tidak bisa 
membuktikannya)., kenapa isi dari PSSM tidak ada yang melarang abang tambun 
yang 7 bersaudara untuk tidak mamokkik dan mamisat tambun.? kenapa justru 
poda tersebut ditujukan untuk keturunan tambun dan keturunan abangnya yang 7 
bersaduara.? inilah bukti VISIONER dan tindakan ANTISIPATIF. ! anda sampai 
membawakan HUKUM TAURAT., apakah yang tertulis mengenai HUKUM TAURAT ada 
penyebutan nomor seperti. HUKUM PERTAMA. JANGAN ADA PADAMU ILAH LAIN 
DI-HADAPANKU; HUKUM KEDUA dan selanjutnya.? TIDAK ADA. demikian juga dengan 
PSSM.! 
2. Pada Masa Silahisabungan., sarana mamasu-masu boru yang digunakan 
hula-hulanya memanglah harus IHAN., bukan DEKKE MAS.! namun mengingat 
semakin sulitnya IHAN diperoleh (bahkan saat ini sudah punah dari TAO TOBA)., 
digantikan dengan DEKKE MAS.! dan bisa saja suatu waktu di masa depan DEKKE 
MAS juga punah maka akan digantikan dengan SIBAHUT atau JAHIR atau PORA-PORA.! 
3. secara NALAR., bagaimana mungkin AIR SUSU (TARUS) boru BASO BOLON bisa 
kembali mengucur mengingat anaknya SILAHIRAJA dipisahkan jarak puluhan tahun 
dengan TAMBUN.? 
4. secara NALAR bagaimana mungkin terlahir seorang anak perempuan berwujud 
SETENGAH IKAN.? 
5. untuk NALAR akan ada minimal 2 jawaban untuk tiap pertanyaan., yang 
kembali menghasilkan minimal 3 pertanyaan., tak habis-habis tak ada ujung 
pangkalnya., yang tersisa RASA TIDAK TERIMA berwujud KEMARAHAN.! 
HIDUP NALAR.! 
Basmen Tambun Hubaen saotik hatorangan Poda Sagu-Sagu Marlangan dohot Padan 
Dekke Na Nilaean, Fakta manang Rekayasa? 
Menurut ahu dang adong rekayasa nanggo apala saotik di PSSM & PDN . 
Parjolo do Poda Sagu-sagu Marlangan Antara Hahadoli si 7 Turpuk dohot 
Anggidolina Siraja Tambun Dibandingkan "Padan Dengke Nanilaean" Antara 
Silalahi (Silahi Raja)-Siraja Tambun. 
Sangat masuk akal kalau Hahadoli Silalahi Raja mengetahui adanya Poda 
Sagu-sagu Marlangan, jala sebalikna Hahadoli Na 7 Turpuk (Sihalo, Situngkir, 
Rumasondi, dst) dang mamboto Padan Dengke Nanilaean. 
Penjelasanna. 
Dung sae dibahen oppungta Raja Silahisabungan "Poda Sagu-sagu Marlangan" 
antara Si 7 Turpuk dengan Siraja Tambun di paropo, laho dope Raja 
Silahisabungan dohot Siraja Tambun tu Tolping mulak tu huta ni Inongna 
napatarus ibana dohot Hahadolina Silalahi Raja. Pastido diceritahon Siraja 
Tambun kejadian namasa di Paropo i sude tu hahadolina Silalahi (silahi Raja) 
dohot tu inong na patarus ibana. Alani ahado asa pola ingkon songoni karasna, 
jala alani aha asa songoni pandele ni Siraja Tambun, ingkon luluan ni Siraja 
Tambun inongna pangintubu jala aha naterjadi di paropo. 
Dung hira-hira sadia leleng dung diboto Siraja Tambun didia inongna, jala ise 
inongna namanubuhon Siraja Tambun, dibahenma Padan Dengke Nanilaean antara 
Silalahi dohot Siraja Tambun. 
Dung dibahen Padan Dengke Nanilaean i, dang laho be Siraja Tambun tu Paropo, 
pintor laho nama Siraja Tambun menyeberang/manaripari tao mangalului inongna 
dohot Tulangna tu Sibisa. (Ido alana dang diboto Si 7 Turpuk PDN). 
Dang adong be napaboahon tu hahadolina si 7 Turpuk nadi Paropo na adong do PDN 
i, kecuali Silalahi Raja dohot anggi dolina Siraja Tambun. 
Alai nagpe songoni tung pinaboa pe, laos bohape dibahen Pomparan Siraja Tambun 
paboahon, jala songoni ma pardalanni i, dang nalaho angkuanna i jala dang hea 
olo mangakui i. Alana memang sian najolo pe nunga songoni karakter ni hahadoli 
si 7 Turpuk berusaha meniadakan Hahadoli Silalahi (Silahi Raja). 
Maaf dihamu sude hahadoli si 7 Turpuk. Dang adong untungna, jala dang adong 
lapatanna tamba2an nami PDN i asa adong masalah. 
Mengenai lebih tarbarita begeon PSSM tu PDN, itu adalah masalah songon iklan 
do i daboah. 
Alai napaling penting dang apala masalah lebih tarbarita dihami pomparan 
Siraja Tambun. Dia ma napaling hona dihilala rohanami nagabe sibahen nadenggan 
diparngoluon nami Pomparan Siraja Tambun. 
Huhilala rohanami dang adong beda ni PSSM & PDN. 
Dua-duanya adalah sama-sama untuk mengeratkan sesama anak Raja Silahisabungan. 
Bedanya hanya; yang satu adanya karena perselisihan/persoalan sementara yang 
satunya karena keakraban/Kasih sayang. 
Horasma dihitaon saluhutna Pomparan Silahisabungan. 
Mauliate
14 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi itulah makanya saya bilang PSSM yg ada sekarang adalah Rekayasa, 
karena kejadian poda adalah karena berantam, otomatis yg terjadi adalah 
mamodai, apakah mamodai pakai nomor? lihat PSSM yg pakai nomor. 
Nilai Histori dan sifat hidup si ikan itulah yg dibuat menjadi panutan yg 
marpadan tersebut, karena padan itu bisa dilambangkan dgn apa sekalipun. 
jadi menurutmu apa lambang antara padan tampubolon dgn Silalahi, apakah berupa 
ikan atau yg lainnya tdk tau bukan? atau mungkin anda tau? 
jadi tdk ada hubungan pemberian ikan mamasu-masu boru dgn padan tersebut, atau 
apakah mungkin dibuat namargoar kepada anak tersebut? apakah Silahi raja dan 
Siraja Tambun hula-hula Silahisabungan? 
yg diambil disana adalah nilai ikan dan sifat ikan tersebut agar menjadi 
contoh dalam saling mengasihi dan tolongmenolong bagai dekke simudur-udur 
(bersama ke dolok dan ketoruan) 
mengenai berairnya susu Pintahaomasan boru basonabolon, apakah anda percaya 
dengan Doa dan mujijat.? kalau saya sangat yakin dan logis. 
mengenai manusia setengah ikan itu allahualam, Tuhan yg mengatur segalanya. 
Horas 
Apul Rudolf Silalahi berarti definisi NALAR antara kita berdua saja sudah tidak sama kawan.! 
NALAR., MUKJIZAT., DOA., LOGIKA., TUHAN.! seperti seorang EINSTEIN dalam 
rupa SIDHARTA.! 
kita sudahi sajalah perbincangan ini.! 
Raja Silalahi kita disini memberikan pencerahan kepada para pembaca disini 
sesuai dgn permintaan anggidoli Pomparan Siraja Tambun, biarlah mereka 
memilah-milah mana yg benar, kita takperlu menutup pembicaraan, jika saudara 
tdk berkomen lagi itu urusan saudara. 
Horas 
Apul Rudolf Silalahi maksud saya juga antara anda dan saya (hanya anda dan 
saya) di topik ini., 
karena saya yakin nggak akan ada titik temunya kalau seperti tadi itu.! 
salam.! 
Raja Silalahi saya hanya membikin pencerahan terhadap pertanyaan anggidoli 
Pomparan Siraja Tambun, tapi anda menyerang tulisan saya sekarang anda minta 
dihentikan yah terserah anda, karena saya tdk mengundang anda untuk mendebat 
tulisan saya. 
jadi biarlah para pembaca memilah-milah mana yg menurut mereka berterima. 
Horas. 
Apul Rudolf Silalahi kalau begitu saya yang keliru mengartikan tulisan anda 
sebagai tanggapan atas tulisan saya., untuk itu mohon lah dimaafkan.! 
Demson Sihaloho Horas Appara Raja Silalahi, 
Santabi hu-jou hamu appara ate, na huanggap do hamu silalahi raja (molo salah 
ahu, pasingot hamu), jala dang tota dope parhundul-muna. 
Jangan mengartikan PODA sebagai sesuatu hanya karena telah terjadi “kejadian 
mematikan dan memalukan†seperti yang appara bilang. Jangan persempit artinya 
sebatas yang appara tahu. 
Coba buka kamus batak dan cari arti PODA, ini saya berikan artinya PODA = 
saran, ajaran, pengajaran, nasehat, amanat 
Dan bedakan arti PODA dengan PANGUHUMAN (UHUM). Nalarnya, kalau seperti yang 
appara bilang “kejadian mematikan dan memalukan†maka sewajarnya yang ada 
adalah PANGUHUMAN. 
Kata-kata bijak appara â€kita disini memberikan pencerahan kepada para 
pembacaâ€, maka janganlah melakukan â€black campaign†dengan mendangkalkan arti 
sesuai dengan keinginan appara. 
Mauliate. 
Raja Silalahi yo. uwes kita orang karo legowo toh? 
Juan Muda Tambun Puji Tuhan ma bah ! akka namalo do hape pomparan ni 
Silahisabungan on. 
Sabotulna aut boi rappak hundul hitaon dohot manat-manat marsisukkunan, 
huhilala apala hatop do selesai permasalahan ni hitaon.
14 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi bah.sepertinya appara Demson Sihaloho ikut mengcounter 
pencerahanku atas pertanyaan Anggidoli Siraja Tambun. 
seperti umpasa ma dohonon, Tuat sian dolok marsipatu huling-huling, boha 
pogosni damang ikkon alusan do namangkuling" 
jadi saya mencoba menjawab sanggahan dari appara Demson Sihaloho, mengenai 
ucapan appara tentang dang tota parhundul muna apa maksudnya, parhundul muna 
apa parhundulta? 
kita berpatokan kepada alur cerita terjadinya Poda. 
poda terjadi karena apa? 
1. jelas didalam kasus ini terjadi PSSM karena ada yg bersaudara (kakak 
beradik) berantam nah apakah untuk kejadian itu perlu seperti butir-butir PSSM 
yg sekarang? saya pikir itu dalah rekayasa. 
saya tdk ada menyangkutkan Hukum disini karena tdk ada hubungannya dgn Poda, 
dan Silahisabungan tidak mungkin menghukum anaknya sendiri walaupun itu 
menyangkut nyawa, seperti pengertian anda tentang Hukum sekarang. 
appara Demson Sihaloho apakah saya atau anda yg melakukan black Compaign 
biarlah khalayak pembaca yg mengartikan. 
Horas 
M Hansari Silalahi Satu hal yang perlu saya tanya disini. 
1.Apa permasalahah si Raja Tambun di Paropo sehingga beliau bersikeras untuk 
mencari ibu yang melahirkan nya?? 
2.Kalau memang Raja Tambun tidak bermasalah di Paropo,kenapa beliau harus 
hengkang dari Paropo? 
3.Kalau ada secara resmi bagian atau hak Raja tambun di paropo,siapa pomparan 
Raja Tambun yang saat ini berdiam diri di tanah yang menjadi bagian tersebut?? 
4.Kalau memang juga bukan karena ada sejarah yang menggoreskan bahwa Raja 
tambun sakit hati terhadap hahadolinya sipitu turpuk yang di Paropo.kenapa 
sampai saat ini pihak anggidoli pomparan Raja Tambun tidak ada niat untuk 
mencari tanah atau hak yang menjadi bagian dari mereka?? 
Mari kita evaluasi yang saya pertanyakan tersebut. 
Sia-sia kita bicara panjang lebar,namun pokok permasalahan tidak kita 
selesaikan. 
Demson Sihaloho Horas appara Raja Silalahi, 
Sebenarnya â€mengkounter†bukan-lah istilah yang tepat. Saya hanya memberi 
pengertian saya atas pandangan/pendapat appara dalam mengartikan PODA. 
Appara, maaf ya, agak dangkal dasar appara memutuskan PSSM sebagai rekayasa 
karena yang sekarang appara melihat PODA itu ditulis dalam butir 1, 2, dst. 
Janganlah lihat 1, 2, dst nya, lihat isinya lah. 
Pendapat saya, PSSM dan PDNN adalah fakta (karena ada yang meyakini 
turun-temurun), tapi karena keterbatasan kemampuan, kemauan, dll dari para 
leluhur kita jaman dahulu, maka itu tidak dituliskan dalam bentuk tulisan atau 
prasasti. Cuma, -menurut saya- para pelakunya beda: PSSM dilakukan oleh pelaku 
pertama (Para Ompu i) dan PDNN dilakukan oleh generasi berikut (Para Pomparan 
Ompu i) dan mungkin lebih spesifik lagi seperti pendapat anggi ARS: â€.yang 
melakukan PDN adalah Pomparan Tambun Uluan dan Pomparan Silahirajaâ€. 
Mauliate. 
Basmen Tambun Dear All Hahadoli nami; 
Sahali nai hupangidohon dohot gomos tuhamu hahadoli nami, Unang ma tabahen 
angka si parsoada namambahen hancit niroha. Molo tung pe diparsoada hamu 
hahadoli Silalahi (silahi raja), jala didok hamu dang adong PDNN, hurasa dang 
boi gabe hamu hahadoli si 7 Turpuk na lebih karas mandok nasoadong hahadoli 
Silalahi (silahi Raja) jala dang boi dohonon muna mandok PDNN nasoadong, 
manang didok hamu Holan Tambun Uluan namandalathon i, alana sude do hami 
Pomparan Siraja Tambun mandalathon PDNN i. 
Molo tung pe adong sian Internal nami Pomparan Raja Tambun naso mamboto PDNN i 
manang naso mangihutthon PDNN i, tugas nami doi pomparan Siraja Tambun do 
pabotohon tu nasida asa diboto nasida PDNN i, dada gabe hamu hahadoli nami si 
7 Turpuk na gabe songon nalebih karas mandok nasoadong PDNN i. Dang adong 
urusan muna hahadoli si 7 Turpuk nanggo saotik tu PDNN na hudalanthon hami. 
Urusan nami Siraja Tambun doi dohot hahadoli Silalahi (Silahi Raja). 
Pagidoanku tu hamu sude hahadoli si 7 Turpuk, Sotung ma dilecehon hamu PDNN i, 
alana padan nami doi tu Hahadoli nami Silalahi (Silahi Raja). Dang parsidohot 
hamu hahadoli si 7 Turpuk di PDNN i. 
Urusan ni Hahadoli si 7 Turpuk tu hami pomparan Siraja Tambun ima Poda 
Sagu-sagu Marlangan (PSSM). 
Sebalikna hahadoli Silalahi (Silahi Raja) pe dang boi antoanna manang alani 
aha PSSM i, urusan ni hami Siraja Tambun dohot hahadoli si 7 Turpuk doi. 
Horas Mauliate Pomparan Silahisabungan 
Raja Silalahi appara Demson Sihaloho, bukan hanya masalah 1,2.dan 3nya yg 
sudah dimodifikasi, tapi kita harus tau latar belakang kenapa sampai Poda itu 
terjadi dan apa akibatnya. dari situ kita bisa pastikan isi poda itu tidak 
sedemikian rupa, namun karena utk melancarkan misi dan visi ke pomparan Siraja 
Tambun maka Poda itu seakan dibuat sedemikian rupa hingga terkesan elegan, dan 
memang missi itu ada hasilnya dimana sebagian Pomparan Siraja Tambun ada yg 
terpengaruh dan setiap Pomparan Siraja Tambun mencoba bicara tentang kebenaran 
langsung anda mengcounter dgn Poda sagusagu marlangan itu. 
jadi seperti yg saya sampaikan sebelumnya, buatlah pencerahan Versimu dan 
begitu juga versiku sesuai dgn Pertanyaan diatas, biarlah Para pembaca 
menilainya secara baik. 
Horas 
Henok Baruara Kenapa ada UUD45? karena ada negara NKRI, kenapa ada Poda Sagu- 
Sagu Marlangan karena ada Pomparan Silahisabungan yang besar. 
Intinya adalah landasan Hukum. Hukum modern dengan hukum adat adalah cermis 
sebuah daerah ataupun wilayah yang memiliki penduduk lebih dari 2orang. 
Jadi sangatlah bijak dan sangatlah orang terhormat dan Siboto adat anggo 
Ompungta Silahisabungan. 
Alai sukkun sungkun tuhamuna sude: 
1. Anggo memang ompungta Silahisabungan Siboto adat dohot siboto uhum BOASAMA 
BAHENONNA PARPADANNAN TU ANAK NA seharunya dan sepatutnya PODA DO!! 
2. Anggo memang ompungta Silahisabungan Siboto adat dohot siboto uhum BOASAMA 
LEHONONNA DEKKE TU ANAKNA NA NAENG LAHO MARJALANG (DOLI-DOLI)? tohodo i di paradaton BANGSO BATAK? 
Demson Sihaloho Horas appara Raja Silalahi, 
Jaha ma jo pangidoan ni anggidolinta Basmen Tambun na diatas. Manat jaha jala 
rimang-rimangi appara. Oloi-an mu do pangidoannai? 
Mauliate. 
Henok Baruara Sattabi dihamu hahadoli nami dang masa dohot dang hea adong 
dihami pomparan Tambunan Mulia- Tambun Holing sian balige adong PDNN. 
Henok Baruara To sude POMPARAN SIRAJA TAMBUN: Anggo bermasalah dope tarombo 
muna unang pamalo- malohon hita mengomentari Tarombo Hahadolitta. 
Pasaejo Tarombo muna ise do hamu siakkangan baruma boi mengomentari Tarombo ni 
Hahadolitta. Mauliate. 
Raja Silalahi appara Demson Sihaloho, sebelum menanyakan saya, tanyanyakanlah 
kepada dirimu sendiri, yg jelas saya hanya memberikan pencerahan tentang Judul 
dari pada postingan di group ini. 
Horas 
Demson Sihaloho Horas di-haroro-muna i anggidoli Henok Baruara, 
Tarsonggot ahu diharoromuna hira parsonggop ni lali mangaroro ihan di tao 
silalahi an. 
Labe-labe bahen hamu, ai ahu on agak mura mallobok-lobok tarotokku. Unang gabe 
jantungon iba.he.he. 
Henok Baruara Sattabi Abang.Sogot do nian Haroro niba di porum on, sipata 
porludo binahen sahali-sahali he.he.he. 
Salam pajumpang muse di perdebatan on.
14 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Basmen Tambun Henok Baruara; Jolo manat majo patangkas hamu tu natua-tua muna 
nasian Baruara, molo tohodo hamu jala asli sian baruara, huhilala na 
sodiajarhon bapa uda i hian tu hamu PDNN i. Molo dang, terakhir on nama hamu 
berobah sikap tanpa alasan. Anggo sebelumna i, jelas do diboto Tambun nasian 
Baruara PDNN i. Songoni tong nasian Tambunan Lumban pea, adong do pernyataan 
ni halak anggi doli i, na mengaku Hahadolina Silalahi (Silahi Raja) buha baju 
ni Silahisabungan. Molo tungpe sonarion gabe diparsoada, naberobah sikap nama 
i ala terpengaruh tu angka hahadoli Si 7 Turpuk. 
Horasma dihamu Henok 
Henok Baruara Basmen: Sahali nai hudok tulakkam.Unang INTERVENSi tarombo 
nami, tarombo muna sotakkas dope naengma tarombo nami manang tarombo 
nihahadoli di pature- ture lakkam. Nungan hudok tu ho anggo memang Siraja adat 
do Ompungta Silahisabungan Di OLO I OMPUNG DO PASAHATTON DEKKE TU ANAK NA 
DOLI-DOLI tu pangarattoan manang tuparjalangan?? manak jo pikkiri dekkei ate. 
Attusi jolo songon dia pardalan ni dekke di paradaton ni halak batak. Dang hea 
adong do pe pengakuan sian pomparan Tambunan Baruara menyatakan BUHA BAJU 
SILAHISABUNGAN SILALAHI RAJA. 
Basmen Tambun Songon nalam malo do ho poang marbahasa batak. alai sian IP 
address mu na mangkirim pesan on, songon na si curiga do lakkam Henok. ada 
kesamaan.:) 
Basmen Tambun Hualusi majo poang sukkun2 mu on: Anggo memang Siraja adat do 
Ompungta Silahisabungan Di OLO I OMPUNG DO PASAHATTON DEKKE TU ANAK NA 
DOLI-DOLI tu pangarattoan manang tuparjalangan?? 
Alusna: 
Adat do dihalak batak mangalehon dengke tu ianangkonna. Maksud na dison dengke 
on ima Dengke Simudur-udur. Molo didok dengke si Mudur-udur dang hea olo sada 
ekor on disada inganan, pinomat ingkon adong manang na 10 manang 20 ekor, jadi 
nadi maksud Dengke on ima sejenis Ihan do on na jolo, molo sonari dang adong 
be jumpa on di Tano Batak. 
Jadi dipasahat Oppungta Raja Silahisabungan Dengke Simudur-udur on tu Siraja 
Tambun dohot Hahadolina Silalahi (Silahi Raja), asa mengikat perjajian manang 
songon tanda Parpadanan do on tingki laho mulak Siraja Tambun tu Huta ni 
Tulangna laho mandapothon Inongna namanubuhon ibana. Molo dung mulak Siraja 
Tambun Tu Sibisa, asa Rap Mudur-udur do haduan muse Pomparan ni Siraja Tambun 
dohot Pomparan Ni Silalahi (Silahi Raja). 
Hubaen sada contoh dihita, adat do disada hita halak Batak pasahat dengke tu 
Gellengna misalna adong Malua sian Gareja, dung mulak sian Gareja dipasahat 
natua-tua dengke tugellengna. Mungkin molo halak Batak Kristen do ibana, tontu 
heado di Parrohahon hamu i. molo dang boi dipasukkun hamu tu angka natua-tua 
siboto adat. 
Mauliate 
Basmen Tambun Diantusi hamu do nuaeng lapatan ni Parpadanan i? 
Jempek dope hape pangantusionmu taringot arti ni Padan. 
Molo dihalak batak, dang adong aturan dihalak molo marpadan ingkon naso sa 
ama. Jala tarida sian lapatan ni Padan i ima; 
Ala nanaeng borhat ma Siraja Tambun manjumpangi Inongna tu huta ninTulangna, 
Jadi asa unang lupa do haduan muse angka pomparan ni Siraja Tambun suang 
songoni nang Pomparan ni Silalahi (Silahi Raja) molo dung mulak Siraja Tambun 
tu Sibisa ima dang lupa tu hahadolina Silalahi (Silahi Raja) jala 
marpinompari. 
Jala tangkas do antusan muna tong di makna ni padan i; 
-Asa tongtong songon aek ni utte namarhamaranggi ima Siraja Tambun dohot 
Silalahi, Tung naso jadi marsipaetek-etehan, ikkon saroha tudolok tu toruan. 
Mauliate 
Raja Silalahi anggidoli Henok Baruara, taringot tu sukkun-sukkun mi, hape 
nunga jelas hupatorang dipencerahanki mulai sian ginjang ima jaha, molo 
songonnidokmi molo Raja do Silahisabungan boasa sagu-sagu sitompion dibaen tu 
gellengna namarpodai, adat do molo sagu-sagu dibaen tugellengna di paropo? 
Horas 
Raja Silalahi dan jika acara yang membuat Poda itu begitu luarbiasanya kenapa hanya sagu-sagu yang tdk berarti itu dibuat untuk mereka, dimana arti seorang raja silahisabungan hingga tdk 
punya apa-apa selain hanya sagu-sagu, dimana adatnya silahisabungan memberi 
sagu-sagu kepada anak-anaknya, coba jawab anggia Henok Baruara. 
Horas 
Henok Baruara Bah.boha do siap doho puang berdiskusi?? unang gabe rittik 
annon lakkam ateee. 
Dekke Simudur- udur 
Berarti sian hatami nunga "PASAHAT ON ADAT" 
Adongdo mandokkon dekke siudur-udur manang dekke sitio-tio, dekke sahat. 
"Asa sai mudur-udur ma hamu tu dolok tu toruan, sai tio ma angka ngolu tio 
pancarian. Sahat ma tutu angka nauli, sahat akka nadenggan". 
Anggo dihutanami (DIHUTANAMI) Tulang do pasahatton on tu berena ditikki 
tardidi, malua manang tarpasu- pasu. Ala marhula-hula do natua-tua, marboru 
dohot mardongan sahuta mardongan ale-ale. Ido anggo adat. 
Anggo dihalak batak pasahatthon "ADAT" ingkon do dijoloni loloan, ingkon ma 
lengkap disi hula-hula, dongan tubu, boru, dongan sahuta. 
Jadi tingkos jo bahen ai holan hamu do ditikki i pasahatthon adat padan dekke 
nanilaean iii?? 
Anggo ompung nami Silahisabungan pasahatthon PODA do nasida tu ianakkonna. 
Gabe jala horasss
14 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi Henok Baruara kamulah yg akan jadi rittik jika kamu mengatakan 
tdk ada padan Dekke nanilaean antara Silalahi (silahi raja) dengan Siraja 
Tambun ingat itu. 
tdk ada hubungannya ataupun sangkut paut tentang paradaton dalam acara 
pemberian Padan antara Silalahi dgn siraja Tambun, ini berlangsung didalam 
keluarga (intern) jadi tidak berjalan apa yg kau maksud tentang dekke yg 
harusnya ke boru dan namargoar ke hula-hula (tdk berjalan tudu-tudu sipanganon 
disitu anggia). 
acara ini adalah intern didalam pemberangkatan anaknya siraja Tambun ke si 
Bisa, jadi dibuatlah Dekke Ihan (Dekke Batak) yg memang mengandung arti 
historis agar mereka senantiasa saling bersama dan saling mengasihi. 
jadi bagaimana dgn Sagu-sagu sitompion itu apa makna adatnya Henok Baruara. 
Horas 
Henok Baruara Raja Silalahi: Saya ucapkan itu hanya untuk basmen tambun, 
mengumpamakan tentang padan dekke nanilaean dengan acara adat seperti sae sidi 
ibana amongna do pasahatton dekke siudur- udur hape ulahon adat doi ninna. 
Songonido adat di si tahe? nasoadong do tulang na?. Alae toema adat muna doi. 
Alai anggo "Parpadanan do manang perjanjian" songon nadidok ni sibasmen museng 
diginjang acara adat doi raja nami. 
Anggo PDNN muna museng Raja Silalahi dang acara adat ate?? berarti poda doi 
mungkin??. 
Anggo di ADAT BATAK (DIHUTANAMI) pasahatton dekke tu anak na doli-doli/ 
boru-boru boi doi dohonon SULANG-SULANG lapatanna Nungan marsahit leleng 
inakkonna jala dang be boi malum sahitnai jadi dibahen/dipasahat natorasna 
nama dekke sulang-sulang tuanakna asa hatop MATE/ MONDING manang gabe 
kebalikanna MALUM MUJIJAT TOTAL SIAN PARSAHITON. Tung pe songoni ipe adat doi 
raja alai nunga mansai prustasi be anggo natua-tua singongoni dangtarbahen 
nasida be nasongon dia. 
Anggo ompung nami Silahisabungan pasahatthon PODA dohot UHUM do nasida tu 
ianakkonna dang acara ADAT. 
Patakkas hamu majolo jala rimang- rimangi hamu sukkun-sukkun hi ate?? SIBOTO 
ADAT DO UMPUNG NAMI SILAHISABUNGAN SIBOTO UHUM JALA MARSAHALA dang hea dipasahat tu pompparanna dekke. 
Mauliatema horas.horas.horas. 
Basmen Tambun Henok Baruara. Jolo patandahon dirim dohot Tangkas. Anggo ahu 
mandok, dang asli on Si Henok baruara on. Namenyamar do on. Molo barani lakkam 
pajumpang hita marsituppolan. Ido daboah. :) 
Henok Baruara Diskusi dengan dingin dan benar agar anda di pandang orang benar. 
Maaf saya tidak punya waktu untuk yang tidak perlu. 
Basmen Tambun Henok. Unang dirimpu roham naso godang donganhu Marga Tambunan 
Baruara mambahas on, adong do Tambunan Baruara karejo di Dinas Pertanahan 
Palembang sering do hami mardikusi jala tangkas do on dipabotohon ibana on tu 
ahu. 
M Hansari Silalahi Henok,saotik jolo hupatorang ate pandohanmu namandok dang 
adong diboto Tambunan sian Balige Padan Dengke Nanilaean,molo ho mungkin dang 
hea dope dibege lakkam PDNN i. 
Bukti nyata anggidoli.mantan Pendeta kami Pdt SB Tambunan (maaf saya buat 
detail,beliau Tambunan Baruara) saat ini amanguda tersebut sdh pensiun,beliau 
tahu benar apa PDNN.Beliau juga tahu bagaimana hubungan antara hahadolinya 
Silalalhi dengan Sihaloho. 
Sebagai kenang-kenangan meninggalkan Punguan Kami:Pomparan Silalahi Raja dohot 
Pomparan Raja Tambun,boru bere dht ibebere.Beliau memberikan kaset pita pada 
kami sebagai tanda kenang-kenangan buat kami. 
Isi dari kaset tersebut adalah lagu Silahisabungan yang mengatakan bahwa Istri 
dari Silahisabungan ada 3 orang. 
Tapi perlu saya informasikan,sebelum beliau menyerahkan kaset tersebut sama 
kami,terlebih dahulu beliau memberikan pertanyaan buat kami. 
Begini pertanyaanya: 
Piga ma na diboto hamu nanialapni Op silahisabungan?? 
Sude hami mangalusi:3 halak do istri ni op silahisabungan. 
Dungi didok ma muse:Antong molo songoni,nion ma kaset on hulehon tuhamu songon 
sada kenang-kenangan tu Punguantaon,nangpe so parsidohot hami di Punguan on 
alai huantusi hami do songondia turi-turian ni Op silahisabungan. 
Kaset on nungnga adong hutiop on mulai sian doli2 au,ninna mandok tuhami.Mulai 
tahun 1960an nungnga hutiop kaset on ninna tuhami. 
Molo porlu diho anggidoli asa hucopy. 
Jala dung pensiun amanguda on maringanan ma nuaeng di Medan,jala molo porlu 
jala ingin do anggidoliku mamboto tarombo dht kaset na hudok on,silahkan 
hubungi saya via inboks. 
itupun bila ada niat untuk menelusuri silsilah ni Tarombo Silahisabungan. 
Horas ma anggidoli.
13 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Demson Sihaloho Pencerahan: PODA SAGU-SAGU MARLANGAN 
(sebuah tinjauan dari sisi penyajian makanan) 
Pengertian PODA: saran, ajaran, pengajaran, nasehat, amanat 
Pengertian SAGU-SAGU: Kue yang terbuat dari tepung beras dimasak tanpa gula 
kemudian dipadatkan dibentuk menggumpal/membulat atau umumnya silindris. 
Panganan ini pada PSSM dimaksudkan sebagai lambang pemberian 
poda/petuah/pasu-pasu/nasehat. 
Pengertian MARLANGAN: Pucat. 
Pada umumnya kue sagu-sagu dicampur atau diolesi dengan kunyit agar warnanya 
tidak pucat. Namun kue sagu-sagu pada saat penyampaian PSSM, kue sagu-sagu ini 
sengaja tidak dicampur/diolesi dengan kunyit dengan tujuan agar terlihat 
pucat. Sebagian sagu-sagu marlangan di buat berdiri (jongjong) dan sebagian 
lagi dibuat tergeletak (gadap). 
Sagu-sagu yang berdiri dimaksudkan memberi pengertian bagi anak hingga 
pinompar Raja Silahisabungan yang patuh terhadap poda yang diberikan maka akan 
berdiri tegak, sedangkan yang tidak patuh (mangose) terhadap poda yang 
diberikan maka akan tergeletak seperti sagu-sagu yang tergeletak itu. Oleh 
karena perlambangan seperti ini maka batu sijongjong dan batu sigadap yang ada 
di Simarampang diyakini sebagai perwujudan dari sagu-sagu marlangan pada saat 
penyampaian PSSM. 
Kue sagu-sagu marlangan bukanlah sajian pokok pada penyampaian PSSM (dan 
demikian juga pada adat batak yang berlaku hingga kini) akan tetapi sebagai 
sajian tambahan terhadap sajian utama. Sajian (sipanganon) utama pada acara 
PSSM adalah makanan seperti biasa ditambah dengan sipanganon na margoar 
(bermakna). Pada PSSM sajian ini dibuat sebagai tudos-tudos (perumpamaan, 
perlambang). 
Sipanganon na margoar pada adat batak yang disampaikan oleh orang tuanya 
kepada anaknya (doli-doli atau bujangan) biasanya adalah ayam jantan putih 
polos yang mana jenggernya harus berdiri tegak (manuk mira na bottar si jambe 
na uli). Dipotong menurut ruas-ruas persendian (tulang tidak boleh terpotong) 
sehingga didapat bagian-bagian seperti: tulan, ulu, panukkoli, pat, dan lain 
sebagainya. Potongan-potongan ini kemudian di masak (umumnya dipanggang) dan 
kemudian disusun rapih di atas piring putih (pinggan) diatas nasi putih. 
Masih banyak lagi jenis makanan yang tersaji bersama makanan najagar diatas 
seperti namun tidak terbatas pada: daging yang dipanggang dicampur dengan 
garam dan cabai, daging masak yang dicampur dengan darah (kedua jenis ini 
dibungkus didalam daun pisang dibuat silindris yang satu ujungnya ditekuk dan 
satu ujung lagi dibuat terbuka dan disisipkan bunga-bunga), daging masak yang 
ditumbuk halus (jenis ini dimasukkan kedalam gulungan daun pisang berbentuk 
kerucut), nitak (kue khas batak), anggir pangurason, dll. 
Semua sajian-sajian makanan diatas kemudian lebih dikenal dengan sebutan 
sipanganon najagar (makanan yang lengkap sempurna) secara adat batak. Makanan 
najagar ini hanya disajikan pada saat-saat tertentu. Misalnya pada saat 
anaknya akan menempuh ujian akhir sekolah, selesai mendapat pemberkatan sidi 
atau malua, memberangkatkan anak merantau, lepas dari malapetaka atau sembuh 
dari sakit parah, dan lain sebagainya. 
Pada saat penyampaian makanan dari orang tua kepada satu orang atau lebih anak 
ini, pada umumnya diundang saudara terdekat (namborunya, hahangnya dan 
angginya) untuk ikut bersantap bersama. Ada keyakinan di orang batak jika 
saudara terdekat-nya tidak diundang, maka tondi (sukma) saudara tersebut bisa 
menagih (malitondi). 
Selesai menyantap makanan, kemudian orang tua menyampaikan nasehat atau poda 
atau wejangan yang dirasa perlu oleh orang tua kepada anaknya dan sesuai 
dengan tujuan makanan najagar ini dibuat. 
Pada saat ini tidak ada istilah kata mangampu dari anak, atau dengan kata 
lain, nasehat atau poda atau wejangan dari orang tua kepada anaknya adalah 
searah, dari orang tua kepada anak. Kalau namborunya hadir, maka diberi juga 
kesempatan kepada namboru dan amangborunya untuk menyampaikan nasehat. 
Demikian tinjauan dari sisi penyajian makanan pada penyampaian PODA SAGU-SAGU 
MARLANGAN 
Jakarta, 12/03/2010 
M Hansari Silalahi Sagu-sagu marlangan ima: 
Debban na binola,hapur na naniloppa,gambir na nilomang,pining na 
binola,timbaho na nirasip,hubang na nilomang. 
akka onma sudena dibahen dibagasan ampang/bante,diharoro ni hilap,hilap 
marsisoroan,ronggur mallisik-lisik,ampang dohot pangisina i ma sude muba gabe 
batu. 
Digoari ma i :Namartua Simarampang. 
Henok Baruara Amang Raja Demson Sihaloho: 
"MARLUNDU SONGON NAPURAN, MARPADUNG SONGON LOSUNG 
MARGADU SONGON HAUMA, MARBIBIR SONGON BATANG AEK 
MARBINDU SONGON SURAT" 
Nunga be adong lapatanni hata jala poda siboto parbinotoan siboto pangatusion 
dang tu pangkataion nang diparngoluon siganup ari, asa dipagopas parbinotoan 
asa unang mura talu dipollung jala ingkon une jala hot di ruhut ni parsaoran 
marojahan holong dohot dame. 
Mauliate dihamu amang. 
Demson Sihaloho emma tutu.horas.horas.horas. 
Horas rajanami aggidoli Henok Baruara, selamat pagi, selamat beraktifitas. 
(hurang malo dope ahu marumpasa anggidoli, marpanganju hamu.he.he.)
13 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Basmen Tambun Hahadoli MHS; Alap tu Pekanbaru hulehon Tiket pesawat PP Jkt-Pbr 
ninna hahadoli ma, manang hutitip tusi Basmen Tambun mangelehon langsung 
tuhamu ninna hahadolima, Hujamin 100% dang mungkin olo i, alana tarida ma 
bohina namargabus. :) 
Apul Rudolf Silalahi saonnari asa lam tu majuna lam tu turena doba., 
ala songon na hudok dang boi tarbuktihon sude akka na masa na jolo naung salpu 
marratus taon jala na manaksihon pe nunga be tong salpu., DA-I-DO.? 
nunga lengkap dipatorang masing-masing na binotona taringot PSSM dohot PDN 
i., molo adong dope na hurang puas pasahathon na dirohana (baik menggugat 
ataupun menjelaskan) dang be marlapatan i., DA-I-DO.? 
adong dua kubu : SI-OLO-I PODA dohot SI-PADALAN-HON PADAN., adong muse na 
manjunjung duansa nata pe mardeba-deba., DA-I-DO.? 
hape nunga pola marganjang panghataion dang singkop dapot dope alus na 
sinungkun ni si juan muda. ima fakta do manang rekayasa.! mungkin di dok 
rohani na patoranghon be dison., masing-masing ma mambuat kesimpulan na., 
DA-I-DO.? 
sebelum kesimpulan i., adong do saran sian ahu na boi mambuktihon manang na 
fakta do PSSM dohot PDN i manang na rekayasa., jala boi do on annon gabe 
pegangan na MEYAKINKAN.! 
molo PODA., nunga "teruji" hasaktion (kharisma) dohot hasintonganna., boasa 
hudok songoni., alana nunga marpiga-piga hali dipangke laho padamehon 
parsoalan na adong di 8 bersaudara., mangolu dope mareak nuaengon na 
mangulahon PSSM di tambunan balige laho padamehon parsoalan na adong uju i 
disi., 
alai ia PADAN., bahen hamu ma jolo padamehon parsoalan na masa di tambun 
uluan.! alana songon na hihatindanghon hamu disan na DIYAKINI 3 tu 9 do na 
jelas-jelas bertentangan tu na DIYAKINI par tambunan balige 2 tu 8.! 
bahen hamu ma jolo.! 
(unang sai lalap mar buruk sangka ate.!) 
M Hansari Silalahi AT,ise namembutuhkan asa hukirim,unang holan nasian 
pamamangannai natoho.kalau masih usia kita seumur jagung jangan terlalu 
menganggap dirinya sdh besar.Dia do Henok,,alusi jolo nahubaen i,songon katak 
dalam tempurung hubereng ho makkatai.Porlu di lakkam no hp ni amanguda i,asa 
hulehon.Pahompuna dope hitaon Henok marimbanghon amanguda i. 
Unang dokkon kedan hatami na mewakili Tambunan na sian Balige,pamajuhu 
pandokmi,hape nanggo aha so adong dope pamotoanmu molo marimbanghon akka 
pomparan ni anggidoli na sian Balige. 
Ro ma ho tu Pekanbaru asa lao hita tu jabu ni akka amanguda Pomparan Tambunan 
Baruara na sian Balige. 
Pajago hu hubereng lakkam mambahen akka komentarmu na dison. 
Idia natua-tua i di Dumai asa makkatai jolo hami. 
Horas ma anggidoli. 
M Hansari Silalahi ARS.tongdo dokkononmu Tambunan par Balige mewakili sude 
paham 2-8 asa talanjuthon muse diskusita. 
Bahen jolo komentarmu. 
Henok Baruara Abg Hansari: Ingkon do paksahonnon mu sude saluhutna pomparan 
Siraja Tambun di porbion asa pro tuhamu?? Ingkon i nama pangidoan muna?? 
Apul Rudolf Silalahi hansari. toras bahen hatam ala nunga memang na matoras ho ale., 
unang gabe na matua na so na tua-tua., 
lalap marpanungkun paula so mamboto sungkun-sungkun na ro.! 
parjolo didok ho si sudi., nantoari sada si rapi., nuaeng tambunan par 
pakanbaru sude., holan gabus sude.! 
kan hea hudok tuho., langsung ma laho tu tambunan balige patangkashon na 
tahatai i., parsuma do jala marisuang marsialusan dohot ho.! 
na jempek on ma jo alusi., dia do jumolo binsar manang sirnom mataniari.? 
M Hansari Silalahi HB.dang adong hupaksahaon hamu asa gabe sapendapat hita 
taringot Tarombo Silahisabungan,alai unang dokkon gabe pendapatmu na mewakili 
Pomparan Raja Tambun na sian Balige.pamaju hu hubereng ho namandok hatami. 
Manang songon dia pe pangantusionmu taringot Tarombo na binotom hak mu 
doi,alai unang gabe pendapatmu sendiri mandok na gabe parbinotoanmu na 
mewakili pomparan raja Tambun na sian Balige. 
M Hansari Silalahi alai ia PADAN., bahen hamu ma jolo padamehon parsoalan na 
masa di tambun uluan.! alana songon na hihatindanghon hamu disan na DIYAKINI 
3 tu 9 do na jelas-jelas bertentangan tu na DIYAKINI par tambunan balige 2 tu 
8.! 
bahen hamu ma jolo.! 
(unang sai lalap mar buruk sangka ate.!) 
ARS.pake simalolong mi kedan,aha hutulis di komentarhu. 
Jaha jolo tulisan mu na hu copy paste i. 
na didok ho do gabe sude tambunan sian Balige na memahami paham 2-8. 
Terlalu kerdil do hubereng pikkiranmu Apul,nadirippu ho do na holan ho mananda 
Tambunan par Balige?? 
Sai songon katak dalam tempurung do hubereng pemikiranmu. 
Memang anda ini benar-benar pamangan ni ina-ina,untuk apa saya harus ke Balige 
Untuk membuktikan masalah pemahaman Tarombo silahisabungan yang mereka 
yakini?? 
pomparan raja tambun dari Balige masih banyak yang saya kena di Pekanbaru. 
Sukkun jolo dongan turpukmu di Pekanbaru persentase Pomparan anggidoli Raja 
tambun yang meyakini 1-3-9,dibandingkan dengan 2-8. 
Pakolot hu do pemikiranmu poang sampe pola ikkon lao au tu Balige nimmu 
manukkun nasida tentang pemahaman na diyakini nasida. 
Pikiran anda benar-benar sekecil butiran pasir. 
Apul Rudolf Silalahi lomom ma disi bah., sai tetap do gabe iba si surang 
dibahen ho.! 
nga toras ho hansari alai dang marna tua.! hatam pe holan na manontik 
parbadaan., so sundat ramun., ia arga i poang dirim., rajai hatam.! 
M Hansari Silalahi ARS.pamanganmu do mandok Tambunan sian Balige semua 
memahami paham 1-2-8. 
Jadi unang bahen pakkataion na membela diri.nadianggap ho do dirim naso adong 
ditanda donganmu marga Tambunan sian Balige. 
Makanya hudok jangan pernah berpikir bahwa dirimu hidup bagaikan katak dalam 
tempurung. 
masih juga saya katakan jangan pernah berpikir seperti kecilnya butiran pasir.
13 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Henok Baruara Sasitong na amang raja rappak marsiajar dope hita saluhutna di 
paradathon dohot tarombo. Dang na adong gabe merasa sudah sangat mangat tusi 
iba dison. Alai marsiajar pe iba tunatua-tua namalo do diparadaton tarsongoni 
di partaromboan. 
Bukankah ini forum debat?? Bukan forum anggar jago do kan?? 
Kembali ketopik, 
Poda Sagu-sagu marlanagan dohot padan dekke nanilaean. Fakta manang 
rekayasa?? 
To hamu amang Administrator nunga be takkas di perjelas abg Demson Sihaloho 
taringot to PSSM. 
Saunari tabahas majolo to PDNN: 
Sebagian hamu mandok di ginjang perjanjian doi manang parpadanan umbahen 
mardalan/ dipasahat dekke Simudur- udur berarti adong acara adat disi. Anggo 
berjalan do acara adat ingkon do adong hula-hula, dongan tubu, boru dohot 
dongan sahuta manang raja ninatua-tua. Alana menyangkut tentang parpadanan. 
Hape sebagian hamu di ginjang mandok: 
“Tdk ada hubungannya ataupun sangkut paut tentang paradaton dalam acara 
pemberian Padan antara Silalahi dgn siraja Tambun, ini berlangsung didalam 
keluarga (intern) jadi tidak berjalan apa yg kau maksud tentang dekke yg 
harusnya ke boru dan namargoar ke hula-hula (tdk berjalan tudu-tudu sipanganon 
disitu)”. 
acara ini adalah intern didalam pemberangkatan anaknya siraja Tambun ke si 
Bisa, jadi dibuatlah Dekke Ihan (Dekke Batak) yg memang mengandung arti 
historis agar mereka senantiasa saling bersama dan saling mengasihi. 
Nadia do nasittong?? 
Taringot tu paradaton ni Batak Toba tangkas dope dipadalan norma- norma/ruhut- 
ruhut paradaton apalagi ma di jaman najolo. 
Anggo holan INTERN pemberangkatan anggi doli naburjo dohonon to pangarantoan 
ingkon do bahenonna gabe GOAR PARPADANAN?? 
1. SIBOTO ADAT DO SIBOTO UHUM OMPUNG TA SILAHISABUNGAN DANG TARBAHEN IBANA SI SONGONI hahadoli Raja!! Boasa?? hudok museng songon na di ginajang "anggo di 
pasahat ompung silahisabungan do Dekke tu anak na doli-doli nadua ingkon do 
salah satu gabe marujung/monding, hula-hula do pasahatton dekke to Pamoruanna 
manang tulang tu bere, ibeberena ima HAGOGOAN ADAT BATAK NAJOLO. 
(Sukkun-sukkun itikki parpadanan i rappa doli-doli do halaki nadua?) 
2. Sepanjang Tarombo batak manang Sejarah batak danghea adong tabege 
PARPADANAN TU NAMARAMARANGGI. 
Jadi anggo secara paradaton, sejarah dohot tarombo ni halak batak dang be 
sesuai to natapelajari, songon nima jo pendapat niba mauliate. 
PANGIDOAN 
Mari berdebat dengan akal sehat, tidak mendriskriminasi, dan berikan jawaban 
yang memuaskan dan tidak saling menghujat. 
I LOVE SILAHISABUNGA 
Henok Baruara RALAT: I LOVE SILAHISABUNGAN 
M Hansari Silalahi HB,sian godang ni sukkun-sukkun mon berarti dang adong 
dope diboto ho manang aha taringot tarombo,didok lakkam namarsiajar ho 
tarombo,alai di satu pihak do posisim.unang pola godang alasanmu molo dung 
dang boi terjawab mu pertanyaan na hubahen. 
Berng jolo komentarmu na nibahen mon. 
2. Sepanjang Tarombo batak manang Sejarah batak danghea adong tabege 
PARPADANAN TU NAMARAMARANGGI 
Silahisabungan dht Sirajaoloan mambahen padan do nasida di nalaho marsirang 
nasida di pulau Samosir. 
Holan i ma jolo sada contoh na hubahen tu lakkam. 
pelan2 pe nibahen tuho akka panorangion,asal ma unang tu ginjang pamerengmu 
molo dung adong saotik diboto ho makkatai. 
Juan Muda Tambun Molo boi nean. hitaon mardiskusi sehat dengan cara yang 
sportif ! unang di biasahon klaim-mengklaim, alai hatahon hitaonma na taboto 
secara objektif. Horas jala gabe. 
Raja Silalahi Henok Baruara, saya tidak pintar dalam mengarang ataupun mencoba 
mereka-reka agar cocok dgn kemauan, seperti yg dituturkan appra Demson 
Sihaloho yg menjelaskan tentang acara Poda Sagu-sagu marlangan yg terdiri dari 
banyak tetek bengek, jika memang seperti yg diceritakan itu ada acara adat 
serta namargoar didalamnya kenapa justru Sagu-sagu marlangannya yg hanya 
makanan tambahan justru di munculkan menjadi inti? kenapa bukan yg lain? 
apakah seorang Silahisabungan yg beradat akan mengutuki keturunannya dengan 
membuat siapa yg menuruti akan berdiri tegak dan siapa yg tidak menuruti akan 
tergeletak? 
kepada appara Demson Sihaloho yg mencoba mengarang bebas, bagaimana menurut 
saudara dgn Padan Dekke nanilaean apakah saudara juga tidak berpikiran jika 
hal itu juga dilakukan seperti kelengkapan dlm acara PSSM? 
tapi saya tdk pintar mengarang seperti penjelasanmu diatas dan tdk mau mencoba 
berpolemik tentang apa yg dimakan pada acara Padan Dengke Nanilaean itu, tapi 
inti dan makna dari Simbol Dengke itu jelas adalah agar senantiasa Pomparan 
Silahi raja (Silalahi) dan Pomparan Siraja Tambun agar selalu seiring sejalan 
sampai selama-lamanya. 
jadi agar jangan lari dari inti permasalahan dan jangan terlalu banyak 
beropini dan mengarang bebas, marilah kita pelajari urutan cerita yg 
sesungguhnya kenapa terjadi PSSM itu antara Si 7 turpuk dgn Siraja Tambun, dan 
kenapa terjadi PDNN itu antara Silahi Raja(Silalahi) dengan Siraja Tambun. 
karena itu merupakan rentetan kejadian yg tdk bisa dipisahkan dan di 
penggal-penggal, karena jika di acak atau dipenggal-penggal kejadian itu akan 
hilang keaslian dan pengertiannya akan bisa berbeda-beda. 
Horas. 
Raja Silalahi mengenai tidak ikutnya Silahi raja (Silalahi) dalam acara Poda sagu-sagu marlangan itu sudah jelas saya paparkan, atau mungki anda tdk menyimak saya akan ulang. 
Poda sagu-sagu marlanga terjadi adalah karena Si 7 Turpuk mencelakai Si Raja Tambun bukan mencelakai Silahi raja (Silalahi), jadi saat itu otomatis di podai. 
yg bermasalah adalah antara Si 7 turpuk dgn Siraja Tambun di Paropo, tdk ikut Silahi Raja (Silalahi) berantam dgn Si 7 Turpuk, jadi ngapain di panggil ke Tolping? 
dan kejadian pembuatan Sagu-sagu marlangan itu tdk ada rencana sebelumnya ini hanya terjadi by accident dan menimbulkan kemarahan dan dipodai saat itu juga. 
pelajari lagi Kronologisnya. 
Horas 
Demson Sihaloho Horas Raja Silalahi, 
Kata-kata mencelakai, dipisat-pisati, dipokkiki, atau bahkan seperti tulisan Abdullah Silalahi SH: “…malah ada keinginan untuk membunuhnya”, adalah kata-kata yang PROVOKATIF dan BERNUANSA HASUTAN. Mungkin memang ada konflik itu, adakah diantara kita yang tahu pasti apa yang terjadi?, setahu saya (dan ini adalah cerita orangtua saya) konflik itu berawal dari terucapnya kata-kata “na so saina atau Tambun Raja bukanlah anak kandung Pinggan Matio”. 
Atau mungkin appara Raja Silalahi punya bukti/fakta otentik tentang apa sebenarnya yang terjadi?, mohon dipaparkan disini (tapi dengan catatan jangan NINNA TU NINNA yaa). 
Oke katakan memang ada konflik di Silalahi Nabolak, 
lalu pada saat PDNN diadakan mengapa Ompu na-7 itu tidak dipanggil?. Aku duga jawabanmu juga by accident atau emergency. 
Dan, 
- mengapa beliau minta ditanom di huta (kampung) yang tidak dibuka-nya (huta na so pinukkana) ?. 
- mengapa karena marahnya beliau terhadap salah satu atau lebih dari anaknya yang 7 itu, beliau memilih merendahkan martabatnya (paleahon dirina) didepan adiknya siraja oloan dengan pergi dari kampung yang dibukanya untuk minta dikuburkan di tanah/kampung yang bukan miliknya. SANTABI BOLON DI OMPU i !, NA SANGAP DO SONGONI? 
Seperti saya bilang diawal kalimat APAPUN URUTAN CERITANYA (=kronologisnya) jadi jangan khawatir saya tidak menyimak tulisan appara. 
Mauliate.
13 jam yang lalu · Suka
Apul Rudolf Silalahi Raja Silalahi Horas juga Appara Demson Sihaloho, kata-kata mencelakai itu memang terkesan Provokatif dan mengungkit tragedi itu sendiri, tapi itulah fakta yg takmungkin ditutup-tutupi, jadi jika kita ingin menelusuri sejarah secara objektif kita harus siap menerima baik-buruknya kejadian-kejadian yg sudah pernah terjadi, kita takperlu menutup-nutupi, hanya kita perlu sikap dewasa mari kita ambil positifnya saja jangan jadi menimbulkan dendam diantara kita. kita hanya ingin mempelajari rentetan kenapa harus terjadi PODA diantara Si 7 turpuk dengan Siraja Tambun dan kenapa terjadi PADAN diantara Silahi Raja (Silalahi) dengan Siraja Tambun. 
rentetan kejadian terbongkarnya keberadaan ibu dari Siraja Tambun sangat memukul perasaannya yg ternyata ibu yg dipanggil selama ini di Tolping bukan ibu kandungnya maka Siraja Tambun dgn gigih ingin mengetahui siapa ibunya, tapi Silahisabungan dan Pintahaomasan boru basonabolon tidak siap untuk kehilangan anak kesayangannya maka mereka tidak memberitahunya dan mengatakan bahwa Pintahaomasan boru basonabolonlah ibu kandungnya. 
namun ejekan dan sindirin si 7 turpuk yg mengatakan " yg ditolping itu bukan ibumu" telah membakar emosinya untuk mengetahui siapa ibunya hingga berbagai cara dialakukan hingga Silahisabungan tak berkutik utk menghindar lagi (kenapa tak berkutik? ada ceritanya) 
jelas sudah ibu kandungnya ada di si Bisa Balige dan dia tidak terbendung lagi, melihat kejadian itu Pintahaomasan yg sangat menyayangi Siraja Tambun melebihi anaknya sendiri tidak mampu menahan lagi dan saat itu dibuatlah Padan Dengke Nanilaean antara Silahi Raja (Silalahi) dgn Siraja Tambun. 
mengenai permintaan Silahisabungan untuk di kubur berdampingan dengan hula-hulanya Tuan Sorbadijulu saya pikir itu bukan merendahkan martabatnya justru dia menunjukkan eksistensinya di antara Hula-hulanya dan dia sebagai orang Batak yang harus dikubur juga di Tanah Batak. 
Horas 
Demson Sihaloho appara Raja Silalahi, anda bilang ".tapi itulah fakta yg takmungkin ditutup-tutupi,.". 
apakah appara Raja Silalahi punya bukti/fakta otentik mengenai ini?, mohon dipaparkan disini (tapi dengan catatan jangan NINNA TU NINNA yaa). 
satu lagi pemaksaan kehendak demi PEMBENARAN: ".bukan merendahkan martabatnya justru dia menunjukkan eksistensinya di antara Hula-hulanya dan dia sebagai orang Batak yang harus dikubur juga di Tanah Batak". 
mauliate. 
Apul Rudolf Silalahi susah berdiskusi kalau kesimpulan sudah ditetapkan di-awal., 
bukan sebagaimana harusnya diskusi untuk mengambil sebuah kesimpulan.! 
yang ada dan yang terjadi semua dicocok-cocokkan dan dicari-cari jalan yang nggak jelas untuk diarahkan ke kesimpulan dimaksud.! 
jadi bagi saya percuma semua diskusi ini kalau tidak konsisten dan konsekwen memakai cara, pendekatan dan dalil yang sama dan tidak mengikuti alur yang ada.! 
yang saya saksikan adalah POLEMIK.! 
Clarus Silalahi Boasa gabe berhenti? 
Sebenarnya cukup menarik untuk diikuti, alai tu akka namambaen pendapat fokus ma nian tu topik ate. 
Penilaianku; MHS langsung vonis tanpa argumen, Raja Sil, terlalu banyak bumbu cerita sehingga menimbulkan kesan dipaksakan, yang lain cukup baik. 
Jadi kesimpulan sementara, PSSM itu valid, PDN masih perlu dibahas lagi ate. Hurang kuat dope argumen ni namaniop on. 
(Sattabi disude molo mambaen penilaian ahu tanpa ijin) 
>finish.
 
 
No comments:
Post a Comment
Jika mau memberi tanggapan/komentar, di mohon dengan tulisan dan bahasa yang sopan dengan identitas yang jelas, jika identitas tidak jelas tidak akan ditanggapi.